entrepreneur

Mengangkat Derajat Kelapa Gading (Cara Membuat Minyak Kelapa Murni)

18:54

Konten [Tampil]
Cara menambah daya jual kelapa gading



Menyebut kata Kelapa Gading mengingatkan kita pada suatu kecamatan di Jakarta Utara. Namun yang akan saya bahas disini bukanlah daerah tersebut  melainkan buah kelapa gading yang sebenarnya. Kelapa Gading merupakan salah satu jenis kelapa. Yang menjadi ciri khas kelapa gading adalah warnanya yang kuning dan ukurannya yang lebih kecil dari kelapa biasa. Pohonnya pun relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan kelapa biasa. 

Memetik buah Kelapa Gading tak harus memanjat pohonnya, karena bisa dipetik dengan menggunakan galah yang salah satu ujungnya diberi senjata tajam, baik berupa pisau atau sabit kecil. Karena pohonnya yang tidak terlalu tinggi inilah membuat pohon kelapa gading banyak ditemukan di pekarangan. Walau ada yang menanamnya secara khusus di tegalan atau kebun. Biasanya saat mudik dan anak-anak menginginkan kelapa muda, tinggal ambil saja di pekarangan.

Walaupun ukuran buahnya lebih kecil namun daging buahnya cukup tebal. Satu buah kelapa gading tanpa sabut dan batok beratnya berkisar 300 gr. Bandingkan dengan kelapa biasa yang mendekati 500 gr. Untuk kelapa yang masih muda airnya manis dan segar. Santan yang dihasilkan pun cukup banyak, sebanding dengan kelapa biasa. 


Manfaat Kelapa Gading


Seperti halnya pohon kelapa pada umumnya, Batang pohon kelapa gading bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, daunnya untuk atap, lidinya untuk membuat sapu dan daun yang masih muda untuk membuat ketupat. Selain itu, kelapa gading juga digunakan untuk upacara adat antara lain untuk upacara tujuh bulanan kehamilan. Dua buah kelapa gading yang ukurannya sama digambar wayang, masing masing bergambar Dewa Kamajaya dan Dewi Kamaratih. Salah satu bagian dari prosesinya adalah kedua kelapa tersebut dibelah dengan senjata tajam oleh suami si ibu hamil. Jika yang terbelah kelapa bergambar Dewa Kamajaya maka diperkirakan janin berjenis kelamin laki-laki demikian sebaliknya. Kalau  zaman sekarang semacam baby shower dan gender reveal, hanya saja pada upacara tujuh bulanan ini gendernya masih prediksi.

Seperti halnya kelapa biasa santan dari kelapa gading bisa dimanfaatkan untuk membuat masakan atau membuat kue. Daging kelapa gading yang agak muda bisa diparut dan diberi beberapa macam bumbu kemudian dicampur dengan sayuran yang sudah di rebus maka akan tercipta salad dengan kearifan lokal yang disebut dengan urap-urap dan masih banyak manfaat lainnya.

Air Kelapa Gading sebagai penawar racun


Manfaat lainnya yang pernah saya rasakan sendiri adalah air kelapa gading sebagai penawar alergi makanan. Ceritanya saat itu saya dan keluarga berwisata ke pantai yang ada pasar ikannya. Disana kami membeli cumi-cumi untuk dibawa pulang. Karena tidak membawa wadah khusus, akhirnya cumi-cumi cuma dibungkus plastik dan diberi es batu seadanya. Karena rantai dingin yang tidak baik, maka proses pembusukan pada cumi-cumi berjalan terus. Saat sampai di rumah cumi-cumi belum sampai busuk tapi keadaannya sudah  tidak segar lagi. Setelah dimasak kami sekeluarga makan bersama-sama.

Dari semua anggota keluarga hanya saya yang mengalami alergi. Gejala alergi cumi-cumi yang saya rasakan antara lain : telinga terasa panas, bibir terasa tebal dan menebal. Padahal saya baru mencoba sepotong kecil cumi-cumi. Segera saya bilang ke Bapak, dan saat itu juga Bapak langsung memetik kelapa gading yang ada di pekarangan rumah. Untunglah di rumah selalu sedia galah yang sudah terpasang sabit kecil yang biasa digunakan Bapak untuk memetik kelapa. Alhamdulillah setelah meminum air kelapa dari satu butir kelapa gading, gejala alergi yang saya alami berangsur-angsur hilang. 

Begitu banyak manfaat Kelapa Gading yang mudah tumbuh di daerah tropis ini. Namun sayang harga kelapa di daerah saya tidak semanis air dan tidak sekental santannya. Kelapa gading perbuah dihargai 500 rupiah bersih. Artinya pembeli memetik dan menghilangkan sabut kelapanya sendiri. Sedangkan kelapa biasa dihargai lima ribu rupiah per buah tapi sudah siap jual. Artinya pemilik kelapa yang bertanggung jawab terhadap upah pembelian dan nylumbat kelapa atau menghilangkan sebagian sabut kelapa.

Itulah sebabnya Bapak saya yang memiliki beberapa pohon kelapa gading jarang sekali atau bahkan bisa dibilang tidak pernah menjual kelapa gadingnya. Terkadang kalau ada saudara yang minta kelapa untuk memasak atau karena ada acara, kelapa gading itu diberikan secara cuma-cuma.

Cara membuat minyak kelapa murni dari Kelapa Gading 

Jika panen kelapa gading cukup banyak Bapak dan Ibu mengolahnya menjadi minyak kelapa. Jumlahnya tidak pasti kadang 80 butir bahkan sampai 100 butir. Kalau jumlahnya cukup banyak seperti ini biasanya untuk memetik dan mengupas kulitnya tidak dikerjakan sendiri. Namun meminta tolong sama orang yang biasa diminta Bapak untuk memanen kelapa dengan upah yang sama dengan kelapa biasa. 

Baru ketika proses mengupas batok kelapa dan seterusnya dilakukan oleh bapak dan ibu sendiri. Terkadang kalau pas saya ada di rumah juga membantu walau tak banyak.

Setelah batok kelapa dibersihkan, kelapa kemudian diparut dengan menggunakan mesin pemarut kelapa. Setelah itu diperas secara manual dengan menggunakan air hangat agar lebih banyak santan yang keluar. Sebelum diperas, kelapa parut itu diuleni terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak santan kental. Kelapa diperas kurang lebih 3 kali saja. Setelah itu sambil menunggu proses pemerasan, santan tersebut dibiarkan sebentar agar muncul dua lapisan.

Agar proses membuat minyak kelapa ini berjalan lebih cepat, hanya lapisan atas yang diolah ke langkah berikutnya. Cara membuat minyak kelapa ini adalah dengan merebus santan sambil sesekali diaduk. Proses pemasakan ini berlangsung cukup lama, kurang lebih bisa sampai 4 jam. Setelah mendidih cukup lama maka akan muncul minyak dan lapisan yang bisa mengendap. Kami menyebutnya dengan blondo. Setelah blondo keluar harus lebih sering diaduk agar tidak gosong. Kalau bisa gunakan spatula atau sutil yang panjang agar tangan tidak terkena cipratan minyak mendidih.

Ketika blondo berwarna kecoklatan, itu berarti minyak kelapa sudah cukup tua dan proses pembuatan minyak kelapa sudah selesai. Setelah dingin pisahkan blond dengan minyak dan blondo bisa diperas dengan menggunakan kain bersih untuk mengeluarkan minyak yang terperangkap di dalam blondo.

Dari 80 butir kelapa gading dengan berat rata-rata 250-300 gr bisa didapatkan 4 liter-an minyak kelapa. Saya belum pernah melakukan perhitungan sih, berapa harga minyak kelapa murni seperti ini jika dijual. Aapakah harga yang saat ini berlaku sepadan dengan tenaga yang dikeluarkan, mengingat kami membuatnya dengan cara manual. Hanya menggunakan mesin pemarut kelapa saja untuk mempercepat pekerjaan. Mungkin teman-teman ada yang punya pengalaman?

Yang jelas dengan diubah menjadi minyak, kelapa gading menjadi lebih bermanfaat dan bisa tersimpan dalam waktu yang lama. Minyak kelapa sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya menyehatkan rambut sehingga tidak mudah rontok dan merangsang tumbuhnya rambut baru. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, tapi minyak kelapa harus dicampur dengan bahan lainnya. Cerita lengkapnya di artikel berikutnya ya..

Nah begitulah cara membuat minyak kelapa murni dari kelapa gading, jika teman-teman memiliki cara yang berbeda bisa berbagi di kolom komentar, siapa tahu cara yang teman-teman lakukan lebih mudah dan menghasilkan minyak lebih banyak.

 

facebook

You Might Also Like

1 comments

  1. Kelapa yang jarang banget ditemui tapi memiliki banyak manfaat. Sering di acara pernikahan dan sakral lainnya kelapa gading dicari. Pernah lihat sepohon di kebun, memang tampilannya paling beda sendiri. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus