telur bumbu petis atau telur chit

08.35.00 Retno Kusumawardani 0 Comments

Nama asli masakan ini saya kurang tahu dengan jelas, ibu saya biasa menyebutnya dengan telur bumbu petis. Tapi ada juga yang menyebutnya telur chit. Masakan ini adalah makanan favorit saya waktu kecil, rasanya nggak ada yang bisa membuat telor bumbu petis seenak ibu saya hehehe.


Bumbunya bisa dirisi-iris tipis tapi bisa juga dihaluskan tergantung selera anda. Buat yang suka ngunyah-ngunyah bumbu tentunya nggak masalah bila bumbunya cuma diiris saja. Tapi bagi anda yang menyukai tampilan yang lebih bagus,pasti akan memilih bumbu yang dihaluskan. Kalau saya lebih suka kalau bumbunya dihaluskan, biar kalau selesai makan piringnya bersih, nggak ada potongan bumbu yang tersisa di tepi piring.

Suatu hari, masih ada bumbu petis yang tidak habis, kemudian telur diganti dengan wortel goreng, kentang goreng dan hati dan ampela ayam yang sudah direbus/diungkep. Ternyata rasanya juga tidak kalah nikmat. Pernah juga, bumbu petis ditambah cabai yang diiris halus, terus dijadikan cocolan kerupuk. Satu toples besar kerupuk habis tak bersisa dalam waktu yang singkat. Hhhmmm
Menurut anda, kira-kira bumbu petis ini cocok dibuat apa lagi ?
Baiklah, berikut ini adalah resep telur bumbu petis ala ibu saya,

Telur bumbu petis
By : Ibu Tutik


Bahan dan bumbu :

4 butir telur rebus.
50 gr petis
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 bua tomat
Cabai , sesuai selera
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 cm kunci
1 cm kunyit
1 lembar daun jeruk, buang serat daunnya
1 buah serai, digeprek
+/- 100 ml santan
Garam
Gula
Minyak goreng untuk menumis bumbu.

Cara membuat :
Haluskan semua bumbu kecuali serai,cukup digeprek saja. Tumis semua bumbu sampai berbau harum. Diwadah lain encerkan petis menggunakan santan lalu masukkan ke dalam tumisan bumbu. Apabila anda menyukai bumbu petis yang lebih encer, bisa ditambahkan santan sesuai selera anda. 

Masak sampai mendidih, tambahkan garam dan gula dan koreksi rasanya. Bila sudah cukup, lalu angkat.

Tambahkan sedikit garam pada saat merebus telur, selain menambah rasa juga mempermudah saat mengupas telur. Belah telur menjadi dua bagian, tata di piring saji lalu siram dengan bumbu petis. Telur bumbu petis atau telur chit, siap dihidangkan.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. Jangan lupa add G+ saya ya..... makasih.


You Might Also Like

0 komentar: