Mengangkat Derajat Pisang Rayap

by - 3:49:00 PM

Mengangkat derajat pisang rayap. kumpulan  resep untuk pisang rayap

Pisang merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Buah pisang ini termasuk buah yang harganya murah dan mudah di dapat karena tidak tergantung musim. Satu pohon pisang hanya berbuah sekali seumur hidupnya. Namun regenerasi pohon pisang ini sangat cepat sehingga dalam satu rumpun pisang bisa menghasilkan buah berturut-turut.


Kandungan gizi dalam buah pisang cukup banyak, diantaranya vitamin C, Vitamin B6, Kalium, Serat dan Karbohidrat. Menurut Appettite for Health pisang merupakan buah yang cocok sebagai teman diet karena mengandung kalori yang rendah namun tinggi serat. Juga mengandung karbohidrat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga perut kenyang lebih lama.


 Ada berbagai macam jenis pisang. Ada pisang yang hanya bisa dimakan begitu saja, ada pisang yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan bahkan ada pisang yang tidak bisa dimakan misalnya tanaman pisang hias.


Dari sekian banyak varietas pisang ada salah satu yang nilai ekonominya rendah. Pisang tersebut adalah pisang Rayap. Pisang ini kalau dijual harganya sangat murah antara Rp1000-Rp2000 persisirnya.


Pisang rayap ini berukuran kecil. Berwarna kuning cerah dan ada bintik-bintik coklat ketika sudah matang. Pisang ini rasanya sangat manis ketika matang. Karena kadar gula yang tinggi, ketika dijadikan pisang goreng atau pisang molen membuat adonan tepung maupun kulit molen terbuka ketika digoreng. Hal ini mengakibatkan pisang goreng dan pisang molen lengket di penggorengan dan membuat minyak jadi cepat hitam. Selain itu pisangnya menjadi lembek dan terkadang banyak bijinya. Karena lembek itulah pisang ini tidak bisa dijadikan isian roti maupun kolak. Hal-hal itulah yang mungkin tidak disukai oleh pedagang sehingga mengakibatkan harga jual pisang rayap ini menjadi rendah.\


Namun demikian Pisang rayap dapat diolah menjadi makanan lain untuk meningkatkan derajatnya agar naik kelas.


Beberapa makanan olahan yang bisa mengangkat derajat pisang Rayap ini antara lain :

  • Cake Pisang. Cake pisang dibuat dengan cara menghancurkan buah pisang yang sudah matang lalu dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung, gula dan margarine atau minyak goreng. Tekstur pisang rayap yang mudah hancur ketika matang justru mempercepat proses pembuatan cake karena lebih cepat hancur.
Mengangkat derajat pisang rayap. kumpulan  resep untuk pisang rayap

  • Sale pisang. Sale pisang adalah makanan khas dari Banyuwangi. Cara membuatnya yaitu dengan cara memotong tipis-tipis pisang lalu dijemur sampai kering lalu digoreng. Ada yang menggorengnya dengan dibaut tepung, namun ada juga yang tidak.

  • Lempeng pisang. Lempeng pisang adalah makanan khas dari Kalimantan selatan. Membuat lempeng pisang ini sangat mudah dan dengan bahan yang sederhana.

Mengangkat derajat pisang rayap. kumpulan  resep untuk pisang rayap


  •  Brownies pisang. Seperti halnya membuat cake, dalam membuat brownies,pisang yang digunakan harus dihancurkan terlebih dahulu. Yang membedakan cake pisang dengan brownies pisang adalah coklat yang ditambahkan pada adonan. Selain itu cake juga lebih mengembang sedangkan brownies teksturnya lebih padat.

Mengangkat derajat pisang rayap. kumpulan  resep untuk pisang rayap

  • Kue cubit rasa pisang. Membuat kue cubit rasa pisang caranya hamper sama dengan membuat kue cubit seperti biasanya. Hanya saja dicampurkan pisang sebagai bahan tambahnnya.

Mengangkat derajat pisang rayap. kumpulan  resep untuk pisang rayap

Apabila kita perhatikan contoh resep diatas. Pisang yang dijadikan bahan kue dihancurkan terlebih dahulu sebelum diolah. sehingga tekstur pisang tidak mempengaruhi hasil olahan. Soal rasa, bagi penggemar pisang tentu dapat membedakannya. Karena pisang rayap ini memiliki wangi yang khas.
Sudah saatnya para pengusaha kuliner untuk memberdayakan si pisang rayap ini. Dengan menggunakan pisang rayap akan menekan penggunaan gula pasir. Karena seperti yang saya sebutkan diatas bahwa pisang rayap ini kalau sudah matang maka rasanya sangat manis.

Hmmm...anda sudah pernah melihat pisang rayap? oh ya...kalau ingin melihat resep dari gambar diatas bisa klik link nya ya...


You May Also Like

12 comments

  1. Namanya lucu, pisang rayap. Paling suka sale pisang :)

    ReplyDelete
  2. kebetulan nih di rumah ada pisang :)

    ReplyDelete
  3. wah, good idea! aku suka pisang dan berbagai olahannya.

    ReplyDelete
  4. Cocok buat saya yg gak suka pisang dimakan langsung harus diolah dulu..minimal jadi pisang goreng hehe...untung ga nular sama anak2..:D

    ReplyDelete
  5. Pisang rayap aku baru denger Mba, beda sama pisang kepok ya?

    ReplyDelete
  6. waaa pisangg.. aku ini penggemar berat pisang mba, dan emang suka segala olahan pisang, apalagi yang bolu itu, menggiurkan banget kayaknya ya..

    ReplyDelete
  7. terus terang baru kali ini saya tahu kalau ada pisang rayap.. makasih infonya Mbak Retno.. happy blogging.. :)

    ReplyDelete
  8. baru dengar tentang pisang rayap.
    kayanya enak-enak ya makanannya :D

    ReplyDelete
  9. pisang memang bisa diolah menjadi aneka makanan enak ya mba

    ReplyDelete
  10. gimana tu mbak cara bikin lempeng pisangnya?

    ReplyDelete
  11. Kalau di Bekasi, kayane ini disebut pisang uli mbak.

    ReplyDelete
  12. baru tau disebut pisang rayap keknya klo disni namanya beda. klo aku buat dijadiin kolak, pisang goreng atau pisang coklat biasanya pake pisang tanduk yg gede2 itu mb pilih yg masih mengkel jd enaknpas bgt klo diapa2in. klo kek pisang gini akunblm prmhbkreasiin aplagi mpe jd bolu 😁 patut dicoba resepna

    ReplyDelete