Resep

Cara Membuat Tahu Tuna atau Tahu Bakso Tuna

12.40.00

 

cara membuat tahu bakso tuna

Olahan Tahu tuna atau tahu bakso mungkin jadi jenis masakan yang paling sering saya masak ketika ada ikan baby tuna di rumah. Jenis olahan ini bisa dijadikan lauk ataupun dijadikan cemilan sore sebagai teman minum teh. Beberapa jenis masakan tuna yang sudah pernah saya coba adalah : asam-asam tuna, patties/burger tuna dan bakso ikan tuna goreng. Dan yang menjadi favorit adalah tahu tun karena selain bisa dimakan setelah dikukus bisa juga dogoreng agar terasa lebih gurih.

Bukan cuma untuk dimakan di rumah, tahu tuna ini juga bisa dijadikan bekal pada saat piknik. Jangan lupa sediakan juga saos tomat, saos sambal atau cabai hijau untuk menambah citarasa.

Baiklah langsung pada resep tahu tuna atau tahu bakso saja ya

Resep tahu tuna

Bahan

Daging ikan tuna yang digiling 1 kg

Tepung kanji/tepung tapioka 250 gr

Tepung bumbu instan 35 gr/ kurang lebih satu sachet kecil

Tahu gembos atau tahu bantet 30 biji.

Telur 1 atau 2 butir

50 gr udang kupas incang halus (optional)

Bawang putih 10 siung

Satu sachet / 2 sendok makan Saos tiram 

Merica bubuk 1/2 sendok teh

Gula 1/2 sendok teh

Garam 1 sendok makan (perlu ditambah jika tahu yang digunakan adalah tahu goreng yang padat)

Daun bawang iris tipis secukupnya

Air 250 ml

cra membuat tahu bakso ikan tuna yang enak


Cara membuat tahu tuna

Jika teman teman menggunakan tahu gembos atau tahu goreng yang di dalamnya kosong tinggal belah jadi dua atau disayt salah satu sisinya tergantung ukuran. Karena di pasar itu tersedia berbagai macam bentuk dan ukuran tahu. Jika terlalu besar bisa dibagi dua, jika ukuran sesuai tnggal diisi saja.

Tapi jika menggunakan tahu bantet atau tahu goreng yang padat, bisa dikeluarkan dulu isinya. Tahu yang dikeluarkan dari kulitnya ini bisa dihancurkan kemudian dicampurkan ke adonan. Jika menambahkan bahan seperti ini otomatis harus menambahkan bumbu atau minimal menambah garam.

Berikut ini cara membuat tahu bakso atau tahu tuna, dalam wadah besar campurkan semua bahan kemudian uleni hingga bahan menjadi homogen. Perlu diingat ya adonan ini harap diaduk cukup lama karena bila kurang tercampur rasanya akan berbeda dengan adonan yang tercampur sempurna.

begini cara membuat tahu tuna aau tahu baso ikan tuna


Setelah adonan tercampur, jangan lupa koreksi rasanya. Setelah adonan siap, masukkan satu atau dua sendok adonan ke dalam tahu goreng yang telah di belah. Setelah semua adoan habis kemudian kukus hingga matang.

Tahu tuna/tahu bakso tuna ini bisa langsung dikonsumsi setelah dikukus. Tapi bisa juga digoreng terlebih dahulu. Sebelum digoreg, tahu tuna dimasukkan ke dalam kocokan telur yang diberi sedikit garam kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Tahu bkso atau tahu tuna goreng pun sudah siap dihidangkan. Selain dimakan sendiri olahan dari ikan tuna ini juga cocok dijadikan oleh-oleh.

Selamat ,mencoba, semoga semua suka ya...

Salam

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah, saya mau coba nih, Mbak. Sebelumnya, saya belum pernah coba bakso ikan tuna. Terus jarang yang jual juga. Pasti enak nih, secara ikan tuna memang enak. Kalau saya sukanya tahu pong.
    Terima kasih resepnya, Mbak.

    BalasHapus