beauty

Review Reset The Skin : 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin dan 2% BHA Pore-refining EXfoliant

07.31.00

review Reset 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10 %Niacinamide+2% Alpha Arbutin


Akhir-akhir ini saya merasa kalau wajah saya terasa lebih kasar dan cenderung lebih kering dan nampak kusam. Padahal saya lumayan rajin membersihkan wajah. Yang paling rutin saya lakukan adalah membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash, sedangkan untuk double cleansing saya lakukan dua atau tiga hari sekali. 

Ada beberapa penyebab kulit kusam yaitu : paparan sinar matahari, polusi udara, gaya hidup yang tidak sehat, faktor usia dan sel kulit mati yang menumpuk.

Kalau dipikir pikir 5 penyebab kulit kusam di atas memang sedikit banyak berpengaruh pada kondisi wajah. Saya sering sekali mengendarai motor di siang hari, otomatis terpapar sinar matahari dan terkena polusi udara. Sedangkan untuk gaya hidup yang kurang sehat juga memiliki andil karena selain sering begadang. Asupan buah dan sayur segar bisa dikatakan kurang jika dibandingkan dengan aktivitas yang saya lakukan. Usia juga berpengaruh juga karena saat ini saya sudah hampir memasuki usia cantik alias 35 ++, otomatis produksi hyaluronic berkurang dan peredaran darah di wajah juga menurun sehingga mengurangi kesegaran wajah. Sedangkan untuk membersihkan wajah bisa dikatakan juga sekadarnya saja, karena hanya membersihkan di permukaan kulit tidak sampai meresap ke dalam pori-pori. Wajar jika sel kulit mati menumpuk dan membuat kulit jadi kusam.

Ada dua cara mengatasi wajah kusam yaitu dengan cara dirawat dari dalam dan dirawat dari luar. Untuk perawatan dari dalam tubuh diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, perbanyak minum air putih dan tidur yang cukup sedangkan untuk perawatan dari luar kita dapat memberikan perawatan wajah menggunakan skincare juga melakukan perawatan menggunakan alat kecantikan.

Agar wajah cerah bebas kusam sepertinya memang saya harus lebih banyak konsumsi makanan sehat, lebih rajin berolahraga dan melakukan perawatan wajah menggunakan skincare. Melihat kondisi wajah saya saat ini, bisa jadi saya butuh eksfoliasi kulit wajah dan serum pencerah wajah. 

Bila kita amati, saat ini banyak sekali skincare lokal yang bermunculan. Menyenangkan sekali, karena itu berarti kita sebagai pengguna memiliki banyak pilihan. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Salah satu diantaranya yang menarik perhatian saya adalah Reset.

Reset adalah brand Skincare lokal yang berdiri sejak tahun 2021. Yang membedakan Reset dengan skincare lainnya adalah formulasinya minimalis yang memiliki hero ingredients atau menonjolkan bahan-bahan utama. Kelebihan ini ditunjukkan dengan jelas pada nama produk dan kemasannya. Dengan demikian kita dapat dengan mudah mengetahui bahan utama apa yang terkandung di dalamnya dan berapa prosentasenya. 

Reset hadir dengan tagline : Reset My Skin : To set, Adjust, or fix in a new or different way, yang bertujuan untuk memperbaiki, menyegarkan dan memulihkan kesehatan, kecerahan dan kekuatan kulit.

Ada dua produk Reset yang sudah saya coba, yaitu : 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum. Baca terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana pengalaman saya menggunakan Reset.

2 % BHA Pore-refining Exfoliant

Review Liquid Exfoliant Reset : 2% BHA pore-refining exfoliant


Memang sudah lama saya tidak melakukan eksfoliasi pada wajah. Mungkin itulah sebabnya wajah nampak lebih kusam dan cenderung kering karena terjadi penumpukan sel kulit mati di wajah.

Eksfoliasi wajah adalah perawatan kulit wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit wajah. Manfaat eksfoliasi adalah membuat wajah lebih cerah, meminimalisir kemungkinan munculnya jerawat dan menghambat munculnya kerutan halus di wajah.

Saat ini saya lebih memilih eksfoliator kimia yaitu eksfoliator yang yang berupa cairan yang mengandung bahan kimia berupa enzim seperti AHA atau BHA. Eksfoliator kimia ini bekerja dengan cara lebih lembut pada kulit bila dibandingkan dengan fisikal eksfoliator yang bentuknya lebih bertekstur.

Bentuk eksfoliator kimia yang berupa cairan lembut lebih mudah terserap ke dalam pori-pori sehingga dapat membersihkan hingga ke dalam. Berbeda dengan eksfoliator fisika yang berupa scrub dari ukuran lembut hingga lebih kasar yang membersihkan kulit di bagian luar saja.

Memilih eksfoliator kimia pun jangan sembarangan. Kita harus memperhatikan kandungan bahan yang terkandung di dalamnya dan berapa prosesentase bahan tersebut. Hal ini sangat dipahami oleh Reset. Pada kemasannya jelas tertulis 2% BHA yang berarti bahwa Liquid exfoliant ini mengandung 2% Beta Hidrolic Acid. 

Kemasan 2% BHA Pore-Refining-Exfoliant

Liquid Exfoliant ini dikemas dalam tabung plastik berwarna putih dengan tutup hitam. Dilengkapi dengan kotak karton yang cukup kokoh dengan warna yang sama.

Pada kemasan karton, di bagian depan terdapat nama produk dan volume. Di sisi kanan terdapat petunjuk untuk menghindari area mata dan yang harus dilakukan jika terjadi iritasi. Terdapat juga petunjuk penyimpanan dan bar code.

Pada bagian kiri karton terdapat kode QR yang merujuk ke nomor BPOM. Sedangkan di bagian belakang terdapat cara penggunaan, manfaat produk dan komposisi bahan pada bagian atas. Di sisi bawahnya terdapat keterangan produsen, distributor, kode produksi dan masa kadaluwarsa.

Kemasan kotak karton ini menjamin keutuhan produk karena di bagian atasnya terdapat segel berhologram.

Tidak beda jauh dengan kemasan kartonnya. Pada sisi belakang kemasan tabung, selain terdapat keterangan komposisi bahan juga terdapat keterangan lain. Bahwa produk ini tidak mengandung paraben, bebas uji coba terhadap binatang, bebas alkohol, dan tidak ada penambahan parfum atau pewangi.

Isi, Tekstur dan Aroma 2% BHA Pore-Refining Exfoliant

reset skincare lokal yang efektif mencerahkan wajah


Satu tabung Liquid Exfoliant ini berisi 100 ml atau 3,4 fl.oz. Teksturnya sendiri seperti air dengan aroma yang samar hampir tidak tercium. Sesuai dengan keterangan sebelumnya bahwa produk ini tidak diberi tambahan parfum atau pewangi.

Kandungan dan Manfaat 2% BHA Pore-Refining Exfoliant

Keistimewaan Reset salah satunya adalah jumlah bahannya yang minimalis. Hal ini dikarenakan Reset fokus terhadap manfaat hero ingredientsnya agar bekerja lebih optimal.


Reset 2% BHA Pore-refining Exfoliant mengandung : 

  1. 2% Beta Hydroxy Acid (Salicilic Acid) yang bermanfaat untuk 

  • Mengangkat sel kulit mati bahkan yang ada di dalam pori-pori kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menghaluskan wajah

    2. Green Tea Extract dan Sodium Hyaluronate, yang manfaatnya untuk 

  • Meningkatkan kelembaban kulit
  • Sebagai sumber antioksidan
  • menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan karena radang jerawat

Cara pemakaian 2% BHA Pore-Refining Exfoliant.


Reset Liquid Exfoliant ini digunakan setelah wajah dibersihkan. Lebih baik mengaplikasikannya dengan menggunakan kapas agar proses pengangkatan sel kulit mati lebih efektif. Skincare ini dapat digunakan pada siang maupun malam hari. Setelah pemakaian siang sebaiknya diikuti dengan pengaplikasian sunscreen sedangkan pada malam hari diikuti dengan penggunaan pelembab.


10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum

review serum reset


Hero ingredients pada produk yang kedua adalah Niacinamide dan Alpha arbutin yang masing masing komposisinya 10 % dan 2 %. Awalnya penasaran juga ya karena belum pernah mencoba serum wajah yang mengandung kedua bahan ini sekaligus, apalagi kandungan Niacinamidenya 10%.

Kemasan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening serum

Brightening serum ini dikemas dalam sebuah tabung plastik berwarna putih dengan tutup ulir berwarna hijau terang. Kebanyakan serum dilengkapi dengan pipet untuk mengeluarkan isinya, namun berbeda dengan brightening serum dari Reset ini. Di dalam tutup ulir tersebut terdapat sebuah pump untuk mengeluarkan serum dari dalam tabung. 

skincare lokal terbaik 2022



Selain nama brand dan jenis produk, di bagian depan tabung terdapat tulisan yang menunjukkan isi tabung dan keterangan bahwa produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Bagian belakang tabung menunjukkan komposisi bahan dan masa pakai produk setelah dibuka agar tak lebih dari satu tahun. Sedangkan di bagian bawah tabung memuat keterangan nomor BPOM, kode produksi dan tanggal kadaluwarsa.

Keterangan yang sama juga terdapat pada bungkus karton yang juga berwarna kombinasi hijau-putih. Tambahan keterangan lain berada di kedua sisi karton yang memuat cara penggunaan, petunjuk penyimpanan dan kode QR. Pada bagian atas karton terdapat segel berupa stiker hologram yang menjamin isi dalam kemasan.

Isi, Tekstur dan Aroma 

skincare lokal untuk mencerahkan wajah


Satu tabung berisi serum sebanyak 30 ml. Teksturnya watery namun sedikit lebih kental bila dibandingkan dengan liquid exfoliant yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk aromanya sendiri, karena memang tidak diberi parfum tambahan maka bisa dikatakan aromanya sangat samar. Bahkan hampir tidak berbau. Produk ini juga tidak mengandung paraben, tanpa alkohol dan pada proses pembuatannya tidak mengikut sertakan percobaan pada binatang.

Kandungan dan Manfaat 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin

Dari namanya kita sudah mengetahui Hero ingredients di dalamnya, namun perlu juga kita mengetahui manfaat dari masing masing bahan :

  1. 10 % Niacinamide bermanfaat untuk

  • Antioksidan
  • mencerahkan kulit kusam
  • memudarkan bintik hitam
  • meratakan warna kulit

   2. 2% Alpha Arbutin bermanfaat untuk

  • mengurangi efek paparan sinar matahari
  • memudarkan melasma
  • memudarkan hiperpigmentasi akibat jerawat

Cara pemakaian 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum

Serum ini bisa dipakai setiap hari baik siang atau malam. Sebelum mengaplikasikan serum pada wajah, terlebih dahulu bersihkan wajah agar serum dapat bekerja optimal. Untuk pemakaian pada siang hari sebaiknya diikuti dengan penggunaan sunscreen, sedangkan pada malam hari diikuti dengan pemakaian pelembab.

Review 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide+ 2% Alpha Arbutin

skincare pencerah wajah efektif



Saya memakai kedua produk ini lebih dua minggu lamanya. Setelah wajah dibersihkan, saya mengaplikasikan eksfoliator cair dengan menggunakan kapas. Alasan menggunakan kapas adalah agar sel kulit mati yang ada di wajah terangkat lebih efektif. Pada minggu pertama saya menggunakannya setiap hari baik pagi maupun malam hari. Namun pada minggu berikutnya pemakaian saya kurangi dengan hanya memakainya pada malam hari saja. Untuk selanjutnya pemakaian saya batasi hanya dua hari sekali pada malam hari saja.

Hal ini saya lakukan karena pada dua minggu pemakaian sudah terasa hasilnya yaitu kulit wajah terasa lebih halus dan lebih cerah. Mengurangi jadwal pemakaian bertujuan agar kulit saya tidak over eksfoliasi.

Liquid exfoliant ini terasa ringan di kulit dan sangat mudah terserap. Kemasannya pun sangat praktis dan mudah untuk membuka maupun menutupnya. Tabungnya yang langsing tidak memakan tempat jika dimasukkan ke dalam pouch maupun tas.

Serum 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin saya gunakan setelah wajah dibersihkan dan beberapa saat setelah eksfoliator cair yang saya gunakan sebelumnya kering dan terserap sempurna. Untuk mengeluarkan serum dari botolnya cukup tricky ya, awal awal agak sedikit bingung berapa kali tekan pump-nya agar serum yang keluar sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah terbiasa, ternyata cukup sekali tekan sudah cukup mengcover seluruh wajah dan leher.

Meskipun teksturnya lebih kental dari Liquid exfoliant, namun serum ini sangat mudah terserap ke dalam kulit dan tidak lengket sama sekali. 

Ada pendapat yang mengatakan bahwa BHA dan Niacinamide tidak bisa digunakan bersamaan. Boleh saja memakainya secara bergantian misalnya salah satu dipakai pagi hari dan yang lainnya pada sore hari. Namun saya tetap memakainya di waktu yang sama. Hanya saja pemakaiannya saya beri jeda beberapa saat. Setelah Liquid Exfoliant terserap, kemudian tunggu beberapa waktu (menit) lalu dilanjutkan dengan pemakaian serum.

review serum reset dan BHA



Hasilnya setelah dua minggu pemakaian kulit terasa lebih halus, cerah dan lembab serta bonus bekas jerawat saya lebih pudar. Saya memang jarang berjerawat, biasanya hanya muncul menjelang tamu bulanan saja. itupun jumlahnya paling cuma satu saja. Dan pada saat memakai produk dari Reset ini jerawat tidak muncul.

Ohya, pada pagi hari setelah memakai kedua produk ini saya lanjutkan dengan pemakaian moisturizer dan sunscreen. Namun pada malam hari hanya menggunakan mositurizer saja, walau beberapa kali terlewat.

Kesimpulan


2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% Alpha arbutin adalah produk yang aman digunakan untuk kulit. Klaimnya menyebutkan bahwa kedua produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, dan memang cocok digunakan untuk kulit normal cenderung kering seperti kulit saya. Setelah pemakaian rutin dua minggu, kulit terasa lembut, lebih halus dan cerah serta terasa lembab, ditambah lagi bekas jerawat saya yang membandel warnanya lebih pudar. Pada pemakaian awal hingga dua minggu berjalan saya tidak mengalami breakout. Jerawat rutin satu bulan sekali tidak muncul dan tidak terjadi iritasi maupun kulit kering.

Penasaran ingin mencoba produk Reset? Teman teman bisa membeli Skincare lokal Reset The skin ini di Shopee ya. 

Nah, itulah pengalaman menggunakan skincare lokal berkualitas 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin. Ada yang ingin mencoba? Karena kedua produk ini worth to try.

You Might Also Like

54 comments

  1. Beberapa kali nyoba pake Exfoliant belum nemu yang cocok nih
    Selama ini rasanya kayak clekit clekit gitu di kulit tiap oles Exfoliant
    Mau ah cobain yang ini, mudah-mudahan cocok di kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini ringan banget mbak, dan terlihat hasilnya..

      Hapus
  2. aku udah nyobain ini juga, dan cocok sih, dari kandungannya yg gentle jadi hasilnya lebih keliatan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... enak di kulit ga bikin kering dan hasilnya keliatan...

      Hapus
  3. Kolaborasi Niacinamide dan BHA ini bikin penasaran jadinya sama hasilnya.
    Membuat kulit jadi makin sehat terawat ya, dan bebas dah tuh si kusam

    BalasHapus
  4. biasanya memang skincare yang berfungsi untuk menjaga kelembapan plus menenangkan kulit itu mengandung centella asiatica yaa mba. saya sendiri belum cobain nih skincare re.set

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomended pokoknya mbak, cocok di kulit aku..

      Hapus
  5. Keliatan bedanya ya mbak. Dari foto keliatan banget jadi lebih cerah karena pemakaian produk 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% ini selama 2 minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alhamdulillah.. kayanya bakalan repurchase nih..

      Hapus
  6. Sekarang banyak bermunculan skincare lokal kualitas international ya bunn....
    Semoga banyak masyarakat kita yang menggunakan Re.Set i

    BalasHapus
  7. Perawatan meski dari rumah aja tetap bisa maksimal karena menggunakan skincare yang bagus, Reset The Skin.
    Paling suka dengan 2% BHA Pore-Refining Exfoliant. Mantap banget mengusir kulit mati dan merangsang agar tumbuh kulit baru sehingga tetap cerah berseri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa... exfoliant nya emang kerasa banget manfaatnya,,

      Hapus
  8. Udah beberapa kali lihat iklan skincare ini di sosmed dan penasaran banget sih engen coba, apalagi aku suka banget pakai skincare yang ada kandungan niacinimade nya :)

    BalasHapus
  9. Efeknya mengangkat sel kulit mati. Karena aktivitas aku sangat padat, kemungkinan kulit mati makin banyak. Skincare ini layak jd pilihan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. apalagi yang sering terpapar matahari. Wajib cobain..

      Hapus
  10. Nah, baru tahu kalau BHA bisa dipakai bareng Niacin. Makasih Kak. Biasanya aku cuma pakai seling hari aja, heuheu. Keren nih skincare satu ini, combo banget yak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, soalnya kan BHA ini macem kandungan aktif yang agak cerewet gitu yak hahaha. Aku juga kepo pengen cobain Reset the Skin ini, ringkes

      Hapus
    2. aku gak selingin hari sih, tapi kasih jeda aja makenya enggak langsungan...

      Hapus
  11. Kemarenan juga sempet lihat temen rekomendasiin Reset the Skin ini sih. Kayaknya emang makin ke sini, produk-produk skincare lokal terus bersinar ya, jadi pengen cobain yang exfo-nya deh aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sama aku pun menyimak beberapa kali review si gimbul ini hehhee.. aku suka sama kemas gendut pendeknya hehehe .

      Hapus
    2. iya kemasannya lucu, beda sama yang lain..

      Hapus
  12. Memang terasa enak sekali Mbak kalau abis eksfo, jadi lebih lembut gitu kalau di daku di bagian hidung terutama hihi. Kalau pakai reset ini nggak perlu diusap dengan air hangat ya untuk eksfonya, jadi bisa menggunakan kapas saja? Asyik jd lebih mudah pula ya hihi. Terlihat bedanya di kulit Mbak dr dua kombinasi skincare ini, jd lebih sehat hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pake kapas aja, udah terlihat kok bedanya...

      Hapus
  13. Skincare ini iklannya seliweran terus nih di IG aku hahaha... dilihat dari kandungannya jadi pengen coba, deh. Hasilnya juga terbukti ya walau hanya pemakaian 2 minggu saja!

    BalasHapus
  14. Asik ini bisa dipakai semua jenis kulit, jadinya bisa merasakan manfaat dari Reset Skin ini

    BalasHapus
  15. Semakin banyak produk skincare lokal yang dijual di pasaran ya mbak. Kita bisa memilihnya sesuai dengan kondisi kulit kita. Sayapun demikian, sering kepanasan karena mengendarai motor membuat kulit wajah terasa kusam. Meski sudah berusaha merawat kulit tapi masih saya terlihat bekas papasan sinar matahari. Butuh banget skincare yang benar2 bisa merawat kulit menjadi sehat kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kalau sering terkena udara luar perlu perawatan ekstra mbak, tapi kalo telaten juga bisa dirawat sendiri..

      Hapus
  16. Satu lagi band skincare lokal lagi yang gak kalah menarik. Tipe kulit mbak sama kayak aku nih. Ternyats emang penting juga exfo ini. Aku juga baru tau BHA bisa dipakai bersamaan dengan Niaciminade. Btw, dari foto kelihatan wajah mbak lebih seger dan bersih setelah pemakaian rutin selama 2 minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pake bersamaan tapi kasih jeda mbak, minimal sampai benar benar meresap lalu baru dipake niacinamidenya..

      Hapus
  17. Aku berkali2 nyobain exfoliate tuh jadi kering di kulit, padahal yaa ngga sering2.. kayaknya perlu cobain ini dehh siapa tahu bisa reset skin kayak kulit bayi xixixi

    BalasHapus
  18. Mbak ini pemakaiannya boleh barengan nggak sih antara niacinamide sama aha bha?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku di jeda dulu mbak. Gak langsungan, tapi masih di hari yang sama eman eman biar lebih efektif

      Hapus
  19. Wah before afternya terlihat banget mbak
    Memang bagus ya reset ini
    Meski lokal kualitasnya bisa diadu

    BalasHapus
  20. Kemarin ada temen yg rekomen Reset ini juga mbak. Kayaknya memang sebagus itu ya, dan aku juga baru tau kalau ini produk lokal ya mbak?

    BalasHapus
  21. aku salut banget sama brand Re.Set, kualitasnya gak main-main, produknya beda banget ya sama produk lokal lain, apalagi dari packagingnya, suka deh

    BalasHapus
  22. Aku emang lagi nyari produk untuk exfoliasi sih. Apa nyobain reset aja dulu ya. Bagus kayaknya...

    BalasHapus
  23. Wah ada skin care baru nih, saya kebetulan lagi cari produk expfoliate untuk kulit saya yg kering berminyak. Lihat review a nya jadi pengin coba

    BalasHapus
  24. Manfaat setelah menggunakan kedua produk dari Reset The Skin memang nyata yaa..
    Paling suka dengan awal perawatan menggunakan 2% BHA Pore-Refining-Exfoliant.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, gak cuma terasa cocok aja tapi juga nampak hasilnya

      Hapus
  25. Wahh unik sekali nama produknya re.set seperti mengatur ulang kembali kesehatan kulit wajah yang kusam dan bermasalah. Apalagi kalau habis eksfoliasi, wajah auto lebih ringan dan lembut

    BalasHapus
  26. Aku selalu double cleansing setiap hari karena kalau gak gitu jerawat pasti muncul. Kira-kira kalau diexfoliasi lagi pakai produk reset ini aman gak ya? Kalau buat pertana kali pakai baiknya setiap hari atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih pakai double cleansing walau ga tiap hari. Tergantung jenis kulitnya mbak, kalau sensitif ya dia hari sekali dulu..

      Hapus
  27. Eksfoliator emang butuh ya agar kulit lebih cerah dan sehat

    BalasHapus