Resep

Renyah dan Gurihnya Telur Dadar Crispy, Makan jadi Nambah Nambah Terus

21.38.00

Cara membuat telur dadar krispi dapur kobe

Sering heran deh sama anak anak, kok enggak ada bosan bosannya sama telur. Telur dadar, telur ceplok, dadar pakai tahu, dadar campur sosis, dadar kecap sepertinya jadi menu yang gak akan mungkin ditolak sama anak anak. Tiap hari makan telur pun anak anak bakalan tetep lahap. 

Terkadang mamaknya yang bagian masak ini malahan yang merasa bosan. Masa kemarin makan telur hari ini minta telur lagi. Untunglah mamak punya langganan telur negeri yang lebih sehat dibanding telur ayam negeri yang beli di toko lain. 

Di toko langganan mamak ini warna kuning telurnya lebih gelap dan cenderung berwarna oranye. Kata penjualnya sih, ayam ayam petelur itu sama pemiliknya diberi minum rempah rempah agar ayamnya lebih sehat. Makanya mamak enggak khawatir meskipun anak anak makan telur setiap hari. 

Bukan hanya anak anak yang doyan telur, bapaknya anak anak pun hampir enggak pernah ketinggalan meminta telur ceplok yang kuningnya utuh tiap kali makan. Itulah sebabnya setok telur selalu tersedia di rumah. 

Karena anak anak suka telur, tak lupa juga mamak mengajari mereka bagaimana cara mengetahui telur itu masih baik dimakan atau tidak. Pengetahuan sederhana ini penting loh diajarkan kepada anak anak, karena suatu saat pasti berguna. Untuk membedakan telur yang baik dan sudah busuk caranya sangat mudah. Cukup sediakan mangkok atau panci yang berisi air kemudian masukkan telur. Berikut ini cara membedakan telur yang busuk dan tidak. 
1. Jika telur tenggelam dalam posisi mendatar berarti dalam kondisi bagus dan sangat boleh dimasak. 
2. Jika posisi telur berdiri dengan salah satu ujung telur berada di dasar mangkuk atau panci berarti telur sudah tidak segar tapi masih bisa dikonsumsi. 
3. Jika telur mengapung di permukaan maka telur sudah tidak boleh dikonsumsi. 

Gampang bukan membedakan telur yang masih layak dikonsumsi dan yang sudah tidak layak dikonsumsi? 

Sebenarnya mamak senang juga anak anak doyan makan telur karena praktis masaknya. Anak anak pun bisa memasak sendiri lauk telur versi mereka sendiri. Tapi kadang kasihan juga ya, meskipun mereka tidak pernah menolak telur, mamak juga berusaha memberikan lauk lain sebagai variasi seperti ikan dan ayam. 

Agar anak anak juga enggak bosan sama telur, mamak kadang googling olahan telur yang memungkinkan dimasak oleh anak anak. Dan seneng banget karena mamak menemukan resep telur praktis baru di dapur Kobe

Nama resep telur praktis yang baru mamak temukan adalah Telur Dadar Crispy. Dari namanya saja sudah terbayang ya gurih dan kriuknya. Padahal resep ini sederhana loh, tapi kenapa ya selama ini enggak kepikiran. Untunglah mamak buka buka website Dapur Kobe ya... 

Cara membuat telur dadar krispi ala kobe

Baiklah berikut ini resep Telur Dadar Crispy ala Kobe. 

Sebelum sebelumnya saya sudah beberapa kali membuat masakan dari tepung Kobe, diantaranya bakwan caisim, bakwan kol dan wortel serta bakwan teri yang ketiganya menggunakan tepung Bakwan Kress. 

Nah kali ini, mamak akan mencoba resep baru dengan menggunakan tepung Kobe Super Crispy Kentucky menggunakan bahan utama telur. 

Kenapa telur? Berikut ini alasannya
1. Anak anak suka sekali makan telur
2. Lebih praktis dan mudah ditiru anak anak. 
3. Kebetulan menemukan resep Telur dadar crispy. 

Resep Telur dadar Crispy ala Kobe

Bahan :
2 butir telur
1 bungkus Tepung Kobe Super Crispy Kentucky
2 sedikit air
Sedikit garam
Daun bawang di ranjang halus (optional) 
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat Telur Dadar Crispy
Pecahkan telur, tambahkan garam dan daun bawang, kocok sampai merata. 
Dadar telur di wajan datar agar ketebalannya merata. Kemudian potong potong sesuai selera. 

Untuk membuat Telur dadar Crispy ini ada dua cara yaitu adonan basah dan kering. 

Adonan basah :
Tuang satu bungkus tepung Kobe Super Crispy Kentucky, tambahkan sedikit air. Lalu aduk merata. Setelah itu masukkan potongan telur dadar, lumuri dengan adonan sampai merata kemudian goreng hingga kuning keemasan. 

Adonan kering
Tuang sepertiga bungkus tepung Kobe Super Crispy ke dalam mangkok. Tambahkan sedikit air. Tuang sisa tepung di wadah lain yang kering. 
Kemudian masukkan potongan telur dadar di adonan basah, tiriskan sebentar kemudian guling gulingkan di tepung sambil sedikit ditekan dan dicubit agar tepungnya lebih tebal dan keriting saat digoreng. Lalu goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. 

Nah, Telur dadar crispy ala Tepung Kobe Super Crispy Kentucky sudah jadi. Rasanya gurih dengan tekstur yang renyah. Kalau ketahuan anak anak pas menggoreng pasti bakalan ditunggu dan dicemil langsung. 

Tepung kobe untuk membuat telur dadar krispi



Emang tepung Kobe ini selalu juara. Karena komposisinya pas. Untuk mengolahnya, kita tidak perlu menambahkan bahan lain karena memang rasanya sudah pas. Enak, gurih dan enggak keasinan. 

Terbuat dari bahan pilihan, renyahnya Tepung Kobe Super Crispy Kentucky ini bisa tahan sampai 8 jam loh. Gak heran kalau banyak mamak mamak yang merekomendasikan tepung Kobe sebagai tepung bumbu yang digunakan sehari hari. 

Telur dadar Crispy ini bisa dicemil begitu saja atau dijadikan lauk. Cukup siapkan nasi hangat dan sambal kecap dijamin akan nambah nambah makannya. 

Oh ya, kalau teman teman ingin berkreasi dengan tepung Kobe, masih banyak varian tepung Kobe lainnya yang bisa memancing kreativitas mamak mamak. Diantaranya adalah Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Bumbu Putih , Kobe Tepung Serbaguna, Kobe tepung bakwan dan Perkedel dan Kobe tepung Pisang Goreng Crispy. 

Kira kira ingin masak pakai tepung Kobe yang mana dulu nih? Jangan khawatir karena Tepung Kobe mudah ditemukan di warung terdekat. Gampang banget mencarinya, jadi gampang pula untuk nyetok nya di rumah. Atau, mau nyoba resep telur Dadar Crispy dulu? Boleh kok, jangan lupa cerita juga di kolom komentar ya... 

You Might Also Like

3 comments

  1. Praktis dan enak nih, anak anak pasti suka

    BalasHapus
  2. Waah kebayang kriuk nyaa... Kreskres gitu nggak sih..

    BalasHapus
  3. Aku pernah nyoba tepung bumbu Kobe ini, waktu menggoreng atomanya langsung nyebar gitu. Rasanya kayak lewat di depan toko ayam goreng, bau bau gurih...

    BalasHapus