parenting

Menjadi Pribadi yang Tangguh, Memiliki Inner Strength dan Berani Mewujudkan Mimpi bersama BISKUAT ACADEMY 2022

10.04.00

Biskuat academy kekuatan yang baik dari dalam inner strength
Adik, Biskuat dan Kaos Biskuat kesayangan

" Ma adik berkelahi lagi " Lapor si sulung begitu pulang sekolah. Aduh, ada apa lagi dengan si bungsu ini. Belum sebulan saya mendengarnya berkelahi, sampai jahitan kantong bajunya lepas. Sekarang sudah ada laporan lagi. 

Sengaja memang saya tidak bertanya kepada gurunya, karena sekolah adalah wilayah Bapak dan Ibu guru. Selama tidak ada panggilan ke sekolah, maka saya anggap Bapak dan Ibu Guru sudah mengatasi masalah tersebut.

PR saya di rumah adalah bagaimana agar si adik ini bisa lebih mengendalikan dirinya.

Memang si kecil ini istimewa bila dibandingkan kedua kakaknya. Jika si kakak sudah lancar berkomunikasi sesuai usianya, Aksa demikian nama si kecil baru lancar berkomunikasi pada saat usianya 4 tahun.

Padahal waktu itu saya sebagai ibu yang tinggal di rumah sudah berusaha untuk mengajaknya komunikasi. Tapi memang jika dibandingkan kedua kakaknya porsinya lebih sedikit. 

Dua kakak yang jarak usianya hanya 1 dan 3 tahun memang lebih banyak menyita perhatian dengan tingkah laku mereka sementara si kecil, lebih pendiam

Keistimewaan lainnya kami sadari pada saat si kecil usianya kurang lebih 2,5 tahun. Setiap kali usai bermain lari-larian dia berubah menjadi pendiam. Awalnya saya pikir karena kecapekan. Hingga suatu saat, mungkin karena sudah tidak tahan lagi dia pun menangis. 

Ternyata, dinding perutnya belum berkembang dengan sempurna sehingga ada sebagian ususnya yang turun ke bawah yang menimbulkan rasa sakit. Kita mengenalnya dengan sebutan hernia. Saya pun dibuat heran, karena selama ini saya yang merawatnya. Sejak bayi tidak pernah ada tanda-tanda seperti itu.

Tapi rasa sakit yang dirasakan itu hanya sebentar. Begitu terasa tidak nyaman, kedua kakinya di angkat ke atas dengan posisi lebih tinggi dari kepala. Sebentar kemudian bisa sembuh dengan sendirinya.

Saat itu untuk sementara saya melarang si kecil untuk berlari. Sebenarnya kasihan juga, karena dia aktif sekali. Dia bukan termasuk golongan anak yang betah diam. Sebagai gantinya, kalau di rumah saya ajak kedua kakaknya untuk melakukan permainan yang bisa dilakukan tanpa harus lari-lari.

Di tengah kebingungan ada yang bilang kalau apa yang di alami oleh si kecil itu bisa sembuh dengan sendirinya. Kami diminta untuk menunggu saja sementara waktu, kalau masih terjadi juga baru diperiksa ke dokter.

Keajaiban itu pun datang, saya sampai lupa kapan terakhir adik mengeluh sakit. Tiba tiba saja dia sudah tidak kesakitan lagi setelah lari. Dan sampai sekarang keluhan itu tidak pernah datang lagi.

Namun rupanya Tuhan sayang sekali dengan keluarga kami. Pada saat pemeriksaan kesehatan di sekolah SD, baru diketahui kalau ada yang tidak normal pada mata adik. 

Padahal pemeriksaan yang sama juga dilakukan pada saat adik masih PAUD dan TK, semuanya normal saja. Di rumah pun dia mampu membaca dengan jarak yang wajar. Namun pemeriksaan pada saat kelas satu itu hasilnya berbeda. Segera kami membawanya ke dokter mata.

Rupanya mata kanan adik mengalami mata malas atau ambliopia. Untung saja kami segera mengetahuinya. Dokter menyarankan untuk melakukan terapi sendiri di rumah. Karena untuk usia seperti adik pada waktu itu, terapi bisa menjadi solusi untuk jalan kesembuhan.

Saya pun membeli penutup mata secara online, sementara ayahnya mencari video terapi melalui youtube. Dua sampai 6 jam sehari mata kiri adik ditutupi, sebagian waktunya digunakan untuk melatih mata kanannya. Caranya adalah dengan menonton video latihan mata dengan mata yang lebih sehat ditutup. Dengan demikian matanya yang malas "dipaksa" untuk fokus dan melihat.

Sampai sekarang kacamata dengan penutup di salah satu sisinya itu masih di pakai walau frekuensinya sudah jauh menurun. Adik pun merasa pandangannya sudah jauh lebih jelas dan tidak buram lagi.

Saya kurang mengerti, apakah rentetan  pengalaman masa kecilnya itu yang membuatnya mudah marah. Ada sesuatu yang terpendam tapi tidak bisa mengungkapkannya. Sehingga mudah tersulut emosi jika ada yang mengganggu. Dan dia tidak peduli meskipun yang mengganggunya adalah anak yang jauh lebih besar. 

Kekuatan yang baik dari dalam/inner strength pada anak biskuat avademy 2022
Awal awal mengikuti sepak bola

Perlu diketahui energi si kecil ini seperti tidak habis-habis. Bu Guru juga mengatakan kalau dia anak bertipe kinestetik. Kalau kurang gerak, malamnya dia tidak bisa segera tidur. Tapi jika aktivitasnya padat, dia akan cepat terlelap.

Itulah salah satu alasan yang membuat saya memasukkannya ke sekolah sepak bola. Disamping kenyataan bahwa si kecil memang suka bermain bola.

Semenjak saat itu latihan, turnamen maupun liga semua dilewati. Menang, kalah, menangis dan tertawa gembira pun sudah pernah dialami.

Semua itu memberi pengalaman yang berharga untuk saya dan anak saya. Sedikit demi sedikit mulai ada perubahan mengenai sikap sikapnya. 

Saya yang biasa mengantar anak saya latihan sering dibuat takjub oleh anak-anak yang bermain bola

Sesaat sebelum bermain, biasanya anak diberi briefing. Dari sini anak belajar untuk memahami instruksi.

Saat permainan berlangsung, biasanya pelatih akan berteriak dari sisi lapangan untuk memberikan instruksi. Di saat seperti ini anak belajar multitasking, harus mampu melakukan dua hal yaitu bermain sambil mendengarkan arahan.

Pada saat permainan, anak berlatih untuk membuat keputusan dengan cepat. Kepada siapa bola ini akan di oper, di giring sendiri atau tendang langsung ke gawang?

Anak anak juga belajar untuk percaya diri. Pada saat posisi sudah tepat, hanya kepercayaan diri yang bisa mendorong anak untuk menendang bola langsung ke gawang. Keputusan yang beresiko tapi harus segera diambil. Jika gol maka akan mendapat apresiasi, namun jika tidak terjadi gol juga harus bisa menanggung konsekuensinya. 

Anak juga terlatih untuk sportif, mau menerima kekalahan dan tidak jumawa ketika menang. Musuh hanya sebatas di dalam lapangan, diluar itu kembali menjadi kawan. 

Melatih keberanian. Tidak selamanya tim berada dalam posisi aman untuk maju ke babak selanjutnya. Babak penentuan adalah fase yang harus dilewati. Keberanian anak untuk bermain pada situasi seperti ini melatihnya untuk berani menghadapi tantangan kehidupan.

Melatih kerja sama. Sepak bola adalah permainan tim. Kemenangan dapat di raih jika semua anggota timnya bekerja sama dengan baik. Dari sini sepak bola mengajarkan anak untuk tidak individualistis.

Anak saya pun sekarang sudah tidak pernah berkelahi lagi. Pelajaran di lapangan mampu membuatnya untuk belajar mengontrol emosi. Pada saat bermain dia juga tidak segan-segan mengajak salaman lawan lebih dahulu jika terjadi kontak badan.

Sekarang si kecil Aksa juga lebih ekspresif dan mampu mengungkapkan perasaannya. 

Biskuat academy 2022

Itulah permainan sepak bola, bukan sekedar permainan fisik tapi juga taktik. Tidak hanya melatih okol tapi juga akal. Skill memang dibutuhkan dalam permainan sepak bola tapi karakter kuat dan tangguh tidak boleh diabaikan.

Melalui permainan sepak bola, fisik menjadi lebih sehat dan kekuatan baik dari dalam pun berkembang dengan baik.

Kekuatan baik dari dalam atau inner strength adalah kekuatan positif yang ada di dalam setiap orang yang bisa diasah sehingga membentuk dirinya menjadi manusia yang tangguh, dan mampu menempatkan diri.

Inner strength pada anak dapat berupa keberanian, kepercayaan diri, tanggung jawab, kepedulian/empati, dan sifat-sifat positif lainnya.

Pada prosesnya tidak semuanya harus berjalan sempurna. Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, karena dari situlah nantinya inner strength ini akan terasah.

Sebagai orang tua kita harus mendukung anak untuk mengasah ketrampilan hidup yang satu ini. Menjadi pendengar yang baik, selalu memberi semangat, menunjukkan kasih sayang dan memberikan tauladan yang baik adalah contoh bentuk dukungan kita terhadap perkembangan inner strength anak.

Orang tua menjadi bagian penting dalam setiap tahapan perkembangan anak. Karena orang tua cenderung menjadi tolak ukur dan role model bagi anak. Oleh karena itu, agar sifat positif anak menjadi karakter yang kuat, kita sebagai orang tua juga harus konsisten dalam membimbing mereka.

Saya sangat beruntung mengenalkan sepak bola sejak dini kepada anak-anak. Sekolah Sepak bola yang mereka ikuti adalah SSB yang baik yang turut mendukung perkembangan inner strength anak agar berkembang dengan baik.

BISKUAT ACADEMY

Biskuat Academy Malang 2019
Berkat Biskuat Academy bisa merasakan merumput di std Kanjuruhan

Luar biasa bukan? Sepak bola yang notabene olah raga fisik ternyata memiliki peran besar dalam perkembangan inner strength anak. Tertarik untuk mendapatkan pengalaman yang sama? Saat ini sudah hadir Sekolah bola Online BISKUAT ACADEMY.

Melalui Sekolah Online BISKUAT ACADEMY anak bisa mengembangkan karakter positifnya sebagai bekal untuk mencapai mimpinya.

BISKUAT ACADEMY hadir sejak tahun 2019. Di awal kehadirannya BISKUAT ACADEMY melangsungkan kompetisi sepak bola untuk anak usia 10 dan 12 tahun. Pada saat itu, SSB Putra Panji tempat anak saya belajar sepak bola menjadi juara tiga untuk wilayah Malang Raya.

Kebetulan anak pertama saya menjadi salah satu peserta untuk U 12. Sebuah pengalaman yang sangat mengesankan. Meskipun kami tinggal di Kepanjen, dimana stadion Kanjuruhan berada namun belum pernah sekalipun bermain di lapangan utama. Berkat BISKUAT ACADEMY anak sulung saya bisa merasakan bermain di rumput yang sama dengan pemain idolanya.

Walau pada saat itu menjadi juara tiga, namun kenangan bermain di lapangan utama stadion Kanjuruhan masih membekas hingga saat ini.

Setelah tahun 2019 BISKUAT ACADEMY dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan pandemi yang menyerang negara kita.

Pada tahun 2020, anak saya kembali mengikuti BISKUAT ACADEMY namun secara online. Meskipun belum bisa meraih hadiah utama, tapi anak saya masih beruntung karena pertanyaan yang diajukan pada saat itu mendapat kesempatan untuk dijawab dan mendapatkan merchandise dari Biskuat.

Pada tahun 2021 sekolah bola online kembali digelar. Kali ini dengan peserta yang jauh lebih banyak dan hadiah utamanya adalah latihan bersama Evan Dimas.

Biskuat Academy 2022

  BISKUAT ACADEMY 2022

Pada tahun 2022, selain mengadakan sekolah bola online, BISKUAT ACADEMY juga memberikan dukungan kepada pahlawan dibalik pengembangan potensi sepak bola anak. Mereka adalah para guru Pendidikan Jasmani, OLahraga dan Kesehatan (PJOK) dan para pelatih SSB, dengan mengadakan workshop untuk mereka. 

Workshop ini juga diikuti oleh pelatih SSB Putra Panji yang juga guru PJOK di sekolah anak saya. Terima kasih atas dukungannya untuk pelatih SSB Putra Panji, karena anak-anak kami juga merasakan manfaatnya.

Selain itu pada tahun 2022 ini juga diadakan kunjungan ke sekolah dan yang paling diharapkan yaitu hadiah utama berupa tour ke Stadion Internasional. Waah semoga anak saya bisa menang yaaa.

Pasti pada penasaran kan apa saja kegiatan sekolah bola online BISKUAT ACADEMY?

Berikut ini keuntungan mengikuti sekolah online BISKUAT ACADEMY

1. Belajar teknik sepak bola dari pelatih berlisensi A

2. Belajar langsung dari pemain Nasional Indonesia.

3. mendapatkan E-Sertificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik bertanda tangan Kemendikbud dan Kemenpora untuk para finalis.

4. Berkesempatan memenangkan Tur ke stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya.

Pelaksanaan Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022

Kegiatan ini dimulai dari 25 September 2022 hingga 15 Januari 2023. Untuk Grand Final  BISKUAT ACADEMY 2022 adalah 12 Februari 2023.

Masih ada kesempatan untuk mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY ini. berikut ini adalah caranya :

Cara  mengikuti Sekolah Bola Online  BISKUAT ACADEMY 2022

1. Beli Biskuat dengan kemasan Khusus.

- Ukuran jumbo 1 bungkus

- Ukuran B5000 1 bungkus

- Ukuran B1000 2 bungkus atau 

- UKuran B500 2 bungkus

2. Daftar melalui whatsapp yang nantinya akan divalidasi dengan kode unik. Langsung saja hubungi nomor +6281212225919.

3. Taraa anak anda bisa langsung mengikuti sekolah bola online bersama para Bintang Garuda

4. Setelah itu upload video teknik latihan di instagram 

5. Tunggu hingga pengumuman berikutnya, siapa tahu bisa lolos grand final.

Gampang banget kan caranya, siapa tahu bisa jalan-jalan ke luar negri untuk melihat stadion tempat bintang-bintang dunia beraksi.

Yuk daftar sekarang juga, mumpung ada wadah yang bisa mendukung potensi anak-anak kita. Bapak Ibu bisa saling mengingatkan jika jadwal SSB Online nya tiba. Andaikan tidak mendapat hadiah utamanya pun kita sudah mendapatkan banyak keuntungan. Kapan lagi bisa dilatih oleh pelatih bersertifikat A secara gratis? Selain itu masih banyak juga hadiah lain yang akan dibagikan. dan yang penting, anak anak dapat mengasah inner strength dengan cara yang membahagiakan mereka. Itu yang utama!



Sepak bola adalah salah satu jalan mewujudkan mimpi. Dan banyak kisah dari pemain dunia yang membuktikannya. Berkat sepak bola banyak mimpi-mimpi yang terwujud, dari yang tidak dikenal kemudian terkenal menjadi bintang. Bersama BISKUAT ACADEMY mari melambungkan mimpi anak anak menuju langit, agar mereka tahu kalau dunia itu luas dan mimpi itu bisa di raih.

Sekilas tentang Biskuat

Biskuat adalah makanan ringan berupa biskuit yang terbuat dari gandum dan susu yang menghasilkan rasa yang nikmat. Terdiri dari dua rasa yaitu original dan coklat, Biskuat mengandung 9 vitamin dan 6 mineral.

Vitamin tersebut antara lain Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, D, dan E; dan 6 mineral yaitu kalsium, magnesium, besi, fosfor, seng, dan yodium.

Sudah 20 tahun Biskuat menemani anak Indonesia. Dan kini bersama Mondelez, Biskuat semakin memantapkan langkah untuk mendukung langkah anak-anak Indonesia.

BISKUAT ACADEMY, membentuk anak anak Indonesia menjadi pribadi yang tangguh dan memiliki kekuatan dari dalam yang baik dan berani meraih mimpinya.

You Might Also Like

0 comments