Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen yang Instagramable

by - 21.18.00

Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable

Weekend kita kemana? Weekend di tanggal tua harus tetap ceria ya hihihi. Cari tempat wisata yang dekat dan murah meriah, tapi anak-anak tetap hepi. Untunglah di Kepanjen ada Tempat wisata edukasi sapi perah Milkindo. Sebenarnya anak-anak sudah beberapa kali kesini, tapi waktu itu tempatnya belum sebagus sekarang. Sengaja tidak semua sudut saya tampilkan disini, karena nanti fotonya  bisa banyak sekali, biar bikin penasaran juga sih hihihi. Baiklah simak ceritaku ya…

Apa itu Milkindo?
Sebuah peternakan yang telah berdiri sejak tahun 1984, yang sejak lima tahun terakhir dikembangkan menjadi wisata edukasi sapi perah. Selain memproduksi susu segar, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya juga menghasilkan pupuk kering yang langsung dijual ke konsumen maupun dipasarkan oleh pedagang yang ada di Pasar Splindid kota Malang.

Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable




Dimana Milkindo?

Hanya 5 menit dari Stadion Kanjuruhan, kurang dari 10 menit dari pusat kota Kepanjen dan 1 jam dari pusat kota Malang.
Peternakan sapi tradisional yang kini berkembang menjadi CV Milkindo Berka Abadi ini berada di desa Tegalsari, Kepanjen Malang. Kalau dari Stadion Kanjuruhan, jalan terus ke arah timur sampai perempatan Kedung pedaringan lalu belok kanan atau mengikuti jalan menuju ke selatan. Dari situ lurus saja maka kita akan masuk desa Tegalsari.

Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


Ketika masuk desa Tegalsari di barat jalan/kanan jalan kita akan melihat plakat yang berjajar sepanjang jalan yang bertuliskan Asmaul Husna. Ikuti saja plakat yang bertuliskan Asmaul Husna ini maka kita akan sampai di Milkindo. Karena Plakat terakhir tepat berada di depan Milkindo.


Ada apa di Milkindo?

Play ground.

Anak-anak bebas bermain karena di halaman peternakan ini terdapat play ground yang luas. Ada ayunan, jungkat jungkit, lapangan bola mini dan lain-lain. Selain itu juga disediakan sepeda yang dapat dipakai anak-anak berkeliling. Di area playground ini juga terdapat sebuah gazebo terbuka, taman kelinci dan banyak spot foto yang cocok buat selfie-selfie.

Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable

    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    • Taman Kelinci.


    Adalah salah satu wahana yang sudah ada sejak kurang lebih satu tahun yang lalu. Di dalam taman berpagar ini anak-anak bisa bermain dengan kelinci yang dilepas bebas. Jangan khawatir di area taman kelinci ini juga ada tempat cuci tangan kok, jadi setelah puas menggendong dan menyentuh kelinci anak-anak dapat langsung mencuci tangannya. Taman ini didesain sedemikian rupa. Ada terowongan dan lubang buatan yang dibuat semirip mungkin dengan habitat alami kelinci.

    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable



    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable

    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable

    • Spot Foto yang instagramable.

    Biar kekinian, tempat ini menyediakan banyak sekali tempat yang asyik untuk berfoto. Kalau kita tengok di Instagram, tempat ini sering dijadikan tempat foto pre wedding maupun photo session oleh komunitas fotografi yang ada di seputar Kepanjen.

    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable




    Wisata Edukasi Sapi Perah.

    Wisata edukasi sapi perah ini dapat dilakukan secara individu (non Guide) maupun paket grup yang didampingi oleh Guide dari Milkindo.

    Untuk paket individu pengunjung dikenakan bea masuk Rp 10.000. Fasilitas yang didapatkan adalah 1 botol susu, playground dan spot selfie yang Instagramable. nah, paket ini yang kemarin saya ambil. karena anak-anak sudah pernah mengikuti paket edukasi bersama sekolahnya. jadi kemarin kesini niatnya emang cuma mau main-main.

    Paket grup berlaku untuk sekolah atau kelompok minimal 10 orang. Karena padatnya jadwal paket grup, kita diharuskan reservasi dulu maksimal dua hari sebelumnya. Biaya per anak Rp 20.000 dengan fasilitas: Edukasi mengenai peternakan sapi perah, pemberian pakan sapi, pemerahan susu sapi, proses pembuatan pupuk organic dan mendapatkan satu botol susu. Untuk walimurid juga dikenakan biaya Rp.10.000 dan mendapatkan satu botol susu.


    Ada juga fasilitas tambahan, dengan menambah Rp 5000 saja kita dapat memancing ikan lele yang ikannya bisa dibawa pulang, memberi makan kelinci dan mendapatkan satu bungkus pupuk organic.


    Jadwal Berkunjung.

    Rabu-Sabtu : 08.00 WIB - 11.00 WIB (Grup Sekolah)
                          11.00 WIB – 17.00 WIB (Umum)

    Minggu       : 08.00 WIB – 17.00 WIB (Umum)


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable
    sbr gambar : IG @bandar_susu

    Menurut Bapak Taufan yang merupakan pemilik dari Milkindo ini. Kedepannya Milkindo akan masih dikembangkan dengan menambah berbagai macam wahana yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu menurut bapak berputra empat ini, masih akan ditambah lagi berbagai fasilitas yang membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di Milkindo. Penambahan wahana itu akan dilakukan mulai bulan November ini. Tapi jangan khawatir, meskipun ada pembangunan wahana baru tidak akan mengganggu pengunjung, karena areanya luas sekali.
    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Gambar diatas adalah sedikit bocoran mengenai wahana yang akan dibangun. hmmm kira-kira apa ya... 

    Sssttt jangan bilang-bilang ya... Kemarin waktu ngobrol dengan Bapak Taufan, di Milkindo akan dibangun taman merpati, taman iguana, taman burung love bird dan lain-lain. Yang sudah mulai dibangun adalah taman merpati. sudah ada Pagupon (rumah burung merpati) dan sebuah lapangan kecil berbentuk lingkaran. Lapangan ini nantinya adalah tempat memberi makan merpati. 

    Kira-kira nantinya seperti di Dam Square Amsterdam sana lah. Wkwkwk jauh amat, kayak udah pernah kesana aja. Baiklah saya kasih contoh yang Indonesia saja. Kira-kira seperti di alun-alun Jombang. Konon katanya disana juga banyak merpati jinak yang biasa diberi makan oleh pengunjung.


    Selain luas, tempat ini juga bersih. Tempat sampah tersedia di setiap sudut taman. Jadi sebagai pengunjung kita juga harus ikut menjaga kebersihaan ya… dengan membuang sampah di tempat yang seharusnya.

    Kalau capek berkeliling, jangan khawatir disediakan banyak sekali kursi taman agar kita bisa duduk dan beristirahat. Apabila haus kita tinggal membeli susu yang perbotolnya hanya Rp.5000. Kemarin sih anak-anak memilih rasa coklat dan strawberry. Kalau masih kurang juga, bisa membeli susu untuk dibawa pulang atau oleh-oleh.

    Milkindo : Wisata Edukasi Sapi Perah di Kepanjen Malang yang Instagramable


    Bagi yang ingin mengunjungi Milkindo secara rombongan dan memilih paket grup yang didampingi oleh Guide, bisa menghubungi nomor +62 851 047 027 77 atau email di @milkindo@gmail.com.

     Meskipun kemarin sudah berlama-lama main di Milkindo ini, rupanya anak-anak masih belum puas juga. Bolehlah main kesana lagi, karena tempatnya dekat dan tentu saja murah-meriah.


    You May Also Like

    51 komentar

    1. Cocok banget buat bawah anak2 bermain kesini sekalian edukasi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya maz Cum... dijamin mereka betah...

        Hapus
    2. wow... semakin banyak taman-taman main asyik utk anak-anak agar semakin dekat dengan alam dan juga ada yg bisa dipelajari...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apalagi yang murah meriah kek gini... anak puas emaknya pun senang hihihi

        Hapus
    3. Wah tempatnya seru bgt bu, suasananya enak, masih sepi, bersih dan ga terlalu mahal juga yaa. kalo ke Malang bisa lah mampir kesini...

      kalo di Bogor ada Cimory tapi tempatnya udah penuh sekali bu :(

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mungkin karena bogor lebih dekat ke Jakarta ya... jadi tempat tujuan liburannya orang jakarta, makanya rame...

        Hapus
    4. Itu kelinci & sepeda kok lucu bangeeeeeet hahahaha, asli ini taman instagramable abiiis.. Enak ya kalau ada tempat main yang murah, bagus & bisa mengedukasi anak juga :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Padahal masih banyak spot yang ga kefoto ini... hihihi paling demen sama murahnya itu loh... #dasaremakirit hihihi

        Hapus
    5. Lucu mba sepedanyaa..harganya 5rb yaa mba segitu, terjangkau banget ^^ jadi mauuu tapi jauh hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbaak... murce ya... kalo ke malang main aja dimari...

        Hapus
    6. Mbak saya suka sama warna sepedanya deh, ahi hi hi alhamdulillah setelah saya berkunjung kesini jadi dapat inspirasi nih terutama untuk warna cat sepeda biar keren coba dulu ah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ntar inspirasi warna motornya bisa dicoba ke sepeda, motor, mobil bahkan rumah... biar kompak hihihi

        Hapus
    7. Cakep tempatnya mba..belum pernah nih berkunjung ke malang

      BalasHapus
    8. asik banget tempatnya ya, anak-anak betah nih..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak... susah pas diajakin pulang, maunya main terus...

        Hapus
    9. Full banget Riview nya Joss..

      BalasHapus
    10. Konsepnya mirip bhakti alam di nongkojajar ya mbak?

      Catet ah, kalau ke Malang kudu ke sini, bosen ke Batu terus, hehehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak... masih berkembang kok milkindo ini, ntar dijamin makin betah deh...

        Hapus
    11. wih sainganya cim*ry di Jateng ,hehe
      saya belum lama ini juga kesitu mbk ,suasana nya seger.
      sempat keblasuk juga , padahal rumah saya cuma kepanjen sini. hahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Oalah wkwkwkwk... salahe ga tanya2 hihihi. Padahal kalo dari perempatan kedung pedaringan ikuti jalan raya aja sampe masuk Tegalsari, lalu ikuti asmaul husna dijamin ga akan kesasar...

        Hapus
    12. wuaaah tempatnya cakep buat foto2 sambil main kelinci, di malang ya mbak, apik tempat wisata di malang itu

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak... makin variatif tempat wisata sekarang ini ya...

        Hapus
    13. Wah asyik juga nih ada tempat beginian. Anak-anak pasti suka ke tempat yang ada susunya seperti ini.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak... bisa minta-minta terus hihihi

        Hapus
    14. Mau diagendakan ke sini ah...atur jadwal dlu hehehe

      BalasHapus
    15. walah sapinya lagi piknik, gak keliatan di gambar...

      BalasHapus
    16. Kelincinya bisa di bawa pulang gak yah?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Jangan dooong... kesian anak-anak yang main kesana ntar...hihihi

        Hapus
    17. Serunyaaa bisa sepedaan disitu juga.
      Malang nih asik banget ya, ada banyak kegiatan buat anak2 😁

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mbak... makin banyak wisata edukatif sekarang...

        Hapus
    18. kalau di Beji daerah saya, juga ada wisata edukasi semacam ini mbak. kata orang2 sih, ramai. tapi saya lom mampir :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Waah noted mas... moga2 bisa segera kesana...

        Hapus
    19. sangat luas ya jadi pengen ngajak keluarga untuk berwisata ke sana

      BalasHapus
    20. Ini hari senin besok buka atau ngga ya ? Kan weekend.

      BalasHapus
    21. Waah baru tau neh Mbak, Kepanjen juga ada taman-taman yang kekinian. Kapan2 ke sini ah ama keluarga.

      BalasHapus
    22. Tiketnya berapa yaa

      BalasHapus
    23. Waa... ternyata ini ya yg ada di kepanjen. Akhir februari nanti mau ke sana sama anak-anak. Dah gak sabar aja

      BalasHapus
    24. Wow...kerenn. kudu cpt2 ksana nih. Melihat tempatx sepertix asyik buat mengisi liburan plus edukasi anak. Makasi MILKINDO.
      segera deh ngajak keluarga ksana....

      BalasHapus
    25. itu di utaranya KJ pas ya?
      jadi pengen kesitu

      BalasHapus
    26. Hari senin dan selasa buka apa enggak ya ?

      BalasHapus
    27. Hari senin n selasa tutup ya mbk? Kok hari senin selasa tdk dicantunkan di jam berkunjung?

      BalasHapus
    28. Wah wisata sekalian foto foto ditambah minum susu atau yoghurt biar segar sepertinya harus didatangi Milkindo he he

      BalasHapus
    29. Halo mbak, warga panjen ya? Hehe salam kenal ^^ baru-baru ini milkindo hits banget ya nggak cuma di instagram aja ternyata

      BalasHapus
    30. Wahh cocok ini mba jadi wishlist tempat wisata utk dikunjungi.. bsk ke malang akan saya coba

      BalasHapus
    31. Hari senin sama selasa gak buka tah kak? Kok gak ada di atas

      BalasHapus
    32. Ini hari senin selasa tutup tah kak?

      BalasHapus