fashion

Cara Memilih Atasan yang Tepat untuk Wanita Bertubuh Pendek

12:14

Konten [Tampil]

Tips memilih atasan yang cocok untuk wanita pendek

Jangan salah, meskipun memiliki tubuh pendek, kita sebagai wanita juga bisa tampil menawan loh. Pilihan berbusana yang tepat, dapat membuat kita semakin menarik. Karena setiap orang punya hak untuk tampil menarik. 

Untuk terlihat menarik kita tidak harus menyenangkan semua orang, karena tak akan ada habisnya. Itulah sebabnya penting untuk menjadi diri sendiri, agar dapat memilah mana pendapat yang sifatnya membangun dan mana pendapat yang ingin menjatuhkan.

Hal semacam ini tak hanya berlaku untuk penampilan saja namun juga untuk segala hal. Namun karena disini kita akan membicarakan model atasan yang cocok untuk wanita bertubuh pendek, jadi pembicaraannya ya seputar atasan atau baju saja ya.

Memilih baju bagi wanita pendek memang gampang-gampang susah. Tapi jika kita sudah tahu tips dan triknya maka tidak akan menjadi masalah lagi. Kita akan selalu tampil PD meskipun bertubuh pendek. Oleh sebab itu perhatikan beberapa hal berikut :

Hal yang Perlu Diperhatikan Wanita Pendek dalam Memilih Atasan

1. Kenali Bentuk Tubuh

Di artikel sebelumnya saya telah menuliskan macam-macam bentuk tubuh wanita, ciri-cirinya dan model pakaian yang sesuai. Misalnya pada wanita dengan bentuk tubuh apel yang pendek, maka bagian atas tubuh akan terlihat lebih besar atau menonjol bila dibandingkan dengan bagian lainnya. Untuk atasan, jangan memilih potongan di bagian pinggang, namun pilihlah potongan di bagian dada atau sedikit di bawah dada.

Potongan tepat di pinggang akan membuat tubuh terbagi dua yang kurang proporsional. Namun jika potongan di bagian dada maka bagian bawah tubuh akan terlihat semakin panjang dan memberikan efek lebih slim.

Namun jika bentuk tubuh anda pear atau segi empat, potongan di pinggang justru akan meemberikan sedikit lekuk di tubuh anda. Potongan itu tak harus ketat, bisa berupa jahitan atau berupa ikat pinggang kecil.

2. Motif Atasan untuk Wanita Pendek

Bagi wanita kurus, menggunakan motif agak besar bukanlah suatu masalah. Namun jika tubuh anda agak berisi sebaiknya memilih motif yang kecil dan bentuknya seragam. Motif kecil akan memberikan efek lebih ramping sehingga Anda terlihat lebih tinggi. Selain itu atasan bercorak garis vertikal juga disarankan bagi wanita pendek.

3. Hindari Atasan dengan Detail yang Ramai

Model atasan yang ramai akan membuat tubuh kita nampak penuh, Sah-sah saja menambahkan detail pada baju atasan asal dengan proporsi yang seimbang. Misalnya saja kita memilih baju lengan balon, maka hindari hiasan / corak berlebihan di bagian dada.

4. Bolehkah Wanita Pendek Memakai Atasan Oversize?

Akhir-akhir ini musim anak-anak muda yang memakai sweter atau hoodie. Jika anda pendek dan kurus tidak akan masalah saat Anda mengenakan atasan Oversized. Namun jika tubuh Anda berisi lebih baik menghindarinya. Atasan Oversized akan membuat tubuh bervolume. Lebih baik memilih sweter atau jumper yang pas di badan meskipun tidak ketat.

5. Pilih Antara Pendek atau Panjang Sekalian

Memberi kesan tubuh tinggi dapat dilakukan dengan mengenakan atasan model croptop. Tenang saja, wanita berhijab juga bisa memakai croptop kok. Croptop bisa membuat kita nampak tinggi karena seolah-olah membagi tubuh menjadi 3. satu pertiga untuk bagian atas dan dua pertiga bagian bawah, Proporsi yang banyak untuk bagian bawah inilah yang menimbulkan ilusi kita terlihat lebih tinggi.

Bagi yang berhijab bisa memadukan antara jblazer, aket atau cardigan croptop dengan ganis atau inner panjang.

Pilihan laiinya adalah menggunakan outer panjang sampai hampir mata kaki. Outer yang panjang ini juga menimbulkan kesan kita lebih tinggi. Bedakan dengan cardiga yang panjangnya sepaha atau yang sedikit diatasnya yang membagi tubuh menjadi dua bagian yang sama. Tentunya cardigan/coat yang panjang akan memberi efek yang lebih menarik. Agar terlihat lebih slim pilih cardigan dengan bahan yang jatuh dan modelnya lurus.

6. Pilih Bahan yang Jatuh dan Tidak Kaku

Memakai atasan dari bahan yang kaku memang tidak menampakkan bentuk tubuh namun membuat tubuh nampak lebih bervolume. Sebaliknya bahan yang jatuh dan tidak kaku akan membuat tubuh terlihat lebih ramping. Pastikan meskipun Anda memakai bahan yang jatuh, atasan tersebut tidak terlalu longgar. Pilih yang pas di badan, tidak ketat namun nyaman dikenakan.

7. Apakah Wanita Pendek Cocok Memakai Tunik?

 Tentu saja, wamita pendek juga bisa memakai tunik asalkan dipadukan dengan bawahan yang pas. Selain itu pilih tunik polos atau motif yang tidak mencolok.  Panjang tunik biasanya mulai sedikit di atas lutut hingga pertengahan betis. Untuk menambah ilusi tinggi padukan tunik dengan bawahan berwarna senada.

Bagaimana dengan kaos atau blouse dengan panjang yang nanggung? Anda bisa mengakalinya dengan memasukkan ujung bawah kaos ke celana atau rok. Atau jika ingin tampil berbeda, anda bisa memasukkan sisi kanan dan kirinya saja.

8. Pilih Kerah Bentuk V atau Kerudung Berujung Lancip

Kerah berbentuk V dapat memberikan efek tubuh bagian atas lebih panjang. Demikian juga jika anda mengenakan kerudung, pilihlah kerudung dengan bagian depan berujung lancip. Namun jika anda tidak berhijab dan tidak suka mengenakan kerah berbentuk V yang terlihat lebih rendah daripada kerah bulat, maka anda bisa menambah detail yang memberikan kesan yang sama. Misalnya saja lebih memilih ruffle kecil berbentuk segitiga memanjang alih-alih berbentuk kotak yang memenuhi dada.

Atau bisa juga anda mengenakan kalung yang agak panjang dengan lionting yang tidak terlalu mencolok sebagai ganti krah berbentuk V.


Contoh Gaya Berpakaian Wanita Pendek

Kesimpulan

Wanita bertubuh pendek bisa tampil menarik dengan pilihan berbusana yang tepat. Perhatikan beberapa faktor seperti bentuk tubuh, motif, panjang yang tepat hingga warna yang sesuai. Dari semua pilihan busana yang tersedia, busana terbaik adalah yang membuat kita nyaman dan percaya diri memakainya. Walaupun begitu kecantikan dari dalam jangan sampai ditinggalkan agar kita nampak menarik dalam arti yang sebenarnya.

Nah itulah beberapa tips bagi wanita bertubuh pendek untuk memilih atasan yang tepat. Mungkin di antara teman-teman ada yang ingin menambahkannya? Mari saling berbagi di kolom komentar. Oh ya, untuk mengetahui bentuk tubuh wanita dan ciri-cirinya, teman-teman bisa membaca artikel sebelumnya. Selamat membaca.


You Might Also Like

11 comments

  1. Thank you informasinya Mba, kebetulan ibu saya agak mungil tubuhnya jadi harus pintar2 milih baju karena aktivitas beliau cukup sering di ruang publik hihihi.

    BalasHapus
  2. Bagus tipsnya nih memilih busana buat wanita bertubuh pendek, karena dilengkapi sketsa, jadi kebayang seperti apa sih. Aku sering lihat tuh ABG pakai crop top tapi ya bukan busana Muslimah sih, jadi nyaris terlihat perutnya. Hum...bisa juga ya kalau Muslimah, dikombinasi dengan inner yg panjang, jadi tetap sopan...
    Sip...trims tipsnya...

    BalasHapus
  3. Waaa makasih kak, ini jadi referensi untuk temenku yang selalu ribut di grup chat soal bajunya yang dirasa ngga ada yang cocok, padahal bajunya buanyaak wakakak

    BalasHapus
  4. Ya padu padan yang tepat akan membuat tubuh pendek kita terlihat lebih tinggi

    BalasHapus
  5. Wah, makasi tips-nya ya Kak. Memang mengatur fashion yang sesuai dengan bentuk tubuh itu susah-susah gampang. Untuk yang bertubuh pendek, menggunakan motif vertikal sepertinya membantu sekali juga ya agar tubuh tampak lebih jenjang.

    BalasHapus
  6. Iya deh.. Ini aku salah pilih baju. Beneran pingin ikutan tren anak skarang yang suka ama kemeja oversize. Tapi akhirnya aku gapede dan aku kecilin... Huhu... Jadi ga rapih but it's okay kalik yaah... Daripada kliatan gombrong banget...

    BalasHapus
  7. Bentuk tubuh ternyata mempengaruhi juga ya dalam pemilihan baju. Selama ini asal aja beli baju dengan warna yang aku mau hehe

    BalasHapus
  8. Contoh padu padannya cakep nih, mau coba juga, bener lo bahan kaku ini jadi tubuh kelihatan lebih berisi, jadi semakin gede wkwk

    BalasHapus
  9. Long cardigan ini sepertinya cocok untuk semua orang, baik yang berbadan pendek maupun tinggi, bagus juga sich. Dan aku juga lebih nyaman pake long cardigan, karena bisa nutupi pantat juga

    BalasHapus
  10. saya nggak pendek pendek banget, tapi badannya besar mbak. dan saya suka model pakaian no 2 dan 4, yang pakai long kardigan dan kerudung lancip+gamis.

    BalasHapus
  11. Wah boleh juga nih ide atasannya even tubuh saya gak pendek2 amat tapi kurus jadi emang suka pakai atasan yang oversize gitu. Oh ya aku juga suka pakai long cardigan

    BalasHapus