Chocoffe crepe

19.56.00 Retno Kusumawardani 2 Comments



crepe rasa kopi coklat renyah

Crepe ini saya beri nama chocoffe crepe karena sebagai ganti bubuk coklat, saya masukkan satu sachet kopi instan rasa coklat. Awalnya was-was takut kalau hasilnya tidak bisa kriuk, tapi syukurlah hasilnya sesuai harapan. Kriuk-kriuk renyah. Resep aslinya dari chef Farah Quinn tapi karena beberapa bahan tidak ada, akhirnya saya modifikasi sendiri sesuai bahan yang tersedia. Ini dia resepnya :

Chocoffe crepe :
Bahan:
2 butir telor
75 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
1 sachet skm (susu kental manis) encerkan sampai menjadi +/- 200 ml
1 sachet kopi instan tanpa ampas rasa coklat
25 gr margarine, cairkan
Sejumput garam

Cara membuat :
Masukkan 2 butir telor dan gula dalam mangkok besar. Kocok dengan menggunakan whisk sampai berwarna pucat. Sementara itu cairkan margarine, dinginkan. Masukkan susu kental manis yang sudah dicairkan. Kocok sampai adonan tercampur. Kemudian masukkan garam dan tepung terigu sedikit demi sedikit.  Setelah tercampur rata, terakhir masukkan margarine lalu aduk lagi. Apabila masih ada tepung  terigu yang menggumpal,  lebih baik sebelum dimasak disaring terlebih dahuiu agar hasilnya bisa bagus.



Panaskan wajan datar. Setelah panas, tuang satu sendok sayur adonan ke atas wajan lalu ratakan dengan cepat. Bagian inilah yang menurut saya paling sulit. Karena telat sebentar saja maka ketebalan adonan jadinya tidak sama. Pernah lihat di televisi, ada alat khusus untuk meratakan adonan di atas wajan datar. Karena saya tidak punya alat tersebut, akhirnya saya meratakan adonan dengan menggoyang-goyangkan wajan hingga adonan melebar, menutupi permukaan wajan.  Kadang berhasil dan hasilnya bagus, kadang telat sedikit, jadi ada bagian yang tipis dan bagian lainnya tebal.
Masak adonan di atas api kecil sampai permukaan mengering.  Dimulai dari bagian yang sudah kering, lipat atau gulung adonan sesuai selera. Taraaa… chocoffe crepe siap dihidangkan.


crepe rasa kopi coklat renyah
abaikan bentuknya

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Wah 3nak nih ada sense kopinya
    Berasa liat fotonya aja uda harum hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi itu emang bikin nagih ya... walaupun cuma sebagai tambahan rasa hehehe

      Hapus