Kumpulan Resep Makanan Pembuka Ala Rumahan Sederhana

by - 2:34:00 PM

yummy app kumpulan resep makanan pembuka


Kumpulan Resep Makanan Pembuka Ala Rumahan Sederhana

Memasak bagi seorang ibu merupakan tugas sehari-hari. Tidak jarang banyak yang merasa bingung saat harus menyajikan berbagai makanan pembuka yang berbeda setiap harinya. Maka dari itu sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak mungkin supaya bisa memiliki segudang ide untuk makanan pembuka tersebut. Bagi yang tidak ingin kehabisan ide, simak berikut ini beberapa kumpulan resep makanan pembuka ala rumahan sederhana di bawah.

Lumpia Isi Bihun

Untuk yang suka gurih namun tidak mau repot, coba saja menu lumpia isi bihun. Bahan bakunya cukup mudah ditemukan di dekat rumah. Siapkan pastry siap pakai dan bihun kering. Sediakan pula tambahan wortel dan garam serta lada.

kumpulan resep makanan pembuka lumpia isi bihun yummy app
sbr ; yummy App-Ike Ummi

Caranya rebus bihun dan parutan wortel hingga matang, tambahkan garam dan lada secukupnya. Selanjutnya ambil satu demi satu pastry siap masak. Berikan isian bihun dan wortel di tengah pastry, lalu gulung pastry hingga tertutup sepenuhnya. Berikan sedikit putih telur di ujung supaya pastry melekat sempurna. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan, lumpia isi bihun siap disajikan bersama saos sambal.


Tahu Kriuk

Penggemar tahu kriuk tentu sangat banyak. Termasuk anak anak saya. Saking sukanya, bahkan mereka biasa membuat sendiri jika ingin menikmati tahu yang renyah dan gurih ini.

Tidak hanya gurih, rupanya tahu kriuk juga mudah untuk dibuatnya. Bahannya juga tidak sulit ditemukan. Cukup carilah tahu susu atau tahu sumedang putih yang mentah. Lalu siapkan teping bumbu kriuk yang banyak tersedia di pasar atau toko terdekat. Larutkan bumbu dengan air secukupnya. Lalu masukkan tahu ke dalam larutan tepung, lumuri hingga tahu tertutup tepung sepenuhnya. Goreng ke dalam minyak panas dan tunggu hingga matang kecoklatan. Setelah masak susun di atas piring saji dan taburkan garam secukupnya, bisa disajikan dengan sambal kecap atau bisa juga menggunakan cabe rawit.

Cireng

Pasti banyak yang tidak menyangka bahwa ternyata tepung kanji juga dapat bermanfaat untuk hidangan pembuka. Caranya juga cukup mudah, apalagi saat ini sudah banyak cireng instan yang tersedia di pasaran. Namun jika ingin membuat sendiri cireng rumahan maka bisa menyiapkan bahan berupa tepung kanji, tepung terigu, merica, garam, bawang putih dan daun bawang.

Campurkan semua bahan di atas menjadi satu dan aduk hingga merata. Pastikan bawang putih sudah dihancurkan terlebih dahulu dan daun bawang telah diiris kecil-kecil. Setelah diuleni hingga merata, maka bentuk adonan bulat-bulat. Goreng adonan satu demi satu di dalam minyak goreng yang panas. Tunggu beberapa saat hingga warna berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan lalu sajikan di piring saji. Untuk menambah kelezatan bisa mencampurnya dengan bumbu kecap maupun bumbu kacang.


Bakwan Sayur

Yang tidak kalah mudah untuk dibuat yaitu menu bakwan sayur. Cukup siapkan bahan-bahan sayuran seperti wortel parut, kol yang diiris memanjang, lalu taoge. Campur semua sayuran menjadi satu dan tambahkan garam secukupnya. 

kumpulan resep makanan pembuka bakwan sayur alias bala bala yummy app

Buat adonan tepung dari tepung terigu yang dicampur dengan garam secukupnya dan sedikit gula biar makin enak. Campurkan sayuran ke dalam tepung lalu ambil satu sendok demi satu sendok, goreng dalam minyak panas. Goreng hingga kecoklatan lalu sajikan selagi hangat. Tambahkan cabe rawit untuk menambah selera saat memakannya. Boleh juga ditambahkan saus tomat atau saus sambal.

Itulah beberapa kumpulan resep makanan pembuka ala rumahan sederhana yang mudah untuk dilakukan. Kini tentu ibu tidak perlu bingung memikirkan apa saja makanan pembuka yang akan disajikan esok hari. Coba satu demi satu resep di atas, tentunya hari akan berganti tanpa masalah kekurangan ide untuk menu makanan pembuka rumahan.

You May Also Like

19 komentar

  1. Wah bisa jadi rekomendasi untuk sarapan nih, biar gak itu-itu aja menunya. Terlihat juga gampang cara buatnya kan yaa. Bisalah dijadikan cemilan, jadi gak perlu jajan di luar.

    ReplyDelete
  2. seringkali masakan pembuka khas orang indonesia tuh gorengan yaa mba. kayak udah jadi kebiasaan gitu. kalau aku sekarang ngupayakan biar buah2 dulu deh.. baru yg karbo2 dan berminyak gini :D

    ReplyDelete
  3. Lumpia dan bakwan sayur sih kalau favorit aku, jadi pengen bikin deh. Habis ini ke pasar deh buat beli bahan-bahan untuk makanan ini. Tapi tertarik juga deh buat bikin cireng

    ReplyDelete
  4. Menu masakan yang mudah dan murah dibuat. Ini resep masakan sejuta umat sih wkwk. Biasanya kalo ga bikin sendiri, ya aku beli di warung. Biasanya mereka juga selalu menyediakannya. Krn sekali lagi, emg murah dan mudah masaknya.

    ReplyDelete
  5. Tahu kriuk sama cireng ini kesukaan anak-anak banget deh. Sering buat sendiri juga, gampang banget. Tapi kalo lagi mager ya gofood hihi.

    ReplyDelete
  6. Aku kangen lumpia isi bihun. euyy... Mau banget ini aku. Udah lama belum bikin camilan lumpia bihun ini hehe.

    Iya benar ini mudah dibuat ya mbak. Duhh bakwan juga bikin ngiler euyyy

    ReplyDelete
  7. KEcuali cireng, saya doyan semuanya. Apalagi kalau bakwan sayur. Pas ngekos andalan banget kala pingin ngemil. Heheehehe

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya kalo untuk aku pribadi enggak familiar dengan makanan pembuka, soalnya apa ya budaya Indonesia banget gitu, gak bisa appetizer main course dessert, mentok gegorengan seperti itu dijadikan camilan atau malah lauk hahaha, yaampun aku

    ReplyDelete
  9. Dari semua list makanan pembuka di artikel ini aku belum pernah sih nyobain masak lumpia bihun. Mungkin, nanti aku bakal cobain bikin deh lumayan juga buat jadi cemilan kalau lagi pengen ngemil.

    ReplyDelete
  10. bakwan sayur favorit saya nih, kadang di jadiin lauk juga hehe, kalau pilihan menu lain dari daftar di atas masih jarang nyicipinnya

    ReplyDelete
  11. Dari semua resep di atas, cuma cireng aja yang belum pernah dicoba. Nanti kapan-kapan mau cobain bikin cireng juga ehehe.

    Meskipun sederhana tetep ini jadi menu andalan sih. Aku paling suka bikin bakwan sayur, kupikir ini yang paling mudah dibuat.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku, bakwan sayur dan tahu kriuk the Best banget sih utk menu pembuka makanan mbak.
    Bisa jadi cemilan iya nih heehhee

    ReplyDelete
  13. Duh Mba,, ngiler deh lihat foto bakwan sayurnya,, kebetulan di kulkas lengkap bahan²nya,, besok ikutan bikin ah,, terinspirasi dr artik ini, tfs ya

    ReplyDelete
  14. duh, semua resep yang disajikan beneran enak enak kak, aku langsung auto masukin dalam list nih. Mau cobain buat ntar semua makanannya. Menggoda selera ya semuanya

    ReplyDelete
  15. wahh bikin ngiler nih resep resepnya mbak
    aku sih biasnaya bikin cireng dan bakwan sayur

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah bikin lumpia isi bihun nih..padahal anakku suka yang isi bihun gini.. Kalo bakwan sama lainnya udah sering bikin...

    ReplyDelete
  17. Bakwan sayur, cemilan favorit dan paling sering di masak d rumah..

    ReplyDelete
  18. yummy banget sih bakwan sayur pasti rasanya sangat enak dan gurih

    ReplyDelete
  19. Paling mudah klo bikin Tahu Kriuk, bahan nya juga gampang di cari.. Minggu kemarin saya masak ini, lumayan buat ngemil sambil nonton film..

    ReplyDelete