home

Pilihan Rak Besi yang Cocok untuk Rumah, Kantor, dan Gudang

17.42.00

 

Pilihan Rak Besi  untuk Rumah, Kantor dan Gudang

Punya suami yang hobinya ke pasar loak itu kadang bikin senang tapi juga bikin kesal. Senang dalam artian suami memiliki hobi yang dibilang positif enggak, negatif juga enggak. Tapi kalau di pikir-pikir mending ke pasar loak sih daripada ke tempat lain yang lebih banyak mudhorotnya. Di balik itu enggak enaknya adalah di rumah jadi menumpuk barang yang buat saya enggak berguna, tapi dianggap berguna oleh pak suami. Sebenarnya sih tidak masalah kalau ada tempat yang pas untuk menyimpan barang-barang itu sehingga lebih sedap dipandang. Tapi karena display yang ada di ruang tamu kami terbatas, tempat yang tepat untuk barang-barang tersebut adalah di gudang. Masalahnya adalah kami belum memiliki ruangan untuk gudang.

Gudang untuk sebuah rumah atau kantor memang sangat penting. Selain untuk menyimpan barang yang jarang digunakan, gudang juga dapat membuat rumah dan kantor menjadi lebih rapi dan tertata. Selain itu dengan adanya gudang juga membuat barang-barang kita jadi lebih awet karena disimpan di tempat yang semestinya. Pada saat ingin menggunakan lagi pun akan lebih mudah menemukannya.

Namun demikian, jika rumah atau kantor anda belum ada tempat untuk dijadikan gudang, masih bisa diakali dengan menyediakan lemari gudang atau rak gudang. Besar kecilnya tentu saja bisa disesuaikan dengan barang yang akan kita simpan di lemari tersebut dan tempat atau sudut ruangan yang mampu menampungnya.

Ada berbagai macam material yang bisa digunakan sebagai rak penyimpanan. Namun tak bisa dipungkiri kalau rak besi adalah rak yang bisa direkomendasikan jika anda menginginkan manfaat untuk jangka waktu yang lama. Kelebihan rak besi lainnya adalah lebih kokoh dan mampu menahan beban lebih berat serta aman dari serangan rayap.

Saat ini sudah banyak sekali model rak besi yang bisa digunakan untuk rumah, kantor maupun gudang. Masing-masing rak memiliki ciri masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Nah berikut ini beberapa perbedaannya.

Perbedaan rak besi untuk rumah, kantor dan gudang.

Rak untuk kantor

1. Model dan Ukuran

Ukuran rak besi untuk rumah sangat bervariasi, begitu juga dengan modelnya. Rak besi untuk rumah ada yang diletakkan di ruang tamu, dapur, kamar mandi maupun gudang rumahan. Ukurannya disesuaikan dengan tempat dan barang akan disimpan di dalamnya, modelnya pun bermacam-macam sehingga dapat menambah estetika rumah. Berbeda dengan rak besi untuk rumah, rak besi untuk kantor dan gudang modelnya cenderung sederhana. Rak besi untuk gudang biasanya memiliki ukuran lebih besar dan lebih kokoh karena digunakan untuk menyimpan barang-barang yang lebih besar dan berat.

2. Dekorasi

Rak besi untuk kantor biasanya tanpa hiasan sama sekali, berbeda dengan rak besi yang digunakan di rumah. Rak metal untuk rumah biasanya bentuknya lebih estetik dengan tambahan ornamen dan warna yang membuatnya lebih menarik. Sedangkan rak besi untuk kantor di dominasi oleh warna-warna netral.

3. Kegunaan

Rak besi untuk rumah ada bermacam-macam kegunaannya. Ada rak sepatu, rak peralatan dapur, rak buku, dan rak perkakas yang diletakkan sesuai kebutuhan. Rak besi atau lemari besi untuk kantor biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen dan peralatan kantor. Sedangkan rak besi untuk gudang atau racking warehouse biasanya digunakan untuk menyimpan stok barang hingga peralatan produksi. Itulah sebabnya rak gudang terbuat dari besi yang lebih tebal dan ukuran yang lebih besar sehingga lebih kokoh dan mampu menampung banyak barang.

4. Kekuatan rak

Kekuatan rak yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan gudang industri tentunya sangat jauh berbeda. Itulah sebabnya ada pengklasifikasian rak besi berdasarkan tingkat kekuatannya, berikut ini penjelasannya.

Rak gudang

    a. Light Duty Racking

Rak besi light duty ini adalah rak yang dirancang untuk menyimpan barang yang ringan. Rak light duty ini biasanya digunakan untuk skala rumah tangga. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dibongkar pasang tanpa peralatan khusus dan bisa ditambah atau dikurangi susunannya tanpa merubah fungsinya. Bobotnya ringan sehingga mudah untuk memindahkannya. Dari segi harga Rak light duty ini lebih ekonomis 

    b. Medium Duty Racking

Rak ini dirancang untuk menyimpan barang yang bobotnya sedang hingga menengah.  Kita dapat menemukan rak jenis ini di gudang sebuah toko atau minimarket. Ada juga yang menggunakannya di rumah, namun khusus untuk penyimpanan di gudang.

    c. Heavy Duty Racking

Rak Heavy Duty adalah rak yang memiliki kemampuan untuk menyimpan barang dengan beban yang sangat berat. Biasanya rak heavy duty ini digunakan di lingkungan industri dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan itu, rak jenis ini didesain agar memiliki daya tahan sangat tinggi, sangat kuat dan harus mampu menahan tekanan yang berat dari barang yang diletakkan di dalamnya.

Rak heavy duty untuk racking warehouse atau gudang

Nah itulah perbedaan rak besi yang digunakan untuk rumah, kantor dan gudang. Kita dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kita. Namun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa anda bisa menggunakan rak untuk kantor yang terbuat dari besi untuk dimanfaatkan di rumah kita, yang penting secara fungsi dan tujuan dapat terpenuhi. 

Saya sendiri sudah bisa membayangkan model dan ukuran rak besi untuk menyimpan barang-barang yang ada di rumah sebagai pengganti ruangan gudang. Dan sepertinya saya harus segera mewujudkannya agar anak sulung  tidak lagi mengeluh karena kolong tempat tidurnya yang penuh oleh barang "hasil buruan" ayahnya.

You Might Also Like

35 comments

  1. kalau di rumah saya, rak besi itu untuk rak sepatu dan rak buku, Mbak. Dan memang modelnya standar saja dengan warna netral. Tapi kalau rak besi memang lebih kuat daripada rak plastik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Pak Bam, rak sepatu pakai rak besi karena lebih awet. Kalau rak buku masih pakai yang kayu, benda lama hehe

      Hapus
  2. wah kebetulan sedang cari rak besi untuk buku. sekarang jadi ada gambaran untuk jenis-jenis rak besi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rak besi untuk buku zaman now modelnya makin estetik, tinggal pilih yang sesuai selera aja...

      Hapus
  3. Rak besi itu memang kuat dan kesannya kokoh kalau dilihat. Cocok untuk tipe rumah minimalis. Pengaplikasiannya juga bisa beragam ya rak besi ini untuk segala kebutuhan, mulai dari rak besi kecil sampai yang besar, semuanya bisa menyesuaikan

    BalasHapus
  4. Aku juga butuh banget rak besi di rumah, biar barang nggak berantakan. Selama ini kamar juga penuh barang.

    BalasHapus
  5. Kok sama ky ojobku wkwkwk suka nyimpen barang second sampe yg tadinya kamar jd gudang wkwkw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh mbak, ampun aku karo hobi sing siji iki. Untunge saiki wis gak nemen

      Hapus
  6. Aku pun melakukan hal serupa nih Mba. Menanggulangi koleksi action figure si partnerku yang sungguh banyak sekali sampai ngumpet di kolong tempat tidur juga, akhirnya kuputuskan untuk menghadirkan satu rak besi di rumah. Asik sih jadi apik dan mudah dipantau juga kebersihan barang-barang koleksiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau di simpan di lemari besi gitu sih cakep mbak...

      Hapus
  7. Hihi, seru amat keluarganya, kak..
    Kalau di rumah yang hobi "nahan" barang karena alasan "Itu ada kenangannya" itu aku. Gak berburu juga, tapi sulit melepaskan barang yang nyaris bisa dibilang gak ada fungsinya selain menuh-menuhin rumah. Contoh sederhananya adalah misting plastik tempat wadah makanan kalo pesen gofut.

    Sampe anakku bilang "Mah, akutu pingin wadah makan lucu-lucu kaya punya temen, tus mamanya bikinin makanan yang di cetak cantik-cantik, nanti aku dijamin lahap makannya."

    Dan sudah tentu aku jawab "Itu ada banyak misting bersih wadah makanan gofut, nak.. uda yang itu aja yaa.."

    Wkkwk.. memang jadi matching kalo punya rak yang berbagai ukuran yaa.. Minimal jadi ada tempat menaruh barang dengan rapih, meski kalau besar yaa.. aga mengganggu ruang gerak juga sih yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga masih gini sih mbak, kalau masih bisa digunakan agak sayang kalau mau dibuang. Iyaa.. selama ada tempat yang sesuai sih gak masalah ya

      Hapus
  8. Rak besi ini banyak manfaatnya, terutama untuk menaruh barang-barang di gudang.

    Dan ya, bener banget kalau rak besi untuk kantor itu gak banyak motif, yg penting kuat, dan barang bisa tersusun rapi.

    BalasHapus
  9. ternyata ada namanya ya, aku kira cuma rak besi aja, berarti kalau di ikea tuh rak besi heavy duty gak sih, lebih kokoh dan memang untuk dibutuhkan dalam skala industri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... semacam itu mbak, yang heavy duty biasa untuk gudang pabrik-pabrik

      Hapus
  10. Adanya rak besi seperti itu memang bikin barang² di rumah ataupun kantor jadi tertata lebih rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lebih gampang mencarinya kalau butuh lagi...

      Hapus
  11. mungkin selama ini hanya lihat saja rak besi untuk rumah, kantor atau gudang ga pernah memperhatikan secara detail, pas baca dari artikel mba jadi paham perbedaannya dan bisa bayangin karena pernah melihat semua jenis rak besi tersebut, kebetulan dulu saya suka audit juga ke bagian gudang

    BalasHapus
  12. Kalau nggak punya gudang, emang solusinya rak sih. Jadi, kita bisa menata barang dengan lebih rapi di rak-rak. Rumah jadi terlihat lebih lega.

    BalasHapus
  13. Memilih rak yang cocok untuk pemakaian di rumah disesuaikan dengan kebutuhannya ya.
    Dan rak yang bisa direkomendasikan adalah rak besi. Karena rak besi lebih kokoh dan mampu menahan beban lebih berat serta aman dari serangan rayap.

    BalasHapus
  14. Rak besi ini emang sering digunakan saat di kantor
    Memilih rak besi sesuai kebutuhan adalah hal bijak yang harus dilakukan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, disesuaikan juga sama ruangan biar tetap lega...

      Hapus
  15. Hobi suami yang ke pasar loak emang sering bikin berantakan di rumah ya. Tapi pilihan bikin rak besi kayaknya jadi solusi kece nih buat nampung barang-barang yang "berharga" itu. Biar rumah makin rapi, suami tetap happy dengan hobinya.

    BalasHapus
  16. Kalau untuk gudang kantor memang lebih baik yang rak besi ya karena dia kokoh dan bisa memuat banyak barang. Tapi, kalau di rumah kayanya kurang friendly ya kalau pakai rak besi jika di rumahnya ada anak kecil, khawatir malah bisa melukai anak. Tapi ya memang kembali lagi, sesuai kebutuhan, hehe.

    BalasHapus
  17. Setuju Kak rak besi itu bukan cuma berguna buat penyimpanan tapi kalau di rumah bisa buat tambahan dekorasi jadi sebisa mungkin Emang pilih yang cocok sesuai ruangannya sih. Milih material yang tahan lama dan kuat juga penting banget buat rak besi

    BalasHapus
  18. Akseseoris interior rumah salah satunya adalah rak. Fungsinya ya agar barang bisa disimpan dirak . Tujuannya agar ruangan terlihat tapi. Kalau masalah rak besi memang krisbow banyak pilihan

    BalasHapus
  19. Yaampun, Kak. Baru baca paragraf pertama pengin ngakak, berarti suaminya kreatif banget. Bisa mengubah barang rongsokan jadi layak pakai. Keren lah...

    BalasHapus
  20. Sama-sama rak besi tapi punya model yang berbeda ya, sesuai dengan kegunaanya. So emang rak besi yang ada di kantor berbeda dengan rak besi untuk di rumah yang desainnya pada estetik

    BalasHapus
  21. Buat penyimpannan barang, rak besi tuh emang jauh lebih awet ya kak jika dibandingkan dengan rak kayu.. Apalagi untuk usaha usaha besar yang membutuhkan tempat penyimpanan, paling aman emang menggunakan rak besi yaaa

    BalasHapus