Berani Muda Berani Berkarya, Inilah Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018

by - 10:49:00 AM


Berani Muda Berani Berkarya, Inilah Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018


Wirausaha Muda Mandiri 2018 telah mencapai puncaknya! Bertempat di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 15 September telah digelar pengumuman pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018. 



Dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari seluruh universitas yang ada di Malang, para Muspika , para Rektor Universitas di Malang atau yang mewakili beserta para undangan lainnya, acara ini berlangsung secara meriah. Di puncak acara, menteri BUMN Ibu Rini M Soemarno berkenan hadir dan memberikan hadiah pada para pemenang. Acar ini dipandu oleh MC yang sudah terkenal seantero negeri yakni Zivanna Letisha dan Altaf Vicko.



Sebelum acara utama berlangsung, para hadirin dihibur oleh Kelompok Paduan Suara Universitas Brawijaya yang mengenakan busana daerah, dilanjutkan dengan stand up komedi oleh Dicky Difie yang merupakan salah satu jebolan kontes stand up di salah satu TV Swasta di Indonesia.





Beberapa saat kemudian, para undangan memasuki ruangan dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya. Setelah itu para hadirin dihibur oleh kesenian reog Ponorogo dari Universitas Brawijaya yang sudah dua kali meraih piala presiden dalam kejuaraan reog nasional. Keren! Hiburan selanjutnya adalah digital neon kolosal performance oleh Duo Percusssion.


Sebagai tuan rumah, Bapak Rektor Universitas Brawijaya juga turut memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas terpilihnya kota Malang sebagai tuan rumah WMM Award tahun 2018 ini. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan Talkshow yang dipandu oleh Adrian Gunadi yang merupakan CEO dan Co. Founder dari Investree yang merupakan salah satu pelopor Fintech di Indonesia. Talkshow yang bertema “Berani Muda Berani Berkarya” ini, sebagai pembicara Bapak Santoso Sungkari yang merupakan Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI, Dirut Bank Mandiri, Bapak Kartika Wirjoatmojo, Andreas Eddy Susetyo yang merupakan ketua Pansus RUU Kewirausahaan Nasional, Jodie Palgunadi yang merupakan alumni WMM (Akun.biz) serta Jeremia Allan yang juga alumni WMM ynag merupakan owner dari Gedhang Nugget. Acara cukup menarik karena masing-masing pembicara merupakan orang orang yang berkecimpung aktif di dunia kewirausahaan Indonesia.



Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu pengumuman pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018. Setelah melalui proses yang sangat panjang, mulai dari seleksi hingga terjaring 70 orang finalis. Berbagai tahapan penilaian hingga gelaran pameran dilalui, inilah saat yang ditunggu-tunggu. 

Dengan mengenakan pakaian bernuansa batik, 67 finalis Wirausaha Muda Mandiri diminta untuk naik ke atas panggung. Mereka berbaris sesuai dengan kategori masing masing. Adapun para pemenang tersebut adalah : 

Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa
Pemenang I Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado
Pemenang II Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

Bidang Usaha Boga
Pemenang I I Putu Agi Pratama – Umah Lokal
Pemenang II Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I Malinda Amalia – Linean
Pemenang II Nabila – Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)
pemenang II M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi
Pemenang II Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital 
Pemenang I Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech
Pemenang II Aprial Syahputra – HerbalFoam

Kategori Non Mahasiswa


Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa 
Pemenang I Juwita – Golden Berry
Pemenang II Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama

Bidang Usaha Boga
Pemenang I Endro Firdaus – GreenSmoothie factory
Pemenang II Bintang Priyambodo – Papa Buncit

Bidang Usaha Kreatif
Pemenang I Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong
Pemenang II Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia
Pemenang II Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Pemenang II Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

Bidang Usaha Teknologi Non Digital
Pemenang I Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology
Pemenang II Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

Bidang Usaha Digital Financial Technology 
Pemenang I Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB
Pemenang II Bong Defendy – Zend Money

Selain itu juga ada pemenang 2 kategori lainnya yaitu :
Best of The Best WMM 2018 Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin
Finalis Terfavorit WMM 2018 Ardana Noor Octaviandi – Bolunesia 

Total hadiah untuk pemenang pertama dari mahasiswa adalah sebesar 100 juta rupiah, sedangkan untuk pemenang kedua sebesar 50 juta rupiah. Sedangkan untuk non mahasiswa, pemenang pertama dari masing-masing kategori mendapatkan total hadiah sebesar 100 juta rupiah dan pemenang kedua sebesar 100 juta rupiah. Sedangkan untuk pemenang utama atau Best of the Best mendapatkan total hadiah 100 juta rupiah dan juara terfavorit mendapatkan total hadiah sebesar 40 juta rupiah. 

Selain mendapatkan hadiah, para pemenang juga akan mendapatkan akses berbagai skema pembiayaan di Mandiri Group dan tentu saja mendapatkan pendampingan dalam pengembangan usaha mereka. 

Tak hanya para peserta yang mendapatkan hadiah, Universitas yang merupakan tempat para mahasiswa menuntuk ilmu pun juga mendapatkan hadiah. Pemberian hadiah yang berupa dana CSR ini didasarkan pada jumlah peserta yang lolos penjurian dari universitas tersebut. Adapun Universitas tersebut adalah Universitas Telkom sebagai peringkat pertama dan mendapatkan dana CSR sebesar 500 juta rupiah, diikuti Universitas Hasanuddin yang mendapatkan 300 juta dan terakhir Universita Bina Nusantara yang mendapatkan 200 juta. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan hiburan yang menghadirkan artis asal sidoarjo yaitu Via Vallen. Suasanapun bertambah meriah. Tak disangka ternyata para mahasiswa hafal semua lagu-lagu hits dari via Vallen.


Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan talk show yang kedua yanag menghadirkan para alumni WMM yang telah sukses menjalankan usaha mereka masing-masing. Dipandu oleh MC Zivanna dan Vicko para narasumber ini adalah : Martalinda Basuki - Coklat Klasik (alumni Boga 2014), Florentia Jeanne Sutanto - NoonaKu Signature (alumni IPJ 2016), dan Sugeng Handoko - Pengembangan Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Jogjakarta2E (Alumni Sosial 2012). 


Masing-masing narasumber menceritakan jatuh bangunnya usaha yang mereka jalani. Ada banyak pesan yang didapat dari talkshow ini, menurut noonaku, ketika kita berkoneksi dengan Tuhan maka akan menghasilkan sesuatu yang positif. Untuk itu dalam menjalankan usaha harus memiliki 3 unsur yaitu God, Passion dan Action. Untuk action itu sendiri harus memiliki Kemauan, komitmen dan Konsistensi. 

Sedangkan Menurut Martalinda atau yang biasa dipanggil Lala, kita harus percaya terhadap diri sendiri jika akan melakukan usaha. Karena siapa lagi yang akan mempercayai diri kita kalau tidak dimulai dari diri sendiri. Sedangkan Mas Sugeng memberi tips bagaimana kita dapat melihat suatu peluang dalam memulai usaha, yaitu perbanyaklah piknik. Dengan melakukan perjalanan maka pikiran kita akan terbuka dan kita bisa mendapatkan ide karenanya. 


Bagi saya, menghadiri acara awarding Wirausaha Muda Mandiri ini adalah pengalaman yang luar biasa, saya banyak mendapatkan insight dan ilmu yang berkesan. Semoga ke depan semakin banyak anak muda Indonesia yang tergerak untuk berwira usaha. Dan semoga Bank Mandiri semakin sukses sehingga semakin banyak membina pemuda-pemuda Indonesia.

You May Also Like

0 comments