Beda Tas Sekolah Anak SMP Zaman Now dan Zaman Old

by - 5:53:00 PM







pixabay 



Beda Tas Sekolah Anak SMP Zaman Now dan Zaman Old

Masih teringat zaman dahulu kala (((dahulu kala))) saat masih SMP. Tas sekolah anak perempuan SMP yang cukup ngetrend waktu itu di daerahku modelnya cukup sederhana. Hanya sebuah tas selempang kecil yang ukurannya sedikit lebih besar dari buku tulis. Karena pada zaman dahulu belum wajib membawa laptop. Buku paket pun pinjam dari sekolah. Maklumlah saya kan tinggal di desa. Benda yang dibawa ke sekolah cukup buku tulis dan ballpoin. 



Ada untungnya juga waktu itu sekolah hanya membawa buku tulis saja, jadi bawaan tidak berat. Karena untuk menuju sekolahan SMP, jarak yang harus saya tempuh cukup jauh. Kurang lebih 5 KM yang harus saya lewati setiap hari dengan berjalan kaki. Meskipun jauh, perjalanan tidak terasa jauhnya. Karena kami beramai-ramai baik berangkat maupun pulang sekolah. Bahkan ada teman saya yang jarak antara rumah dan sekolahnya hampir dua kali lipat jarak dari rumah saya ke sekolah. Dan mereka juga berjalan kaki. Baru pada saat kelas tiga, kami kenal dengan yang namanya ojek. Tapi kadang-kadang masih jalan kaki juga, kalau sedang tidak punya uang hahaha.



Baik anak laki-laki maupun anak perempuan, model tas yang dipakai sama saja. Modelnya ya itu-itu saja. Maklumlah karena kami belinya sama-sama di pasar tradisional yang ada di daerah kami. Toko yang menjual tas bisa dihitung dengan jari, jadi pilihannya tidak banyak. Pasarnya pun tidak buka setiap hari, hanya pada pasaran wage dan pahing saja. Dan, sampai sekarang masih tetap seperti itu hihihihi.



Saya pun masih ingat tas saya yang dulu, berwarna hitam dengan satu kantong utama dan 2 kantong yang lebih kecil. Satu-satunya tas yang saya pakai sampai rusak, kalau sudah rusak barulah membeli lagi yang baru. Waktu itu, punya satu tas rasanya sudah lebih dari cukup. Karena masih ada teman yang sekolah tidak membawa tas. Mereka biasanya membawa buku dengan cara di selipkan di celana bagian belakang. Agar tidak jatuh, bukunya ditekuk menjadi dua.




Di zaman sekarang, mana ada anak sekolah tidak membawa tas? Masih SD saja bawaan sebrek, apalagi yang sudah SMP. Model tas pun sekarang bermacam-macam dan lucu-lucu. Tidak seperti zaman dahulu. Tapi, beda sekali antara tas sekolah anak perempuan SMP dengan tas sekolah anak laki-laki SMP. Kalau tas sekolah anak perempuan SMP biasanya ada sentuhan feminin, baik dari warna maupun detail. Sedangkan anak laki-laki, modelnya lebih simpel dan didominasi warna-warna gelap.





pixabay 






Kalau dilihat-lihat ada beberapa hal yang membedakan tas sekolah SMP zaman dahulu dengan sekarang adalah :


1. Model. Saat ini tersedia berbagai macam model tas sekolah. Baik di desa maupun di kota, semuanya sama saja. Semua bisa mengikuti perkembangan model tas terbaru melalui internet. Bahkan untuk yang tinggal di desa, membelinya tidak harus pergi kekota, karena sekarang pembelian online juga sudah ngetrend.


2. Ukuran. Saat ini tas sekolah, hampir tidak ada yang berukuran kecil. Karena buku yang dibawa berukuran besar. Ditambah lagi kalau sudah SMP biasanya membawa komputer jinjing, jadi tas sekolah yang dipakai, ukurannya harus cukup untuk membawa komputer jinjing.


3. Harga. Memang ada harga ada rupa. Kalau zaman dahulu, membawa tas sekolah yang murah pun akan awet, karena bebannya ringan. Tapi kalau zaman sekarang harus pintar-pintar memilih tas yang kuat. Karena beban tas lebih berat. Nah, tas yang berkualitas tentu beda dong harganya dengan tas yang kualitasnya biasa-biasa saja....


4. Fungsi/ kegunaan. Tas sekolah pada zaman dahulu hanya digunakan untuk membawa buku tulis saja, dan pakaian olahraga satu minggu sekali. Zaman sekarang isi tas lebih lengkap karena berisi buku tulis, buku paket, kotak bekal bahkan laptop.


Anak-anak saya yang sekarang masih SD, bawaannya juga sudah berat. Untunglah mereka pergi ke sekolah tidak berjalan kaki seperti saya dulu. Jadi meskipun bawaannya agak berat, saya tidak terlalu kepikiran.




Anak perempuan saya, yang masih kelas dua SD. Tidak berbeda jauh dengan teman-temannya. Memilih tas dengan tokoh putri yang gambarnya memenuhi tas bagian depan. Mungkin nanti kalau sudah agak besar, misalnya saja sudah SMP, seleranya akan merubah. Yang pasti tas sekolahnya nanti saat SMP lebih feminin dari punya mamanya dahulu. Karena dari sekarang sudah nampak kalau bakatnya sebagai perempuan feminin lebih kuat dari emaknya hehehe.




Itu dia beda antara tas sekolah kid zaman old dan kid zaman now. Fungsi utamanya tetap sama yaitu membawa buku, namun seiring perkembangan zaman, berubah sesuai dengan kebutuhan. Punya cerita menarik di masa lalu tentang tas sekolah? Boleh dong di share di kolom komentar.

You May Also Like

1 comments

  1. pas sekolah aku suka yg tas ukurannya gede krn bawa buku paket yg segede gaban biar bisa masuk mba males gitu nenteng2 bisa2 ketinggalan hahaha

    ReplyDelete