Tahu aci

13.11.00 Retno Kusumawardani 22 Comments

Seperti biasa saya akan berbagi resep sederhana dan murah meriah. Kali ini saya membuat tahu aci. Konon katanya, makanan ini berasal dari Tegal, salah satu street food yang jadi favorit masyarakat setempat. Dari hasil browsing sana-sini, saya menemukan banyak sekali variasi resep tahu aci. Ada yang isiannya hanya terbuat dari adonan aci, ada yang dicampur terigu, ada yang dicampur daging ayam dan udang dan lain-lain. Akhirnya saya mengambil kesimpulan, kalau membuat tahu aci ini sesuai dengan selera pembuatnya.

Akhirnya saya membuat dengan isian yang terdiri dari campuran aci, terigu dan sedikit daging ayam sebagai ganti kaldu bubuk. Baiklah, ini dia resep tahu aci versi saya :

Tahu aci
By: Retno Kusumawardani

BAHAN :
10 buah tahu coklat (tahu yang sudah digoreng)
150 gr tepung tapioca/ tepung kanji
50 gr tepung terigu
50-100 gr daging ayam, cincang halus
4 butir bawang putih
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1 genggam seledri dan bawang prey iris halus
Air secukupnya.

Cara membuat :
Belah tahu lalu keluarkan isinya. Haluskan bawang putih bersama garam lalu masukkan tahu yang berasal dari tahu yang dibelah tadi. Haiuskan tahu sampai teksturnya lembut. Kemudian campurkan daging ayam, merica dan daun seledri serta bawang prey. Setelah itu tambahkan air sedikit saja agar campuran bahan-bahan tadi menyatu menjadi adonan. Koreksi rasanya.


Ambil sebuah tahu yang sudah dibelah, masukkan adonan kedalam tahu sampai penuh. Lakukan hingga tahu dan adonan habis. Kemudian kukus kurang lebih 30 menit atau sampai matang. Lalu goreng sampai berwarna keemasan. Tahu aci siap dihidangkan.

You Might Also Like

22 komentar:

  1. Hmm saya belum pernah coba nih jadi pengen coba, seperti enak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang enak, buat saya yang doyan segala macem makanan hehehe

      Hapus
  2. Aku suka banget olahan tahu
    Yang diblebetin aci juga suka
    Kesannya tahunya jadi gendut gendut ihihi

    BalasHapus
  3. Ini pasti enak dimakan panas pake sambel dan nasi panas nambah makan bisa lima kali hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... sambelnya itu yang ga boleh ketinggalan...

      Hapus
  4. Asyikk asyikk, dapat resep baru, semoga bisa dipraktekan di hari libur panjang ^_^

    BalasHapus
  5. baru tahu kalau buat tahu goreng aja ribet dan banyak bahan nya.. ^ ^ suka deh kalau masakan tanpa msg. maknyooss mba. btw kok komen nya loncat ya mba? hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda nama beda bahan mbak... ini termasuk yang paling simpel hehehe

      Hapus
  6. kami menyebutnya tahu isi Mba Retno :)
    suamiku suka banget nih sama tahu isi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahu isi kalau di sini beda lagi mbak... tahu isi biasanya isinya taoge sama wortel hehhe

      Hapus
  7. Kalau di Sunda tahu isinya ada toge, atau oncom
    disebutnya gehu sama comhu :)

    Tahu aci kaya gini biasanya dibuat seperti yang ada di bakso tahu, makannya pakai saus kacang
    aih, jadi pengen nih ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini bakso tahu juga ada mbak.. emang buat campuran makan bakso sih...

      Hapus
  8. aku... lapaaar!!!

    jadi mau coba euy~

    suika-lovers.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. aduh enak banget ini buat camilan sore :D

    BalasHapus
  10. Mak ... jangan pelit yaaa, tuch jangan dikit amat daging ayam nya. Kalo perlu ayam nya sekalian di masukin ke tahu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayamnya masih lepas mas cuuum... tangkepin dong...

      Hapus
  11. Kayaknya enak Mbak. Tahu apalagi, ini kesukaan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimasak apapun tahu emang enak ya mbak...

      Hapus