6 Hal yang harus Anda perhatikan saat menyikat gigi

by - 8:50:00 PM

cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat

6 Hal yang harus Anda perhatikan saat menyikat gigi

Pernah merasakan "nikmatnya" sakit gigi? Bagaimana rasanya, luar biasa bukan? Padahal gigi adalah sebagian kecil dari tubuh kita, namun jika sudah sakit maka seluruh tubuh rasanya ikut sakit. Mau ngapa-ngapain serasa tak berdaya. Saat sakit gigi rasanya bisa sakit sekali, itu karena ada saraf sensitif yang tersembunyi di bawah lapisan gigi paling dalam. Jika gigi bolong dan saraf ini tersentuh benda asing, langsung deh rasanya kayak tersengat listrik sekian ratus watt. Nah, salah satu cara mencegah gigi agar tidak bolong adalah dengan menyikat gigi.

Untuk menjaga kebersihan gigi, semua orang pasti menyikat gigi setiap hari. Namun tentu saja menyikat gigi secara rutin belum tentu membuat Anda terhindar dari yang namanya sakit gigi. Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat tentu saja diperlukan agar aktifitas Anda tak terganggu. Ini yang membuat Anda harus memperhatikan cara menyikat gigi yang benar dan tentu saja yang baik. Jadi seperti apa sebenarnya menyikat gigi yang benar agar kita terhindar dari sakit gigi.

Berikut ini 6 hal yang perlu Anda perhatikan saat menyikat gigi.

1. Rutin setiap hari

Banyak orang yang sikat gigi jika merasa giginya sudah banyak plak atau bahkan saat gigi sudah mulai merasa sakit. Tentu ini adalah anggapan yang salah bahwa menyikat gigi bisa menyembuhkan sakit gigi. Menyikat gigi adalah upaya pencegahan agar bakteri tak sempat merusak gigi dengan zat asam yang diproduksinya. Jadi rutinlah setiap hari menyikat gigi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Anda tak perlu mencari cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat jika rutin menyikat gigi setiap hari.

2. Semakin sering semakin tidak sehat

Menyikat gigi itu bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi jika dilakukan berlebihan justru malah akan merusak gigi. Idealnya kita menyikat gigi 2 hingga 3 kali sehari dengan jeda dari pagi hingga malam hari. Lebih dari 3 kali menyikat gigi justru akan merusak email gigi dan membuat gusi menjadi radang. Jadi semakin sering bukan malah menjadi semakin sehat. Cukup dengan porsi yang dianjurkan oleh dokter gigi.

3. Jangan terlalu ditekan

Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah seperti memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal dan menyikat permukaan gigi dengan kuat. Menyikat gigi dengan cara yang kuat seperti ini justru akan membuat gusi rentan berdarah dan gigi malah terkikis. Jadi perhatikan kekuatan sikatan Anda jangan terlalu kencang.Ini adalah salah satu cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat yang bisa Anda coba.

4. Sikat dengan perlahan

Coba Anda hitung berapa lama kamu menyikat gigi dari awal hingga akhir. Pastikan anda menyikat gigi lebih kurang 30 detik untuk seiap deretan gigi. Berarti anda harus menyisihkan sekitar 3 menit untuk menyikat semua bagian gigi mulai dari depan samping kanan kiri dan atas bawah. Tak perlu terburu-buru dalam menyikat karena bisa jadi ada bagian gigi yang terlewat dan tidak terkena sikat. Selain itu jika menyikat gigi dengan perlahan, Anda bisa lebih merasakan bagian gigi mana yang terasa sakit atau terdapat sisa makanan yang menempel.

5. Lidah dan pipi ikut disikat

Meski gigi memberikan peranan penting saat mengunyah makanan, tapi anda harus tahu bahwa bakteri tidak hanya menempel di bagian gigi tapi juga di bagian lidah dan dinding mulut dalam. Jadi saat menyikat gigi pastikan anda juga menyikat lidah dan dinding mulut. Cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat tentunya bisa dihindari dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi seperti ini.

6. Kumur dengan air bersih

Obat kumur sangat membantu untuk menjaga kesehatan secara optimal. Meski anda sudah rutin sikat gigi, tentunya berkumur dengan obat pembersih mulut akan membuat mulut menjadi segar dan bakteri tak sempat bersarang untuk menghasilkan zat asam. Selain menjaga kesehatan mulut dan gigi, berkumur dengan air bersih setelah menyikat gigi dan obat kumur akan membuat nafas menjadi lebih segar.

Nah, itulah beberapa tips yang berhubungan dengan menyikat gigi. Terkadang menyikat gigi dengan perlahan dapat menjadi solusi singkat untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat akibat lubang gigi yang kemasukan benda asing. Anda punya tips tentang cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat? Boleh kok berbagi di kolom  komentar.

You May Also Like

5 comments

  1. Wah bener banget tuh apa yang dijelaskan di atas. Boleh ditiru nih

    ReplyDelete
  2. Hahaha bener banget nih. Biasanya anak kecil nih yang lidah dan pipinya ikut disikat

    ReplyDelete
  3. Bener bamget nih kalau menyikat gigi itu jangan terlalu ditekan

    ReplyDelete
  4. Ternyata menyikat gigi secara sering itu tidak boleh ya

    ReplyDelete
  5. Wah bener banget nih tipsnya. Bolehlah ditiru hehe

    ReplyDelete