Perhatikan 9 Komponen Ini Sebelum Anda Membeli Smartphone Baru!

by - 10:36:00 PM



Banyaknya produsen yang menawarkan smartphone dengan keunggulan fitur dan kelebihan lainnya, membuat anda harus pandai dalam memilih smartphone. 

Agar tidak salah dan kecewa saat membeli smartphone, anda perlu memperhatikan komponen smartphone yang anda kamu beli. Pilihlah smartphone dengan kualitas baik serta harga yang terjangkau. Nah, berikut ini beberapa macam komponen yang perlu anda perhatikan saat akan membeli smartphone baru.

1. Internal Memori


Klikponsel.com

Kapasitas penyimpanan pada media internal telepon atau memori adalah salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan saat membeli hp. Jika spesifikasi memori internal kecil, maka membuat anda tidak dapat banyak untuk mengunduh atau menginstal aplikasi di hp mu. Untuk saat ini ideal nya memori internal adalah 4GB/8GB.


2. Prosesor Smartphone

pricebook.co.id

Di dalam spesifikasi produk smartphone, produsen biasanya menyematkan ukuran prosesor yang berbeda-beda disetiap handphone android. Jika prosesor hp milik anda rendah akan menyebabkan menurunnya kinerja dan membuat lemot handphone. Untuk itu, gunakan prosesor dengan brand unggulan seperti Intel, Qualcomm snapdragon atau Exynos. Lebih banyak inti core membuat performa handphone anda menjadi lebih baik (2 core, 4 core, 6 core, 8 core dan 10 core). Gunakan chipset minimal 1 GHz, lebih tinggi maka akan lebih bagus.

3. RAM (Random Access Memory) 

liputan6.com

RAM berguna untuk mengatur keseimbangan pada perangkat smartphone. Serta komponen terpenting yang dibutuhkan untuk membuat kinerja pada prosesor lebih meningkat. Pilihlah RAM sesuai dengan kebutuhan anda, karena jika salah memilih RAM akan menyebabkan stuck pada saat menjalankan aplikasi di smartphone android milik anda.


4. Sistem Operasi

selular.id

Jika anda ingin membeli smartphone, pastikan sistem operasi android handphone anda dengan versi terbaru yaitu Android 10. Manfaat menggunakan versi terbaru sistem operasi android ini adalah dapat mendukung peningkatan semua aplikasi, mendukung user interface, serta agar lebih stabil dan aman.

5. Perhatikan Bagian GPU (General Processing Unit)

wahanarupa.com

GPU berfungsi sebagai pemroses grafis dengan menggunakan GPU yang unggul membuat performa dari 2D dan 3D handphone android milik anda menjadi lebih lancar. Dan cocok buat anda yang hobi bermain game atau menonton video tanpa adanya ngelag serta membuat anda nyaman dengan tampilan grafis yang jernih dan detail.

6. Layar LCD
Idntimes.com

Pilihlah resolusi pada hp android anda minimal 480 x 320 pixel atau menggunakan teknologi dengan layar super LCD. Lindungi juga hp android milik anda dengan anti gores agar layar tetap aman tanpa goresan. 

7. Kamera Handphone


Canggihnya fitur-fitur pada smartphone masa kini adalah dengan adanya kamera belakang dan kamera depan. Perhatikan megapixel pada spesifikasi kamera karena semakin tinggi megapixel membuat kualitas kamera handphone lebih baik. Salah satu brand yang terkenal dengan kamera serta perekam video yang bagus adalah produk hp xiaomi. Anda dapat membeli hp xiaomi di toko online dan offline dengan harga yang terjangkau tapi berkualitas mumpuni.


8. Jaringan Internet

youtube.com

Kelebihan hp android adalah pada koneksi jaringan internetnya. Bahkan saat ini hampir semua hp android dilengkapi dengan performa jaringan 4G. Pastikan pula hp android milik anda dapat tersambung wifi.


9. Baterai
idntimes.com

Memiliki kualitas baterai yang besar membuat kinerja pada smartphone anda dapat bertahan lebih lama. Yang terpenting pilihlah hp android dengan komponen fast charging agar pengisian pada baterai lebih cepat dan tidak membuang banyak waktu.


Dari kesembilan tips diatas, semoga dapat bermanfaat untuk anda agar tidak bingung lagi saat ingin membeli hp baru. Sesuaikan juga dengan budget serta kebutuhan, ya.



You May Also Like

0 comments