finance

Belajar Menyimpan Uang untuk Masa Depan

07:52

Konten [Tampil]
Bagaimana cara belajar menyimpan uang untuk masa depan


Menyimpan uang untuk masa depan adalah hal yang sangat penting untuk kestabilan finansial. Namun, banyak orang yang kesulitan dalam melakukan hal tersebut karena berbagai alasan. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang beberapa cara bagaimana memulai menyimpan uang dengan baik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Pentingnya Menabung untuk Masa Depan

Menabung untuk masa depan sangat penting untuk membantu kita mencapai tujuan finansial di waktu yang akan datang seperti memiliki rumah atau pensiun yang nyaman. Menabung juga dapat memberikan rasa aman dan kepastian di masa depan, sehingga kita tetap tenang saat menghadapi keadaan darurat atau situasi tak terduga.


Namun, terkadang menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung bisa menjadi hal yang sulit dilakukan, tidak semua orang bisa menerapkannya terutama jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai menabung dengan baik.

Cara Memulai Menabung dengan Baik

Pertama-tama, penting sekali untuk membuat anggaran bulanan yang realistis dan kedisiplinan dalam mengikuti anggaran tersebut. Anda harus bisa memprioritaskan pengeluaran yang penting seperti tagihan listrik, air, dan asuransi, serta menabung sejumlah uang setiap bulannya. Dengan begitu, Anda secara bertahap bisa meningkatkan jumlah tabungan Anda.


Kedua, pastikan anda selalu disiplin dalam mengatur keuangan dan hindarilah gaya hidup yang konsumtif. Terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting seperti makan di restoran mahal atau mengikuti trend membeli gadget baru bisa mempengaruhi kemampuan Anda dalam menabung.


Ketiga, gunakan teknologi dan internet untuk membantu Anda mempermudah mengatur keuangan. Internet banking atau e-banking adalah salah satu contoh teknologi yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi keuangan seperti transfer antarbank dan pembayaran tagihan dengan cepat dan praktis tanpa harus pergi ke bank. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan uang.

Tips dan Trik dalam Mengatur Keuangan

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan dengan lebih baik sehingga bisa menyisihkan uang untuk menabung. Pertama, usahakan untuk membagi pengeluaran menjadi tiga kategori yaitu pengeluaran pokok, pengeluaran terencana, dan pengeluaran tak terduga. Mengkategorikan pengeluaran ini akan membantu Anda mempermudah dalam mengontrol pengeluaran dan mengetahui seberapa besar jumlah uang yang dapat disisihkan untuk menabung.


Kedua, hindari meminjam uang atau hutang yang tidak perlu dan pastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan tepat waktu. Terlalu banyak mengambilpinjaman bisa membuat beban finansial anda semakin berat.

jenis investasi yang mudah untuk pemula


Jenis-jenis Investasi yang Dapat Dijadikan Alternatif Tabungan.

Selain rutin menabung, melakukan investasi juga salah satu alternatif bagi Anda untuk meningkatkan tabungan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Beberapa jenis investasi yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya adalah saham, obligasi, reksadana, dan properti.


Investasi melalui saham dan obligasi bisa memberikan keuntungan yang cukup besar jika dilakukan dengan baik dan teliti. Namun,jenis investasi ini juga membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup dalam dunia investasi.


Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang lebih mudah dilakukan dan relatif aman dilakukan oleh pemula. Reksadana adalah cara untuk menginvestasikan uang ke dalam pasar modal melalui pengelolaan dana dari sekelompok investor.


Properti juga merupakan salah satu alternatif investasi yang bisa dilakukan. Namun, untuk membeli properti dibutuhkan persiapan yang cukup matang dan biaya yang tidak sedikit.


Mengelola Keuangan Lebih Baik Berkat Adanya Dukungan Teknologi dan Internet

Dalam era digital ini, teknologi dan internet bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk membantu dalam mengatur keuangan dengan lebih baik. Seperti dilansir dari situs teknologi, internet banking atau e-banking bisa memudahkan kita dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus pergi sendiri ke bank.
Selain itu, internet cepat seperti yang disediakan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia juga sangat membantu dalam pengelolaan keuangan. Dengan menggunakan internet cepat dari IndiHome, Anda bisa mengakses platform online untuk mengatur keuangan seperti aplikasi mobile banking dan e-wallet dengan mudah dan nyaman.


Manfaat Internet IndiHome dalam Pengelolaan Keuangan yang Lebih Baik


IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan salah satu layanan internet cepat dengan jangkauan luas yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih baik. IndiHome menawarkan beberapa paket jitu yang cocok untuk berbagai jenis kebutuhan, mulai dari paket rumahan hingga untuk bisnis.
Dengan IndiHome, kita bisa mendapatkan kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, IndiHome juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti Wi-Fi Corner dan IndiHome Cloud untuk memudahkan kita mengakses data dari mana saja dan kapan saja.

Platform online untuk mengelola keuangan


Dengan menggunakan internet cepat dari IndiHome, kita bisa mengakses platform online untuk mengelola keuangan seperti aplikasi mobile banking dan e-wallet dengan lebih mudah dan cepat. Kita juga dapat memantau investasi yang kita lakukan secara daring dengan lebih tepat waktu dan efektif.


Menyimpan uang untuk masa depan memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun dengan belajar dari pengalaman dan memanfaatkan teknologi dan internet, kita bisa mengelola keuangan dengan lebih baik dan dapat mempersiapkan masa depan dengan lebih baik pula. Perlu diingat penting untuk membuat anggaran bulanan yang sesuai dan realistis, kemujdian dapat mengatur keuangan dengan disiplin, mengetahui bagaimana cara mengelola utang dengan baik, dan memanfaatkan teknologi dan internet.

You Might Also Like

52 comments

  1. Iya, Kak menyisihkan sedikit dari pendapatan untuk menabung terkadang menjadi hal yang sulit, berat rasanya. Memang perlu dipaksa sih biar bisa nabung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau nurutin kebutuhan ga ada habisnya. Kudu dipaksa baru bisa nabung

      Hapus
  2. Jadi inget lagunya Titik Puspa: Bing beng bang yok, kita nabung
    Tentunya nabung sekarang bisa via aplikasi
    gak harus ke bank dan ngantri
    Tentunya harus pakai internet cepat dari IndiHome supaya proses transaksi lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Bu.. Dengan i ternet urusan perbankan jadi lebih mudah..

      Hapus
  3. Setiap mendapatkan uang/pemasukan, ada baiknya tabungan langsung dialokasikan. Jadi bukan berupa "sisa uang". Kalau saya sih menerapkan 30% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk berbagai cicilan (jika ada), asuransi atau investasi dan pengeluaran tak terduga, 5% untuk tabungan dan 5% untuk sedekah. Semua diatur di awal bukan di akhir bulan. InshaAllah dengan cara ini kita bisa menabung dg disiplin dan rutin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Bu Annie,
      Kalau gak langsung dialokasikan yang ada malah jadi keblinger dan menghabiskannya buat jajan

      Hapus
    2. Dialokasikan terlebih dahulu, nabungnya jadi lebih rutin ya. Karena langsung disimpan uangnya..

      Hapus
    3. Haha iya kak Fenni jajan itu bikin boncos yaa

      Hapus
  4. Walaupun sering diabaikan, tapi menabung itu kegiatan penting banget dalam mengelola keuangan. Bagaimana pun tetap perlu adanya uang yang disisihkan untuk berjaga di keadaan darurat. Bisa diterapkan ini cara menabungnya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, harus punya dana darurat yang ga bisa diotak atik..

      Hapus
  5. Banyak pilihan instrumen keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan ya. Tinggal kelola dengan konsisten dalam menerapkannya

    BalasHapus
  6. Senang deh, dengan adanya internet, jadi makin banyak yang melek finansial. Saya pun termasuk yang baru-baru ini belajar investasi. Insya Allah kalau sumber belajarnya bener, ya bener juga investasinya. Tapi emang mesti hati-hati sih, karena yang nipu pun banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sumber belajar itu penting. Kakau sampai mendapat dati sumber yang salah alamat langkah kita pun bisa salah..

      Hapus
    2. Iya, sumber belajar itu penting. Kakau sampai mendapat dati sumber yang salah alamat langkah kita pun bisa salah..

      Hapus
  7. Menabung itu kuncinya konsisten ya Mba. Terus kalau bisa udah nabung jangan diambil lagi kecuali urgent banget. Mengelola keuangan memang harus punya perencanaan yang tepat. Terbantu sih dengan adanya internet apalagi IndiHome jaringannya lancar dan internetnya cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, konsisten dan jangan mudah tergiur kalau melihat uang tabungan, meskipun punya kita sendiri haha

      Hapus
  8. Iya banget.
    Menabung memang kudu dipaksakeun. Kalau engga, suka lewat-lewat aja.. Alasannya "Self-love".
    Ini kerap terjadi padaku. Padahal mah ya.. asal ada goals yang jelas, maka menabung ini bisa sangat mungkin dilakukan secara rutin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama kak.. Aku juga terlalu banyak alasan untuk menghadiahi diri sendiri..

      Hapus
  9. Disiplin mengikuti anggaran yang sudah dibuat di awal bulan, ini yang masih sulit bagi saya mbak, apalagi kalau lihat ada banyak diskon pas belanja bulanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet, aku juga masih kesusahan nih. Banyak kepinginnya..

      Hapus
  10. Mantap sekali ya, dengan dukungan internet, maka kegiatan menabung juga makin mudah. Ya, bagaimanapun ya kita perlu kiranya punya uang tabungan, agar gak repot kalo bener2 urgent.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, kalau habis nabung lupakan. Anggap aja ga punya uang biar ga gampang ngambil-ngambil uang tabungan, meskipun itu uang kita sendiri..

      Hapus
  11. Menabung atau menyimpang uang itu penting
    Agar masa depan kita lebih terjamin ya mbak
    Apalagi sekarang banyak teknologi yg bisa bantu kita menyimpang uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, pikiran juga lebih tenang kalau kita punya tabungan..

      Hapus
  12. Yang paling penting dari mengelola keuangan menurutku adalah ... uangnya ada. Hehe.... Uangnya banyak atau sedikit, sama-sama butuh dikelola biar nggak bablas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener hehehe, tapi yang penting diusahakan dulu, siapa tahu jalannya dipermudah..

      Hapus
  13. Menabung memang wajib ya, Mbak. Manfaatnya juga bisa jadi dana cadangan. Kalau saya mesih coba reksadana pasar uang. resiko kecil, bisa langsung dijual kapan saja kalau pas butuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Bam, menabung manfaatnya banyak banget..

      Hapus
  14. Menabung memang harus dibiasakan demi masa depan yang terjamin ya.
    Kalau tabungan udah ada, boleh lirik-lirik investasi, selanjutnya tinggal dikelola dengan manajemen keuangan digital yang bisa didapat informasinya di internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan kupa sebelum investasi vari referensi duku sebanyak banyaknya, biar bosa memilih investasi yang tepat..

      Hapus
  15. Nabung itu penting banget ya Kak. Apalagi buat biaya pendidikan anak, kudu ada tabungan khusus.

    Alhamdulillah dibantu oleh internet cepat IndiHome untuk buka rekening online, cék mutasi rekening, atau transfer uang ke rekening khusus tabungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tabungan buat sekolah anak itu wajib banget.

      Ada internet urusan jadi lebih mudah yaa

      Hapus
  16. Sepakat kalo menabung itu sangat sangat penting sekali untuk masa depan finansial yang lebih baik. Menabung atau investasi juga ada banyak caranya ya sekarang. Bisa juga memanfaatkan aplikasi perbankan digital. Tapi yang paling penting pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar dan stabil. kalau mau ya langganan IndiHome saja

    BalasHapus
  17. Nabung untuk masa depan harus banget sih ya. Karena ada pendidikan anak-anak kita, hari tua, dan hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi di masa yang akan datang

    BalasHapus
  18. Untungnya kita hidup di era digital ini, ya, bisa memanfaatkan teknologi dan internet menjadi alat yang sangat efektif untuk membantu dalam mengatur keuangan dengan lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi kudu hati hati juga. Harus lebih jeli dan teliti..

      Hapus
  19. beneer mengelola keuangan emang penting banget. aku sendiri nyesel kenapa baru sadar pentingnya ngatur uang beberapa tahun ke belakang huhu. maklum pendidikan tentang uang di keluarga agak kurang soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga meraba raba soal mengatur keuangan ini. Untunglah bisa belajar lewat internet

      Hapus
    2. Sama mbak, aku juga meraba raba soal mengatur keuangan ini. Untunglah bisa belajar lewat internet

      Hapus
  20. Setuju banget dengan menabung. Belajar dari masa pandemi yang lalu, kerasa banget pentingnya menabung

    BalasHapus
  21. Bener banget, koneksi internet yg cepat memang sangat dibutuhkan kalau lagi akses m-banking dan aplikasi pengelola keuangan dan IndHome sudah terbukti kualitas dan kecepatan internetnya yg sampai menjangkau desa-desa.

    BalasHapus
  22. Mengelola keuangan menjadi hal yang harus dilakukan semua orang,beruntungnya sekarang ada akses internet, jadi makin mudah mengelola keuangan. Mulai dari aplikasi untuk membantu mengelola keuangan,dan lain sebagainya

    BalasHapus
  23. Menabung ini memang jadi PR luar biasa buat aku.
    Jadi aku sekarang bener-bener nahan banget buat jajan makanan minuman online berkedok self love, huhu.. lebih memilih belanja dan masak sendiri di rumah kalo memang pengen banget banget banget.

    BalasHapus
  24. utk punya masa depan yg baik hrs dimulai dgn penataan dan perencanaan keuangan yg baik biar gak nyesel di kemudian hari

    BalasHapus
  25. Menabung memang penting banget dan menurut aku punya tabungan itu harus. Berkaca dari orang terdekat yang enggak pernah nabung, kalau ada masalah keuangan sering kebingungan. Untung ya sekarang ada internet dan menabung jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  26. Bersyukur banget sekarang sudah ada internet yang memudahkan kita berinvestasi dari mana saja. Soalnya berhemat aja gak cukup rasanya, Mbak. Perlu invest juga meski hanya kecil-kecilan dan disesuaikan dengan pemasukan.

    BalasHapus
  27. meski sedikit, nabung itu udah jadi suatu keharusan sih. selain untuk keperluan masa depan, yang paling penting sebagai dana darurat sih kalau buat aku pribadi

    BalasHapus
  28. Aktivitas apapun termasuk mengelola keuangan jadi bisa sangat mudah dilakukan yaa berkat adanya layanan internet.

    BalasHapus
  29. semakin ke sini, aku pun semakin sadar betapa pentingnya menyiapkan dana simpanan untuk masa depan ya mbak, terelebih sekarang nggak perlu pake celengan juga hahaha udah banyak aplikasi yaa

    BalasHapus