Membaca Nyaring atau Read Aloud dan Manfaatnya untuk si kecil

by - 12:06:00 AM

Manfaat membaca nyaring untuk anak

Membaca bagi saya adalah aktifitas yang sangat menyenangkan. Sampai sekarang pun saya masih merasakan hal yang sama. Saya lebih bisa menikmati membaca daripada menonton video, tapi kalau itu mungkin karena saya tipe visual juga ya. Walaupun saya kurang begitu mengingat apa yang membuat saya gemar membaca, tapi yang saya tahu sampai sekarang adalah Bapak saya yang gemar sekali membaca. Beliau selalu menyempatkan untuk membaca, entah itu buku tentang pelajaran sekolah yang beliau ajarkan atau bacaan lain yang bersifat pengetahuan. Bisa jadi kebiasaan membaca yang saya miliki ini adalah karena meniru kebiasaan Bapak. Yang kemudian di dukung oleh beliau.

Meskipun saya tinggal di desa yang pelosok, tapi masih bisa menikmatiu bacaan seperti majalah Bobo dan lain lain. Setiap kali Bapak mengambil gaji ke kota, saya selalu dibelikan majalah Bobo yang baru. Kadang dibelikan majalah bobo bekas yang bendelan sebagai bahan bacaan di rumah. Kalau masih kurang juga, saya di ajak ke sekolah tempat bapak mengajar. Ketika Bapak di kelas, saya di tinggal di ruang kantor yang merangkap ruang perpustakaan untuk membaca buku yang saya sukai.

Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa kebiasaan membaca pada anak itu sangat membutuhkan peran orang tua. Selain memberikan contoh dengan kebiasaan juga dengan memberikan dukungan yang berupa fasilitas.


Beda zaman tentunya juga berbeda cara untuk menanamkan kebiasaan membaca pada anak. Cara cara orang tua kita terdahulu dapat dijadikan contoh walaupun penerapannya menggunakan metoide yang berbeda.

Beruntung saya diundang untuk mengikuti Let’s Read Online Gathering – Bekal anak bertumbuh yang banyak memberikan insight baru, tentang bagaimana mengajak anak untuk gemar membaca dan berbagai manfaat yang di dapat.

Acara ini merupakan kerja sama antara Let’s Read dan Blogger Perempuan Network yang berlangsung di akhir ramadhan lalu. Acara yang dipandu oleh mbak Dessy Yusnita dari Blogger Perempuan Network ini menghadirkan dua narasumber yaitu kak Elsa Agustin, Social Media Development The Asia Foundation Indonesia yang mewakili Let’s Read Indonesia dan Ibu Roosie Setiawan founder Reading Bugs, sebuah komunitas Read Aloud Indonesia.

Aplikasi buku cerita untuk anak TK dan PAUD

Dalam kesempatan ini kak Elsa memperkenalkan Let’s Read Indonesia yang merupakan persembahan The Asia Foundation. Let’s Read adalah sebuah aplikasi yang berupa perpustakaan digital untuk anak yang berisi buku cerita anak dari berbagai bahasa persembahan dari komunitas literasi dan diprakarsai oleh The Asia Foundation.

The Asia Foundation sendiri adalah organisasi nirlaba nonpemerintah yang meningkatkan kerjasama di kawasan Asia Pasifik. Organisasi ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1955. Salah satu program pertamanya adalah Books For Asia yang telah menyumbangkan buku untuk Indonesia lebih dari 3,5 juta eksemplar. Namun sayangnya, karena ada kendala bahasa, distribusi buku dan lainnya, maka tidak semua buku dari The Asia Foundation tersebar secara merata untuk anak Indonesia. Oleh karena itu, sejak tahun 2017 lahirlah Let’s Read Indonesia.


Untuk sementara ini Aplikasi Lets Read bisa digunakan di android, sedangkan untuk IOS masih dalam tahap pengembangan. Namun jangan khawatir, teman teman bisa mengunjungi langsung websitenya di www.letsreadasia.org.

Sebagai ibu-ibu pastinya kita semua paham kalau anak anak lebih menyukai buku yang bergambar daripada buku yang penuh dengan tulisan. Demikian juga Let’s Read, yang berisi aneka cerita bergambar untuk anak. Mulai dari cerita internasional sampai cerita yang berbahasa daerah tersedia di Let’s Read. Beberapa bahasa daerah yang sudah muncul di Let’s Read antara lain bahasa Jawa, Batak, Sunda, dan Minang.

Dan berikut ini beberapa informasi tentang Let’s Read :
  • Berisi buku untuk usia PAUDdan SD kelas rendah
  • Boleh di unduh dan dicetak
  • Bisa diakses melalui Android dan Website
  • Bisa didownload dan diakses dengan gratis
  • Lebih praktis dan bisa membaca di manapun.
  • Sumber koleksi berasal dari Book Lab, Lokakarya dan donasi dari berbagai instansi dan institusi.

Buku buku lets Read diperkenankan untuk diunduh dan dicetak asalkan tidak untuk diperjual belikan. Jika ingin membuat konten dengan membaca nyaring buku buku dari Lets Read juga diperbolehkan asalkan menyebutkan atribusinya, seperti penulis, illustrator dan penerbitnya.

Menarik sekali, dalam kondisi susah sinyalpun kita masih bisa membacakan buku buku Let’s Read untuk anak anak. Karena kita diperbolehkan menyimpan filenya di hape maupun media penyimpanan portable lainnya. Jadi sudah tidak ada alasan untuk tidak membacakan buku bagi si kecil lagi ya…

Komunitas Membaca nyaring/read aloud di Indonesia

Reading Bugs lahir karena terinspirasi oleh sebuah buku, The Read Aloud Handbook. Reading Bugs adalah sebuah komunitas Read Aloud (Membaca Nyaring) di Indonesia yang didirikan oleh Roosie Setiawan pada tahun 2008.

Komunitas ini juga merupakan wujud keprihatinan terhadap minat membaca di Indonesia yang cukup rendah. Diharapkan kehadiran komunitas ini dapat meningkatkan minat baca anak anak Indonesia.

Pada saat ini berbagai komunitas Read Aloud telah tersebar di Indonesia. Saat ini kurang lebih ada 55 komunitas Read Aloud yang tersebar dari Aceh sampai Manokwari.

Komunitas Read Aloud ini memiliki visi membuat anak Indonesia menjadi pembaca sepanjang hayat.

Sedangkan misi Read aloud adalah menjadikan kegiatan membaca nyaring sebagai budaya di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Nah, sebelum membahas tentang membaca nyaring / read aloud lebih dalam, ada baiknya kita memahami dahulu apa itu membaca nyaring.

Membaca nyaring adalah membaca dengan suara keras dan jelas, tujuannya adalah agar orang lain bisa mendengarkan dan memahami apa yang dibaca.

Pada saat membaca nyaring, huruf dan kata kata yang diucapkan harus benar benar jelas. Begitu pula dengan pemenggalan katanya.

Membaca nyaring harus dilakukan sesuai dengan bacaan yang ada tanpa improvisasi. Dengan demikian, anak anak yang mendengarkan bisa mengetahui cara membaca yang baik dan benar, mendapat kosa kata baru, membaca dengan lancar dan ekspresif serta mengenali bagaimana membaca untuk kesenangan. 

Read Aloud atau membaca nyaring juga membangun kemampuan literasi dini pada anak. Karena pada saat mendengarkan buku yang dibaca dengan nyaring, anak anak sekaligus melakukan kegiatan listening, speaking, reading dan writing.

Unsur unsur Literasi Dini yang terbentuk saat kita membaca nyaring pada anak antara lain:
  • Berbahasa Lisan/ bertutur yang berupa kemampuan menggunakan bahasa lisan misalnya saja bagaimana membangun kalimat dan mempelajari pola dalam bahasa lisan
  • kosakata : dengan perbendaharaan kosa kata yang banyak, maka anak lebih mudah dalam memahami cerita dan mengenali lingkungan sekitarnya
  • Minat terhadap materi cetak dengan membiasakan anak untuk melihat dan mengeksplor buku, poster dan media lainnya.
  • Pengetahuan huruf dapat diperoleh melalui membaca nyaring.
  • Kesadaran fonologis. Yaitu anak anak mengetahui adanya hubungan antara bunyi dan huruf dan masing masing huruf tersebut dapat menghasilkan bunyi yang berbeda.
  • Kesadaran terhadap materi cetak, yaitu menyadari bahwa buku dapat memberikan pengetahuan.
  • Pengetahuan latar yaitu pemahaman anak terhadap dunia sekitarnya.
manfaat membaca nyaring atau read aloud untuk anak


Manfaat Intonasi dan irama pada saat membaca nyaring, yaitu :
  • Agar anak lebih memahami isi bacaan.
  • Meningkatkan konsentrasi dengan menyimak
  • Menarik minat untuk membaca karena mendapat pengalaman menyenangkan saat mendengar cerita dibacakan dengan nyaring.

Interaksi yang dibangun pada saat membaca nyaring bermanfaat untuk 
  • Meningkatkan kepercayaan diri para pendengar (anak anak)
  • Memberikan suasana yang nyaman pada pendengar.
  • Dapat memotivasi pendengarnya
Pengalaman membaca yang menyenangkan ini dapat mendorong anak untuk senang membaca hingga terbawa sampai usia dewasa. Namun yang terjadi di Indonesia adalah sebaliknya, sebagian besar anak Indonesia tidak mendapatkan pengalaman membaca yang menyenangkan sehingga minat baca di Indonesia rendah apabila dibandingkan dengan negara negara lain.

Dengan membaca buku, anak sekaligus menemukan cermin dan jendela dalam kehidupannya. Demikian disampaikan oleh Bunda Roosie Setiawan dalam pemaparannya.

Yang dimaksud buku sebagai cermin adalah : 

1. anak dapat menemukan tauladan untuk menemukan identitas dirinya melalui tokoh dan kejadian dalam cerita.

2. Melihat tokoh dalam cerita sebagai dirinya sendiri sehingga merefleksikannya dalam kehidupan nyata

3. Membentuk persepsi tentang diri mereka sendiri dan menggali potensi diri

4. mendapat inspirasi dari tokoh cerita yang dapat melakukan hal hal yang hebat.

Sedangkan yang dimaksud buku sebagai jendela adalah : buku dapat memberikan pengetahuan baru dan juga buku dapat memberikan pengalaman baru tanpa harus mengalami sendiri kejadiannya.

Ada 4 tahapan dalam membaca nyaring agar mendapatkan hasil yang optimal dan pesan cerita tersampaikan yaitu : 

1. Persiapan Membaca Nyaring yang terdiri dari : 
  • Mengetahui tahapan membaca anak dengan mengetahui kemampuan membaca anak dan usia anak.
format atau model buku sesuai usia anak
  • Tujuan membaca nyaring
  • Pemilihan buku yang sesuai dengan usia dan tahapan membaca anak. Harus melihat Kontennya, genre, keterbacaan dan kegrafikaan . Memilih buku harus disesuaikan dengan perkembangan psikologis si kecil. Buku buku tersebut harus mengandung salah satu nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, buku juga harus memberi contoh sikap yang positif seperti : berani, jujur, saling menyayangi dll. Buku juga harus memberikan pengetahuan, baik tentang mengungkapkan perasaan, lingkungan, bentuk dll. Dan juga buku juga harus mengajarkan ketrampilan baik itu motorik kasar, halus maupun menulis dan berhitung. Sedangkan yang dimaksud keterbacaan adalah : 
menentukan buku sesuai tahapan membaca anak

cara memilih buku sesuai usia anak

cara memilih buku untuk anak

  • Melakukan prabaca untuk mengetahui jalannya cerita, sehingga bisa mempersiapkan intonasi agar membaca lebih menarik. Dan juga persiapan untuk menjawab pertanyaan dari anak yang tiba tiba muncul. Orang tua / pembaca cerita harus mengetahui tokoh, setting, tema, dan alur. 
2. Sebelum membaca nyaring. 
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat akan memulai membaca nyaring, yaitu :
  • Membuka percakapan dengan cara menarik
  • Menunjukkan buku yang akan dibaca beserta gambaran singkat cerita
  • Menyebutkan judul, penulis, dan ilustratornya
  • Gali pengetahuan anak dimulai dari sampul buku
  • Menyususri ilustrasi buku
  • Baca semenarik mungkin
3. Saat membaca nyaring
Saat membaca nyaring kita harus memberi contoh membaca yang baik dan benar, perhatikan juga hal hal berikut ini :

cara read aloud atau membaca nyaring yang baik dan benar

4. Setelah membaca nyaring
Gunakan five finger retell untuk mendorong anak menceritakan kembali cerita yang baru di dengar.

hal penting yang harus dilakukan setelah membaca nyaring


Membaca tak hanya dilakukan untuk bayi dan anak anak, namun membaca nyaring dimulai dari trimester akhir kehamilan. Karena pada usia ke 7 bulan, janin sudah bisa mendengar suara dari luar tubuhnya.

Nah, itulah manfaat dari membaca nyaring berserta tahapan yang harus dilakukan agar kegiatan membaca nyaring yang kita lakukan dapat memberikan manfaat yang optimal untuk si kecil. Hanya 7-10 menit setiap harinya, teman teman dapat mengajak anak lebih kreatif, mencintai buku dan berliterasi sejak dini melalui membaca nyaring.

Dan ingat ya teman teman, untuk membaca nyaring pada zaman sekarang ini bisa dilakukan di mana saja, tak harus menggunakan buku tapi juga bisa melalui aplikasi Let,s Read yang bisa teman teman download. Selamat membaca nyaring, semoga bermanfaat.


You May Also Like

38 komentar

  1. Membaca nyaring ini banyak manfaatnya untuk anak. Saya juga udah download Let's Read. Anak saya juga suka dibacain cerita dari Let's Read ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget manfaatnya, dan anak anak pun betah kalau dibacain gini

      Delete
  2. Membaca tak hanya dilakukan untuk bayi dan anak anak, namun membaca nyaring dimulai dari trimester akhir kehamilan. Karena pada usia ke 7 bulan, janin sudah bisa mendengar suara dari luar tubuhnya --> FUN FACT banget ini mbaaa. Berarti parents harus mulai membiasakan buat read aloud ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, mulai dari janin kudu dibiasakan mendengarkan read aloud

      Delete
  3. Lets Read sdh ada aplikasinya ya di android. Sip banget nih. Jadi bisa pinjem buku² untuk anak dong ya. Bisa kita unduh trus diprint.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget mbak, asal nggak diperjual belikan...

      Delete
  4. Membaca bagian kebutuhan siapa pun, mengenalkan anak dengan literasi bisa dimulai dengan membaca nyaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ternyata manfaatnya tidak hanya sesaat tapi sampai si anak dewasa, luar biasa ya manfaat membaca nyaring...

      Delete
  5. Saya pernah nih ketemu langsung sama Ibu Roosie Setiawan pas di Bali. Waktu itu ada kegiatan bareng Kemendikbud. Memang membaca nyaring itu paling disukai anak-anak. Apalagi bagi anak-anak yang baru saja pintar membaca. Pasti deh candu banget mereka. Asiknya kita bisa mendapatkannya lewat aplikasi Let's Read.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah keren sudha bertemu beliau langsung. Iya, anak anak seneng banget kalau dibacakan dengan nyaring...

      Delete
  6. Kayanya kita seumuran ya, suka baca bobo apalagi lihat gajah cantik si bona.

    Baca nyaring terdengar bikin pengen telinga apalagi baru bisa baca. Tapi disitulah kebangaan seorang mom. Anak rajin baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, momnya juga harus rajin bacain biar si kecil makin lancar bacanya...

      Delete
  7. bahagia banget ada Let's Read ya?
    Sekarang nggak ada alasan nggak bisa baca karena gak buku mahal
    Pakai aplikasi juga ramah lingkungan, nggak perlu mencetak banyak buku yang berati gak banyak pohon yang ditebang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget buun, kalau gini tinggal ortunya aja , bisa nggak rutin bacain cerita dengan nyaring ke anaknya...

      Delete
  8. Jadi inget waktu sekolah, disuruh sama guru untuk membaca nyaring, ternyata memang dampaknya besar ya untuk perkembangan otak si pembacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, manfaatnya dibawa sampe si anak gede..

      Delete
  9. MashaAllah. Rinci banget uraiannya Mbak Retno. Seneng mbacanya.

    Poin bahwa buku yang dibacakan harus disesuaikan dengan usia dan perkembangan psikologis anak adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan orang tua. Temukan bacaan yang dapat dicerna dan dipahami oleh anak seusianya. Dengan demikian tujuan kita memberikan pendidikan dan membangkitkan minat sang anak untuk membaca akan tercapai secara maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bener banget, percuma kita rajin membacakan buku kalau si anak tidak dapat apa apa dari kegiatan tersebut...

      Delete
  10. MasyaAllah memang benar banyak manfat membacakan nyaring ya Mba, alhamdulillah pernah juga ikut webinar ini dan ternyata read aloud pun ada aturan mainnya. Jadi makin pingin mengajarkan kecintaan membaca pada si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ada tahapannya agar hasilnya juga optimal..

      Delete
  11. Senengnya Let's Read ini legal buat diunduh dan dicetak sehingga kalau kurang nyaman baca pakai gadget bisa print sendiri ya?
    Anak2 juga sangat senang kalau dibacakan secara nyaring, malah lebih memperhatikan kalau dibacakan keras2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dengan membacakan nyaring anak anak lebih tertarik unuk mendengar yaa

      Delete
  12. anak anakku sekarang klo dibacain buku, maunya aku membaca secara nyaring mbak
    mereka lebih semangat

    ReplyDelete
  13. Yes betul sekali mbak aplikasi let's read menjadi sahabat ibu-ibu yang sedang megajarkan anak-anak buat membaca nyaring ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, banyak pilihan ceritanya. Mau yang daerah maupun internasional

      Delete
  14. Lets read ini keren banget ada cerita bergambar/dongeng jadinya anak juga gak bosen baca cerita/dongennya. Btw, anak-anak juga sering nih saya bacakan cerita dari Let's read di hape, karena mudah didownload juga di palystore. Dibacakan nyaring juga anak-anak suka, kadang anak juga disuruh baca nyaring pasti mau...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau yang membacakan capek diajak gantian aja biar makin seru hehehe

      Delete
  15. koleksi bukunya Let's Read boleh di cetak asal untuk kepentingan sendiri dan tidak diperjualbelikan. Asyik dong ya, bisa berulangkali membaca tanpa harus terhubung ke internet. Saya sendiri lebih nyaman membaca buku cetak dibanding membaca buku lewat hp/laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... asik kan jadi dapat bahan bacaan bagus tanpa harus keluar rumah dan bisa prin sendiri...

      Delete
  16. Kalau ada aplikasi let's read di hp bisa kapan aja ajarkan anak ya kak. Apalagi ponakan ponakanku di usianya sekarang penting dibiasakan membaca atau mendengarkan saat membaca nyaring, biar fokus saat menyimak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sewaktu waktu asalkan anaknya siap bisa langsung membacakan...

      Delete
  17. Lengkap nih fitur nya trus gambar gambarnya juga unik unik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... anak anak senneg banget liat gambarnya lucu lucu

      Delete
  18. Oh ternyata bisa dibaca di website to Mbak? Hihi kudetnyaaaa

    Terlebih boleh diunduh dan dicetak? Wah mantaaap nih. Diprint warna sisan, jadi tambah apik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... ga usah donlod juga bisa baca kok. Boleh banget asal enggak diperjual belikan yaa

      Delete
  19. membaca nyaring terus direkam aja mbak, sekalian bikinin podcast *halah*

    ReplyDelete
  20. iya mbak... read aloud itu banyak banget manfaatnya. Anak2 juga jadi senang juga berkisah atau berdongeng, sekalian meningkatkan kepercayaan diri mereka.
    Waktu anak-anak kecil sering aku bacakan buku, pas udahs ekolah sering ditunjuk sekolah untuk ikut lomba berkisah/bercerita

    ReplyDelete