Cara Mudah Memilih Baju Tunik yang Tepat untuk Ibu Menyusui

by - 3:23:00 PM

Cara Mudah Memilih Baju Tunik yang Tepat untuk Ibu Menyusui
sbr: mataharimall


Cara Mudah Memilih Baju Tunik yang Tepat untuk Ibu Menyusui 




Jika bercerita tentang menyusui, rasanya saya punya banyak cadangan cerita. Maklumlah ibu dengan tiga orang anak yang kesemuanya minum Air Susu Ibu pasti banyak peristiwa yang terjadi pada masa masa itu. Bila diceritakan semua tentu seribu atau dua ribu kata takkan cukup untuk menceritakan semuanya. Saya akan membagikan sedikit pengalaman itu, yaitu bagaimana cara mudah memilih baju yang tepat untuk Ibu menyusui. 

Memang, aktivitas menyusui kerap menyulitkan para ibu. Terutama bila kita mesti menyusui di tempat-tempat umum. Kita harus menyiapkan banyak hal agar proses menyusui dapat berlangsung lancar. Termasuk untuk urusan memilih baju yang tepat. Meskipun sekarang sudah ada tempat khusus menyusui di tempat-tempat umum, namun mengenakan baju yang nyaman tetap harus jadi pilihan utama. Karena kenyamanan dibutuhkan tidak saat menyusui saja namun juga saat beraktifitas seperti biasa. 

Baju tunik dapat menjadi pilihan paling tepat bagi ibu menyusui. Sekedar info, tunik adalah baju longgar yang panjangnya sepinggul sampai di atas lutut. Tunik bisa berlengan atau tidak berlengan. Tunik menjadi pilihan untuk ibu menyusui, karena karakteristik baju yang satu ini akan mempermudah kita ketika menyusui si kecil. Jadi, kita wajib memperhatikan beberapa cara ini ketika akan memilih baju tunik untuk kebutuhan menyusui: 

Jumlah Kancing yang Cukup Banyak 

Untuk mempermudah aktivitas menyusui, kita mesti memilih baju tunik yang jumlah kancingnya cukup banyak. Kancing tersebut akan membuat kita tidak kesulitan mengatur bra menyusui ketika si kecil membutuhkannya. Pastikan pula kalau jahitan kancingnya benar-benar kuat agar tidak mudah lepas jika sering digunakan. Karena sering dibuka dan ditutup, sebelum dipakai saya ulang terlebih dahulu jahitan kancingnya, itupun kalau sempat. Karena sayang sekali apabila kancingnya terlanjur hilang dan kita kesulitan untuk mencari kancing yang sama persis. Untuk itu saya lebih suka mencegahnya terlepas. 

Mengutamakan Baju Tunik Berukuran Longgar 

Bukan hanya baju tunik yang berkancing banyak saja yang wajib menjadi pilihan kita. Sebab kita juga membutuhkan baju tunik berukuran longgar. Baju yang terlalu ketat akan membuat gerakan kita kurang leluasa. Bahkan, payudara pun akan terasa tidak nyaman ketika kita menggunakan baju yang terlalu ketat. Apalagi jika bepergian bersama bayi yang masih menyusu, mengenakan baju terlampau ketat akan membuat badan rasanya cepat lelah. 

Bahan Baju yang Nyaman dan Menyerap Keringat 

Bahan baju tunik yang nyaman harus elastis dan mudah menyerap keringat. Biasanya, baju tunik yang nyaman terbuat dari bahan katun atau katun Jepang. Tekstur katun yang elastis akan membuat kita merasa nyaman ketika menggunakan baju tersebut sepanjang hari. Kita pun tak perlu khawatir baju akan mudah basah karena keringat ketika cuaca sedang panas. Bahan baju yang nyaman juga akan mempengaruhi interaksi kita dengan si kecil. Pasti si kecil akan tetap tenang ketika kulitnya bersentuhan dengan baju yang bertekstur lembut. 

Mengutamakan Baju-Baju Berwarna Gelap 

Sebenarnya tidak ada larangan untuk memakai baju dengan warna terang ketika berada dalam masa menyusui. Namun, baju berwarna gelap sebaiknya menjadi andalan kita. Agar risiko ASI merembes pada baju dapat disamarkan dengan baik. Jika ASI kita merembes saat menggunakan baju berwarna cerah, tentu saja kita jadi minder dan sulit menyiasatinya. Buat saya yang biasanya melar setelah melahirkan, selain menyamarkan ASI yang merembes, baju arna gelap juga menyamarkan bentuk tubuh yang lumayan melar. Jadinya tingkat percaya diri meningkat sedikit lah hihihi. 

Pilihan Motif Baju Tunik Berukuran Kecil 

Meskipun para ibu menyusui lebih memprioritaskan kenyamanan dibandingkan penampilan, bukan berarti kita tak boleh memilih baju yang motifnya cocok bagi kita. Sebaiknya kita memilih motif baju tunik berukuran kecil untuk menyamarkan bentuk payudara yang besar saat masa menyusui. Kita pun bisa beraktivitas dengan penuh percaya diri bila menggunakan motif baju yang tepat. 

Jangan Menggunakan Baju dengan Banyak Ornamen 

Baju tunik yang terdiri dari banyak ornamen seperti manik-manik dan bordiran tidak cocok digunakan dalam masa menyusui. Sebab ornamen-ornamen tersebut akan membuat si kecil merasa kurang nyaman ketika bersentuhan dengan baju kita. Bahkan, kita pun akan lebih mudah kegerahan bila menggunakan baju tunik dengan banyak ornamen. Alangkah lebih baik jika kita memprioritaskan baju tunik yang minim ornamen karena lebih nyaman dan lebih mudah dicuci. 



Sekarang, kita tak akan bingung lagi memilih model tunik yang nyaman bagi aktivitas menyusui. Karena MatahariMall sudah menyiapkan koleksi baju tunik terbaru yang up to date dan berkualitas. Toko online terbesar se-Indonesia yang satu ini tentu memahami kebutuhan para ibu yang berada dalam masa menyusui. Penampilan ibu menyusui akan tetap menarik bila menggunakan koleksi baju tunik dari MatahariMall. 

Mari klik dulu website MatahariMall untuk melihat-lihat varian baju tunik terbaru yang istimewa! 


You May Also Like

4 comments

  1. pertama, saya pria..
    yang kedua, istri saya belum hamil..

    jadi salam kenal dulu :))

    ReplyDelete
  2. Bahan yang menyerap keringat memang jadi pertimbangan penting kalau mau beli tunik. :)

    ReplyDelete
  3. baca beginian buat persiapan jadi nanti saya banyak tahu daripada istri saya, whehehe....

    "beb, gini lho cara milih baju menyusui"

    ReplyDelete
  4. Thanks infonya, mbak. MatahariMall memang punya banyak pilihan produk sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete