Malaysia Healthcare Travel Council : 5 Alasan Berobat di Malaysia

by - 11:08:00 PM

Malaysia Healthcare Travel Council


Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) : 5 Alasan Berobat di Malaysia
Pernah mendengar kata pepatah, "lebih baik mencegah daripada mengobati?" . Pastinya kita semua pernah mendengarnya dong. Sebenarnya pepatah ini tidak hanya berhubungan dengan kesehatan, tapi juga semua sendi kehidupan.

Dan yang namanya sakit kadang tak bisa dihindari, meskipun kita sudah mencegahnya dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Sakit memang tidak mengenakkan, tapi tanpa disadari terkadang ada hikmah yang tersembunyi saat kita sakit. Misalnya saja kita jadi lebih menghargai pentingnya waktu istirahat, berhenti sementara dari tumpukan pekerjaan, dan bahkan mungkin juga bisa menghapus dosa dosa kita.

Walaupun banyak hikmah yang kita peroleh saat sakit, jangan biarkan sakit berlarut larut. Karena berobat saat sakit adalah kewajiban. Saat sakit kita mungkin menunda beberapa kewajiban, apabila dibiarkan terlalu lama malah menjadi beban tersendiri.

Saat sedang sakit, ada beberapa hal yang dapat mendorong kesembuhan kita misalnya :

Doa
Berdoa memohon kesembuhan saat sakit dapat meningkatkan harapan untuk sembuh. Rasa yakin yang ditimbulkan saat kita memohon kesembuhan dapat menumbuhkan semangat untuk sembuh. Dan yakin bahwa dibalik sakit ini ada hikmah dan akan ada hari esok yang lebih baik.

Motivasi diri
Motivasi untuk sembuh sangat dibutuhkan oleh orang yang sakit. Dengan adanya motivasi ini maka muncul pikiran positif yang akan membuat penderita sakit lebih tekun untuk mengikuti instruksi dokter, minum obat misalnya. Pikiran yang positif juga akan membuat kinerja organ tubuh lebih optimal.

Dukungan keluarga

Malaysia Healthcare Travel Council MHTC Penang

Saat sakit, dukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Dengan adanya dukungan keluarga, si sakit akan merasa lebih dihargai dan dibutuhkan. Perasaan inilah yang menumbuhkan energi di dalam diri untuk cepat sembuh.

Lingkungan penyembuhan.
Banyak yang tidak menyadari pada saat sakit, lingkungan penyembuhan juga mempengaruhi cepat atau lambatnya sakit akan sembuh. Lingkungan penyembuhan ini tidak hanya faktor medis namun juga psikologis si penderita. Kini semakin banyak rumah sakit yang menerapkan konsep lingkungan penyembuhan/healing enviroment ini.

Lingkungan penyembuhan ini meliputi suasana yang tenang, dekorasi rumah sakit, dan bahkan perasaan nyaman si sakit saat dirawat. Perasaan nyaman dan tenang ini tidak hanya dipengaruhi oleh ruangan yang nyaman di rumah sakit, namun juga perasaan tenang yang timbul karena fasilitas rumah sakit yang lengkap, kredibilitas rumah sakit dan juga biaya perawatan yang terjangkau.

Untuk mendapatkan lingkungan yang dapat mempercepat kesembuhan, tak ada salahnya kita berobat ke rumah sakit di negeri tetangga, Malaysia. Dengan demikian kita dapat menenangkan diri dari lingkungan yang selama ini kita jumpai saat rutinitas sehari hari. Suasana yang sama sekali baru dapat membuat pikiran lebih segar, sehingga proses penyembuhan juga lebih cepat.



Di Malaysia sendiri, terdapat Malaysia Healthcare Travel Council atau MHTC, yaitu organisasi yang didirikan oleh kementerian kesehatan Malaysia yang mewakili 69 rumah sakit swasta di Malaysia. Juga sebagai pusat informasi dan fasilitator pasien dari Indonesia yang membutuhkan informasi pengobatan maupun ingin berobat di Malaysia.

Rumah sakit yang menjadi Anggota Malaysia Healthcare Travel Council ini tersebar diseluruh Malaysia seperti di Kuala Lumpur, Penang, Malaka, Serawak, Sabah dan lain lain. Tak hanya di Indonesia, perwakilan MHTC ini juga ada di negara tetangga lainnya seperti China, Vietnam dan Myanmar.

Setiap tahunnya jumlah WNI yang berobat ke Malaysia terus bertambah. Dari tahun ke tahun, jumlah WNI yang berkunjung ke Malaysia naik sebanyak 15%.

Perawatan kesehatan yang paling diminati oleh warga Indonesia di Malaysia adalah pengobatan sakit jantung, orthopedi, program bayi tabung dan general check up. Dan yang paling difavoritkan adalah proses bayi tabung dan general Checkup.

Ada banyak alasan memilih untuk berobat di jaringan Malaysia Healthcare Travel Council, 5 diantaranya adalah:

1. Jarak dekat
Malaysia sebagai negara jiran dari Indonesia jaraknya sangat dekat dengan negara kita ini. Untuk menuju ke sana pun tak perlu transit jika naik pesawat.Tentunya jarak yang dekat ini meminimalisir biaya transportasi. Selain itu bahasa yang digunakan dan makanan pun tak jauh berbeda dengan Indonesia, sehingga lebih mudah menyesuaikan diri.

2. Biaya terjangkau.
Biaya pengobatan di Malaysia Healthcare Travel Council ini lebih murah karena batasan harga diawasi oleh kerajaan dan kementerian kesehatan Malaysia, jadi rumah sakit tidak bisa memberikan harga pengobatan sendiri. Selain itu kurs antara ringgit Malaysia dan Rupiah Indonesia tidak berbeda terlalu jauh. Penanganan yang cepat (quick responses) juga menjadi salah satu sebab murahnya biaya pengobatan di Malaysia.

3. Kemudahan Akses dan Pelayanan penuh.
Melalui microsite Medical Tourisme Malaysia, wisatawan kesehatan Malaysia diberi kemudahan untuk memilih rumah sakit dan akomodasi yang sesuai dengan budget. Pelayanan pun diberikan mulai kita turun dari pesawat hingga kita keluar dari rumah sakit melalui program andalan MHTC yaitu : Quality Care for Your Personal Care.

4. Fasilitas Berkualitas.

Malaysia Healthcare Travel Council MHTC Penang

Rumah sakit swasta Malysia yang tergabung dalam Malaysia Healthcare Travel Council adalah rumah sakit yang memiliki teknologi medis terbaru yang diampu oleh tenaga kesehatan yang berpengalaman. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit berkualitas yang memiliki standard internasional. Hal ini terbukti dengan diraihnya penghargaan International Living (Global Retirement Index 2015, 2016, 2017, 2018, 2019), sebagai Best Country in the World for Healthcare.

5. Berobat sekaligus Berlibur.
Menurut data, Penang adalah salah satu tujuan wisata kesehatan terbanyak yang dikunjungi oleh warga Indonesia. Jadi, selain mereka berobat atau melakukan medical checkup, orang orang Indonesia ini juga melakukan liburan. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ini namanya. Wajar saja Penang menjadi tujuan favorit diantara kota kota lainnya karena Penang memiliki keunikan tersendiri.

Penang yang memiliki ibukota Georgetown ini adalah bagian dari sejarah pendudukan Inggris dan perdagangan Cina dan India yang masuk ke Malaysia sekitar abad 17. Oleh karena itu, selain memiliki wisata modern, Penang juga kaya akan wisata sejarah. Perpaduan yang menarik untuk dijadikan tujuan wisata.

Penang juga menyediakan transportasi gratis yang menghubungkan 19 tempat wisata di Georgetown, yaitu dari Weld Quay hingga Penang Road. Selain wisata alam, anda juga bisa berwisata menyusuri kota yang penuh bangunan bersejarah dengan mengendarai becak yang ongkosnya sebaiknya anda tawar sebelumnya. Atau bisa juga berkeliling kota dengan menyewa sepeda.

Beberapa tempat wisata di Penang yang menjadi favorit Pengunjung antara lain :

Bukit Penang atau Penang Hill

Kendaraan yang digunakan untuk menuju ke Penang Hill adalah kereta kabel. Penang Hill Railway ini menempuh jarak kurang lebih 800m menuju puncak. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan Penang dari puncak. Mulai dari perkotaan, pantai hingga berbagai tanaman yang tumbuh di sisi rel ke arah puncak.

Penang Toy Museum

Mungkin ini adalah sedikit dari berbagai macam musium yang disukai oleh anak anak. Ya, Penang Toy Museum ini memajang berbagai mainan anak anak dari berbagai negara. Jumlahnya juga banyak sekali hampir 100.000 koleksi bisa dilihat di museum ini. Bukan itu saja, museum ini juga memamerkan boneka dan patung lilin. Wah, anak anak pasti senang diajak berkunjung ke sini.

Kek Lok Si Temple

Malaysia Healthcare Travel Council MHTC Penang

Kuil Budha yang dibuka tahun 1905 ini adalah salah satu kuil Budha terbesar di Asia Tenggara. Kuil yang menghadap ke laut ini adalah salah satu kuil ziarah penting para penganut Budha di seluruh Asia Tenggara. Kek Lok Si Temple sendiri berarti Kuil Kebahagiaan Tertinggi. Kuil yang berada di Itam, Penang ini memiliki pagoda berlantai tujuh yang terkenal dengan Pagoda rama VI atau pagoda 10 ribu patung Buddha yang terbuat dari perunggu dan pualam. Serta patung Dewi Welas Asih, Guan Yin yang terbuat dari perunggu setinggi 30,2 meter.

Armenian Street

Kawasan yang awalnya bernama Malay Lane ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO. Berubah nama menjadi Armenian street setelah didatangi oleh bangsa Armenia. Setelah diambil alih oleh kaum Tionghoa terjadi perseteruan antara warga Melayu dengan kaum Tionghoa yang melibatkan Inggris. Hingga akhirnya pengaruh Eropa juga mempengaruhi gedung gedung yang ada di kawasan ini.

Di sekitar Armenian Street ini anda bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi beberapa museum yang ada di sana, wisata kuliner dengan megunjungi kedai atau kafe. Atau berburu oleh oleh di toko souvenir yang juga ada di sana.

Yang membuat area ini semakin menarik adalah adanya mural karya Ernest Zacharevic yang bisa anda abadikan melalui foto untuk diunggah ke media sosial anda.

Nah, itulah sekilas tempat wisata yang ada di Penang. Masih banyak tempat wisata lain yang bisa dikunjungi. Selain Penang, anda juga bisa mengunjungi kota kota lain yang juga tak kalah unik dan menarik.

Untuk info lebih lengkap mengenai wisata kesehatan di Malaysia ini anda dapat membuka langsung website medical tourism Malaysia di Indonesia atau melalui media sosial mereka instagram @medtourismmy.id.

Semoga informasi tentang Malaysia Healthcare Travel Council ini bermanfaat ya, dan dapat membantu anda yang membutuhkan info tentang wisata kesehatan di Malaysia.


You May Also Like

0 komentar