LEKKER

21.41.00 Retno Kusumawardani 0 Comments




Konon katanya kue ini adalah kue yang ada sejak jaman dahulu kala. Dari namanya, kayak ke Belanda-Belandaan ya, mungkin saja ini adalah makanan peninggalan jaman Belanda dulu.

Iseng-iseng buka kamus bahasa Belanda, ternyata arti lekker adalah enak, nikmat bisa juga berarti nyaman. buka lagi, eh malah nemu kata “gratis” ternyata kata gratis itu berasaldari bahasa Belanda juga, yang artinya cuma-cuma atau bebas. Nah makin ke sini makin OOT kan....heheheh. kembali ke Laptop...

Saya mendengar nama kue Lekker  udah dari dulu, tapi belum pernah makan. Lihat bentuknya pun cuma di foto aja. Kebetulan di rumah ada bahan-bahannya. Langsung deh ekskusi. Lagian bahannya simpel, pasti ada meskipun di warung  kecil sekalipun.


Lekker dengan topping pisang
Lekker dengan topping pisang keju


Karena toppingnya yang ada di rumah cuma pisang sama keju,ya udah manfaatin apa yang ada. Oke...ga pakai lama, mari kita lanjut pada resep

Lekker

Bahan :
3 sdm tepung beras
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung kanji/tapioka
50 gram margarin
1 butir telur
3sdm gula pasir (resep aslinya 5 sdm)
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk
Air matang secukupnya.

Campur semua bahan kering kecuali gula. Kocok gula dan telur sampai gula larut dan kocokan berwarna agak pucat. Masukkan margarin lalu kocok sampai margarin tercampur rata (punya saya kemaren masih agak bergerindil kecil-kecil ).
Masukkan bahan kering sedikit demi sedikit, bergantian dengan air lalu aduk sampai merata.
Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang adonan kira-kira satu sendok sayur yang kecil ke atas wajan. Segera putar-putar wajan agar adonan merata dan lebih tipis. Lebih gampang pakai wajan kwalik, tapi saya belum punya.
Setelah permukaan agak kering, beri topping sesuai selera. Biarkan sampai tepinya berwarna kecoklatan, segera lipat dan angkat. Ulangi sampai adonan habis.

Gimana mudah bukan. Oh ya, resep ini saya capture dari salah satu grup masak yang ada di FB. Mohon maaf untuk mbak yang punya resep, namanya tidak ikut tercapture heheheh. Asli resepnya enak. Perpaduan antara gurih, manis dan asin yang seimbang.
Oke moms selamat mencoba...semoga keluarga anda menyukainya...

abaikan bentuknya...yang penting rasanya Bung hehehehe


You Might Also Like

0 komentar: