Resep Sayur Bayam Istimewa ala Bang Sam

by - 4:43:00 PM

Masako, bumbu penyedap masak dengan ekstra daging asli

Resep Sayur Bayam Istimewa ala Bang Sam
Duhai para istri dan para Ibu sekalian, sadarkah kalian kalau hidup itu harus penuh ide dan siasat? Contohnya seperti, bagaimana membuat anak anak tetap anteng meskipun tanpa gadget. Atau bagaimana membuat mereka selalu lahap saat makan. PR banget kalau yang ini mah. Termasuk juga siasat agar suami selalu betah di rumah eaaa, kalau yang ini sih, teman-teman semua pasti udah pada ahli ya. Hehehehe. 

Urusan makanan anak itu terkadang bikin bingung juga, secara saya punya tiga anak yang kadang-kadang untuk urusan makan saja punya keinginan sendiri-sendiri. Si Sulung, mungkin karena lebih besar, dia sudah mulai bisa makan dengan segala macam lauk. Termasuk lauk yang mengandung cabai. Si cewek yang nomor dua, hampir sama dengan kakaknya namun levelnya sedikit lebih rendah dari kakaknya. Artinya dia pun mulai belajar makan dengan lauk atau sayur orang dewasa, namun jenis makanan yang di toleransi lebih sedikit dari kakaknya. 

Nah, yang paling bikin gemes ini si Bungsu, karena daftar makanan yang dia mau itu jauh lebih pendek dibanding dua kakaknya. Kadang suka bingung, mau nurutin si kakak atau adik. Tapi karena (sok) sibuk biasanya saya lebih memilih masakan yang praktis dan disukai oleh ketiga anak saya. 

Kalau di ingat-ingat, dulu waktu si Sulung masih kecil juga susah makan. Namun karena belum punya adik, saya telaten untuk mengenalkan berbagai macam bahan makanan. Segala macam teori yang pernah say abaca di buku, masih ada waktu untuk mempraktekkannya. Dan hasilnya bisa dirasakan sekarang. Si Kakak mudah sekali diminta untuk mencoba jenis makanan baru dan enggak susah jika di suruh makan. 

Sedangkan si nomor dua, emaknya ini juga masih sempat merayu saat mengenalkan jenis makanan baru. Berbeda dengan si Adik, dimana saat si adik harusnya mengenalkan berbagai jenis makanan baru, dengan alasan repot akhirnya jenis makanan yang di kenalkan itu itu aja. Akibatnya emak sekarang repot sendiri huhuhu. 

Namun syukurlah kedua kakaknya pengertian dengan keadaan adiknya. Kadang-kadang mereka kerja sama untuk membuat adiknya mau mencoba makanan baru. Beberapa kali berhasil, walaupun masih ada yang gagal juga. 

Salah satu sayur favorit si Adik yang juga di sukai oleh kedua kakaknya adalah sayur bayam. Yess, hanya bayam tanpa tambahan sayur lainnya. Namun emak sesekali menambahkan sayur lainnya dengan harapan, jika di gabungkan dengan sayur yang di sukai maka jenis sayur tersebut lama lama akan di sukai juga oleh si Adik. Nah, kali ini saya masak sayur bening bayam dan oyong atau gambas. 

Kelihatannya sepele, tapi memasak sayur bening bayam ini sedikit “tricky” lo. Karena bumbunya yang minimalis, salah sedikit saja membuat rasanya jadi enggak karu-karuan. Kalo orang Jawa bilang, ‘rasane ora ngalor ora ngidul” hehehe. 

Dan coba tebak, siapa yang ngajarin saya masak sayur bayam yang enak, Pak Suami. Iyess, pak Suami yang member saya resep sayur bayam favoritnya anak anak ini. Maklum, dulu pas kecil doi suka ngikutin Ibu mertua di dapur, jadi untuk urusan dapur bisa lah diandalkan. Masaknya doang , bersih bersihnya enggak. Eh malah curhat hehehe. 

Masako Bumbu penyedap masak dengan resep baru

Baiklah, daripada saya simpan sendiri. Saya akan bagi bagi resep sayur bayam ala Bang Sam.

Resep sayur bayam ala Bang Sam 

Bahan sayur bayam: 

1 mangkok besar sayur bayam yang sudah disiangi 

1 buah oyong atau gambas, kupas dan cuci hingga bersih 

1 buah tomat yang sedang besarnya 

10 butir bawang merah iris tipis 

½ sdt garam 

1 sdt gula pasir 

¼ sdt masako rasa ayam 

Cara Memasak sayur bayam:

Bayam yang sudah bersih di jadikan satu, kemudian dipotong menjadi 3 bagian. Tujuannya agar nanti pada saat sayur matang, bayam tidak menggumpal jadi satu. Sementara itu didihkan air secukupnya. Setelah mendidih masukkan bawang merah yang sudah di iris tipis. Bawang merahnya memang sengaja dibuat se banyak itu ya, agar rasanya lebih enak. 

Setelah bawang merah nampak layu, masukkan bayam dan gambas yang sudah di potong-potong. Masukkan juga tomat yang sudah diiris iris, ketika hampir mendidih masukkan garam, gula dan masako. Koreksi rasanya setelah mendidih dan rasanya sudah oke, sayur bayam sudah siap untuk di hidangkan. 

Yang membedakan sayur bayam ala Bang Sam ini dengan sayur bayam lainnya adalah penggunaan bawang merah yang banyak dan tanpa menggunakan bawang putih. Dan yang membuatnya jadi istimewa adalah penggunaan masako ayam pada sayur ini. Memang sih Masako yang digunakan hanya sedikit saja, namun begitu jumlah yang sedikit itu mampu mengubah rasa sayur bayam menjadi istimewa. Berkat Masako ayam, sekarang enggak ada lagi ceritanya sayur bayam buatan mama yang rasanya nggak ngalor nggak ngidul hehehe. 

Teman-teman pasti bertanya tanya Masako ¼ sendok teh untuk satu panci sayur bayam itu apa efeknya. Hmmm, pasti teman teman belum tahu nih, kalau sekarang Masako, bumbu penyedap masak hadir dengan resep baru. Sehingga menghasilkan kaldu yang lebih lezat dengan rasa asin dan gurih yang pas. Masako resep baru inipun menggunakan daging dan bahan alami pilihan, sehingga dengan sedikit saja kenikmatannya langsung terasa. 

Perbedaan masako dengan bumbu penyedap lainnya


Seperti yang kita tahu, Masako terdiri dari dua macam yaitu Masako daging ayam dan Masako Daging sapi. Masako, bumbu penyedap masak ini berbeda dengan bumbu penyedap lainnya. Karena Masako ayam dibuat dari daging ayam pilihan dan rempah rempah yang di sortir langsung oleh petugas produksi di pabrik Masako. Begitu ada rempah yang kurang bagus kualitasnya, langsung disisihkan dan tidak di gunakan lagi. 

Daging ayam yang di gunakan pun berasal dari ayam pedaging yang usianya 40-45 hari dan memiliki berat antara 1,8-2kg per ekor. Setiap hari daging ayam ini dikirim ke pabrik dari Rumah Pemotongan Hewan yang sudah bersertifikat Halal. Itulah sebabnya, tak ada keraguan saat memasak menggunakan Masako. 

Masako juga menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang menampilkan proses produksi Masako yang terbuat dari daging asli. Oleh karena itu disebut sebagai Bumbu ekstrak daging (bukan bumbu penyedap rasa daging lo, hehehe). 

Tak cuma menghasilkan produk yang berkualitas, Masako juga berkontribusi dalam kampanye untuk makan sayur. Dengan tagline ‘Ayo Makan Sayur’ Masako menghadirkan berbagai resep masakan berbahan dasar sayur di balik kemasan Masako baik untuk Masako Ayam maupun Masako Sapi. Harapannya Masako dapat membantu ibu-ibu di Indonesia untuk lebih sering menghadirkan masakan sayur untuk anak anak dan keluarga di Indonesia dan juga mengurangi penggunaan garam pada masakan untuk menjaga kesehatan jangka panjang. 

Nah, tak salah kiranya jika Masako menjadi Bumbu Penyedap masak andalan Ibu Ibu Indonesia. Kira-kira teman-teman sudah ada rencana mau masak sayur apa nih untuk besok? 

You May Also Like

70 comments

  1. Merk yang udah akrab ya sama ibu ibu. Ini sayur bayam pakai penyedap gini ya mba, maklum belum pernah

    ReplyDelete
  2. Resepnya mirip sayur kunci, sayangnya yang ini tanpa kunci.
    Uuh, aku jadi kebayang segarnya sayur + sambal ikan asap yang lezat. Hiks

    ReplyDelete
  3. buat dimakan siang hari pasti berasa seger banget nih. terus jangan lupa pake sambal terasi dan ikan asin. tambah sedap banget. Nasi anget manaaaa nihhhh

    ReplyDelete
  4. Sayur bayam menu yang jarang sekali ditolak di rumah aku. Apalagi kalau cuaca lagi panas. Cepet ludesnya. Seger sih emang ya makan sayur bayam itu.

    ReplyDelete
  5. Gak pakai bawang putih? Biasanya bawang putih adalah kunci, tapi ini tidak. Perlu dicoba juga. Kalau cowoknya model Vampire kan aman buat makan, hahahaa

    ReplyDelete
  6. Eh aku belum pernah ngasi tomat di sayur bening. Entar aku coba ah. Ngasi warna baru biar gak cuma ijo dan kuning (jagung) wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Gambas ini enaaak~
    Aku kangen makan sayur bayam gambas. Enak dimakan bareng sambel.
    Hihii~
    Nambah nasi hangat lagi weees...

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah masak bayam ditambah oyong, kayaknya lebih bervariasi ya, mengenalkan sayuran pada anak, masako juga jadi andalan deh di rumah, rasa masakan jadi lebih gurih dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku suka ngenalin bahan makanan baru bareng sama makanan kesukaan mereka..

      Delete
  9. Sop ini disantap di waktu sore hari, dengan ditemani nasi putih hangat dan sambal akan terasa begitu nikmat , apalagi dengan komposisi sayuran, tentu akan membuat badan sehat dan bisa menjadi proses diet bagi mereka yang menginginkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tambah ikan asin sama sambal malah lupa sama diet hahahaha

      Delete
  10. Campuran oyongnya yang bkin jadi seger mbak, nice.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nih. Mengenalkan jenmis sayuran baru bagi anak anakkuu

      Delete
  11. Saya juga sering pakai penyedap masako mb. Tapi kalo masak sayur bayam saya ga pakai tomat :) perlu dicoba nih, kayaknya lebih seger keliatannya.

    ReplyDelete
  12. menu ini menu favorit dirumah mba karena bikinnya simpel tinggal cemplung cemplung matang

    ReplyDelete
  13. Aku sih lebih suka sayur sop. Pasti kalau masak sayur bayam pakai Masako makin gurih nih. Dicoba deh resepnya*

    ReplyDelete
  14. Wah mantab banget ini sayur bayam dicampur oyong atau gambas, enak bangrt disantap sama sambel terasi dan ikan asin. Si Bungsu lucu yaa ya mbak, daftar kesukaannya lebih sedikit dari kakak2 nya. yang artinya sebagai Ibu harus bener2 kreatif ya memasak menu yang bisa masuk ke selera semuanya. Aku harus belajar dari Mbak Retno nih, kalau nanti punya anak. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ga boleh kehabisan ide kalau sama anak anak hehehe

      Delete
  15. Seger disantap pas masih hangat.

    Saya biasanya pakai bawang merah, bawang putih sama garam aja mbak. Ntar mau cobain masak pakai resep ini

    ReplyDelete
  16. abis baca punya Mbak Dian, sekarang baca ini dan dua2nya masakan rumahan yang sederhana semua membuatku rindu masakan ibu di rumah. Aaaaa, masakannya pada sama kayak ibu saya semua nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... masakan yang simpel tapi disukai anak anak ...

      Delete
  17. cocok nih buat saya yang sedang menyusui.. besok masak bayam sama oyong juga ahh..

    ReplyDelete
  18. Beda sedikit, aku masak sayur bayam dg kunci mba..hehe.. Wah Masako mantab y..cuma 1/4 sdt cukup menyedapkan sepanci sayuran . 👍

    ReplyDelete
  19. dari dulu paling males masak sayur bayam karna selalu gagal alias rasanya cemplang haha. ternyata main di bumbu merah sama kasih masako ayam ya. okey i'll try

    ReplyDelete
  20. Sayur favorit nih,
    Apalagi dimakan bareng sambel bajak dan lauk tempe goreng, Hem...

    ReplyDelete
  21. Anakku duka sayur bening bayam Dan wortel. Kalo oyong kurang begitu suka.. :)

    ReplyDelete
  22. Baru kali ini saya baca resep sayur bayam tanpa bawang putih, hanya mengandalkan bawang merah yang banyak saja. Jadi penasaran ingin praktik. he he.
    Masako daging ayam untuk sup bayam dan gambas memantapkan rasa, ya. Sayuran jadi lebih menggugah selera dan anak-anak akan suka.
    Saya pengen coba masak sayur bayam dan gambas dengan banyak butiran bawabg merah plus masako.

    ReplyDelete
  23. Saya malah salfok sama suaminya ...sama kite Mba..suamiku jago masak.krn wkt remajanya tugasnya bantuin masak ibunya..jd skrg dia udah kyknya chef aja hehe

    ReplyDelete
  24. Abis baca resepnya jadi pengen adopsi buat menu makan siang hari ini :D Kalau aku biasanya tak kasih santan kental sebentar Mba supaya tambah gurih kuahnya

    ReplyDelete
  25. Seger banget nih, menunya. Anak2 di sini juga suka sekali sama bayam.

    ReplyDelete
  26. Oooooh jadi rahasianya pake bawang merah yang banyak ya, dan gak pakai bawang putih sama sekali? Okesip, aku coba nanti. Makasih ya...

    ReplyDelete
  27. Wah pakai oyong.dirumah Mpo belum pernah nyoba masak oyong. Seperti enak nih makan ini dan gampang membuat nya

    ReplyDelete
  28. sayur bayam + nasi hangat + ikan goreng + sambal. Duh membayangkannya aja saya udah ngiler euy, makan menu itu bisa nambah berapa piring tuh, hehehe :)

    ReplyDelete
  29. Sayur bayam emang istimewa untuk hari-hari sibuk karena simpel masaknya hehe

    ReplyDelete
  30. saya belum pernah masak sayur bayam pakai oyong :D sepertinya enak juga ya. Kapan-kapan dicoba deh, kebetulan anak-anak juga suka oyong.

    ReplyDelete
  31. Suegeer ini.. Biasanya aku juga masak ini..simple dan cepet..heheh..
    Mb aku baru tahu nama lain gambas itu oyong hahah

    ReplyDelete
  32. sayur bayam itu suegeeerrrr, saya suka banget mba. Kalau di rumah biasanya pake jagung aja sih

    ReplyDelete
  33. Masako memang pas untuk segala resep masakan, bikin rasa jadi spesial. Gurih dan lezat

    ReplyDelete
  34. Anak saya agak susah kalau makan sayur bayam bening begini. Harus deh pakai kuah susu dan keju. Baru mereka mau makan sayur bayam dengan lahap. Mungkin saya harus tambahkan Masako kalau bikin sayur bening, ya. Supaya terasa lebih gurih

    ReplyDelete
  35. Sayur bayam kesukaan aku, diapakan saja pasti langsung lenyap sekejap apalagi ditambah Masako pasti lebih gurih dan nikmat.

    ReplyDelete
  36. Boleh dicontoh nih, cara memasak sayur bayamnya. Kalau aku campurannya banyak, ada wortel, labi dan jagung. Klo cm bayam sama oyong, seger juga kali y

    ReplyDelete
  37. Aku kalo bikin ini juga pakai bawang merah, tapi tambah kunci makin sedep deh. Anakku yang bungsu doyan banget sayur ini, apalagi kalo ditambah jagung, wyihhh dimakan gitu aja tanpa nasi

    ReplyDelete
  38. Saya pikir siapa Bapak Sam, ternyata suami sendiri toh, wkwkw. Enak ya punya suami yg bisa masak. Kalo suamiku udahlah bisa masak ala kadarnya, eh dapur juga jadi berantakan kalo doi masak, wakaka *malah curhat juga.
    Btw sayur beningnya seger banget Mba. Anakku juga doyan sayur bayamn nih :)

    ReplyDelete
  39. Aku suka nih bikin bening bayam pake kaldu bubuk.rasanya tambah gurih. Kuahnya syedep banget

    ReplyDelete
  40. Ini menu yang dulu sering dibikin mama. Sayur bening bayam dan oyong. Enak banget. Aku sering ngegado makannya. Gak sama nasi. Adeeem di perut. :D

    ReplyDelete
  41. Sukaa banget sama sayur yang satu ini. Sayur bayam seger kalau udah dingin. Aku paling suka "nguyup" minum airnya. Apalagi kalau tambah bumbu sedap Masako. Enyak.

    ReplyDelete
  42. Entah kenapa, bayam cocok banget untuk dibikin berkuah. Favorit banget. Kalau di rumah, nggak pakai oyong tapi pakai wortel atau jagung supaya makin warna-warni. Hihi.

    ReplyDelete
  43. Nikmat banget nih, dayur bayam pakai oyong, kalau Dapur Manda lebih ke selera manisnya.

    ReplyDelete
  44. Sayur bayam dikasih masako enak ya mba? Soale aku kalau masak sayur bayem biasane cuma garam dan gula doang. Hehe. Patut dicoba

    ReplyDelete
  45. Nah ini buat menu makan siang cocok banget mba seger
    apalagi berkuah ditambah sambel dan ikan asin duh mantep banget
    jadi mau adaptasi resepmu mbaaa

    ReplyDelete
  46. Wah, sayur bayam termasuk salah satu menu favorit keluarga saya juga di rumah. Dan bener banget nih mbak, bumbu penyedap andalan saya di rumah juga masako tapi cuma suka yang rasa ayam sih.

    ReplyDelete
  47. Seger banget nih sayur bayam yang lengkap pake oyong. Anakku suka banget sama gambas atau oyong ini. Dimasak apa saja dia suka. Apalagi kalau maem sayur bayam oyong ditemani dengan tempe goreng hangat dan sambal, waaahh.. bisa nambah2 terus tuh.

    ReplyDelete
  48. Sayur bayam memang harus pakai Masako supaya lebih enak rasanya ya. Kalo gak, pasti hambar.

    ReplyDelete
  49. boleh jugaaa nih ..udah lama banget ngga masak sahur bening Mba, apalagi oyong, workel dan bayam memang juara kalau dimasak bareeng

    ReplyDelete
  50. Sayur bayam mudah dibuatnya ya tapi biar makin mantap harus pakai masako.

    ReplyDelete
  51. wah. aku baru tahu sayur bayam dicampur ama oyong. biasanya dicampur sama jagung ya. boleh juga nih dicoba kapan-kapan.

    ReplyDelete
  52. Enak sayur itu apalagi pakai sambal sama tempe goreng

    ReplyDelete
  53. Duh seger banget nih sayur bayamnya mbak, udah lama gak masak sayur bening bayam. Suami nih yang pecinta bumbu penyedap masako hehe

    ReplyDelete
  54. Liat sayur bayam hangat tengah malam begini, bikin laper.

    ReplyDelete