Warung nasi pecel di Kepanjen

21.16.00 Retno Kusumawardani 3 Comments

warung nasi pecel enak murah di kepanjen
warung nasi pecel di Kepanjen
Warung pecel di Kepanjen jumlahnya banyak sekali. Hampir setiap warung makan menyediakan menu yang satu ini. Walaupun demikian setiap warung mempunyai ciri khas masing-masing untuk menarik konsumen atau mempertahankan pelanggannya.

Nasi pecel adalah nasi yang ditemani oleh sayuran yang direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang. Lauknya macam-macam, tergantung warungnya. Ada yang berlauk tempe atau tahu goreng,telur dadar, perkedel ketela dan lain-lain. Tapi pendamping nasi pecel yang hampir selalu ada di setiap warung nasi pecel adalah rempeyek.

Rempeyek adalah makanan pelengkap yang digoreng. Rempeyek terbuat dari tepung beras dan sedikit terigu yang diberi bumbu lalu dicampur dengan air sampai menjadi adonan yang agak encer. Adonan ini digoreng tipis-tipis dengan cara melebarkannya di tepian wajan. Rempeyek diberi isian yang dapat berupa kacang tanah, teri, kedelai, udang kecil-kecil dan lain sebagainya. Fungsi rempeyek sama dengan kerupuk (wikipedia)

Berikut ini adalah warung pecel yang ada di Kepanjen, sengaja saya tuliskan siapa tahu bisa jadi referensi buat teman-teman yang suka makan pecel. Sebenarnya sudah banyak warung pecel yang sudah pernah saya kunjungi, tapi karena kemarin-kemarin belum ada niatan untuk menulis, jadi belum sempat saya foto.

Artikel ini sifatnya fleksibel ya, akan saya tambahkan sewaktu-waktu jika saya sudah berkunjung ke warung lainnya. Berikut ini nasi pecel yang sudah sempat saya tulis :

1.     Warung Bu Mira
warung nasi pecel enak murah di kepanjen
Bu Mira sedang melayani pembeli

Warung ini terletak di jalan raya Mangunrejo. Letaknya di selatan masjid desa Mangunrejo, kurang lebih jaraknya 100m dari masjid. Warung sederhana bercat kuning ini menghadap ke barat. Menu yang disediakan antara lain Nasi pecel, nasi jagung dan nasi lodeh.

Warung pecel enak murah di kepanjen
warung nasi Bu Mira


Harganya sesuai standar nasi pecel di Kepanjen yaitu Rp 6000. Namun yang membedakan dengan warung lainnya adalah porsinya. Nasi untuk satu porsi nasi pecel di warung Bu Mira ini tergolong porsi besar. Kangmas bojo saya saja kadang sampai tidak habis, karena saking banyaknya. Dan buat saya, porsi ini sangat mengenyangkan.

WARung pecel enak murah di kepanjen
porsi besar ... sangat mengenyangkan

Lauknya pun beragam, ada sambel goreng tempe,serundeng, potongan mentimun segar, dan rempeyek.
Di warung ini juga menyediakan mendol kering yang dibungkus plastic dan rempeyek yang juga dibungkus plastic dan masing-masing berharga seribu rupiah. Segelas teh hangat berukuran besar juga murah, cuma Rp1500 saja.

Sedikit catatan ya, letaknya memang agak jauh dari pusat kota kepanjen, kurang lebih 2 km tapi sebanding kok dengan porsinya, belum pernah saya makan nasi pecel dengan porsi sebesar ini hehehe.


2.     Warung pecel Mak Tokinah
warung pecel enak murah di kepanjen
warung nasi pecel Mak Tokinah di Jalan  Panji

Warung pecel yang terletak di Jalan Panji ini bersebelahan dengan warung pecel Pak Dipo. Meskipun begitu pengunjungnya juga tak kalah ramai dari warung yang disebelahnya. Pelanggannya pun berasal dari beragam kalangan mulai dari pedagang, ibu rumah tangga yang tidak sempat masak sampai pegawai kantoran yang berdandan necis. Kendaraan yang berjajar di depannya pun bermacam-macam mulai dari sepeda sampai kendaraan roda empat keluaran terbaru.

Warung Nasi pecel enak murah di kepanjen
lauk yang khas, lentho dari ketela ramb

Ruang tamu disulap menjadi tempat pelanggan menikmati nasi pecel. Memang warung ini khusus menjual nasi pecel saja. Yang unik dari nasi pecel Mak Tokinah ini adalah lauk yang terbuat dari ketela rambat yang dibuat menjadi gorengan semacam pergedel kentang. Rasanya manis-manis gurih, mak Tokinah menyebutnya Lentho. Selain lentho ada juga sepotong tempe goreng. Apabila ingin menambah lauk, di meja sudah ada sepiring telur ceplok dan telur asin yang bisa kita ambil sendiri.
warung nasi enak murah di kepanjen
peyek adus, begitu kami menyebutnya


Teh manis juga sudah disediakan di meja, dalam gelas belimbing. Harganya murah cukup Rp 1000 saja. Ada juga air putih yang disediakan secara gratis.
Sudah jadi kebiasaan suami saya kalau beli sarapan di sini, pasti memesan “peyek adus”.  Peyek adus adalah istilah yang kami ciptakan sendiri untuk sepiring rempeyek yang disiram bumbu pecel sebagai tambahan lauk. Peyek maksudnya adalah rempeyek, sedangkan adus adalah bahasa Jawa yang berarti mandi. Jadi peyek adus adalah peyek yang mandi bumbu pecel hehehe. Harganya juga cukup bersahabat cukup Rp 3000 saja. Oh ya, harga nasi pecelnya juga Rp 6000. Porsinya cukuplah buat saya, cukup mengenyangkan.


 3.      Nasi pecel Pong
warung nasi pecel enak murah di kepanjen
sebungkus nasi pecel Pong untuk sarapan

Warung nasi pecel Pong ini berada di Jalan Nusantara. Warung yang kini berpindah ke tempat yang lebih luas ini masih tetap ramai seperti dulu ketika masih di tempat lama. Terdapat dua jenis bumbu pecel, yaitu yang standard dan yang pedas. Tentu saja saya memilih yang pedas hehehe.

Lauk yang tersedia pun bermacam-macam ada tempe goreng, dadar jagung, ayam bumbu rujak, dan telor dadar. Kalau menu ori yang tanpa tambahan lauk berisi nasi, sayur dan bumbu pecel, tahu goreng, telor dadar dan rempeyek. Buat saya yang makannya banyak, satu porsi nasi pecel disini masih kurang. Biasanya saya minta nasinya satu setengah porsi.

Harga satu porsi nasi pecel Rp 6500. Terakhir kesana kemarin saya makan satu porsi, ternyata masih kurang lalu saya minta lagi setengah porsi dengan ditambah sayur dan bumbu pecel. Ternyata setengah porsi yang terakhir dihargai Rp 5000, tau begitu,, saya nambahnya minta satu porsi aja sekalian ya hihihi. Tapi mungkin harganya akan berbeda jika saya minta nasi 1,5 porsi dari awal.


You Might Also Like

3 komentar:

  1. Belum pernah ke daerah kepanjen paling numpang lewat aja mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lewat lagi, mampir mbak...hehehhe

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus