review

Tips Belanja Fashion Secara Online Ala Lemaripojok

21.40.00


Tips Belanja Fashion Secara Online Ala Lemaripojok

Tips Belanja Fashion Secara Online Ala Lemaripojok


Salah satu hal yang membuat saya senang saat mudik lebaran kemarin adalah, di desa saya sudah ada kantor pos dan jasa pengiriman lainnya. Bagaimana tidak? Dulu sewaktu saya masih kuliah pernah dikirimi kartu ucapan lebaran dari teman yang rumahnya di Malang kota (FYI rumah saya di Malang kabupaten) Sampai lebaran habis, bahkan sudah masuk kuliah kembali, kartu itu belum sampai juga. Padahal kartu untuk teman saya yang di Purwokerto (Jawa Tengah) dan Lumajang sudah sampai sebelum hari raya tiba. Dengan adanya kantor pos dan jasa ekspedisi lainnya di desa saya seperti sekarang ini, pengiriman barang jadi lebih cepat dan tentu saja belanja online semakin menyenangkan. 

Padahal biasanya, kakak saya di kampung yang sekarang juga mulai keranjingan belanja online suka menggunakan alamat rumah saya sebagai alamat tujuan pengiriman. Rumah saya memang berada di ibukota Kabupaten yang lebih dulu terjangkau jasa ekspedisi. Biar cepet sampai katanya, padahal ya sama saja. Lama pengiriman dari penjual ke rumah saya emang lebih cepat, tapi yang lama adalah itu barang ngendon di rumah sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kadang nunggu saudara yang mampir atau nunggu saya yang mudik. Hahaha. Lamanya pengiriman jadi semakin entah, kalau begitu #maksudnyaapasih … 

Dulunya kakak saya sempat pesimis dengan belanja online, apalagi belanja fashion online karena menurut beliau belanja fashion online rawan penipuan. Baik ditipu oleh penjual atau terkena tipuan mata karena foto produk yang nampak menarik padahal sebenarnya tidak semenarik itu. Namun setelah mendengar beberapa tips dari saya, akhirnya beliau jadi senang berbelanja online. Mau tahu tips belanja fashion online ala lemaripojok? Baiklah… 

· Belanjalah di e-commerce yang menggunakan rekening bersama agar transaksi anda lebih aman 

· Pilih barang dengan merk yang sudah anda kenal sebelumnya atau barang yang sudah direkomendasikan. 

· Carilah official store dari brand tersebut di e-commerce kesayangan anda, atau 

· Carilah seller atau penjual yang sudah terekomendasi dengan baik, terutama oleh orang yang anda kenal

· Ketahuilah ukuran tubuh anda sendiri, misalnya saja berapa lingkar dada, lingkar pinggang, dan panjang badan dari pinggang ke mata kaki. Jika ingin membeli sepatu, anda juga harus tahu berapa panjang telapak kaki anda. Dengan mengetahui ukuran tubuh sendiri, kita dapat lebih mudah memilih ukuran produk yang akan kita beli. Karena biasanya ukuran-ukuran tersebut berbeda antara brand satu dengan yang lainnya. Jika anda tidak memiliki meteran untuk mengukur badan, anda dapat mengukur dengan menggunakan tali, lalu ukur saja panjang tali tersebut dengan penggaris. 

· Milikilah pengetahuan tentang berbagai macam jenis bahan baku produk. Misalnya untuk pakaian anda harus mengetahui macam-macam kain. Sehingga anda akan lebih mudah membayangkan bagaimana busana tesebut saat dikenakan, bagaimana perawatannya dan lain-lain. Demikian juga untuk produk lain, seperti tas dan sepatu. Akan lebih membantu saat memilih jika kita mengetahui bahan baku pembuatnya. 

· Ketahui juga klasifikasi produk fashion yang ingin anda beli, sehingga mempermudah anda dalam menggunakan fitur pencarian dan tidak membuang-buang waktu. Misalnya saja untuk produk pakaian ada outer, dress, tunic, kulot dll. Untuk tas ada satchel bag, cross body, sling bag, tote bag, clutch dll. Sedangkan untuk alas kaki ada istilah high heels, wedges, boot, sneaker, flat shoes, platform, espadrilles dan lain-lainnya. 

· Untuk meminimalisir ongkos kirim, pilihlah seller yang ada di kota anda sendiri atau kota lain yang jaraknya berdekatan dengan kota anda. 

· Tanyakan kesediaan barang sebelum anda transfer.Daripada kita buru-buru transfer, ternyata barang incaran kita out of stock. Memang sih, uang kita tak akan hilang, tapi proses pengembaliannya juga memakan waktu walaupun hanya hitungan hari. 

· Pantau terus e-commerce kesayangan anda , karena biasanya tiba-tiba ada penawaran menarik, baik itu diskon atau bahkan flash sale

· Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan. Bersenang-senang dengan menghadiahi diri sendiri tidak dilarang, namun kita juga harus punya ukuran. Jangan sampai menyesal belakangan karena belanja hanya karena lapar mata saja. 

Nah, itulah tips tips belanja fashion online ala lemaripojok. Teman-teman punya tips apalagi nih, boleh kok di share di kolom komentar. 

You Might Also Like

40 comments

  1. Belanja online memang memudahkan kita. Duduk manis barang pun datang

    BalasHapus
  2. Biasanya kita melakukan banyak kesalahan saat belanja online,untuk itu kita memang harus berhati-hati.Infonya bermanfaat banget,terima kasih :)

    BalasHapus
  3. Saya juga lebih suka nyari official store meskipun harganya agak lebih mahal tapi lebih safety yah

    BalasHapus
  4. Setuju bersenang memberikan hadiah untuk diri sendiri itu baik, tapi tetap harus kontrol pengeluaran. Makasih Mba buat share tipsnya.

    BalasHapus
  5. oke, aku akan pantau e commerce langgananku yang selalu update heheh siapa tahu dapet barang bagus harga murah kan ya. jadi happy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang kadang suka ada diskonan atau flash sale mendadak..

      Hapus
  6. zaman serba canggih kayak sekarang udah banyak orang yang lebih memilih belanja online tapi masih ada juga yang takut atau ragu untuk memulai belanja online.. tipsnya lengkap bangeeet.. bermanfaat mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat buat orang orang yang masih ragu belanja online...

      Hapus
  7. kalau aku belanja fashion online kadang suka ga cocok sama ukuran, tapi kalau tempatnya terpercaya siy aman2 aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya cari yang brand nya sudah kita kenal, jadi aman deh..

      Hapus
  8. Belanja fashion online, gampang-gampang susah, hehehe.
    Terkadang muncul masalah saat barang datang, ukurannya kurang pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Untunglah banyak ecommerce yang menerapkan retur barang...

      Hapus
  9. Aku sering belanja online.. ini pencerahan buat gue mba.. tararangkyu

    BalasHapus
  10. Hobbyku vanget nih mbak sekarang kalay belanja fasion pasri lewat online aja, praktis sambil fegoleran bisa dapet baju kece hihi.. Makasih ya mbak tipsnya

    BalasHapus
  11. Makasih ya tipsnya. Memang sihbskg ini orang lebih banyak milih belanja online karena lebih praktis lebih murah karena irit tenaga dan ongkos juga waktu. Sangat membantu bagi yg punya seabrek kesibukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... tau tau barang udah datang hehehe

      Hapus
  12. saya suka banget belanja online Mba, apalagi yang gratis ongkir soalnya onglir ke tempatku mahal banget, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma mbak... aku juga pilih yang gratis ongkir. Atau kalau ngga gitu cari yang tokonya deket

      Hapus
  13. Duh saya pun sekarang mengandalkan belanja fashion secara online kare tinggal di tempat yang jauh dari kota dan mal,kadang nemu yang pas dan kadang tidak, makasih ya tipsnya

    BalasHapus
  14. Benar bangat tips di atas, saat belanja online apalagi fashion kudu berhati-hati nanti bisa berabe. Tapi belanja online ini solusi terbaik saat kita sibuk atau malas ngemall :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayan kan... ga capek ga kena macet juga hehehe

      Hapus
  15. Saya juga lebih suka belanja di e-commerce yang mempunyai rekening bersama karena lebih terjamin dan tidak takut kalau kena tipu tipu online shop sembarangan untuk barang pun biasanya lebih berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... sama. Perasaan jadi lebih tenang ya...

      Hapus
  16. Wah tipsnya mantap nih Mba, belanja online sekarang memang jadi solusi banget tapi memang harus memperhatikan banyak hal termasuk yg mba paparkan di atas, terima kasih :)

    BalasHapus
  17. kalau mau belanja online memang harus jeli dalam memilih barang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... jangan sungkan sungkan manfaatkan jiga fitur chat..

      Hapus
  18. Aku juga kalau mau belanja nyari seller yang direkomen tmn, mbak. Kalaupun enggak biasanya sih baca review pembeli2 sebelumnya hehe.

    BalasHapus
  19. Makasih banget nih tipsnya, bagus untuk catatan bagi masyarakat yang mau belanja lewat Online.

    BalasHapus
  20. Tips hemat ongkir aku bgt ini , selalu diusahakan pilih seller yg dket . Selain lbh murah , kalo waktunya mepet bisa pakai jasa go send atau paket jne yes.

    BalasHapus