Tips menghemat tagihan listrik di Rumah Anda

by - 11:26:00 PM

Tips menghemat tagihan listrik di Rumah Anda


Tips menghemat tagihan listrik di Rumah Anda
Dalam kehidupan sehari-hari kita sekarang ini seolah tidak bisa terlepas dari yang namanya energy listrik. Listrik mengalami pemadaman sebentar saja kita bingung. Ya, karena sebagian besar peralatan rumah kita bergantung pada energy listrik. Semakin banyaknya peralatan rumah tangga yang menggunakan energy listrik berdampak pada meningkatnya penggunaan energy listrik di rumah, akibatnya biayanya juga semakin membengkak. 

Seperti di rumah saya, kalau biasanya 250 ribu untuk sebulan, tagihan terakhir menyentuh angka 350 ribu rupiah. Tentu saja saya terkejut mengapa kenaikannya sampai sebanyak itu, ternyata menurut Bapak, kenbaikan itu dikarenakan pada saat lebaran kemarin tidak dilakukan pengecekan meteran listrik. Sehingga tagihan yang biasanya untuk satu bulan, tagihan yang sekarang untuk 1,5 bulan. Oh pantaslah kalau begitu pikir saya. 

Walaupun begitu, bila dibandingkan dengan rumah teman-teman lainnya, pemakaian listrik di rumah saya termasuk banyak. Sebenarnya ada beberapa langkah kecil yang bisa dilakukan agar tagihan listrik tersebut tidak membengkak. Misalnya saja: 

1. Seringkali di rumah TV menyala padahal tidak ada yang menonton. Atau ditonton sebentar, kemudian penontonnya tertidur atau malah ditinggal main. Untuk menghindari hal semacam ini, sebaiknya saat menyalakan TV sekaligus menyalakan timer/ pengatur waktu. 

2. Biasanya, setelah men-charge hape yang dicabut adalah hapenya saja. Sedangkan chargernya tetap menempel di stop kontak. Langkah yang seharusnya dilakukan adalah, cabut segera charger begitu selesai digunakan. 

3. Kemungkinan ada kabel yang sudah aus. Kabel yang sudah tua juga dapat mengakibatkan listrik terbuang sia-sia sebaiknya segera ganti instalasi listrik di rumah dengan kabel baru. 

4. Tidak ada lampu terang dan lampu khusus untuk tidur di dalam kamar. Khusus buat yang takut gelap, sebaiknya menyediakan lampu yang nyalanya temaram untuk menemani tidur. 

5. Gunakan alat elektronik yang hemat listrik, misalnya lampu LED. Memang pada saat mengganti lampu rumah dari lampu biasa ke lampu LED membutuhkan modal. Namun setelahnya biaya tagihan listrik kita akan lebih ringan. 

6. Manfaatkan penerangan alami untuk mengurangi tagihan listrik. Cahaya matahari merupakan sumber cahaya terbeik saat siang hari. Untuk itu desain sedemikan rupa rumah anda agar pada siang hari cahaya matahari dapat menerangi ruangn di rumah anda. 

7. Matikan alat listrik/alat elektronik saat malam hari atau saat kita tidur. Misalnya saja saat mematikan televise, kita terbiasa mematikan melalui remote control saja, bukannya langsung mematikan melalui tombol power yang ada di pesawat televise. Dengan cara tersebut masih ada aliran listrik yang mengalir ke pesawat televise anda. Namun bila anda mematikan TV melalui tombol power di pesawat televise, atau bahkan cabut stekernya sekalian maka tidak ada aliran listrik ke televise anda. Hal ini disarankan terutama untuk televise yang jarang ditonton. 

Masih banyak tips-tips ringan yang dapat dilakukan untuk menghemat tagihan listrik anda. Saya menuliskan seperti ini bukan berarti saya sudah bisa melaksanakan semuanya. Namun saya menulis ini sebagai pengingat diri saya sendiri juga. Toh kalau kita hemat listrik, kita juga yang akan diuntungkan. Sisa uang pembayaran bisa ditabung untuk membeli barang lain yang kita butuhkan. Misalnya HP Xiaomi Mi5, namun sebelum anda membeli HP tersebut, sebaiknya anda mencari tahu dulu harga xiaomi mi5 melalui peramban kesayangan anda. Hemat energy, hemat biaya… mohon dibaca tidak sambil bernyanyi ya, hihihi. 


You May Also Like

6 comments

  1. Wah terimakasih tipsnya, #saveenergy hehe

    ReplyDelete
  2. Bener banget, biasanya tv nya yang nonton orangnya hehe

    ReplyDelete
  3. Sering banget ngambil hp nggak nyabut chargernya huhu

    ReplyDelete
  4. Kalau tidur sebaiknya lampu memang dimatikan ya, selain hemat energi tidur juga lebih nyaman hehe

    ReplyDelete
  5. Wah memang harus segera pindah ke lampu led nih

    ReplyDelete
  6. kebiasaan buruk yang lupa mencabut charger HP tetap nempel hehhe makasi tipsnya mba

    ReplyDelete