kue cubit rasa pisang dan nanas

16.25.00 Retno Kusumawardani 0 Comments


Masih ada pisang di kulkas,sampai hitam kulitnya tapi dalamnya masih bagus. Mau dibikin cake-pisang, udah keseringan. Mau dibikin molen-pisang, udah terlalu matang...akhirnya coba-coba aja membuat kue cubit rasa pisang dan nanas. Rasa pisang di dapat dari pisang raja yang dihaluskan dan dicampurkan ke adonan. Sedangkan rasa nanasnya diperoleh dari selai yang dimasukkan ke dalam adonan saat di masak. Oh ya ada sedikit variasi coklat disini. Jadi campur-campur deh rasanya.

Kue cubit rasa pisang dan nanas (lemaripojok.blogspot)



Seperti kue cubit biasa, berikut ini resepnya :

Bahan:
250 gr tepung terigu
6 sdm gula pasir
2 butir telor
100 gr margarin, lelehkan
180 gr pisang raja kupas yang sudah matang
1/4 sdt garam
1/2 sdm baking powder ( baru sadar kalau baking powder tinggal 1/2 sdt, akhirnya aku tambahin 1/2 sdt baking soda)
1/4 sdt vanili
150 ml air
1 sdm coklat bubuk
Selai nanas secukupnya.

Cara membuat :
Campurkan tepung terigu, baking powder, baking soda, vanili dan garam. Sisihkan. Kocok telur dan gula pasir sampai kental dan berwarna pucat. Masukkan tepung terigu sambil diaduk perlahan. Masukkan air dan margarin cair. Aduk sampai merata. Ambil satu sendok sayur adonan, tambahkan satu sdm coklat bubuk. Aduk hingga merata, lalu masukkan ke dalam plastik segitiga/piping bag.
Diamkan adonan kurang lebih selama 10 menit. Sementara itu panaskan snackmaker di atas kompor. Setelah cukup panas tuang adonan sampai 1/3 tinggi cetakan. Masukkan 1/2 sdt selai nanas lalu tutup dengan adonan coklat diatasnya, dengan motif sesuai selera.
Tes kematangan dengan cara tes tusuk. Gunakan lidi atau tusuk sate, dengan cara menusukkannya ke adonan yang sedang dimasak. Apabila sudah tidak ada adonan yang melekat, berarti kue sudah matang.





Karena pisang raja yang saya pakai sudah matang, kue ini terasa manis sekali. Beruntung ada selai nanas yang memberi efek segar.
Nah gimana gampang kan?
Cobain ya...
Syelamat mencoba...

You Might Also Like

0 komentar: