Genjer teriyaki

12.29.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Genjer atau rangkong selain dimasak sebagai sayur pendamping bumbu pecel, ternyata juga enak dijadikan tumisan. Apalagi jika kita tambahkan cabai rawit ... Waah dijamin bakalan nambah-nambah makannya qiqiqiqi. Salah satu masakan favorit saya adalah genjer teriyaki. Aroma teriyaki yang khas inilah yang membuat tumis genjer ini jadi lebih istimewa.





Bahan :
400 gr genjer, potong dan cuci bersih
Tempe 100 gr potong korek api

Bumbu :
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 5 butir
Tomat 1 butir yang sedang besarnya
Cabai rawit 10 buah (optional)
Kecap asin 2 sdm
Saus teriyaki 1,5 sdm
Garam 1/2 sdt
Air 100 ml

Cara memasak
Potong tipis bawang merah, bawang putih dan tomat. Potong -potong juga cabai rawit sesuai selera. Tumis bumbu yang sudah dipotong sampai setengah matang lalu masukkan tempe yang sudah dipotong korek api. Tumis sampai bumbu dan tempe matang. Lalu masukkan air, sambil menunggu air mendidih, masukkan kecap asin, saus teriyaki dan garam. Koreksi rasanya.
Setelah air mendidih matikan api. Masukkan genjer sambil diaduk sampai bumbu merata. Setelah bumbu merata, nyalakan api dan masak sayur cukup sampai layu saja. Memasak genjer hendaknya tidak terlalu lama karena bisa mengakibatkan genjer menjadi pahit. Nah genjer teriyaki siap dihidangkan.

Tips : agar mamasak genjer tidak pahit bisa juga genjer direbus sebentar  ( cukup sampai layu saja) di air mendidih. Tiriskan, lalu masukkan ke dalam tumisan bumbu seperti di atas.

Sedikit pengetahuan tentang genjer :



Genjer atau orang sini menyebutnya rangkong, adalah tanaman yang biasa tumbuh di sawah. Menurut wikipedia tanaman bernama latin limnocharis flava ini termasuk gulma, karena keberadaannya di sawah termasuk tanaman pengganggu. Tanaman ini bergelar sayuran "orang miskin". Karena pada jaman pendudukan jepang, sayuran inilah yang dimakan karena tidak ada makanan lain yang dapat dikonsumsi pada waktu itu. Sampai-sampai seorang seniman musik bernama Muhammad Arief menciptakan lagu dalam bahasa osing (banyuwangi) yang berjudul genjer-genjer.

Namun demikian menurut si ubul (ulat bulu) yang tinggal di keranjang-buah.blogspot, tanaman genjer ini ternyata juga banyak mengandung nutrisi lho...Beberapa kandungan gizi dalam genjer antara lain : karbohidrat, kalsium, protein, zat besi dan kaya akan fosfor dan energi.

Selain itu beberapa khasiat dari genjer antara lain:

Antibiotik alami
Genjer dapat menjadi antibiotik alami karena mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti mikroba dan anti kanker.

Mengurangi penyakit jantung dan kanker.
Selain mengandung flavonoid, genjer juga mengandung polifenol. Senyawa polifenol ini konon merupakan senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menjaga sel-sel dalam tubuh kita dari kerusakan.

Sumber serat yang baik
Seperti kita ketahui, bahwa serat sangat berguna untuk kesehatan pencernaan kita. Bahkan tanaman genjer ini dapat membantu mengatasi sembelit.

Nah tunggu apalagi. Bagi yang belum pernah mencoba...ayo segera coba, asli enak nih..... Hihihi...

You Might Also Like

0 komentar: