fashion

Tips memilih alas kaki untuk wanita bertubuh pendek

18.07.00

jenis sepatu wanita


Ada berapa jenis sepatu di rak sepatu teman-teman? Bermacam macam jenis atau jumlahnya banyak tapi hanya satu macam saja? Penting enggak penting sih untuk tahu berbagai jenis sepatu ini buat wanita. Tidak harus dihapalkan, tapi setidaknya kita tahu nama model sepatu yang kita inginkan. Sehingga kita mudah menanyakannya pada mbak mbak pramuniaga saat belanja atau memberi kemudahan pada saat kita browsing melalui search engine.

Mengenai jenis sepatu wanita ini, saya telah membaca beberapa sumber. Dimana masing masing sumber memberikan pendapat yang berbeda mengenai ada berapa jenis sepatu wanita. Ada yang menuliskan 22, 26, 30, 36 dan bahkan ada pula yang menyebut angka 40 macam sepatu untuk wanita. Namun kebanyakan, dari angka angka tersebut juga menyertakan sandal dalam daftarnya. Yang berarti daftar tersebut tidak hanya untuk jenis sepatu saja melainkan aneka jenis alas kaki untuk wanita.

Setiap orang tentu memiliki jenis sepatu favorit masing masing, dan setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri menjadikan jenis sepatu yang menjadi idolanya. Ada yang karena rasa nyaman saat memakainya, modelnya, keunikannya, dan ada pula yang dikarenakan harganya. Tak bisa dipungkiri perkembangan fashion telah membawa sepatu ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya menjadi alas kaki tapi juga menunjukkan prestise. Sepatu telah menjadi pelengkap adibusana yang dapat menambah gengsi pemakainya.

Kalau untuk saya sendiri yang paling penting adalah saya nyaman dan cocok saat memakainya. Andai dipakai nyaman tapi modelnya enggak cocok dengan bentuk tubuh saya yang mendekati satu meter setengah ini, pasti saya tidak akan membelinya walau saya sangat menginginkannya. Percuma, pasti sepatu tersebut hanya akan menjadi penghias lemari saja.

Untuk wanita yang bertubuh pendek memang agak tricky saat memilih model sepatu. Jangan sampai salah model yang membuat tubuh terlihat penuh dan malah terlihat semakin pendek. Untuk yang bertubuh ramping sih lebih mudah, karena tidak akan terlihat bulat. Tapi jika pendek dan (hampir) bulat macam saya ini harus bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

Beberapa model sepatu yang selama ini saya hindari karena akan membuat tubuh pendek saya semakin bulat antara lain wedges, platform, dan gladiator.

  • Wedges

Wedges memang menambah tinggi tubuh kita dengan sole-nya yang tebal dan semakin tinggi di bagian tumit. Walaupun menambah tinggi namun tidak berarti kita terlihat lebih tinggi.Model wedges justru membuat tubuh terlihat semakin pendek karena modelnya yang besar, sehingga membuat kaki juga terlihat besar.

  • Alas kaki dengan sole "nggedebel" alias tebal

Beberapa waktu lalu sempat ngetrend sepatu atau sandal dengan sole yang tebal dan tinggi. Beruntung saya tak menyukainya sehingga tak perlu menahan diri agar tak membelinya, karena saya merasa tubuh pendek saya tidak cocok dengan berbagai model sepatu atau sandal yang memiliki hak yang tebal.

  • Gladiator dan ankle straps

Sesuai namanya model alas kaki ini banyak digunakan oleh para gladiator, yaitu berupa alas kaki dengan tali yang membelit kaki secara menyilang hingga ke betis. Ada juga versi pendeknya hanya sampai ke mata kaki. Pernah sih kepikiran untuk beli tapi untung sadar diri bakalan terlihat semakin pendek jadi batal belinya hahaha. Sedangkan ankle straps biasanya berupa tali atau pita yang diikatkan di pergelangan kaki. Terlihat cantik sih tapi tetap saja tidak cocok untuk bentuk tubuh saya yang semampai.


 Nah itulah beberapa jenis alas kaki yang tidak pernah saya beli karena alas kaki tersebut tidak cocok untuk wanita bertubuh pendek seperti saya. Nah biar lebih afdol, mari kita menyimak saran para ahli dalam memilih alas kaki untuk wanita bertubuh pendek sebagai berikut : 


Saran para ahli dalam memilih alas kaki bagi wanita bertubuh pendek :

  • Gunakan sneaker yang memiliki hak datar
  • Pilih heels berbentuk pointed/runcing di bagian bawah untuk memberi kesan lebih tinggi.
  • Pilih strap tipis untuk memberi kesan kaki lebih ramping dan jenjang
  • Warna hitam dapat memberi ilusi ramping dan lebih tinggi
  • Pilih alas kaki dengan ujung runcing untuk memberi kesan lebih tinggi dan ramping
  • Gunakan model yang simpel dan hindari detail yang terlalu banyak agar tidak terkesan penuh.
  • Loafer juga disarankan para ahli agar anda yang bertubuh pendek terlihat lebih tinggi.


Saya bukanlah kolektor sepatu. Semua alas kaki yang ada di rumah, saya beli berdasarkan kebutuhan, misalnya untuk kondangan, jalan-jalan, olahraga, rapat semi formal, rapat formal dan sepatu harian. Oh ya, sekedar info saja, sehari hari saya lebih sering menggunakan sepatu untuk keluar rumah. Misalnya antar jemput anak sekolah, ke pasar atau mengantarkan anak anak latihan bola.


Berikut ini beberapa jenis sepatu atau alas kaki yang ada di rumah dan alasan memilikinya :

1. Strap sandal dengan hak 7 cm

Sandal ini saya pakai untuk kondangan. Cukup membantu saya terlihat lebih tinggi karena haknya lumayan langsing dan meruncing ke bawah. Sengaja saya memilih strap dengan tali yang sempit agar tidak terlalu banyak menutup punggung kaki. Karena jika punggung kaki terlalu tertutup juga akan membuat saya terlihat lebih pendek.

2. Boots

Ada 2 buah sepatu boots yang saya miliki saat ini. Keduanya berwarna hitam, sebenarnya ada tiga tapi yang coklat harus pensiun karena usianya yang sudah tua. Saya masih punya cita cita untuk membeli lagi model yang sama, tapi belum nemu. Pak Suami yang dulu membelikan sepatu itu saya tanya dimana membelinya malah lupa.

Boots kedua berupa flat ankle boots berbahan suede. Kalau menganut pakar fashion, sepatu jenis ini juga tidak disarankan untuk wanita bertubuh pendek seperti saya. Tapi karena sudah terlanjur cinta ya gimana lagi. Tetap saya pakai dengan beberapa trik agar tidak terlihat pendek pendek amat.

beli saldo PayPal tanpa minimal transaksi di SaldoPP.Net



Trik berbusana agar terlihat lebih tinggi saat memakai ankle boots untuk wanita bertubuh pendek :


1. Jika anda memakai gamis atau rok panjang, pilihlah kain yang flowly sehingga tidak terkesan berat.
2. Usahakan gamis tidak terlalu panjang, paling enggak setinggi mata kaki atau lebih tinggi sedikit. Perbedaan sekian sentimeter ini memberikan efek yang cukup terlihat saat anda memakai ankle boots.
3. Anda bisa memakai midi dress dengan model tidak terlalu lebar dan legging untuk mengeksplorasi boots yang anda kenakan.
4. Blouse yang tidak terlalu panjang dan skinny jeans juga cukup membantu anda untuk terlihat lebih jenjang.
5. rok midi dengan blouse longgar juga bisa menjadi pilihan. Jika anda memakai hijab dapat diakali dengan menggunakan legging agar kaki tidak terlihat.
6. Percaya diri. Sebagus apapun busana anda jika tidak disertai dengan kepercayaan diri maka anda akan terlihat tidak menarik. Sebaliknya, busana anda yang tidak sempurna kan terlihat lebih menarik jika anda percaya diri.


Nah itulah beberapa trik yang saya gunakan untuk 'melawan' pendapat para pengamat fashion yang mengatakan bahwa ankle boots tidak sesuai untuk wanita bertubuh pendek seperti saya agar lebih percaya diri.


Boots yang ketiga adalah ankle boots dengan heels 5 cm. Karena modelnya terlihat sangat formal saya menggunakan sepatu ini saat pertemuan yang sifatnya resmi. Misalnya saja pertemuan ibu-ibu di kantor PakSuami yang mengharuskan memakai seragam.

3. Loafers

Ini adalah sepatu harian saya. Kaki saya termasuk bandel, suka pilih pilih sepatu, sepatu yang kualitasnya kurang akan mudah sekali rusak hanya dengan beberapa kali pakai. Beruntung saya menemukan sebuah merk sepatu yang harganya terjangkau tapi kualitasnya mumpuni, sehingga awet meskipun saya pakai sehari hari. Saking sukanya saya dengan merk ini, saya sudah beberapa kali membeli dengan model dan warna yang sama.

4. Sneakers

Ada tiga buah sneaker yang saya miliki. Salah satunya merk lokal hasil dari memenangkan giveaway. Sedangkan yang dua lagi merk internasional dengan model yang berbeda. Satu untuk jalan jalan berupa sneaker berbahan canvas dan satunya lagi untuk olah raga. 

model sepatu untuk wanita pendek



Saat ini sudah semakin banyak sneaker lokal yang berkualitas, namun belum semua pernah saya coba. Dengan bahan yang sama, sneaker lokal yang saya miliki jika dibandingkan dengan brand internasional akan terasa bedanya. Untuk brand luar negri ini sangat nyaman dipakai, lebih ringan dan tidak kaku. Meskipun saya jalan modar-mandir dalam jangka waktu yang lama tidak membuat kaki saya lecet. Sayangnya karena pandemi, sepatu ini hampir dua tahun tidak dipakai. Ketika saya hendak memakainya kembali ada beberapa bagian yang sudah lepas lemnya. Saya sudah mengelemnya ulang tapi khawatir kalau tiba tiba lepas saat saya gunakan.


Sedangkan brand lokal yang saya miliki, model dan warnanya tidak kalah keren namun saya hanya menggunakannya untuk acara yang tidak terlalu lama durasinya.


Sneaker yang ketiga adalah sepatu yang biasa saya gunakan untuk jogging. Solenya tidak terlalu tebal dengan bentuk ujung meruncing. Bahannya ringan dan sangat nyaman dipakai. Saya perlu menabung untuk membeli sepatu ini dulu. 


Bicara tentang sneaker, modelnya ada bermacam macam dan harga tak bisa bohong. Sneaker brand internasional sudah terkenal akan kualitasnya. Selain itu juga memberikan nilai tersendiri bagi pemakainya. Tak heran, banyak yang hobi mengkoleksinya meskipun harganya mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.


Bagi kaum mendang mending, apalagi berkaki yang bandel seperti saya, memiliki sneaker yang berkualitas adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Karena ini berarti dalam beberapa tahun ke depan tidak usah buru buru memikirkan membeli sepatu baru, karena sepatu yang ada masih awet digunakan.


Ada beberapa trik yang saya gunakan agar bisa mendapatkan sepatu brand ternama dengan harga murah, diantaranya :

Trik belanja barang branded murah

  • Manfaatkan musim promo. Promo paling besar besaran biasanya hadir saat libur natal dan tahun baru. Manfaatkan promo yang ada karena biasanya brand brand luar pun banting harga besar-besaran
  • Belanja dari situs jual beli luar negeri. Saat ini sudah era digital, membeli barang dari luar negri juga semakin mudah. Biasanya beberapa barang di situs internasional tidak dijual di Indonesia. Bahkan beberapa kali saya menemukan harga sneaker setelah diskon ditambah ongkos kirim, harganya masih jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga Indonesia.


Banyak orang yang ragu ragu untuk belanja di luar negeri terkait dengan pembayaran, karena biasanya situs jual beli luar negeri ini hanya menerima kartu kredit atau metode pembayaran online internasional seperti Paypal. Saat ini bisa dibilang Paypal adalah metode pembayaran Internasional yang paling populer di negara kita. Nah jika anda ingin membeli sneaker dengan harga miring dari situs luar negeri, bisa menggunakan Paypal untuk pembayaran. Buat anda yang tidak memiliki akun Paypal, jangan khawatir karena sekarang ada jasa pembayaran belanja luar negeri seperti SaldoPP.Net. Melakukan pembayaran melalui SaldoPP.Net prosesnya sangat cepat dan mudah. Untuk satu kali transaksi, biaya jasa bayarnya hanya Rp. 20.000. Murah banget kan?

Jual saldo paypal aman dan murah



Selain melayani jasa bayar melalui PayPal, SaldoPP.Net juga melayani jasa jual saldo Paypal tanpa minimal transaksi dan jasa penukaran uang rupiah ke mata uang lain melalui Paypal serta melayani VCC untuk verifikasi akun PayPal. Untuk teman teman yang tidak memiliki mobile banking, jangan khawatir karena transaksi SaldoPP.Net ini dapat dilakukan melalui metode transfer biasa dan e wallet seperti Gopay, OVO, Dana dan Shopeepay. Hm, siapa sih di zaman sekarang ini yang belum punya e-wallet. Kayanya semua orang punya ya...

melayani saldo paypal murah

Meskipun teman teman belanja di saat weekend, tak perlu bingung, karena customer service SaldoPP.Net selalu buka dari hari Senin sampai Minggu bahkan di hari libur internasional. Jam operasionalnya juga panjang, dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00. So, kapanpun anda berbelanja, SaldoPP.Net akan melayani anda dengan murah dan cepat. 


Rasanya sudah panjang sekali cerita tentang persepatuan kali ini. Mungkin cerita akan bertambah panjang jika saya sudah membeli sneaker baru sebagai  pengganti sneaker saya yang sudah ngelontok lemnya. Sampai jumpa di cerita selanjutnya ya... 

You Might Also Like

24 comments

  1. Hemm buat yang pendekk biasanya sepatu jadi pendukung penampilan biar keliatan tinggi, hehe. Apalagi kalauu bisa belanja dengan harga murah di musim promo, mantul banget.

    BalasHapus
  2. makasih loh tips2nya alas kaki buat wanita, langsung melihat rak sepatu. Keknya didominasi sama boots2 ataopun wedges, sneaker . Ahh buatku yang penting nyaman dipakai dan memantaskan saat memakainya sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  3. Sulungku sebenarnya nggak pendek kalau dibandingin teman2nya tapi termasuk pendek kalau di tengah kami. Jadi dia selalu pakai sepatu hak tinggi atau yg solnya tebal.

    BalasHapus
  4. Wah alas kaki juga kudu banget diperhatikan ya jika ingin tampil menarik buat yang memiliki tinggi badan pendek.

    BalasHapus
  5. Di rumah sih sepatuku yang paling sering dipake ankle boot ama sneaker yah
    Ada juga flat shoes ama wedges tapi jarang dipake hehehe

    Emang sih yang penting nyaman dipake aja yah sepatunya

    BalasHapus
  6. Berhubung aku juga agak pendek aku lebih nyaman pakai sepatu atau sandal yang berhak agak tinggi, tapi gak suka kalau ketinggian aku ga bisa makenya hehe.... paling banter 3-5cm lah...

    BalasHapus
  7. waaa tipsnya buat aku banget nih cocok hahaha, aku paling suka pake sneakers dan loafer aja paling sih. ahh belanja sepatu murah siapa yang gak mau yaaa, ayo hunting promo promo promo

    BalasHapus
  8. Sepatu selain alas kaki yang merupakan penopang tubuh, juga jadi poin penampilan, apalagi bagi seorang wanita. Kalau terlihat makin semampai oleh sepatu yg dipakai, nyaman pula, udah pasti jadi sepatu kesayangan, bisa punya beberapa pasang. Apalagi kalu beli saat promo dan ada jasa bayar yg bisa diandalkan. Mantap belanja sepatu :)

    BalasHapus
  9. Aku pendek tapi lebih seneng sepatu flat aja mbak, pegel pake heels. Kalau kondangan baru pake heels, itu juga beraninya yg 5 cm doang haknya ahaha

    BalasHapus
  10. Saya ukuran 38 klo cari selalu yang an menurut saya wejes simpel dan GK terlalu tinggi

    BalasHapus
  11. Saya lebih suka flat shoes sebenarnya, tapi apa pun bisa selama kita nyaman, apalagi bisa "melengkapi" bentuk badan kita sehingga terlihat makin cantik huehehe

    BalasHapus
  12. Wanita ya g tingginya di bawah rata-rata memang harus pandai memilih alas kaki agar terlihat tinggi semampai yaa. Saya suka pakai heels yang tingginya 5 atau 7 cm

    BalasHapus
  13. Makasih infonya, udah lama ngincer buku di MP luar, tapi tersandung kendala pembayaran yang mesti pake KK dan paypal, btw koleksi sepatunya cakep-cakep

    BalasHapus
  14. Saya jadi tahu cara mensiasati biar terlihat tinggi tapi biasanya perempuan memilih untuk tampil bagus modis yaa ya pakai wedges ini. Saya dulu sneakers, sekarang senengnya sandal biasa hadeuh hehe

    BalasHapus
  15. eh iya kalau pakai booth pakai rok yang nggak terlalu panjang ya, biar kelihatan. Hehe. Cakep banget mba, koleksi flat ankle boots-nya. Booth ternyata nggak harus ada hak-nya ya.

    BalasHapus
  16. Dari sekian pilihan aku tetep setia dengan sneaker mbak. Ingin sih pake hak tinggi, tapi akunya yang kesulitan jalan. Gak biasa pake heels, kalau pakai malah gak PD jalannya gak bisa tenang kayak rangorang hehe

    BalasHapus
  17. Pantes pas pakai Wedges tuh agak aneh. Eh ternyata kurang cocok buat yang bertubuh pendek kaya aku. Catet deh tipsnya. Soalnya aku tipe yang santai pas milih alas kaki

    BalasHapus
  18. iya mbak, pakai sepatu enaknya yang nyaman dan pas di kaki yaa. sneakers juga saya suka mbak, lebih enjoy pakainya, dan sepatu yang pantopel gitu, jadi suka ngebayangin jadi tuan putri wkwkwk

    BalasHapus
  19. selalu ada tips and trik untuk bisa tampil modis ya mbaa.. memilih sepatu yg sesuai dengan tubuh kita juga perlu banget kita ketahui. aku suka loh sepatu boots gitu.

    BalasHapus
  20. Sepatu kesukaan aku...emm, Boots suka.. sepatu heels buat kerja yang modelnya lancip sama sepatu super teplek yang ada bunganya di bagian atas.
    Hihi..suka yang imut-imut mengingat aku pendek.
    Rasanya suka banget koleksi sepatu. Hanya sejak pandemi gak pernah keluar, paling dibersihin gitu.. biar ga cepet rusak yaa..

    BalasHapus
  21. Hampir semua alas kaki aku tanpa hak. Paling sering emang sneakers sih mba. Makasih informasi dan tipsnya

    BalasHapus
  22. thanks mba untuk semua pilihan dan tipsnya... aku dulu suka pakai yang berhak tapi sekarang senagnya yang santia ngga bikincapek

    BalasHapus
  23. Nah buat yang bertubuh pendek bisa akali atau buat penampilannya menjadi lebih tinggi dengan menggunakan sepatu yang berhak ya. Namun untuk memilih jenis sepatu yang cocok untuk postur tubuh juga gak boleh asal ya. So, bagus banget nih tipsnya. Bisa diikuti biar gak salah beli sepatu nantinya

    BalasHapus
  24. Rata-rata sepatuku flat alasnya mba. Sejak punya anak pertama, betisku ga kuat pake yang ada heelsnya. Jadi ngakalinnya ya dengan boots yang pake heels gitu, tidak terlalu capek telapak kakinya.

    BalasHapus