Membuat Nasi Kuning yang enak dengan Rice Cooker Cosmos

by - 8:15:00 PM

Membuat Nasi Kuning yang enak dengan Rice Cooker Cosmos

Assalamualaikum, tak terasa bulan Ramadhan sudah masuk ke 10 hari terakhir. Semoga amalan kita di akhir ramadhan ini semakin baik ya, dan juga semoga kita semua dipertemukan kembali di Ramadan yang akan datang.


Alhamdulillah, anak-anak tahun ini puasanya lebih baik dari tahun kemarin. Si Kakak yang sudah menginjak pra remaja, puasanya sudah full dan belum sehari pun mokel atau membatalkan puasa sebelum maghrib. Sedangkan adik-adiknyanya juga setiap hari puasa, hanya saja saat beberapa kali bangun kesiangan dan enggak sempat sahur, mereka puasanya jadi setengah hari. Kalau mamanya? Jangan di tanya… udah bolong beberapa hari hihihi.

Mengajarkan anak untuk berpuasa itu mudah. Yang lebih sulit adalah menjaga semangat mereka untuk terus berpuasa. Salah satu solusinya adalah memasakkan makanan yang menjadi favorit mereka. Cara ini cukup ampuh membuat mereka bersuka cita saat berbuka puasa sehingga bersemangat untuk berpuasa lagi keesokan harinya.

resep nasi kuning yang enak


Ngobrolin soal makanan, saya termasuk ibu yang beruntung. Karena anak-anak itu enggak terlalu pilih-pilih soal makanan.  Salah satu faktor yang mempengaruhi “kelahapan” adalah nasi. Kalau nasinya enak, maka lauk apa saja akan terasa enak. Begitu pula sebaliknya, jika nasinya tidak enak maka makan pun terasa kurang enak.

Hal yang mempengaruhi nasi itu enak atau tidak adalah jenis beras dan cara memasak. Walaupun sebenarnya jenis beras di zaman sekarang ini tidak terlalu berpengaruh. Karena hampir semua beras di pasaran itu kualitasnya merata, jika dimasak dengan benar hasilnya akan enak. Untunglah untuk memasak nasi saya menggunakan Rice Cooker Cosmos. Memasak menggunakan rice cooker Cosmos menghasilkan nasi yang punel dan enak. Tidak ada lagi cerita nasi separo lembek separo keras seperti pengalaman beberapa waktu lalu. Ya, saya pernah menggunakan rice cooker merk lain. Di awal-awal memasak sih biasa, namun setelah matang, ternyata nasi di salah satu bagian lebih lembek dari nasi yang lain. Padahal saat itu rice cooker masih dalam keadaan baru.  Untunglah pada akhirnya saya menemukan Rice Cooker Cosmos sebagai penggantinya.

Memilih rice cooker untuk keluarga itu enggak boleh main main loh. Karena jika rice cooker memasak dengan tidak sempurna, maka nasi yang dihasilkan pun akan jauh dari harapan. Kalau sudah demikian, jangan harap anak-anak akan makan dengan lahap. Kalau anak tidak mau makan, dari mana mereka akan mendapatkan gizi? Padahal kita semua tahu kalau faktor gizi akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan mereka. Untuk alasan itulah saya berhati-hati dalam memilih rice cooker. Faktor yang paling penting adalah, rice cooker tersebut haruslah aman, tidak mengandung zat yang berbahaya. Dan Rice Cooker Cosmos memenuhi harapan saya. Selain itu ada beberapa alasan lain yang membuat saya memilih rice cooker Cosmos.

tips membuat nasi kuning menggunakan rice cooker

Alasan kenapa saya memilih Rice Cooker Cosmos untuk mempersembahkan nasi yang enak dan sehat untuk keluarga saya, antara lain :

  • Cosmos menggunakan HARMOND Technologi, yaitu teknologi anti gores yang digunakan pada bagian dalam panci  (innerpan). Dengan menggunakan teknologi ini lapisan dalam panci Rice Cooker Cosmos tidak akan tergores meskipun digosok menggunakan sikat kawat sekalipun, sehingga lebih awet dan lebih sehat.
  • Innerpan  Cosmos terbuat dari bahan yang food grade atau tidak mengandung bahan yang berbahaya sehingga aman untuk kesehatan.
  • PFOA Free. PFOA adalah bahan bersifat karsinogen yang sering dipakai pada produksi alat masak anti lengket. Rice Cooker Cosmos tidak menggunakan bahan PFOA ini pada saat diproduksi.
  •  Anti Karat
  • Multi fungsi, Rice cooker cosmos dapat digunakan untuk mengukus, memasak, menggoreng dan menghangatkan.
  • Terdapat tongolan pada tutup rice cooker yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara sehingga menghasilkan nasi yang pulen.
  • Desain elegan dan saya suka warnanya yang merah ceria berbunga-bunga.
  • Saya menggunakan Rice cooker Cosmos Type CRJ 6305 dengan kapasitas 2 liter yang pas untuk sekeluarga.  Type ini menggunakan daya 400 watt untuk memasak dan 70 watt untuk menghangatkan nasi tanpa lengket di dasar panci.

Itulah rahasia nasi enak di keluarga saya yang membuat anak anak makan dengan lahap. Oh ya, semenjak memiliki Rice Cooker Anti Gores Cosmos dengan Harmond Technologie ini saya sudah beberapa kali memasak nasi kuning. Tahu sendiri kan? Dulu, memasak nasi kuning itu ribet banget. Harus mendidihkan santan, membuat nasi aron lalu pindah ke kukusan untuk mengukus nasi aron. Tapi sekarang semenjak menggunakan Rice Cooker Cosmos, memasak nasi kuning jadi lebih praktis. Rasanya pun enak dengan tekstur nasi yang punel. Penasaran bagaimana resepnya?

Resep memasak nasi kuning dengan menggunakan Rice Cooker Anti Gores Cosmos

Bahan
3 cup beras
2 ruas kunyit parut dan ambil sarinya
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 lembar daun salam buang tulang daunnya
Butir bawang putih, iris tipis
½ butir kelapa yang di parut kemudian ambil santannya.
1 sdm garam
½ sdt gula

bumbu nasi kuning yang enak


Cara memasak nasi kuning dengan Rice Cooker Cosmos

Cuci beras lalu sisihkan. Untuk kunyit, cukup ambil sarinya saja dengan cara memarut kunyit, lalu tambahkan air dan peras. Persis seperti membuat santan. Ulangi memeras parutan kunyit hingga beberapa kali untuk mendapatkan warna kuning yang diinginkan. Masukkan sari kunyit ke dalam santan  sedangkan ampasnya di buang. Ukuran kunyit ini tidak mutlak, karena tergantung tingkat ketuaan kunyit. Jika menggunakan kunyit yang sudah tua maka jumlah yang sedikit saja akan menghasilkan warna kuning yang cantik. Namun jika kunyit masih muda, maka membutuhkan jumlah yang lebih banyak.

Jerang santan di atas api dan masukkan semua bumbu ke dalam santan, kecuali garam dan gula.  Jaga agar santan tidak sampai pecah.  Setelah mendidih, matikan api, lalu masukkan gula dan garam dan aduk hingga merata.

Masukkan beras ke dalam panci Rice Cooker Anti Gores Cosmos, kemudian tambahkan santan. Untuk 3 cup (3 takar) beras , tambahkan kurang lebih 9 cup santan jika menginkan nasi kuning yang empuk. Namun jika menginginkan nasi kuning yang agak pera, cukup 8 cup saja. Masak nasi beserta daun jeruk, daun salam dan bawang putih yang ada di dalam santan rebus sekalian biar semakin sedap. Jangan lupa aduk beras agar santan dan warna kuning merata di seluruh bagian panci.

Hubungkan rice cooker dengan listrik dan jangan lupa tekan tombol cook pada bagian depan rice cooker. Tunggu hingga kurang lebih 40 menit, maka tombol akan berpindah ke posisi warm. Aduk nasi agar tidak padat lalu tutup kembali rice cooker. Tunggu 5-10 menit maka nasi kuning ala rice cooker Cosmos siap dihidangkan.

rice cooker anti gores cosmos

Kalau sudah ada nasi kuning begini, lauk telur dadar saja terasa mewah. Karena nasinya yang enak dan punel. Pernah suatu hari, setelah masak nasi kuning tiba-tiba ada undangan buka bersama. Kami tidak sempat makan nasi kuning itu hingga waktu berbuka keesokan harinya. Ternyata meskipun telah menginap satu hari satu malam, rasa nasi kuning tetap enak, tidak berubah sama sekali. Sebagai emak, hal ini membuat saya bahagia…

Itulah sedikit pengalaman saya mempersiapkan menu yang disukai keluarga baik untuk sahur maupun berbuka pada Ramadan kali ini. Yang penting adalah nasinya, karena jika nasinya enak maka lauk apapun akan terasa nikmat.

Terselip satu kebahagiaan kecil, berkat Rice Cooker Anti Gores Cosmos, sewaktu-waktu anak anak meminta untuk dimasakkan nasi kuning, mama akan memasak dengan bahagia. Terima kasih Cosmos….



You May Also Like

0 comments