blogging

Kelas SEO Online Gratis BRT yang Memacu Adrenalin

13.48.00

Kelas Gratis SEO Online bersama BRT



Awalnya masih ragu ragu saat akan mendaftar menjadi peserta kelas SEO Online gratis dari BRT. Lah enggak keder gimana coba. Menurut teman teman yang sudah ikut sebelumnya, kalau enggak mengumpulkan tugas langsung ditendang tanpa basa basi eh ya nggak ditendang juga sih tapi dikeluarkan dari kelas.

Tapi ya wajar saja, namanya kelas gratis artinya tanpa membayar peserta bisa mendapatkan ilmu secara cuma cuma. Sebagai wujud kesungguhan kita dan bentuk terima kasih pada para coach sudah seharusnya kita mengerjakan tugas yang diberikan. Kalau saya sih, sejauh ini mencoba untuk selalu mengerjakan tugas sebaik mungkin, walau tidak aktif di kelas.

Sebenarnya sudah lama saya merasakan kalau blog saya ini tidak sehat. Hanya perasaan saja sih, tapi bingung juga mau membetulkannya bagaimana lawong kesalahannya saja tidak tau ada dimana.

Maklum lah dulu niat awal ngeblog kan memang cuma buat menyimpan tulisan dan catatan yang tercecer. Setelah mendapatkan duit dari blog malah keasyikan dan keterusan sampai sekarang.

Enggak ada niatan belajar ngeblog dari awal, cuma menulis dan menulis saja. Makanya ilmu tentang blog pun minim banget. Dan adanya kelas SEO gratis dari BRT ini sebuah kesempatan besar untuk memperbaiki struktur blog agar lebih baik lagi.

Saya pun menyadari akhir akhir ini terlalu nyaman dengan keadaan sehingga tidak mengupgrade diri maupun blog. Oleh karena itu saya butuh pancingan yang menggugah adrenalin untuk memacu semangat ngeblog dan belajar saya. Dan kelas SEO online gratis BRT adalah langkah tepat buat saya.

Karena kelasnya tegas banget, jadi saya harus benar benar mematuhi aturan yang diterapkan, antara lain rajin nyekrol, mengerjakan tugas dan dilarang japri.

Coach Kelas SEO Online Gratis BRT yang tegas tapi sabar


Kelas SEO gratis ini diampu oleh para blogger yang mumpuni di bidangnya. Walaupun belum pernah bertemu langsung dengan beliau beliau ini tapi sudah sering berinteraksi melalui WAG. Tapi ada juga yang baru saya kenal.

Para Coach yang selalu sabar menjawab pertanyaan kami ini adalah, Mas Punto yang memberi materi tentang 18 Parameter SEO Onpage, Mas Priyo dengan materi tentang Google Analytic dan Google Search Console, Mas Zen yang membahas tentang coding dan cara mempercepat blog. Mbak Monica Anggen,Mbak Marita Ningtyas dan mbak Gilang Maulani yang juga sibuk menjawab tumpukan pertanyaan di grup.


Belajar parameter SEO On Page, Google Analytics dan Google Search Console secara gratis bareng tim BRT Network



Pengalaman di Kelas SEO Online Gratis BRT

Kalau diingat ingat, kelas SEO gratis BRT ini dari awal sudah membuat jantung deg degan. Masa, telat mengisi daftar absen saja langsung dikeluarkan. Padahal kan baru bergabung dengan grup. Untung saja waktu itu saya langsung menulis absen, padahal sedang ada kegiatan di luar rumah.

Saya akui, itu cara yang bagus untuk menunjukkan kalau kelas memang bener bener serius dan tegas.

Pertemuan pertama diawali dengan zoom yang diampu mas Priyo dan dibantu mbak Marita. Dari zoom pertama ini saya mengenal Meta SEO Inspector. Daan baru tahu kalau selama ini saya sudah mengisi alt text dan judul pada gambar yang saya unggah di blog tapi ternyata tidak terbaca oleh google.

Pantesan saya pernah ditegur oleh PIC suatu campaign gara gara alt text dan alt title ini. Berhubung saya ngga ngeh kalau ada yang salah dengan blog saya, jadi saya pun tenang tenang saja.

Dari awal dimulainya kelas SEO gratis ini sudah sarat ilmu, oleh karena itu saya akan berusaha terus untuk dapat mengerjakan tugas tepat waktu.


Materi Kelas SEO Online Gratis BRT


Di minggu pertama seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, melalui Meta SEO Inspector kami belajar memahami struktur blog dan bagaimana cara mengatasinya.

Di Minggu kedua ini kami belajar tentang 18 Parameter SEO Onpage yang dikawal oleh mas PW alias Mas Punto Wicaksono dan mempelajari Google Analytics dan Google Search Console oleh mas Priyo.

Sedangkan di minggu berikutnya akan belajar coding dan bagaimana cara mempercepat blog yang akan dikawal oleh mas Zen.

Pasti sudah pada penasaran kan apa saja 18 parameter SEO Onpage itu? Baiklah, akan saya beri gambaran singkat ya, kalau ditulis semua akan jadi satu blogpost tersendiri nih.


18 Parameter SEO OnPage oleh mas PW

1. Ada Keyword di Judul dan panjang meta judul 55 Karakter

2. Judul Sebaiknya diawal

3. Ada Keyword di Permalink dan Panjang Permalink maks 75 Karakter.

4. Ada Keyword di Meta Deskripsi dan maks 155 Karakter.

5. Ada Keyword di 150 karakter paragraf awal

6. Keyword tidak perlu di Bold, Italic, Underline.

7. Selalu ada Kesimpulan/konklusi

8. Jumlah Kata Pada Artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor

9. Paragraf tidak perlu Panjang

10. Ada H1, H2 dan H3 yang berurutan.

11. Keyword ada di H2 dan H3.

12. Keyword di nama image pakai strip (-)

13. Alt Image/Video.

14. Internal Link menuju ke Artikel yang Relevan.

15. Gunakan LSI Keyword

16. Share di media sosial (FB/Twitter/dll).

17. Inspect URL di Google Search Console

18. Besar file image maksimum 100 kb tapi kalau bisa dibawah 50kb

Lumayan banyak juga ya cara agar tulisan kita muncul di google halaman awal, padahal SEO Onpage ini hanya sebagian saja. Masih banyak faktor lain yang juga mempengaruhinya. Kalau dijalankan pelan pelan akhirnya menjadi kebiasaan dan tidak akan merasa sebagai sesuatu yang berat.


Mengenal Google Analytics dan Google Search Console bersama mas Priyo


Materi selanjutnya adalah mas Priyo yang mengajarkan bagaimana menghubungkan blog dengan Google analytics dan Google search Console.

Mas Priyo menyampaikan bahwa Google analytics adalah tools gratis yang beguna untuk mengukur performa blog terhadap user seperti memahami karakter pembaca blog. Selain itu Google analytics juga berguna untuk mengetahui page view blog dan masing masing artikel.

Sedangkan Google Search Console berguna untuk mengukur performa blog terhadap search engine google.

Di blog saya sudah terpasang keduanya tapi ternyata ada saja yang lewat saya kerjakan seperti klaim property di GSC yang ternyata ada berbagai cara.

Di kelas gratis ini mas Priyo juga menjelaskan tentang bahasa Google yang ada di Google Analitycs dan GSC ke dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh para peserta kelas agar mengerti maksud dari masing masing fitur yang ada di dalamnya.

Karena masih berjalan di Minggu kedua maka saya belum bisa menuliskan tentang materi dari mas Zen. Walaupun belum sampai materi kelasnya mas Zen, tapi beliau juga telaten banget menjawab pertanyaan dari kami para peserta kelas.


Kesan tentang kelas SEO Online Gratis BRT


Dari awal dimulai kelas ini ndaging banget dan para coachnya responsif banget. Oleh karena itu rugi kalau sampai terpental dari kelas ini. Hal yang sama dirasakan oleh teman saya mbak Dian yang mengatakan bahwa,materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan para blogger dan untung saja coachnya banyak dan gercep merespon pertanyaan dan memberikan solusi.

Sedangkan kak Ros atau kak Roshandayani juga merasa senang sekali mendapat kesempatan sebagai peserta kelas SEO online gratis dari BRT ini karena para coachnya gamblang dalam memberikan materi dan tidak pelit untuk sharing kode html.


kursus SEO Online gratis agar blog lebih baik di mata google


Kesimpulan 

Intinya kami merasa beruntung dapat mengikuti kelas ini dan berharap dapat menyelesaikan minggu kedua dengan baik agar lolos ke minggu selanjutnya. Kalau bisa lulus sampai kelas berakhir agar dapat meningkatkan performa blog di mata google dan dapat memberikan yang terbaik pada para pembaca blog kami.


Nah untuk teman-teman yang belum pernah mengikuti kelas ini, andai BRT atau mbak Monic dan kawan kawan mengadakan kelas lagi, langsung daftar saja. Memang kadang dibutuhkan sedikit (atau banyak) adrenalin untuk membuat kita jadi lebih baik. Dan tak lupa saya berterima kasih kepada para coach yang sudah memberikan ilmu, waktu dan tenaganya kepada kami. Saya sendiri hanya bisa mengucapkan terima kasih belum bisa membalas kebaikan para coach semua. Semoga menjadi ladang amal yang membawa keberkahan. Amiin

You Might Also Like

2 comments

  1. Membaca sambil mengangguk-anggukkan kepala tapi belum paham juga

    BalasHapus
  2. Wih mantep belajar SEO ini memang sulit kalau tidak dibimbing, jadi perlu belajar lagi untuk meningkatkan kualitas blog.

    BalasHapus