Brownies pisang kukus eh..cake coklat pisang kukus

12.20.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Bingung kan baca judulnya? Tadinya mau saya beri judul brownies pisang, tapi ini adalah cake coklat pisang kukus. Kalau diberi judul cake coklat pisang kukus,bingung juga soalnya orang kebanyakan lebih mengenal kue ini dengan brownies pisang.

Makin bingung kan hahaha....maaf ya.. Sekalian saya mau menjelaskan kesalahan yang sudah kaprah di tengah masyarakat. Dari awal, yang namanya brownies itu adalah kue coklat yang dipanggang. Teksturnya bantat/dense,chewy dan ,fudgy. Sesuai dengan awal penemuannya, konon brownies ini ada karena seseorang yang membuat cake coklat tapi lupa memberikan pengembang kue ke dalam adonannya. Akhirnya jadilah brownies, kue coklat bantat yang ternyata malah disukai banyak orang.

Sedangkan brownies kukus yang selama ini kita kenal (seperti merk dari bandung yang terkenal itu) sebenarnya adalah cake coklat. Disebut cake karena dimasukkan pengembang kue di dalam adonannya. Teksturnya lebih ringan dan cakey/spongy.

Sekarang tau kan bedanya,... Nah kalau melihat gambar di bawah ini bisa tau kan ini brownies apa cake coklat?





Yup...dari gambarnya udah kelihatan kalau itu adalah cake coklat. Teksturnya spongy (berongga) Sebenernya ada pisangnya sih...cuma tidak kelihatan...

Mau resepnya? Kebetulan dirumah sedang melimpah pisang raja. Udah banyak yang dimakan begitu saja, tapi kok masih ada juga yang belum kemakan. Mana ukurannya jumbo lagi, berat satu buah pisang saja mencapai 200 gram. Menghabiskan separuh buah saja sudah membuat perut kenyang hihihi...

Daripada mubadzir ya dibikin brownies pisang eh cake coklat pisang saja... Resep yang saya pakai ini sangat simpel. No mikser and no oven. Tinggal aduk-aduk, kukus, matang dah.


Cake pisang coklat kukus



Bahan :

Pisang +/- 250 gr (tanpa kulit, dihaluskan menggunakan garpu)
Tepung terigu protei sedang (mis: segitiga biru) 200 gr
Gula +/- 5 sdm munjung ( kalau suka manis bisa ditambahin)
Minyak goreng 180 ml
Telur 2 butir
Coklat bubuk 25 gr
Baking powder 2 sdt
Baking soda 1 sdt
Choco chip 50 gr
Garam 1/4 sdt
Kopi instan tanpa ampas 1 sachet larutkan dengan 50 ml air

Cara membuat :

Jerang air dalam kukusan, selagi kita membuat adonan.
Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu, sisihkan. Kocok lepas telur bersama gula sampai gula larut dan berbuih. Lalu masukkan minyak goreng, kopi dan pisang yang sudah dihancurkan, aduk merata.

Di wadah lain campurkan tepung, baking powder, baking soda dan coklat bubuk lalu ayak. Campurkan hasil ayakan dengan garam. Lalu masukkan ke dalam kocokan telur. Aduk asal rata saja. Jangan over mix/mengaduk berlebihan karena mengakibatkan kue bantat.

Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan taburi dengan terigu. Masukkan separuh adonan kue  lalu taburkan setengah bagian choco chip. Masukkan sisa adonan dan taburkan lagi chocho chip di permukaan adonan. Atau kalau ingin choco chip merata di dalam adonan, baluri chocochip dengan terigu lalu campurkan dalam adonan. Tapi ingat lho ya...jangan sampai overmix.

Setelah air dalam kukusan mendidih, dan uapnya sudah cukup banyak, masukkan adonan ke dalam dandang. Jangan lupa, jika tutup dandang anda datar, bungkus dengan kain serbet agar air kukusan tidak jatuh ke dalam adonan.

Kukus selama +/-40 menit atau sampai matang.




Manfaat kopi instan disini adalah menguatkan rasa coklat agar lebih menggiggit. Jadi apabila di skip juga tidak ada masalah.
Cake ini sangat lembut yaa...sebelas dua belaslah sama merk terkenal itu. Tinggal pakai bahan yang berkualitas, hasilnya pasti oke. 






You Might Also Like

0 komentar: