tekno

Jangan Ketinggalan Zaman, inilah ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Laptop dengan Teknologi AI Pertama di Dunia!

05.04.00




Saya pernah ditanya oleh salah satu orang tua dari teman anak saya. Beliau akan membelikan putranya sebuah laptop, namun masih bingung memilih laptop yang seperti apa. Jawaban saya saat itu adalah lebih baik bertanya ke anaknya dulu. Kira-kira laptopnya nanti akan digunakan untuk apa saja. Kalau cuma sekedar untuk mengetik dan membuat presentasi tidak perlu mencari spek yang tinggi. Tapi kalau anaknya memang belajar di bidang teknologi ya mending yang canggih sekalian.

Andai saja pertanyaan itu dilontarkan baru-baru ini, reflek saya akan menyarankan ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) saja! Tak peduli apa kebutuhan anda akan laptop pada saat ini, jika anda memiliki laptop dengan teknologi yang mutakhir maka akan mendorong anda untuk lebih berkembang. 

Terus terang saja setelah saya memegang langsung laptop ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) yang dibekali kemampuan AI pertama di Indonesia ini, memiliki spesifikasi yang diimpikan setiap orang. Mulai dari desain, performance, daya tahan hingga user experiencenya yang membawa penggunanya ke tingkat yang lebih tinggi.

Tak perlu heran, karena memang selama ini ASUS dikenal sebagai produsen laptop yang "aktif" baik dalam peningkatan teknologi maupun desain dan selalu meluncurkan produk-produk yang paling update dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Baiklah, saatnya mengenal lebih dalam laptop Intel Core Ultra tertipis di dunia dengan layar sentuh ini, berikut spesifikasi ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) :


Spesifikasi lengkap ASUS Zenbok 14 OLED (UX 3405)


Performa

ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) adalah laptop tipis pertama dari ASUS yang menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series. Prosesor ini adalah prosessor generasi terbaru yang ditenagai oleh Artificial Intelegence  (AI) yang didukung oleh NPU AI boost sehingga dapat mengakomodir pemrosesan aplikasi yang berbasis AI dengan lebih cepat namun tetap hemat daya. 
 Kolaborasi antara Intel® Core™ Ultra Series dan grafis Intel® Arc™ menghasilkan akselerasi grafis bawaan yang tidak saja kompatibel untuk kebutuhan sehari hari, namun juga memberikan pengalaman gaming yang menyenangkan dan dukungan akan pembuatan konten yang kuat. Pepaduan ini terbukti memberikan visual yang imersif dan kinerja 1,75X lebih cepat dibanding dengan seri sebelumnya.

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 11 home dan Microsoft 2021 yang menunjang pekerjaan anda beraktivitas sepanjang hari dengan menyenangkan dan mata yang tetap nyaman. Teknologi ini juga yang membuat anda berkenalan dengan Copilot. Asisten cerdas berbasis AI yang akan membantu anda lebih fokus pada pekerjaan, lebih efisien terhadap waktu sehingga selesai tepat waktu dengan dukungan kreativitas dari inspirasi dari seluruh penjuru internet.

Untuk mengimbangi prosessor yang kencang, laptop ini dibekali dengan RAM yang besar pula yaitu 32GB PDDR5X on-board. Sedangkan penyimpanannya menggunakan slot M.2 NVMe PCIe 4.0 dengan kapasitas 1TB.


Desain

Seperti yang saya sebutkan di awal, ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) adalah laptop Intel Core Ultra tertipis di dunia saat ini, dengan berat hanya 1,2 kg dan ketebalan 1,49 mm karena terbuat dari bahan metal yang ringan dan kokoh. Bobot ini 10% lebih ringan dan ketebalannya 20 mm lebih tipis dari seri sebelumnya. Tampilannya pun semakin elegan dan nyaman saat dipegang karena tidak ada sambungan di bagian samping.

Layar

ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) menggunakan layar sentuh ASUS Lumina OLED 3K (2880x1800) 120Hz yang menghasilkan visual lebih jernih. Laptop ini memiliki rasio layar : bodi sebesar 87%, aspek rasio 16:10, kecerahan hingga 600 nit dan teknologi adaptasi Sync yang memungkinkan refresh rate dapat berubah secara otomatis sehingga menghasilkan visual yang lebih halus.


Kelebihan ASUS Lumina OLED

1. ASUS Lumina OLED ini juga sudah dilengkapi dengan blue light sertification unytuk perlindungan mata. Sehingga tetap nyaman meskipun bekerja dalam tempo yang lama.
2. Memberikan warna standar industri yang akurat dan detail.
3. Lebih adaptive dengan kemampuan menampilkan visual yang dapat disesuaikan dengan lebih hemat daya namun dengan warna video yang lebih tajam.
4. Memiliki lebih banyak frame perdetik yaitu sebesar 120 Hz yang membuat tampilan lebih mulus.
5. Kecerahan dan color tone yang sempurna, yaitu secara otomatis menyesuaikan dengan kenyamanan mata.
6. Dilapisi dengan CorningⓇGorillaⓇ Glass



Baterai

ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) memiliki baterai yang mampu bertahan sepanjang hari, kemampuan luar biasa ini dihasilkan melalui pengujian yang sangat ketat. Dengan kapasitas baterai 75 Wh, USB Easy Charge yang disematkan mampu mengisi daya hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Kemampuan fast charging ini dibarengi dengan 15 jam kemampuan baterai bertahan untuk menemani anda sepanjang hari.

Keyboard

untuk Keyboard, ASUS kembali menggunakan teknologi terbaru yang menghasilkan suara lebih senyap sehingga anda lebih nyaman dengan sekitar. Adanya short cut untuk emoji yang berupa sebuah tombol akan membuat percakapan teks anda semakin menyenangkan. 

Kenyamanan yang dihasilkan oleh Keyboard ASUS Ergosensenya juga tak perlu diragukan lagi. Ketinggian tombol hingga lekukan pada setiap tuts keyboard diperhitungkan secara mendalam agar ujung jari tetap nyaman mengetik dalam waktu yang lama.

Teknologi touchpadnya juga meningkat secara signifikan. Lapisan hidrofobiknya membuat sentuhan terasa halus, sedangkan Anti Finger Touchpadnya menjaga agar kualitas tetap terjaga untuk waktu yang lama. 
Panel sentuh atau Touchpad Ergosesnse dari ASUS ini juga memiliki multitouch gestures sehingga anda dapat menggunakan tiga atau empat jari sebagai pintasan sentuhan. Misalnya gesek ke atas dengan tiga jari untuk menunjukkan semua windows yang terbuka atau gunakan empat jari untuk panah kanan, kiri atas dan bawah.

Konektivitas 

Meskipun desainnya sangat ringkas dengan bobot yang ringan namun laptop ini memiliki i port I/O yang terbilang lengkap yang terdiri dari dari dua port USB-C Thunderbolt 4 , USB-A 3.2 Gen 1, HDMI 2.1, hingga jack audio 3.5 mm. 

Jaminan ketangguhan dan keamanan

1. Memiliki Sertifikasi MIL-STD-810H yang berarti bahwa laptop ini telah melewati serangkaian uji ketahanan militer Amerika Serikat. Ada berbagai tahap pengujian dengan berbagai prosedur ketat yang harus dilewati. Dengan demikian menghasilkan perangkat yang memiliki ketangguhan dan durasi pemakaian yang panjang.

2. Memiliki kemampuan membuka kunci dengan instan dan aman
ASUS Zenbook 14 OLED (UX 3405) memiliki Kamera Windows Infra Red yang dapat membuka laptop dengan cepat dan aman.

3. Memiliki penutup fisik untuk Webcam
penutup fisik ini melindungi privasi kita dan menghindarkan diri kita dari gangguan. 


Fitur pendukung lainnya :

1. Kamera webcam yang canggih
Laptop memiliki kamera ASUS Aisense yang membuat kita selalu tampil maksimal dalam setiap pertemuan. Kelebihan kamera ini antara lain dapat mengikuti gerakan kita, dapat mengaburkan latar belakang, mengikuti gerakan mata sehingga selalu nampak menghadap ke kamera dan memberikan gambar yang selalu jernih.

2.Fitur two way AI Noise Cancellation 
fitur ini dapat menghilangkan suara noise dibelakang kita saat pertemuan online. Dengan demikian suara kita terdengar jernih oleh lawan bicara kita.

3. Perangkat lunak ASUS untuk kinerja yang lebih baik
ASUS memiliki beberapa perangkat lunak yang dapat membantu kita bekerja lebih optimal. Beberapa di antaranya adalah My ASUS, GlideX, dan ScreenExpert.

Harga dan Ketersediaan

ASUS Zenbook 14 OLED (ux3405) memiliki dua varian warna yang sama-sama menampilkan kemewahan yaitu Ponder Blue dan Foggy Silver. Sedangkan untuk harganya, sebagai berikut : 

Rp17.299.000 (Ultra 5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) 
Rp20.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) 
Rp21.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch)



Dan berikut ini tabel spesifikasi lengkapnya :

Main Spec. 

Zenbook 14 OLED (UX3405MA) 

CPU 

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU 

Intel® Core™ Ultra 5 Processor 125H 1.2 GHz (18MB Cache, up to 4.5 GHz, 14 cores, 18 Threads) with Intel® AI Boost NPU 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

32GB LPDDR5X 

16GB LPDDR5X 

Storage 

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD 

Display 

14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support (in some models) 

Graphics 

Intel® Arc™ Graphics 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack 

Connectivity 

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3 

Camera 

FHD camera with IR function to support Windows Hello 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified 

Battery 

75WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion 

Dimension  

31.24 x 22.01 x 1.49 ~ 1.49 cm 

Weight 

1.2 Kg 

Colors 

Ponder Blue, Foggy Silver 

Price 

Rp17.299.000 (Ultra 5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) 

Rp20.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch) 

Rp21.299.000 (Ultra 7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch) 

Warranty 

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty 


Nah itulah berbagai spesifikasi premium yang dimiliki ASUS Zenbook 14 OLED (ux3405) yang menjadi pelopor laptop Artificial Intellegence saat ini.

Bagi anda yang memiliki mobilitas dan produktivitas tinggi, sudah saatnya beralih pada laptop paling tipis, paling ringan dan yang memiliki teknologi paling mutakhir ini. Untuk informasi lebih lanut langsung saja menuju web ASUS atau melalui media sosial @asusid.
 

You Might Also Like

0 comments