pendidikan

Cara Memilih Kuliah Online Sistem Informasi yang Tepat

19.55.00

Kuliah Online Sistem Informasi di Binus


Jurusan sistem informasi adalah salah satu jurusan dengan peluang kerja yang sangat luas di era sekarang ini. Apalagi jika anda mendapatkan gelar S.Kom dari perguruan tinggi yang sudah diakui kualitasnya di dunia kerja. Hal inilah yang jurusan sistem informasi di universitas manapun selalu banyak peminat. Namun adakah kuliah online sistem informasi? Tentu saja ada.

Sepengetahuan saya ada beberapa kampus yang menyelenggarakan kuliah online sistem informasi. Kuliah ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja atau mereka yang terkendala dengan jarak. Namun dalam memilih kampus tentunya tidak boleh asal. Sebagaimana memilih kampus untuk kuliah reguler, pemilihan kampus untuk kuliah online juga harus memperhatikan banyak hal. 

Cara Memilih Kampus Untuk Kuliah Online Sistem Informasi

Bagi anda yang ingin kuliah online sistem informasi dan bingung memilih kampus, berikut cara memilih kampus yang tepat untuk kuliah sistem informasi online: 

1. Cek status akreditasi

Status akreditasi perguruan tinggi menjadi penentu seberapa bagus kualitas dari kampus tersebut. Biasanya status ini akan tercantum di laman resmi kampus. Namun jika tidak muncul anda bisa mengeceknya di BAN-PT jika kampus tujuanmu adalah kampus dalam negeri. Atau bisa juga cek ke laman Council for Higher Education atau US Department of Education untuk kampus luar negeri.

Namun ingat, tidak semua kampus memiliki akreditasi penyelenggaraan kuliah online. Jadi sebelumnya pastikan anda berhati-hati dalam memilih kampus. 

2. Pilihan jenjang studi dan jurusan

Ketika sudah menentukan kampus, pilihlah jenjang yang hendak diambil. Apakah itu program sarjana, pasca sarjana atau doktoral. Secara umum di Indonesia jenjang kuliah online yang paling banyak peminat adalah program sarjana atau S1.

Setelah itu pilih jurusan yang anda kehendaki. Dalam kasus ini tentunya yang anda pilih adalah jurusan sistem informasi bukan? 

3. Cari tahu dari para alumni

Setelah mendapatkan kampus, menetapkan jenjang dan juga jurusan, selanjutnya cari tahu testimoninya. Ini adalah cara terbaik mencari tahu seberapa bagus sebuah kampus dalam menyelenggarakan kuliah online.

Jika anda memiliki beberapa opsi pilihan, carilah alumni dari kampus yang sudah masuk dalam pilihanmu dan bandingkan. Catat kelebihan dan kekurangan setiap kampus dengan jurusan tersebut lalu ambil mana yang terbaik. 

4. Cek fasilitasi perkuliahan

Setiap kampus memiliki fasilitas perkuliahan yang berbeda. Nah, pastikan anda mengenalnya dengan baik. Pilihlah kampus yang menawarkan fasilitas terbaik. Misalnya BINUS ONLINE yang menawarkan fasilitas yang sama dengan para mahasiswa regulernya. Misalnya BINUS Square, Binus Career and Alumni Centre, BINUSIAN Card, BINUS @ccess, dan sebagainya. 

5. Cari tahu pembelajarannya

Perlu diketahui jika ada beberapa kampus yang tidak menyediakan kuliah online yang sepenuhnya online. Artinya akan ada pertemuan atau class meeting. Tentu ini tidak jadi masalah besar jika kita berada di kota yang sama atau ketika pertemuan berada di luar jam kerja.

Namun akan menjadi masalah ketika kita tinggal di tempat yang jauh atau ketika itu ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Jadi sebelumnya coba tanyakan dan komunikasikan apakah ada class meeting atau tidak selama perkuliahan. 

Kuliah Sistem Informasi Online di Binis

Kuliah Online Sistem Informasi di BINUS ONLINE

BINUS merupakan perguruan tinggi dengan program kuliah online yang sudah terbukti unggul dalam kualitas pendidikannya. BINUS ONLINE selain akan membantumu mendapatkan gelar S.Kom namun juga membantumu mendapatkan pekerjaan impianmu.

Ketika anda kuliah di BINUS ONLINE, anda akan mendapatkan 3 skill yang jadi bekal di dunia kerja. Pertama adalah business skill yang berkaitan dengan proses dan model dalam bisnis. Kedua technique skill yakni keahlian terkait dengan analisis perancangan dan pembangunan sistem informasi. Dan yang ketiga adalah people skill yang berkaitan dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi yang membuatmu mampu memiliki kepemimpinan yang baik.

Baca juga:

Selain itu menurut saya yang menarik dari BINUS ONLINE adalah cara pembelajarannya yang fleksibel. Mahasiswa akan difasilitasi dengan BINUSMAYA yang menerapkan LMS. Platform ini membuatmu mampu mengakses berbagai materi perkuliahan dengan mudah, terarah dan bebas. 

Sistem perkuliahan di BINUS ONLINE  menggunakan sistem modular yang membuatmu memiliki kebebasan untuk memilih jadwal kuliah yang ingin diikuti. Anda juga diberi keleluasaan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan dosen menggunakan platform LMS. 

Cara memilih kuliah online sistem informasi yang tepat

Terakhir, yang paling menarik adalah anda bisa lulus lebih cepat. BINUS memiliki Program Rekognisi Pembelajaran Lampau yang bisa membuatmu memanfaatkan pelatihan bersertifikat atau pengalaman kerja untuk mencapai SKS dengan cara konversi. Adanya program ini bisa meringankan beban mata kuliah hingga 15 SKS loh. Jadi tak hanya lebih cepat lulus, anda pun bisa memangkas uang kuliah lebih banyak. 

Jadi tunggu apa lagi? Kuliah online sistem informasi? BINUS ONLINE solusinya!

You Might Also Like

14 comments

  1. Enak banget ya bisa kuliah online di Binus. Cocok untuk karyawan atau yang pengen belajar di beberapa jurusan

    BalasHapus
  2. Dari dulu memang Binus terkenal sangat bagus ya kak. Banyak pilihan fakultasnya.

    BalasHapus
  3. Status akreditasi ini memang penting sebelum masuk atau daftar universitas, biar makin semangat lagi belajarnya kalo akreditasi bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, penting banget mengetahui status akreditasi kampus yang kita tuju. Kalau Binus ga usah diragukan lagi lah ya...

      Hapus
  4. Binus University sih emang udah terkenal banget. Banyak alumni yang sukses. semangat ya udah pilih Binus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Binus memang sudah di kenal luas dan berkualitas

      Hapus
  5. BINUS mah jempolan. Salah satu sekolah/universitas swasta yang patut dapat pujian. Akreditasinya melonjak cepat bahkan mampu menyalip banyak universitas swasta lainnya yang lebih dahulu populer di dunia pendidikan. Pilihan prodi nya juga sangat beragam, mengikuti kebutuhan kekinian, dan perkembangan teknologi. Opsi yang tepat untuk menyekolahkan anak-anak dan menghasilkan generasi yang berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pernah masuk ke Kampus yang ada di Malang. Lengkap dan modern..

      Hapus
  6. baru tahu BINUS punya Binus online,
    jadi pingin daftar ah, ambil S2
    Keponakan saya juga mahasiswa Binus Bandung
    Asyik sih kampusnya, di pusat kota tapi tetap nyaman

    BalasHapus
  7. Cek akreditasi tuh penting banget sih. Soalnya nantinya kalau lulus, pencari kerja nanyanya akreditasi PT-nya. Enaknya sekarang BINUS ada program kuliah online juga yah. Berarti akreditasinya udah unggulan tuh. Pemerintah hanya ngebolehin PT akreditasi unggulan yg buka kelas online. Kalau di bawah itu, ya harus offline sih.
    Keren lah BINUS. Apalagi jurusannya memang dicari yah, cocok buat masa depan.

    BalasHapus
  8. Menarik sekali ketika mahasiswa kelas online mendapatkan fasilitas yang sama dengan mahasiswa lainnya. Apalagi kampus sekelas BINUS, fasilitas dan kualitasnya bisa dibanggakan!

    BalasHapus
  9. Nah, bener banget emang ngecek akreditasi sbelum bersekolah. Jangan sampai terlambat, udah lulus baru ngecek akreditasi sekolah yang kita pilih. kualitas pendidikan yang kita terima tentu berbanding lurus dengan akreditasi dari sekolah tersebut

    BalasHapus