Begini Cara Blogger Mendapatkan Uang

by - 9:39:00 AM

backlink Indonesia mediabacklink

Kata bloger mungkin masih terdengar sedikit asing di lingkungan saya. Karena memang bukanlah sesuatu yang familiar. Tak banyak yang berprofesi menjadi bloger ada di sekitar saya. Dan jangankan orang lain yang bukan bloger tahu bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan. Ketika saya memulai ngeblog pun belum tahu kalau ternyata melalui blog juga bisa menghasilkan uang.

Karena ngeblog ini bisa menghasilkan uang, banyak yang malu menyebut dirinya bloger ketika pendapatannya belum se-wow teman lainnya. Kalau menurut saya sih, seberapapun penghasilan atau bahkan berpenghasilan atau tidak dari blog, asalkan anda menulis di blog, sah saja kok kalau menyebut diri dengan bloger. Enggak jauh beda dengan profesi lainnya, ada yang dikerjakan karena hobi, tak memikirkan berapa uang yang harus di peroleh tapi juga ada yang dijadikan pekerjaan utama.

Jadi, ngeblog itu termasuk solo karir, karena penghasilan dari ngeblog itu tergantung ketekunan kita. Semakin kita tekun dan rajin memelihara blog, maka semakin banyak pundi pundi rupiah yang kita dapat. Karena meskipun kelihatannya sepele, tinggal tulis lalu publish di blog. Kenyataannya dibalik itu banyak tetek bengek yang harus dikerjakan untuk me-maintenance blog.

marketplace backlink indonesia

Ada yang namanya kata kunci, SEO Onpage, SEO Offpage, traffic, page view, bounce rate dan lain lain. Terlihat berat dan ribet? Asalkan kita melakukannya dengan gembira, tak akan terasa berat kok, apalagi jika terbayang transferan yang kita terima. Hehehehe.

Baiklah, pasti sudah pada penasaran darimana para bloger bisa mendapatkan uang. Simak saja penjelasan berikut ini

1. Adsense
Adsense adalah model periklanan yang dipasang diblog. Pemilik blog akan mendapatkan penghasilan tergantung jumlah iklan yang dilihat pengunjung blog atau iklan yang diklik oleh pengunjung blog. Ada bloger yang khusus mencari penghasilan dari Adsense tapi ada juga bloger yang memasang adsense di blognya tapi juga menerima penghasilan blog dari sumber lainnya.

2. Review produk
Review produk adalah salah satu cara bloger mendapatkan uang. Biasanya agency atau perwakilan brand akan menghubungi bloger untuk mereview produknya. Produk yang direview ada yang dikirimkan oleh pihak brand, tapi ada juga bloger yang membeli sendiri namun uang pembelian diganti oleh brand. Untuk bloger yang memiliki satu niche dan konsisten dengan niche tersebut biasanya tarif reviewnya lebih mahal daripada bloger yang nichenya bermacam macam. Niche adalah topik khusus yang dibahas suatu blog. Selain itu besar kecilnya angka review juga tergantung kualitas blog di mata google. Semakin bagus, maka tarif review pun semakin besar.

Bloger bisa mendapatkan produk untuk direview ini biasanya juga tergantung pada media sosialnya. Jika followernya banyak dan responnya juga banyak maka semakin meningkatkan daya jual blog dan blogernya itu sendiri. Oleh karena itu, jika berniat menjadi bloger review, baik blog maupun media sosial harus dijaga baik baik.


3. Event Bloger
Pada saat event bloger, kita tidak hanya mendapatkan penghasilan namun juga bisa bertemu dengan teman teman bloger lainnya. Besarnya fee yang di dapat tergantung dengan besar kecilnya kegiatan dan brand yang mengundang kita. Meskipun pandemi sekarang ini, masih banyak event yang digelar oleh brand namun secara online. Baik itu melalui zoom atau youtube.

4. Lomba Blog
Lomba blog menjadi salah satu sumber pengjasilan yang bergengsi dari bloger. Setiap bulannya banyak sekali lomba blog yang digelar. Hadiahnya bermacam macam, ada yang berupa uang tunai jutaan rupiah, laptop, smartphone sampai voucher belanja yang jumlahnya tidak sedikit. Jika memang berniat mengikuti lomba, kita harus mempersiapkan dengan baik. Mulai dengan riset hingga mencari foto foto pendukung untuk blog kita.

5. Menjual backlink.
Backlink adalah link/tautan yang mengarah pada website kita. Backlink ini berfungsi untuk meningkatkan ranking website di mata google. Jika suatu website atau blog memiliki backlink dari website lain yang berkualitas, maka akan semakin baik pula ranking website tersebut di mata google. Akibatnya website tersebut akan mudah muncul di pencarian dan semakin banyak pembacanya.

Dengan menjual backlink ini bloger bisa mendapatkan uang dengan dua cara yaitu : content placement dan konten review.

Content placement adalah menampilan artikel di blog namun bukan tulisan bloger itu sendiri. Bloger tinggal sedikit mengedit untuk menyesuaikan dengan gaya penulisan bloger itu sendiri. Di dalam artikel konten placement ini terdapat link yang mengarah pada website lain.

Content review, hampir sama dengan content placement hanya saja pada content review ini bloger menulis sendiri artikel yang akan ditayangkan di blognya. Biasanya nilai content review ini lebih besar daripada content placement.

Ada banyak jalan untuk bloger menjual backlinknya salah satunya melalui backlink marketplace. Backlink maarketplace adalah website untuk jual beli backlink berkualitas. Marketplace backlink ini mempertemukan antara advertiser yang ingin mempopulerkan produknya maupun websitenya dengan bloger mereview produk dan memasang backlink di blognya.

media backlink marketplace backlink indonesia
Salah satu backlink marketplace yang memberikan penawaran menarik adalah MediaBacklink.com. Perusahaan ini mempertemukan advertiser dan bloger yang memiliki tujuan masing masing. Para advertiser dapat dengan bebas memilih blog mana yang sesuai dengan karakter produk atau websitenya. Sedangkan bloger juga bebas menentukan apakah akan menerima tawaran tersebut atau tidak. Karena besaran penawaran ini berbeda untuk masing masing blog. Tergantung oleh kualitas blog itu sendiri.

Perlu diketahui, tidak semua website yang didaftarkan di Media backlink ini diterima. Tergantung kualitas dari website itu sendiri. Hal ini dikarenakan Media Backlink ingin menjadi Market place Backlink Indonesia yang mengutamakan kualitas bukan kuantitas.

Jika teman teman bloger tertarik untuk mendaftarkan blognya di Media Backlink, syaratnya cukup mudah. Yaitu :
  • memiliki konten yang berkualitas
  • Memiliki Domain Authority, Page Authority, Ranking Alexa dan Google site yang tinggi.
  • Memiliki niche yang beragam, agar dapat menerima berbagai macam tawaran dari MediaBacklink
  • Memiliki tampilan website yang menarik dan user friendly
  • Tidak pernah mendapatkan teguran atau pinalty dari google.
Nah, bukan syarat yang berat bukan? Karena saya yakin teman teman bloger sudah merawat sedemikian rupa blognya sehingga bisa dengan mudah diterima oleh MediaBacklink.com.

Nah, buat teman teman yang belum menjadi bloger, masih banyak kesempatan untuk menjadi bloger. Bisa dimulai dari sekarang. Akan ada banyak kesempatan dan hal hal baru baru didepan mata yang tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri. Yuk, gasken Bund...

You May Also Like

0 komentar