Resep

Cara Membuat Bakso Ikan goreng yang praktis dan mudah

00.13.00

cara membuat bakso ikan yang sederhana


Ngga percaya kalau bakso ikan goreng itu ternyata membuatnya sangat mudah? Simak deh resep berikut ini.

Resep paling aman untuk ikan di rumah saya adalah digoreng. Kebetulan kalau sedang musim ikan laut, Paksu lumayan sering membawa pulang ikan laut. Siapapun pasti mau ikan goreng yang gurih dan lezat. Tapi kalau terlalu sering membuat ikan goreng lama-lama bosen juga. Kadang kalau masih ada ikan goreng, besoknya saya olah lagi menjadi ikan bumbu balado. Anak sulung suka banget kalau ikannya di balado, beda dengan anak bungsu yang memang picky eater alias pilih-pilih makanan, dengan halus dia akan menolak dan makan dengan lauk yang lain. Untunglah si kecil suka dengan bakso ikan hasil otak-atik saya ini.


Selain digoreng saya pernah juga masak asam-asam ikan tuna, patties ikan tuna, mpek-mpek dan bakso tuna, enak sih tapi agak ribet pengerjaannya. Lagipula kalau kedua masakan tersebut harus ada bahan-bahan pelengkap lainnya. Misalnya saja untuk asam-asam ikan rasanya kurang lengkap kalau tidak diberi belimbing wuluh, sementara saya tidak punya pohon belimbing wuluh. Untuk mendapatkannya harus ke pasar terlebih dahulu. Sedangkan membuat bakso tuna harus pakai tahu yang ukurannya agak besar, sedangkan penjual sayur seringnya membawa yang kecil kecil. Mau tak mau harus ke pasar juga.


Resep Bakso ikan yang akan saya share berikut ini sebenarnya tercipta dengan tidak sengaja. Bermula dari ikan yang dikeluarkan dari freezer dan hampir lupa memasaknya. Tahu sendiri kan, jika ikan sudah dibekukan kemudian berada dalam suhu ruang dalam waktu yang cukup lama maka daging ikannya akan lembek sekali. Tentu saja, lama yang saya maksud disini masih dalam batas waktu aman ya, belum sampai membuat ikannya menjadi busuk.


Karena keterbatasan bahan akhirnya terciptalah bakso ikan yang gurih dan lezat. Teksturnya hampir seperti bakso daging sapi. Namun terbuat dari ikan dan dimasak dengan cara digoreng. Penasaran bagaimana resep perkedel ikan ala Lemaripojok?

cara membuat bakso ikan yang mudah dan enak


Resep Bakso Ikan Goreng

Bahan Bakso Ikan Goreng


Daging ikan yang sudah dihancurkan kurang lebih 500 gr
Tepung bumbu 50 gr
telur 1 butir
Tepung terigu 2 sdm
Seledri/ daun bawang/kemangi sesuai selera
sedikit gula
keju potong dadu.
Minyak untuk menggoreng.

Cara memasak Bakso Ikan Goreng

Hancurkan daging ikan, karena daging ikan sangat lunak, saya cukup menghancurkannya dengan cara meremas remasnya saja. Siapa tahu juga ada duri yang tebawa jadi kita bisa memilahnya langsung. Setelah hancur, campurkan bahan lain seperti tepung bumbu, telur dan tepung terigu. Aduk atau uleni adonan sampai tercampur rata. Saya agak lama menguleninya agar adonan menjadi homogen. Setelah itu masukkan potongan daun seledri/daun bawang/kemangi sesuai selera. Jika anda suka bawang bombay boleh juga dicampurkan setelah dipotong dadu kecil.


Setelah itu diamkan adonan sejenak sambil menyiapkan penggorengan. Panaskan penggorengan setelah itu masukkan minyak goreng. Tunggu hingga minyak panas tapi jangan sampai mengeluarkan asap. Gunakan api sedang cenderung kecil. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat pipih dan masukkan ke dalam penggorengan. Tunggu hingga bagian bawah berwarna kuning keemasan baru dibalik. Setelah kedua sisi berwarna kuning keemasan, bergedel ikan sudah matang, tiriskan dan sajikan.


Jika anda suka keju, bisa juga bakso ikan diisi dengan potongan keju. Agar keju tidak bocor pada waktu digoreng, sebaiknya adonan dibentuk bulat. Nah kalau sudah begini anda bisa menyebutnya menjadi bola-bola ikan isi keju.Variasikan masakan anda sesuai dengan selera. Yang penting keluarga anda menyukainya.


Seperti yang saya bilang sebelumnya, tekstur bakso ikan ini mirip sekali dengan tekstur bakso daging sapi hanya saja rasa ikan dan memasaknya dengan cara digoreng. Untunglah dengan sedikit otak atik resep ini, anak bungsu saya yang bosan makan ikan goreng mau menyantap bakso ikan buatan mamanya. Tapi ya gitu, masak belum selesai sudah bolak balik diicipin, akhirnya setelah matang bukannya jadi lauk tapi malah jadi cemilan.

cara membuat bakso ikan tuna

Tadinya resep bakso ikan goreng ini akan saya namakan perkedel ikan karena bentuknya hampir mirip dengan perkedel kentang, tapi karena teksturnya lebih mendekati bakso sapi maka saya mengubahnya menjadi bakso ikan goreng. Resep ini sangat mudah dipraktekkan dan yang jelas saya yakin kalau semua anggota keluarga pasti akan menyukainya.

You Might Also Like

0 comments