Cake

Resep cake pisang sederhana dan praktis

20.43.00

Resep cake pisang sederhana dan praktis
Cake pisang kukus
Cake pisang atau Bolu Pisang

Setiap kali Ibu dan Bapak Gedangan rawuh ke rumah pasti bawa oleh-oleh pisang. Kadang beliau ngasta pisang kepok/gajih, pisang raja atau pisang candi. Pisang-pisang itumerupakan hasil kebun sendiri. Maklumlah bapak sama ibu kan tinggal di Gedangan ( gedang= pisang) jadi oleh- olehnya juga pisang hehehe.

Kalau bapak ngasta pisangnya cuma sesisir, ga bakalan bingung mau dibuat apa. Pisang buah biasa dimakan anak-anak begitu saja, lebih sehat jarena tanpa proses pemasakan. Tapi kalau pisang yang butuh diolah jumlahnya banyak...pasti bosankalau cuma dijadikan pisang goreng.
Beruntung ada resep cake pisang atau bolu pisangnya mba mimin suali, yang aku skip sana sini disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Cake pisang, ini dia resepnya :

Cake pisang alias bolu pisang  :

BAHAN KERING:
200 gr terigu
150 gr gula pasir (saya : 100 gr)
50 gr gula palem (ga pake)
2 sdt BP
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk ( ga pake)
sepucuk sdt bumbu spekuk ( ga pake)

BAHAN BASAH:
175 ml minyak goreng
3 btr telur ( saya pakai 2)
3 to 4 buah pisang dihaluskan

CARA MEMBUAT:
Ayak bahan kering, campurkan dengan gula, aduk.
Campur bahan basah, kocok dengan whisk atau menggunakan mixer dengan speed rendah
Masukkan bahan kering kedalam bahan basah sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
Tuang ke loyang, panggang selama 20-25 menit.

(Kalo saya: jerang air didalam kukusan, didihkan. Sementara itu bahan basah ditambah gula diblender sampai halus.
Campurkan bahan sisa di dalam mangkok lalu masukkan hasil blenderan tadi, aduk asal rata, jangan mengaduk terlalu lama, karena kue bisa bantat)

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di oles margarin dan ditaburi terigu.

(Untuk membuat motif di permukaan cake, ambil beberapa sendok makan adonan campur dengan bubuk coklat, atau kopi instan tanpa ampas yang dicairkan dengan sedikit air. Lalu tuang di permukaan adonan dengan bentuk memanjang, buatlah motif dengan menggunakan tusuk sate atau garpu. Caranya masukkan tusuk sate kedalam adonan berwarna coklat sampai kira kira setengah tinggi adonan, lalu putar-putar tusuk sate sambil digeser sesuai motif yang diinginkan)a

Apabila air di kukusan sudah mendidih, tunggu beberapa saat agar kukusan benar-benar panas, baru loyang dimasukkan ke dalam kukusan. Kukus sampai matang.
Untuk mengetahui cake sudah matang apa belum, bisa dilakukan tes tusuk.
Tusuk adonan dengan menggunakan lidi atau tusuk sate. Apabila sudah tidak ada adonan yang menempel di lidi atau tusuk sate, maka cake sudah matang.

Apabila menggunakan dandang/kukusan yang tutupnya rata, jangan lupa untuk membungkus tutup kukusan dengan kain yang agak tebal. Hal ini dilakukan agar uap air tidak menetesi adonan yang ada di dalam kukusan.

Apabila cake/bolu dipanggang, pastikan oven benar-benar dalam keadaan panas, ketika loyang dimasukkan. Panggang sampai matang +/- 25-30 menit.

Asyiknya....dengan takaran dan resep yang sama, kita bisa berkreasi dengan mengganti pisang dengan bahan yang lain. Misalnya : tape singkong, wortel,jagung manis dan labu kuning.


Resep cake pisang sederhana dan praktis











Cake/ bolu wortel dengan topping irisan sosis. Cake dipanggang di snackmaker dialasi dengan cuppaper. Disini wortelnya diparut dengan parutan keju. Kurangi gulanya sedikit dan tambahkan garam sedikit. Jadilah cake yang gurih. Bisa dimakan langsung atau dicocol ke saus sambal dan mayones.


Resep cake pisang sederhana dan praktis











Cake/bolu jagung manis dengan taburan chocochip. Kalau ingin tekstur cakenya ringan, jagung manisnya cukup 100 gr saja. Tapi kalau ingin tekstur kuenya agak berat, bisa ditambahin.


Resep cake pisang sederhana dan praktis














Cake labu kuning atau bolu labu kuning dengan topping keju dan meises. Dipanggang atau dikukus? Terserah anda hehehe

You Might Also Like

1 comments

  1. aku sukaaa bolu pisaaanggg. ini enak banget sih. salah nih baca malem2 jd pengeen

    BalasHapus