5 Hal yang Wajib Anda Lakukan di Australia Saat Musim Dingin

by - 9:10:00 PM


5 Hal yang Wajib Anda Lakukan di Australia Saat Musim Dingin


Salah satu impian saya adalah berkeliling di Australia. Dulu sih pernah punya cita-cita kuliah disana, namun belum terwujud karena nikah dan punya anak. Mungkin nanti suatu saat bisa keturutan kesana karena jalan-jalan sama keluarga, semoga saja ya... amiin. 

Ternyata banyak hal yang menarik yang bisa kita temui saat di Australia, salah satunya adalah bahwa musim dingin disana berbeda dengan musim dingin negara-negara yang terletak  di utara garis equator. Musim dingin di Australia justru jatuh pada bulan Juni-Agustus. Namun, bukan berarti karena perbedaan ini Australia membuat Anda luput untuk pergi ke Negeri Kanguru tersebut. Benua terkecil sekaligus negara tetangga ini justru menjadi sebuah destinasi menarik sebagai pilihan Anda untuk pergi bervakansi. 

Mengapa Australia patut diperhitungkan untuk menjadi destinasi Anda berlibur? Pada saat musim dingin tiba, suhu udara di Australia justru tidak begitu dingin, atau dapat dikatakan sebagai suhu udara yang dapat membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. Walaupun Anda akan jarang menemui salju, tetapi Anda dapat menemukannya di beberapa wilayah di Australia.

Selain itu, pada saat musim dingin tiba, beberapa destinasi wisata dan pusat kota menjadi lebih sepi ketimbang musim lainnya. Hal tersebit dikarenakan masyarakat Australia lebih memilih untuk ikut serta ke beberapa festival musim dingin yang diselenggarakan oleh beberapa pihak di sana.

Suhu yang tidak terlalu dingin dan sejuk membuat Anda dapat melakukan banyak hal ketika bertandang ke Australia. Dengan mencari tiket pesawat ke Australia, Anda dapat mewujudkan impian Anda untuk medapatkan pengalaman mengagumkan di Australia. Untuk mengetahui apa yang harus Anda saat musim dingin di Australia, silakan simak artikel berikut ini

1. Festival Musim Dingin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pusat kota di Australia justru akah kehilangan keramaian karena semua masyarakat Australia telah dicuri atensinya untuk datang ke Festival Musim Dingin. Salah satu festival musim dingin yang telah mencuri banyak perhatian publik Australia adalah VIVID Sydney. Festival tersebut merupakan saalah satu festival terapik karena seluruh permukaan Opera House akan diselimuti oleh lampu-lampu unik serta proyeksi 3D, dan publik juga akan dihibur dengan pertunjukkan musik dan seni lainnya. Selain Opera House, Anda juga akan dihibur oleh lampu-lampu yang menghiasi setiap kapal-kapal yang lewat di kawasan tersebut. 

2. Menikmati Aurora

Walaupun aurora utara memiliki kepopuleran yang tinggi dibandingkan aurora selatan, namun bukan berarti keindahan aurora tersebut berbeda dan luput untuk dinikmati. Aurora belahan bumi selatan memiliki keunikan tersendiri, karena tatanan cahaya yang dihasilkan sangat langka untuk terjadi. Jika Anda berencana untuk menyaksikan aurora di belahan bumi selatan, maka Anda wajib untuk bertandang ke pulau kecil di selatan Australia, yakni Tasmania. Anda harus meluangkan waktu untuk menunggu keberadaan aurora di sini karena kemunculannya yang sulit diprediksi. Namun hasil dari menunggu Anda tidak akan berakhir sia-sia. 

3. Meluncur dengan Papan Ski

Menariknya, tidak semua wilayah di Australia terselimuti butiran salju saat musim dingin tiba, namu bukan berarti Anda tidak dapat menikmati salju tersebut. Saat Anda sudah memiliki tekad untuk menikmati musim dingin di Australia, Anda wajib untuk bermain ski di Perisher. Destinasi yang berada di tengah gunung salju Kosciusko National Park Australia tersebut merupakan primadona liburan musim dingin yang paling populer sekaligus resor ski terbesar di belahan bumi bagian selatan. Persiher memiliki empat resor dan 47 lift yang dapat membuat Anda dapat menikmati salju Australia secara maksimal dengan berselancar menggunakan papan ski Anda. 

4. Mengunjungi Museum

Berlibur bukan berarti Anda tidak ada waktu untuk mengedukasi diri, bukan? Kunjungilah beberapa museum yang wajib untuk Anda sambangi. Anda akan disajikan beberapa museum menarik di Sydney, dan salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Museum Powerhouse. Museum ini merupakan salah satu museum seni dan sains terapan. Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan tambahan bila sudah melangkah ke museum yang berada di St. Ultimo, New South Wales tersebut. Dengan berbekal AUD 15, Anda dapat menikmati seluruh isi yang ada di museum tersebut. Selain seni dan sains terapan, Museum Powerhouse juga memiliki pameran temporer yang bertemakan Hollywood, jadi Anda dapat menikmati beberapa barang-barang yang identik dengan kiblat film dunia tersebut. 

5. Menyaksikan Ikan Paus Bermigrasi

Pada saat musim dingin tiba, ikan paus yang berada di belaham bumi selatan akan bermigrasi ke utara. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan momen menakjubkan tersebut ketika sedang berada di Australia. Dengan menggunakan kapal untuk berlayar di sepanjang garis pantai Australia bagian selatan, Anda harus siap-siap mengeluarkan kamera saku Anda untuk mengabadikan ikan paus yang sesekali akan menyembul ke permukaan laut.

Ternyata banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan saat musim dingin di Australia ya. Hey, baru ingat kalau sekarang bulan Juli. Masih musim dingin loh di Australia, yuk buruan cari tiketnya.

You May Also Like

21 comments

  1. Pingin banget ke Australia, semoga suatu saat bisa kesana. Amin

    ReplyDelete
  2. Bayangin auroranya pasti cantik banget

    ReplyDelete
  3. Kalau main ski sih enggak ya, palingan ketemu salju aja udah seneng banget hehehe

    ReplyDelete
  4. Festival Musim Dinginnya pasti keren banget ya aah

    ReplyDelete
  5. Museum seni dan sains terapan pasti keren banget hehe

    ReplyDelete
  6. kalau punya kesempatan ke sana aku pengennya lihat migrasi para ikan itu, benar-benar penasaran bentuk migrasi mereka seperti apa

    ReplyDelete
  7. Menikmati aurora dan ikan paus migrasi kayaknya asik ya mba. Tapi gatau kuat ngga ya aku hidup di musim dingin disana, aku ga kuat dingin. Brrrr

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak yang bisa dilakukan saat musim dingin di Australia, selain menikmati salju. Saya ingin sekali melihat aurora dan Paus yang bermigrasi. Semoga kita bisa travelling ke sana yah..

    ReplyDelete
  9. Anakku yang usia 5 tahun pernah ditanya sama neneknya,"Aa nanti mau sekolah di mana?" dia jawab "Australia" entah dengar dari mana nama Australia, padahal kami jarang menyebutnya, dasar anak-anak, semoga impiannya tercapai kelak

    ReplyDelete
  10. Australia memang jadi pilihan tujuan wisata yang mengagumkan, negara empat musim dengan keindahan fenomena aurora yang langka dan salju. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke museum di Australia ya!

    ReplyDelete
  11. Aku ingatmga lagu anak anak australia negeri kangguru padahal banyak yang bisa dilakukan hahaha. Seru juga sih ya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana. Banyak hal menarik juga nih. Mantep banget kalau bisa berlayar jauh nelewati pantai australia yang kabarnya indah

    ReplyDelete
  12. Aku kira aurora itu cuma ada di barat doank, ternyata ada juga di aussie ya. Jadi kepo.. Semoga nanti ada kesempatan ke aussie. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Aku mau melihat aurora. Perginya sama suami ya pasti romantis jadinya pas melihat aurora. Lagipula australia lebih dekat dg Indonesia jika dibandingkan dg benua lain.

    ReplyDelete
  14. Karena aku suka langit malam, Aurora jadi pilihan yang pas banget! Entah kapan bisa ke Australia ya. Temenku ada yg baru kuliah di sana. Kali aja rejeki bisa ketemuan dan jalan bareng

    ReplyDelete
  15. Wahhh aku baru tahu bisa lihat aurora di Australia. Cukup dekat. Harga tiketnya enggak semahal kalau ke kutub.

    ReplyDelete
  16. Wah, menarik-menarik sekali ya berbagai aktivitas yang ditawarkan di Australia di musim dingin. Kalau saya, begitu terkagum-kagum dengan penampakan aurora (di tivi, hehe..), ingin suatu saat bisa menyaksikannya secara langsung :)

    ReplyDelete
  17. Wawwaa...keren sekali Australia ini.
    Pingin lihat kangguru langsung. Gimana indahnya cinta kasih seorang Ibu dengan menggendong anaknya ke mana-mana...Hiihii...

    Aku juga paling suka wisata ke Museum.
    Karena sejarah dan masa lalu sebuah negara terekam di sana.

    Semoga Allah ijabah ke Aussie yaa...
    Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Hihi kirain dari Australia gitu, tapi aminin dong biar bisa2 ke sana juga hehe. Aurora sama Museum bagus juga idenya, kalau makanan khas kira2 gimana ya di musim dingin itu :3

    ReplyDelete
  19. Australia oh Australia kyknya aku gak cuma pengen datang dan singgah sebentar, tapi jg pengen stay agak lama di sana mbak hehe. Wah ternyata saat musim dingin di sana banyak festival2 gtu ya? Mungkin jg sbg cara utk menarik turis asing, yg di negaranya gk nemu salju kyk kita hehe :D

    ReplyDelete
  20. kamera oppo ini emang luar byasak banget! aku aja kalo selfie pake ini berasa cetar membahana hahaha

    ReplyDelete
  21. 5 saran di atas pantang ditolak, Mbak. Apalagi melihat aurora. Duh... bahagianya....

    Psst... kalau mau lihat paus bermigrasi, ke Karimunjawa saja! Tapi aku lupa bulannya. hihihi... Harus tanya ke petugas konservasi dulu.

    ReplyDelete