10 Alasan Lebih Memilih Kereta Api Saat Melakukan Perjalanan Bersama Anak anak

by - 2:34:00 PM

Surabaya-Malang anti macet yang bisa anda pesan sekarang!

10 Alasan Lebih Memilih Kereta Api Saat Melakukan Perjalanan Bersama Anak anak
Yeaayyy… begitu kata anak anak ketika mendengar akan diajak naik kereta api ke Surabaya. Maklumlah, sudah lama anak anak tidak naik transportasi umum ini. Saya pun juga senang mengajak anak-anak naik kereta api tentu saja karena saya banyak menemukan manfaat naik kereta api ini untuk anak anak. Rute kereta api yang paling sering kami tempuh adalah kereta api jurusan Surabaya-Malang dan sebaliknya Surabaya-Malang karena rumah Akung dan saudara-saudara lainnya banyak yang di Surabaya. 

Dibandingkan dulu, kereta api di Indonesia sekarang jauh lebih baik. Oleh karena itu banyak keluarga dengan anak kecil seperti keluarga saya ini lebih memilih kereta api sebagai transportasi umum. Tapi ada juga loh yang belum pernah naik kereta api. Oleh karena itu enggak ada salahnya untuk mencoba naik. Untuk pertama kali bolehlah naik kereta api jarak pendek, seperti kereta api jurusan Surabaya-Malang anti macet yang bisa anda pesan sekarang!

Sekarang? Iya, zaman sekarang jam berapapun bisa pesan tiket kereta api melalui situs pemesanan tiket online, gampang kan?. Oh ya hampir lupa, saya mau menceritakan alasan saya lebih memilih kereta api sebagai alat transportasi umum jika bersama anak-anak, simak ya : 

1. Nyaman 

Naik kereta api kini sangat nyaman, karena kereta api zaman sekarang. Khususnya Surabaya Malang yang sering saya naiki kondisinya bersih. Anak-anak bisa duduk di kursi masing-masing tanpa harus berdesak-desakan dengan penumpang lain, karena posisi duduk sudah diatur sesuai tiket. Walapun di kereta local ada yang berdiri, namun tidak sampai berdesak-desakan seperti zaman dulu. 

2. Aman. 

Meskipun anak-anak berjalan-jalan di dalam gerbong sekedar untuk menggerakkan kaki tidak membuat orang tua khawatir. Yang penting tidak sampai mengganggu orang lain. Maklumlah namanya anak-anak, mungin dia bosan atau mungkin juga dia ingin merasakan gimana rasanya berjalan di dalam kereta yang melaju. 

3. Murah meriah. 

Buat keluarga dengan anak 3 seperti saya ini, biaya perjalanan harus diperhitungkan matang-matang. Kereta api adalah alat transportasi umum yang murah meriah. Dari berbagai kelas kereta yang ditawwarkan, kelas ekonomi saja sudah cukup untuk keluarga saya. Jadi budgetnya bisa dialihkan untuk makan-makan, asyiik. Namun jika ingin naik kereta api dengan kelas yang lebih, bisa memilih kelas bisnis atau eksekutif. 

4. Melatih disiplin 

Zaman sekarang jarang sekali terjadi keterlambatan kereta api. Yang ada semuanya sesuai jadwal. Saya pernah, ketinggalan kereta menuju Surabaya hanya berselang setengah menit saja. Oleh karena itu, jika ingin mengajak anak-anak untuk naik kereta api. Pastikan sudah datang ke stasiun minimal 30 menit sebelum kereta datang. Kebiasaan naik kereta api akan melatih anak menghargai waktu. 

5. Bisa update status 

Surabaya-Malang anti macet yang bisa anda pesan sekarang!

Saat naik kereta api, kita masih tetap bisa online. Karena tidak ada perintah untuk mematikan data telepon seluler saat di dalam kereta. Bahkan jika kehabisan baterai kita juga bisa menchargenya. Karena kereta api zaman sekarang sudah dilengkapi dengan colokan. Makin menyenangkan bukan? 

6. Bebas bea bagasi. 

Yang namanya membawa anak-anak tentu banyak sekali barang yang harus di bawa. Apalagi buat orang tua yang anaknya tiga seperti saya. Masing-masing anak biasanya suka membawa barang kesayangan mereka saat bepergian. Anak saya yang sulung, biasanya suka membawa rubik dan balok balok unonya, si nomor dua yang cewek suka membawa boneka dan mainan lain yang masing-masing kadang jumlahnya lebih dari satu. Sedangkan anak ketiga saya yang paling selow biasanya Cuma membawa bola atau mobil mobilan saja. Kalau dijadikan satu, mainan anak-anak itu kadang enggak cukup kalau dimasukkan satu ransel. Belum lagi baju ganti, sepatu, sandal dan lain-lainnya. Dengan naik kereta api kita akan terbebas dari bayang bayang biaya untuk membayar bagasi. 

7. Menikmati pemandangan yang indah. 

Sudah bukan rahasia lagi. Saat naik kereta api kita akan menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Menyeberang sungai, melintasi sawah yang hijau dan pemandangan indah lainnya. Selain membuat anak-anak senang, pemandangan ala mini dapat menyegarkan kembali pikiran mereka setelah sebelumnya disibukkan oleh rutinitas. 

8. Anak-anak bisa tidur nyenyak 

Sekarang sudah tidak ada lagi pengamen atau pedagang asongan di kereta api. Oleh karena itu, jika sudah capek anak-anak bisa tidur dengan nyaman di kereta tanpa gangguian. Sehingga nanti bisa bugar kembali di tempat tujuan. 

9. Quality time bersama keluarga. 

Kalau bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi biasanya si ayah yang jadi sopirnya. Tapi kalau naik kereta api, si ayah bebas dan bisa bercanda bersama anak anak. Perjalanan yang demikian akan meninggalkan kesan yang mendalam pada anak dan akan dia kenang sampai dewasa nanti. 

10. Bebas kemacetan. 

Khusus untuk jalur Surabaya-Malang, siapa nih yang pernah terjebak macet di KarangPloso, ayo ngacung hehehehe. Sampai sekarang pun kawasan Karangploso masih sering mengalami kemacetan meskipun sudah ada bypass. Saya pernah loh melihat kemacetan dari Karangploso sampai ke Arjosari, lumayan panjang kan? Biasanya anak-anak lebih cepat bosan jika terjebak macet. Jika sudah bosan ada saja tingkahnya yang terkadang membuat kita harus belajar menjadi orang yang lebih sabar lagi. Macet pun kadang membuat mood anak jadi hilang dan mudah rewel jadinya. Oleh karena itu Kereta Api adalah solusi agar kita tidak terjebak dalam kemacetan sehingga mood anak-anak pun tetap on. 

Ternyata banyak juga ya alasan yang membuat saya lebih memilih menggunakan kereta api jika naik transportasi umum bersama anak-anak. Namun yang perlu diingat, sebagai orang tua kita harus bisa selalu menjaga perasaan anak selama perjalanan sehingga anak anak pun merasa bahagia sepanjang perjalanan. Jangan sampai hanya masalah sepele saja kita ngomel berkepanjangan yang dapat merusak suasana, Ibuk-ibuk nih yang biasanya kayak gini. Tapi saya enggak kok, enggak sering-sering amat maksudnya hehehe. 

Btw teman-teman mungkin memiliki tips bagaimana agar anak-anak lebih menikmati perjalanan menggunakan kereta api, bisa di share di kolom komentar. Karena, kayaknya sebentar lagi saya akan mengajak anak-anak untuk mengunjungi Akungnya di Surabaya dengan menggunakan kereta api. Siapa tahu bisa membuat perjalanan Malang-Surabaya kami jadi jauh lebih menyenangkan dan berkesan untuk anak-anak. Yuuk, siapa mau berbagi tips duluan? 

You May Also Like

0 comments