Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan?

by - 9:19:00 PM


Jual beli  Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan
pixabay

 Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan?

Rasa haru dan bahagia menjadi hal yang Anda rasakan sebagai pasutri yang kini sedang menantikan kehadiran sang buah hati, khususnya bagi mama yang sudah menginjak masa kehamilan bulan ke tujuh atau bulan ke delapan. Calon Ibu yang baru pertama kali menjalani fase kehamilan tentu saja sering merasa kebingungan menyiapkan apa saja hal hal yang harus dilakukan menjelang persalinan dan perlengkapan apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh si kecil. 

Jadi teringat pengalaman waktu menjelang kelahiran ketiga anak saya. Pada usia kehamilan ke tujuh bulan, saya baru memulai membeli bermacam-macam perlengkapan bayi. Nggak langsung semuanya sih, saya membelinya dengan cara mencicil alias sedikit demi sedikit. 

Baru pada usia sekitar 8 bulan saya mempersiapkan barang apa saja yang nantinya dibawa jika waktu melahirkan tiba. Karena berencana melahirkan normal jadi tidak menetapkan tanggal khusus untuk melahirkan. Bisa saja maju atau mundur dua minggu dari perkiraan dokter. 

Mendekati waktu persalinan, pasti hati semakin dag dig dug tak karuan, namun kita harus tetap tenang. Ada banyak hal yang harus dipikirkan, bukan hanya nama calon bayi yang harus dipikirkan, namun ada banyak hal lain seperti latihan pernafasan untuk memperlancar proses melahirkan, mengamati rute terdekat menuju ke rumah bersalin atau rumah sakit, dan mengkondisikan rumah jika sewaktu-waktu saat melahirkan tiba. Tidak hanya itu saja, Anda sebagai pasutri juga akan bingung dan kelabakan memilih perlengkapan untuk si kecil karena di toko perlengkapan bayi baru lahir disediakan berbagai jenis produk dengan banyak sekali merek, ukuran, kualitas dan juga harga. 

Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan? lemaripojok
pixabay

Nah, jangan bingung ya Mom, berikut ini akan kami sampaikan secara langsung perlengkapan bayi apa saja yang harus mama persiapkan. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda bisa secara langsung klik melalui artikel : 
Cermat Belanja Perlengkapan Bayi dengan Ikuti 5 Tips Ini ya. 

1. Popok bayi 
Popok bayi menjadi kebutuhan yang sangat penting mengingat frekuensi buang air besar maupun kecil si kecil jauh lebih sering daripada orang dewasa atau pun anak-anak. Popok bayi ini haruslah segera diganti ketika si kecil buang air kecil atau pun pup. Paling tidak dalam waktu 2 jam sekali popok bayi ini harus diganti. Pada beberapa bayi ternyata popok bayi menjadi sumber iritasi khususnya pada bagian-bagian tertentu. Maka dari itu, Anda sebagai bunda harus benar-benar mengawasi dan memperhatikan kondisi tersebut. Apabila kulit si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda iritasi seperti warna kulit memerah dan timbul bintil-bintil warna merah maka segeralah untuk mencari tahu penyebabnya. Merek perlengkapan bayi popok juga bisa menjadi penyebab iritasi tersebut sehingga Anda harus jeli dan cermat dalam memilih popok. 

2. Baju bayi 
Pilihlah baju bayi dari bahan yang lembut dan menyerap keringat agar bayi merasa nyaman. Sediakan dua macam baju bayi yaitu yang berlengan pendek atau tanpa lengan untuk cuaca panas dan sediakan pula yang berlengan panjang untuk cuaca dingin. Boleh juga anda menyediakan jaket, namun pilihlah jaket yang nyaman yaitu yang tidak membatasi gerak bayi. 

3. Topi bayi 
Jika kita mengamati bayi yang baru lahir, mereka sangat mungil dan lemah. Apalagi mereka juga harus menyesuaikan dengan lingkungan baru, yaitu berada di udara terbuka. Topi bayi dapat melindungi kepala bayi dari cuaca dan udara yang dingin. 

4. Kain bedong 
Kain bedong menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi karena dengan bedong ini kehangatan si kecil akan tetap terjaga. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki minimal 12 buah untuk mengantisipasi ketika si kecil dalam satu hari sering buang air kecil atau pun buang air besar. Selain kain bedong, salah satu perlengkapan yang sangat mempengaruhi kenyamanan si kecil yaitu tempat tidur bayi. Nah, pastikan Anda memilih tempat tidur bayi merk dialogue ya karena kualitas dan material bahannya sudah teruji mampu memberikan kenyamanan kepada si kecil. Dengan menggunakan tempat tidur tersebut, si kecil tidak akan rewel dan cenderung tidur nyenyak di waktu-waktu tertentu. 

5. Selimut bayi 
Selimut bayi anda butuhkan karena suhu udara terbuka dengan suhu di dalam kandungan berbeda. Suhu ruangan lebih rendah apabila dibandingkan dengan suhu di dalam rahim ibu. Untuk menjaga bayi anda yang baru lahir tetap nyaman, sediakan selimut yang berbahan lembut. 

6. Gurita 
Gurita menjadi salah satu perlengkapan bayi yang sering menjadi perdebatan. Di dunia medis, penggunaan gurita sudah menjadi hal yang tidak diperbolehkan atau bahkan dilarang karena dirasa mampu menjadi pemicu permasalahan pada pernafasan dan juga pencernaan si kecil. Meskipun begitu, masih banyak juga orang tua yang masih terpaku pada kebiasaan turun temurun dimana si kecil ketika lahir dikenakan gurita. Pastikan juga bahwa penggunaan gurita tidak dilakukan terlalu ketat sehingga kondisi kesehatan si kecil tetap terjaga. 

macam macam kebutuhan bayi baru lahir
pixabay

7. Sarung tangan dan sarung kaki 

Selain untuk menjaga agar bayi tetap merasa hangat, sarung tangan juga berguna untuk melindungi bayi dari cakaran kukunya sendiri. 

8. Selendang/ gendongan 

Sekarang ada bermacam-macam gendongan yang dapat anda pakai. Pastikan anda membeli sesuai kebutuhan anda saat ini. Jangan sampai karena saking semangatnya berbelanja anda malah membeli gendongan yang diperuntukkan anak yang usianya jauh lebih besar. Dan pastikan juga anda sudah belajar menggendong bayi sebelumnya, agar saatnya tiba nanti anda tidak bingung atau merasa canggung. 

9. Toileters/Perlengkapan mandi 
Perlengkapan mandi untuk bayi seperti handuk, sabun dan shampoo bayi, baby oil serta minyak telon. Untuk bedak bayi ada yang masih menggunakannya namun ada juga yang tidak menggunakannya. Itu semua terserah pada anda, dan pastikan anda memiliki alasan yang tepat untuk itu. 

10. Popok sekali pakai 
Meskipun belum tentu dipakai tak ada salahnya anda mempersiapkan popok sekali pakai ini. Karena kita tidak tahu kapan akan dibutuhkan. Jangan lupa perhatikan ukuran popok tersebut saat anda membelinya. 

11. Stroller 
Bagi Anda yang mudah lelah ketika harus menenangkan si kecil maka alangkah baiknya Anda menyediakan perlengkapan yang satu ini. Stroller akan memudahkan Anda membawa si kecil untuk bergerak karena kebanyakan si kecil rewel atau menangis ketika ditidurkan di tempat tidur. Ada banyak sekali stroller yang disediakan di toko-toko perlengkapan bayi mulai dari harga yang paling murah sampai dengan harga yang sangat mahal. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda sediakan dan pastikan Anda membeli model stroller yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan si kecil. 

persiapan bayi akan lahir
pixabay

Ternyata banyak juga ya perlengkapan bayi baru lahir itu. Berbelanja perlengkapan bayi baru lahir dapat menjadi terapi untuk ibu yang sedang hamil tua. Yaitu menimbulkan perasaan bahagia dalam menanti masa persalinan. Adanya perdebatan-perdebatan kecil antara suami istri saat menentukan mana yang akan di beli, mungkin menimbulkan sedikit kekesalan pada saat kejadian. Namun kini setelah masa-masa itu terlewati dapat menjadi nostalgia yang menggelikan namun indah untuk dikenang. 






You May Also Like

0 comments