LIFESTYLE

Baca Berita dan Live Stream di IDN App

22.09.00

Aplikasi baca berita dan live stream IDN App


Menjadi netizen jangan sampai kalah 'smart' sama HP. Jangan sampai HP-nya sudah 'smart' tapi malah orangnya yang ketinggalan zaman. Apalagi di tahun-tahun politis seperti sekarang ini, memilah berita yang benar adalah sebuah keharusan. Karena banyak orang yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi dengan menyebarkan berita yang tidak benar. Sebagai netizen yang 'smart' hendaknya kita memiliki kemampuan untuk menyaring berita dan mendapatkan berita yang akurat.

Jika mendengar suatu berita hendaknya kita jangan langsung mempercayainya. Cari sumber yang terpercaya, apakah sumber tersebut juga menyatakan hal yang sama atau tidak. Jika dari sumber yang terpercaya tidak ada berita tentang hal tersebut, bisa dipastikan bahwa berita itu tidak benar alias hoaks. Hoaks ini sangat berbahaya karena dapat mencerai-beraikan persatuan bangsa. 

Memilih sumber berita yang terpercaya juga membutuhkan ketelitian, karena saat ini banyak website yang menggunakan nama yang mirip sekali dengan website yang asli. Untunglah saat ini mencari sumber Berita Indonesia dan Internasional yang selalu update dan dapat dipercaya semakin mudah berkat IDN App.


IDN App


IDN App adalah sebuah Aplikasi Baca Berita yang paling lengkap dan terupdate di Indonesia. Dengan IDN App kita dapat dengan mudah mencari berita terbaru dan berita terlengkap dengan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Melalui IDN App kita tidak sekedar Baca Berita namun juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan. IDN App juga memiliki berbagai fitur menarik yang cocok bagi generasi millenial dan generasi Z. Selain itu para pengguna juga bisa mendapatkan peghasilan dari IDN App. Bagaimana caranya, baca terus artikel ini ya

IDN App merupakan salah satu bagian dari IDN Media yang lahir tahun 2020. IDN Media sendiri adalah sebuah perusahaan media digital yang menargetkan generasi Y dan Z sebagai penggunanya. Misi dari IDN Media adalah untuk mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Saat ini IDN Media telah memiliki 6 media digital yaitu IDN Times, Fortune, GGWP.ID, Duniaku.com, Popmama.com, dan PopBela.com. Dan sudah ada 2 aplikasi yang sudah dikembangkan yaitu Yummy App dan IDN App. Selain itu juga masih ada bidang usaha lainnya seperti agensi digital, agen pemasaran pengalaman hingga organisasi sosial nirlaba dan lain-lain.

Aplikasi baca berita dan live stream IDN App


Fitur IDN App

1. Menu +

 Pengguna IDN App tidak hanya sebagai pembaca namun juga sebagai kreator di IDN App. Pengguna bisa menjadi penulis berita maupun menjadi Live Streamer. Itulah sebabnya IDN App juga disebut sebagai Aplikasi Live Streaming.

Menulis di IDN App cukup mudah karena tampilan antar muka aplikasinya sangat mudah dipahami. Di halaman utama sudah tersedia tombol untuk membuat konten. Caranya dengan menekan tanda (+) dengan dasar hitam yang ada di bagian bawah layar. Dari situ kita bisa memilih, apakah akan menulis artikel atau live streaming. Untuk artikel yang akan terbit di IDN App akan dikurasi terlebih dahulu, itulah sebabnya hanya tulisan yang dapat dipertanggung jawabkan yang bisa tampil di IDN App.

Keuntungan menjadi penulis berita adalah kita akan mendapatkan poin yang bisa dikonversikan ke dalam rupiah. Sedangkan dengan menjadi Live streamer, kita tidak hanya mendapatkan poin tapi juga bisa mengumpulkan virtual gift dari penggemar. 

2. Fitur Explore

Fitur explore berupa ikon kaca pembesar yang ada di bagian bawah layar. Fitur ini mempermudah kita untuk mencari berita yang kita inginkan. Kemudahan yang kita dapatkan melalui fitur explore ini antara lain :
a. Lebih mudah mencari media IIDN yang kita inginkan. Apakah itu Popbela, Popmama, IDN Times, Duniaku, atau IDN Times lokal seperti IDN Times Jatim, Jogja, Jateng dll.

b. Lebih mudah mencari berita dengan topik yang kita inginkan. Ada berbagai topik berita yang selalu update yang bisa kita baca beritanya melalui IDN App. Untuk mempermudah mencari topik berita pilihan kita, tinggal klik ikon explore kemudian pilih topik yang ingin kita baca. Ada topik Kesehatan, olah raga, bisnis, hingga yang sedang viral saat ini.

c. Bisa nonton film gratis melalui TrueID yang ada dalam IDN App
Begitu kita menekan pilihan nonton film gratis, kita akan dihadapkan pada beberapa opsi seperti film, serial, klip pendek artikel, Indonesia, Thailand dan Online Station. Halaman ini juga memperlihatkan film rekomendasi maupun yang sedang trending saat ini.Selain itu halaman ini juga memuat tentang berita seleb terbaru yang berupa artikel. 
Aplikasi nonton film gratis

3. Quiz

Ini adalah fitur menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Fitur ini berada di halaman utama bagian kanan atas. Fitur ini berisi tentang berbagai kuis yang bisa kita ikuti. Selain sebagai hiburan, kuis ini juga menambah pengetahuan loh.

4. Fitur Picture in Picture (PiP) pada IDN Live

IDN Live adalah Website Live Streaming terbaik dari IDN App. Melalui fitur kita dapat menonton streaming secara live maupun melakukan live streaming sendiri. Jika kita menonton Live Streaming, maka kita dapat mengaktifkan Picture in Picture yaitu fitur yang memungkinkan kita tetap menonton video yang kita putar pada sebuah jendela kecil sambil membuka aplikasi lain. Dengan adanya fitur PiP ini kita bisa menonton video sambil membalas pesan di Whatsapp, misalnya. 


Pada halaman IDN Live kita bisa memilih berbagai kategori yang disediakan seperti : Trending, terjadwal, Hiburan, E-sport, News, Sport, Fashion, Otomotif, Opini, Life, Viral dan All. Halaman ini juga memperlihatkan streamer yang sedang live. Jika kita menonton live streaming, kita juga bisa berinteraksi dengan streamer melalui kolom komentar. Kita pun bisa memberikan virtual gift dan membagikan live streaming yang berlangsung melalui instagram story, whatsapp dan lain-lain. Begitu juga jika kita melakukan live streaming, kita pun berkesempatan untuk mendapatkan virtual gift dari penggemar kita.

Cara untuk menjadi live streamer IDN Live pada IDN App

1. Download IDN App melalui App Sote/Google Play Store kemudian sign up dan buat akun baru di IDN App (Anda tidak perlu membuat akun baru jika sudah memiliki akun di IDN Times)
2. Klik tombol menu IDN Live pada bagian atas halaman utama
3. Klik tombol (+) pada layar bagian bawah
4. Pilih opsi Live Streaming
5. Setelah itu unggah gambar yang akan menjadi sampul berukuran kurang dari 5 Mb/ Setelah itu ketik judul live dan pilih topik live melalui tanda panah yang tersedia.

Pada saat melakukan live straming anda juga bisa berinteraksi dengan penonton melaluyi kolom chat. Selalu berikan konten yang menarik dan tidak mengundang provokasi maupun mengandung unsur SARA, pornografi dan ujaran kebencian. Jaga akun kita baik-baik agar tidak terkena ban yang dapat merugikan kita sendiri. 

Jika konten kita menarik pasti penggemar tak segan-segan untuk memberikan virtual gift. Oleh karena itu selalu berikan yang terbaik bagi penonton agar virtual gift yang kita terima juga semakin banyak,

5. Menu Profile

Menu ini menampilkan berbagai informasi tentang pengguna. Kita bisa memiliki profil pada IDN App setelah login dengan menggunakan email, facebook atau akun google. Jika sebelumnya kita sudah memiliki akun IDN Times, maka akun tersebut juga bisa digunakan untuk IDN App. Akun ini juga dapat digunakan pada media digital IDN Media lainnya seperti PopMama atau PopBela.
Pada sub Menu Kreator terdapat keterangan bonus poin, artikel kita yang masih berupa draft, dimoderasi, yang sudah terbit bahkan yang ditolak. Agar artikel kita lulus kurasi maka harus memperhatikan panduan menulis yang juga ada di halaman ini.


6. Fitur Dark Mode

Dark mode adalah fitur yang dapat mengubah latar belakang terang menjadi latar belakang gelap. Pada dark mode ini, latar menjadi berwarna hitam dengan tulisan berwarna putih.Dark mode ini bermanfaat untuk membuat mata lebih nyaman pada kondisi minim cahaya. Selain itu dark mode juga dapat mengurangi ketegangan mata sehingga bisa lebih lama menatap layar ponsel. Dark mode juga dapat menghemat baterai karena konsumsi daya yang digunakan lebih sedikit.
Untuk mengaktifkan fitur dark mode pada IDN App caranya adalah dengan menekan ikon profil kemudian klik tanda gerigi pada pojok kanan atas. Di baris ke empat pengaturan tersebut apa tulisan mode gelap, tinggal kiya pilih tombol 'on' untuk mengaktifkannya.

Nah itulah berbagai fitur dalam IDN App yang memudahkan kita untuk mengoperasikannya. Hal lain yang menyenangkan dari IDN App ini kita tidak akan terganggu oleh iklan saat membaca berita di dalamnya. 

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan melalui IDN App ini, Selain mendapatkan informasi, pengetahuan juga menambah penghasilan. Bagi anda yang suka membuat konten dalam bentuk live streaming saya sarankan untuk mencoba IDN Live, siapa tahu akan menjadi jalan rezeki yang tidak terduga. 

IDN App juga memiliki program referral, kita dapat mengundang teman dengan menggunakan kode referral dan dapatkan total hadiah hingga rp 75.000. Nah bagi teman-teman yang belum download IDN App, bisa menggunakan kode referral berikut : ret-pgo5y19auu.

You Might Also Like

1 comments

  1. Enggak hanya baca berita, tapi bisa streaming juga bakalan seru sih apalagi masih ada fitur lainnya. Dark mode ini yang bikin nyaman di aplikasi, ah jadi pengin instal aplikasinya. Cuss nyobain fiturnya dan nonton berita. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus