Peluncuran HCS Approach Toolkit Versi 2.0, Bersama-sama untuk Mengembalikan Fungsi Hutan

by - 12.39.00

Peluncuran HCS Approach Toolkid Versi 2.0, Bersama-sama untuk Mengembalikan Fungsi Hutan

Peluncuran HCS Approach Toolkit Versi 2.0, Bersama-sama untuk Mengembalikan Fungsi Hutan.
High Carbon Stock atau Pendekatan Stock Karbon Tinggi adalah suatu metodologi untuk mengidentifikasi tanah, apakah sesuai untuk pengembangan perkebunan atau untuk perlindungan hutanjangka panjang.

Pendekatan Stock karbon Tinggi ini dibuat agar dapat melindungi dan mengembalikan fungsi guna lahan agar  kembali ke fungsi yang sebenarnya yaitu hutan tropis. Termasuk didalamnya menjamin hak guna lahan dan penghidupan masyarakat yang bergantung pada hutan.

Pendekatan Stock Karbon tinggi ini dilakukan karena hutan tropis adalah penyimpan karbon yang tinggi dan memiliki keaneka ragaman hayati yang sangat penting. Prosesnya adalah dengan menyerap karbon di atmosfer lalu melepas kembali oksigen ke udara dan menyimpan karbon dalam batang dan kayunya melalui proses fotosintesis.

Penebangan hutan, kebakaran hutan dan perubahan fungsi hutan menjadi area pertanian memiliki andil besar dalam pelepasan gas karbondioksida ke atmosfer.

Tak terbayang rasanya kalau hutan tropis di dunia ini semakin habis, maka perubahan iklim secara ekstrim akan terjadi. Indonesia sendiri menempati tempat ketiga yang memiliki hutan tropis terluas. Jadi keberadaan hutan di Indonesia dapat mempengaruhi perubahan iklim secara global.


Peluncuran HCS Approach Toolkid Versi 2.0, Bersama-sama untuk Mengembalikan Fungsi Hutan



Kembali ke High Carbon Stock, yang awal mulanya dikembangkan oleh Greenpeace, The Forest Trust dan Golden Agri-Resource ini kemudian disempurnakan oleh kelompok yang terdiri dari berbagai pihak diantaranya Lembaga Swadaya Masyarakat, perusahaan sawit dan perusahaan kertas yang membentuk High Carbon Stock Aproach Steering Group.


Pada bulan April tahun 2015 telah diluncurkan suatu alat (toolkit) yang disebut High Carbon Stock Aproach Toolkit yang berupa metodologi yang memberikan panduan teknis yang praktis untuk mengidentifikasi lahan dan terbukti secara ilmiah untuk mengidentifikasi dan melindungi hutan alam tropis. Demikian dikatakan oleh Grant Rosoman yang merupakan Co-Chair dari High Carbon Stock Steering Group.


Selama dua tahun ini telah dilakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kesepakatan global tentang penerapan praktek “Nol-Deforestasi”. Yang menghasilkan suatu metodologi yang lebih luas persyaratan sosialnya, mengenalkan dan menerapkan data cadangan carbon, mencakup penggunaan teknologi baru, termasuk LiDAR. Agar dapat diadaptasi oleh petani kecil sehingga konservasi dan hasil produksi lebih optimal.


Untuk itu tanggal 3 Mei 2017 telah diluncurkan  High Carbon Stock (HCS)  Aproach Toolkit  versi 2 yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Toolkit versi terbaru ini meliputi penelitian ilmiah terbaru, evaluasi dari percobaan lapangan, serta topik-topik baru dan masukan-masukan dari berbagai kelompok kerja HCS Approach Steering Group. Toolkit ini dapat diunduh di http://highcarbonstock.org/the-hcs-approach-toolkit/


Toolkit baru ini juga menyajikan penyempurnaan, penambahan dan perubahan-perubahan penting pada metodologinya, sebagai hasil dari 'Kesepakatan Konvergensi' antara HCS Approach dan HCS Study, pada November 2016 lalu.
Dengan telah dilengkapinya HCS Approach Toolkit Versi 2.0, HCS Steering Group saat ini dapat fokus pada uji coba metodologinya, agar dapat disesuaikan bagi para petani kecil, serta memperkuat persyaratan sosial yang dikembangkan sebagai bagian dari proses konvergensi High Carbon Stock.


Peluncuran HCS Approach Toolkid Versi 2.0, Bersama-sama untuk Mengembalikan Fungsi Hutan



Upaya-upaya yang dilakukan oleh High Carbon Stock Steering Group ini semoga dapat terus berkelanjutan agar hutan dapat kembali ke fungsi awalnya yaitu sebagai penyimpan karbon. Sehingga dapat mengurangi emisi dan mencegah pemanasan global. Namun juga tetap memperhatikan masyarakat di sekitar hutan agar tetap sejahtera.


Informasi yang berkenaan dengan High Carbon Stock dan High Carbon Stock Steering Group dapat diperoleh melalui situs http://highcarbonstock.org. Anda bisa juga melihat melalui video official HCS Steering Group melalui akun youtube : High Carbon Stock Approach. Atau ingin bertanya-secara langsung melalui media twitter dengan menghubungi akun @Highcarbonstock.

Sumber gambar dan artikel :
1.  http://highcarbonstock.org

2. http://highcarbonstock.org/the-hcs-approach-toolkit

You May Also Like

1 komentar

  1. Wahhhh...., keren nih...
    Saya seneng banget kalo ada program go green kaya gini 😍

    BalasHapus