beauty

Review Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening

15:54

Konten [Tampil]

review serum retinol dan niacinamide dari Scarlett Whitening


Siapa sih yang tidak menginginkan kulit wajah yang nampak cerah sehat dan terawat? Semua orang terutama wanita pasti menginginkannya. Boleh saja kita menyerahkan kepada ahlinya, baik ke salon kecantikan atau dokter yang ahli di bidangnya. Tapi tak ada salahnya juga kita mencoba untuk merawatnya sendiri. 

Untuk itu kita pun harus membekali diri dengan ilmu, kenali kondisi kulit kita sendiri, pahami apa kebutuhannya dan carilah produk yang sesuai. Cara mengenali jenis kulit wajah dapat kita temukan melalui internet. Ada yang berupa pertanyaan seperti kuis, lalu kesimpulan dari semua jawaban kita itu menunjukkan jenis kulit wajah kita. Setelah mengetahui jenis kulit. Setelah itu perhatikan lagi kondisi kulit kita, kira-kira apa yang dibutuhkan kulit agar nampak lebih cerah dan terawat. Apakah kulit kita terasa kering? Apakah terlihat kusam? Apakah warnanya tidak merata?

Baca juga : Review Sarlett Brightening Scrub Pomegranate

Bisa juga anda meminta pendapat orang lain yang lebih paham mengenai keadaan kulit anda. Setelah itu, carilah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Untuk mencari produk yang sesuai, kita dapat mencari referensi dari berbagai sumber. Anda bisa mengunjungi website yang memuat review produk kecantikan atau meminta rekomendasi dari teman dengan jenis kulit yang sama.

Kalau saya sendiri, sudah berkali-kali mencoba produk dari Scarlett whitening dan Alhamdulillah selalu cocok. Bukan hanya cocok tapi juga memberi pengaruh yang siknifikan di wajah saya. Oleh karena itu jika ada produk Scarlett yang diluncurkan saya selalu penasaran untuk mencoba.

Sebenarnya saya sudah dari dulu penasaran dengan Retinol, namun belum ada keberanian untuk mencobanya. Akhirnya saya pun mencoba bakuchiol yang memiliki manfaat hampir sama tapi dengan formula yang lebih lembut. Namun setelah Scarlett meluncurkan produk, Retinol, perasaan penasaran itupun muncul kembali. Dan akhirnya saya pun mencobanya.

Lalu, apa sebenarnya Retinol?

Retinol adalah salah satu bahan turunan dari Vitamin A yang memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah. Manfaat Retinol adalah untuk mencegah penuaan, mempercepat regenerasi kulit dan membuat kulit jadi lebih halus. Hmm, klaim Retinol untuk kulit wajah adalah apa yang diharapkan semua wanita ya.

Namun demikian dalam penggunaanRetinol untuk wajah kita tidak boleh sembarangan. Lalu apa saja DO and Dont's nya pada saat memakai Retinol?

Do and Dont's pada saat menggunakan retinol.

1. Untuk awal-awal, gunakan dosis yang paling rendah terlebih dahulu. Sangat penting untuk mematuhi aturan ini, terutama bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Karena Retinol berpotensi menyebabkan iritasi. Namun jika kulit anda sudah terbiasa, anda bisa meningkatkan konsentrasinya secara bertahap.

2. Untuk awal-awal cobalah memakai retinol dua atau tiga hari sekali. Lagi lagi berhubungan dengan kulit yang sensitif. Namun jika kulit anda baik-baik saja, anda bisa menambah intensitasnya.

3. Gunakan secukupnya. Rumus makin banyak makin baik untuk kulit tidak berlaku bagi retinol. Oleh karena itu baca petunjuk pemakaian pada kemasan dan gunakan sesuai petunjuk yang diberikan. 

4. Pakai Retinol pada saat kulit kering, jangan pada saat basah setelah penggunaan toner. Hal ini justru mengakibatkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu pakailah retinol pada saat kulit tidak terkena air.

5. Gunakan retinol pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh retinol yang merupakan bahan yang photolabile atau mudah rusak jika terkena cahaya matahari. Karena sifatnya yang kurang stabil apabila terkena cahaya matahari ini, maka retinol disarankan untuk digunakan pada malam hari, agar bekerja lebih efektif.

6. Ketahui bahan yang tidak bisa digunakan bersamaan dengan retinol. Karena Retinol terkadang memberikan efek samping berupa kulit kemerahan, maka jangan digunakan bersamaan bahan lain yang memiliki sifat eksfoliant, seperti AHA dan BHA.  Begitu juga, Retinol tidak bisa digunakan bersamaan dengan Salicylid acid karena meningkatkan resiko iritasi hingga dua kali lipat.

7. Retinol untuk ibu hamil sangat tidak diperbolehkan. Karena Retinol dapat memberikan dampak yang negatif pada janin seperti mengganggu tumbuh kembang, menimbulkan kecacatan hingga kematian. 

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan pada saat menggunakan Retinol. Lalu bahan apa yang dapat digunakan bersamaan dengan retinol?

Teknik 'layering' atau mengkombinasikan skincare juga dapat diterapkan pada retinol. Namun demikian kita tidak boleh sembarangan. Kesalahan dalam melakukan layering dapat memperburuk kondisi kulit. 

Salah satu bahan yang aman dikombinasikan dengan Retinol adalah Niacinamide. Hal ini dikarenakan Niacinamide dapat meminimalisir efek samping penggunaan retinol. Jadi keduanya bekerja lebih efektif jika digunakan secara layering.

Nah kebetulan sekali Selain meluncurkan produk serum berupa Retinol, Scarlett whitening juga meluncurkan serum Niacinamide. Mereka adalah Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum.

Baca Juga : Review Scarlett Yordanian Sea Salt dan Conditioner

Review Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Kemasan

review serum niacinamide Scarlett


Kedua serum dikemas dalam tabung kaca berukuran 15 ml dengan tutup berpipet. Sebuah kotak karton dilengkapi dengan plastik kaku dengan cekungan mengikuti bentuk botol melengkapi kemasan serum Scarlett ini. Adanya plastik putih kaku tersebut melindungi tabung yang terbuat dari kaca agar kardus tidak penyok dan botol tidak pecah pada saat pengiriman.

Kotak karton dan botol untuk Skin Smoothing Retinol serum di dominasi oleh warna putih dan toska sedangkan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum didominasi oleh warna putih dan ungu. Di kedua kotak karton terdapat gambar timbul berupa bunga dengan warna abu-abu muda. Juga terdapat keterangan bahan, petunjuk penggunaan dan petunjuk penyimpanan.

Pada kedua kemasan tercantum nomor BPOM masing masing produk yaitu : BPOM RI NA 18210100520 untuk serum Retinol dan BPOM RI NA 18211903259 untuk serum Niacinamide. Selain itu juga terdapat keterangan bahwa kedua produk ini sudah teruji bebas hydroquinone dan bebas percobaan kepada binatang. Di salah satu sisi terdapat hologram dengan kode produksi dan QR Code yang dapat digunakan untuk menguji keaslian produk Scarlett.

Cara penyimpanan serum Scarlett

Kedua serum ini sebaiknya disimpan di tempat yang dingin dan kering. Serta jangan sampai terkena matahari langsung agar tidak mengubah formulasi produk.

Cara penggunaan

Teteskan 2 hingga 3 tetes serum pada wajah kemudian usap dan pijat perlahan sampai serum merata di kulit wajah. Setelah itu diamkan beberapa saat agar meresap ke kulit wajah. Khusus untuk retinol, disarankan untuk dipakai pada malam hari, yaitu dua atau tiga hari sekali. Jika tidak terjadi iritasi, intensitas boleh ditingkatkan dan gunakan secara rutin agar hasilnya segera nampak.

Cara Cek Keaslian Produk Scarlett



Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknnya kita melakukan test keaslian produk sebelum digunakan. Namun jika anda membelinya di official store, saya rasa tak perlu melakukannya karena dijamin keasliannya. Namun jika membeli diluar itu, berikut ini cara menguji keaslian produknya :

  • Buka Link https://verify.scarlettwhitening.com/
  • Isi kolom sesuai keterangan yang dibutuhkan
  • Masukkan kode yang ada di bawah QR Code pada kolom 'serial kode'
  • Klik 'Cek Kode Serial Produk Anda'
  • Jika kode yang anda masukkan benar maka akan muncul keterangan bahwa produk tersebut 100% original

Skin Smoothing Retinol Serum


Manfaat serum retinol scarlett untuk wajah



Serum ini berwarna putih sedikit lebih kental daripada serum niacinamide. Ketika tutup dibuka ada sedikit aroma namun tidak sampai mengganggu. Dengan tekstur watery yang terasa ringan serum ini  mudah meresap ke dalam kulit.

Pada Botol dan kotak karton tertulis kalau serum ini mengandung bahan aktif yaitu : Retinol, Pomegranate Extract, Hexapeptide-8, Allantoin dan Vitamin C.

Berikut ini manfaat dari bahan aktif penyusun Retinol serum dari Scarlett
1. Retinol : Retinol bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini, merangsang produksi kolagen, dan meningkatkan pergantian sel kulit.
2. Pomegranate Extract bermanfaat untuk : membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan munculnya tanda penuaan kulit seperti kerutan dan hiperpigmentasi.
3. Hexapeptide-8 bermanfaat untuk : mengurangi garis halus dan kerutan.
4. Allantoin adalah bahan non iritasi yang dapat menyehatkan dan menenangkan kulit. Serta bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
5. Vitamin C dapat untuk mencerahkan wajah dan menghambat proses penuaan.

tekstur dan aroma serum retinol dari scarlett



Perlu diperhatikan bahwa untuk serum Retinol ini sudah jelas tertulis di kemasannya tidak diperuntukkan bagi ibu hamil. Nah buat teman-teman yang masih hamil atau merencanakan kehamilan, tahan dulu ya, tunggu sampai melahirkan baru memakai serum ini.

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum


manfaat niacinamide untuk wajah



Teksturnya sedikit kental dari air namun berwarna bening. Ada sedikit aroma bunga yang lembut, namun begitu diaplikasikan aroma ini cepat hilang sehingga sama sekali tidak mengganggu.

Klaim produk ini adalah menguatkan skin barrier, mencerahkan kulit, menenangkan dan melembabkan kulit yang kering, kemerahan atau yang sedang mengalami iritasi. Selain itu bermanfaat juga untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.


Berikut ini kandungan bahan aktif dan manfaatnya :
1. Niacinamide 5% : memudarkan bintik hitam, mencegah penuaan kulit, mengurangi iritasi pada kulit sensitif dan membantu menyamarkan noda gelap pada wajah, 
2. Beta Glucan : membantu melindungi kuloit dari penuaan dini akibat pengaruh buruk sinar UV.
3. 7 phyto extract : memperbaiki skin barrier, anti inflamasi, anti oksidan dan mencerahkan kulit.
4. Allantoin : menyehatkan dan menenangkan kulit. Serta bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
5. Creatins : dapat menyejukkan dan melembabkan kulit
6. Triple Complex Ceramide : mengunci dan menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar dari kulit kering.

review serum niacinamide dari scarlett



7 Phyto extract terdiri dari : Moringa extract, Mugwort Extract, Chamomile Extract, Bifida Ferman Extract, Pomegranate Extract, Lotus Extract dan Centella asiatica extract. Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Boleh dipakai oleh ibu hamil dan usia mulai 13 tahun.

Pengalaman menggunakan Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum


Saya menggunakan kedua serum ini selama kurang lebih dua minggu. Untuk Niacinamide saya gunakan pagi dan malam hari setelah wajah dibersihkan. Sedangkan untuk serum retinol saya gunakan setiap hari namun hanya pada malam hari saja. Saya langsung menggunakannya setiap hari karena kulit saya bukanlah kulit yang sensitif.

Urutan penggunaannya adalah, setelah wajah dibersihkan kemudian aplikasikan serum Niacinamide 5% setelah merata dan terserap sempurna baru menggunakan serum Retinol untuk malam hari dan dilanjutkan dengan krim malam. Untuk penggunaan krim malam ini saya seringkali terlupa, hanya beberap kali saja. 
Pada siang hari, setelah menggunakan serum Niacinamide saya lanjutkan dengan menggunakan moisturizer/pelembab kemudian diikuti sunscreen.

Setelah dua minggu pemakaian, kulit saya terasa lebih halus dan lembut. Untuk kecerahan sedikit meningkat, namun sulit untuk ditangkap oleh kamera. Bintik-bintik coklat di sekitar tulang pipi dan bekas jerawat yang membandel sedikit memudar. Semua itu saya peroleh setelah rutin pemakaian. Hasil tentu saja berbeda untuk kulit yang berbeda. Namun apabila kita rutin memakainya, tentunya hasilnya jelas akan terlihat. 




Dari awal pemakaian hingga saya tulis review ini sama sekali tidak terjadi break out atau gangguan kulit lainnya. Saya yakin jika saya rutin memakainya lebih lama lagi maka hasilnya akan lebih jelas terlihat.

Jika teman-teman ingin mencoba produk ini, bisa langsung memesan melalui link https://linktr.ee/scarlett_whitening. Dengan berbelanja di official store begini maka keaslian produk akan terjamin. Selamat mencoba.

facebook

You Might Also Like

0 comments