Resep Sambal Brajak yang Sedap Pedasnya

by - 5:15:00 AM

Cara membuat sambal bajak yang enak
penampilan sih biasa, tapi rasanya luar biasa...


Resep Sambel Brajak yang Sedap Pedasnya

Baru-baru ini, anak pertama ku suka sekali makan nasi bersama sambal. Awalnya sih, gara-gara beli lalapan lalu ketagihan. Bahkan menurutnya makan lalapan itu lebih enak daripada makan ayam goreng di restoran cepat saji. Kalau di restoran cepat saji, nasi satu kepal saja rasanya banyak banget, dan perlu usaha untuk menghabiskannya. Tapi kalau makan lalapan, dia bisa habis dua porsi nasi, ahahaha.

Sebagai emak yang gercep alias gerak cepat, saya memandang kesukaan anak terhadap sambal ini sebagai peluang. Yaitu peluang untuk mencoba mengenalkan menu-menu baru pada si anak mbarep. Mulailah emak memasak sambal terong, lalapan ayam dan makanan lain yang dapat dipasangkan dengan sambal di rumah. Lumayan juga, si Sulung jadi lebih lahap makannya karena nafsu makan bertambah.

Buat emak-emak ketika anak makan dengan lahap itu sesuatu... Sampai sampai masalah sambal pun diceritakan ke Uti alias neneknya anak-anak. Mendengar cucunya suka makan sambal, pada saat liburan kemarin Uti selalu membuatkan sambal untuk anak-anak. Tapi yang namanya sambal untuk anak-anak, tentunya tingkat kepedasannya juga disesuaikan. Jadi boleh saja namanya sambal, tapi buat saya yang suka pedas, sambal untuk anak-anak enggak ada pedasnya sama sekali hehehe.

Dan apa coba komentar anak Sulung ketika mencoba sambal buatan sang Uti 

" Ma... sambal buatan uti kok beda ya...?"

"Beda bagaimana? "

"Sambal buatan uti kok bisa uenak,  rasanya kalau makan aku kepingin ambil terus"

"#?!@#!!??%$#@!.... baiklah , nanti mama tanyakan resepnya"

"Aseeek"

"Hiks"

Akhirnya, dapatlah resep sambal dari Uti. Daripada catatan hilang, jadi saya tulis di blog saja. Siapa tahu bisa bermanfaat juga untuk orang lain...

Ini dia resep sambal Brajak yang sedap pedasnya :

Bahan :
5 Butir Tomat ukuran sedang
10 Siung bawang putih
15 siaug bawang merah, iris tipis
cabai rawit sesuai selera
Terasi kurang lebih 5 gr /satu bungkus kecil
satu ruas jahe, digeprek
gula
garam
Minyak goreng
sedikit kecap (1 sdm)

Cara membuat Sambal yang sedap, gurih dan enak

Cara membuat sambal penyeta atau lalapan



Cara Memasak :

Cara 1 : Blender tomat, bawang putih dan cabai. Sementara itu iris tipis bawang merah lalu goreng dalam minyak panas sampai setengah matang. Setelah bawang merah setengah matang, masukkan Tomat, cabai, dan bawang putih yang telah diblender tadi. Masukkan juga terasi dan jahenyanya. Masak sambal sampai matang. Biasanya ditandai dengan air yang menyusut dan berubah warna lebih gelap. Setelah itu tambahkan gula dan garam serta 1 sdm kecap sebagai penyedap rasa.

cara membuat sambal yang sedap pedasnya

resep sambal yang sedap pedasnya

cara membuat sambal tomat


Cara 2. Iris tipis bawang merah. Potong-potong tomat, bawang putih dan sayat kulit cabai menggunakan ujung pisau agar tidak meletus saat digoreng. Goreng ketiga bahan tadi sampai setengah matang, lalu angkat dan ulek sampai halus. Sementara itu, goreng bawang merah sampai setengah matang/setengah kering. Lalu masukkan terasi, jahe yang sudah digeprek dan ketiga bahan yang tadi sudah di ulek. Masak sampai susut airnya dan berubah warna. Tambahkan gula, garam dan satu sendok kecap manis sebagai penyedap.


Nah, sambal siap disajikan dan bisa dipasangkan dengan berbagai masakan seperti : Ayam goreng, ikan goreng, sayur lodeh, sayur bening dan lain-lain.

Nah ternyata cara membuat sambal itu gampang sekali bukan? Resep ini sekarang jadi resep sambal favorit di rumah saya.

penambah nafsu makan


Apakah anda tahu, ada berapa macam sambal di Indonesia? Tentunya banyak sekali ya... karena hampir di setiap daerah memiliki sambal yang khas. Bahkan bisa dikatakan hampir setiap rumah memiliki sambal khas yang resepnya hanya dimiliki oleh keluarga tersebut.

Setiap sambal memiliki pasangannya masing-masing. Misalnya sambal kecap dengan sayur sop. Sambal tomat dengan sayur bening. Sambal matah dengan ayam betutu, sambal kacang dengan satai ayam atau kambing. Kini, dengan semakin berkembangnya dunia perkulineran maka semakin banyak inovasi yang muncul. Resep sambal buatan Uti ini adalah salah satu inovasi dari sambal bajak yang biasa kita jumpai. Kalau sambal bajak, bawang merahnya dijadikan satu dengan bahan lainnya, sedangkan sambal Brajak yang gurih pedas resepnya Uti ini digoreng terlebih dahulu. Itulah sebabnya mengapa sambal ini disebut dengan sambal brajak, yaitu gabungan dari kata brambang yang berarti bawang merah dan bajak yang merupakan nama sambal.

Bawang merah yang digoreng terlebih dahulu ini membuat citarasa sambal menjadi lebih gurih dan sedap. Aroma bawang merah gorengnya menghasilkan citarasa khas yang tidak dijumpai di sambal Bajak lainnya.

Oh ya, kalau makan dengan sambal ini, Ingat berat badan ya teman. Karena sambal ini membuat nafsu makan berlipat ....


You May Also Like

3 comments

  1. Catet ah, buat sambal brajak di rumah xD

    ReplyDelete
  2. owhhh kirain itu typo kata brajaknya ternyata memang namanya sambal brajak *yakalitypo* hehehehe anakku blom doyan sambal, paling suka saos aja ... a must try resep sambal utinya nih, karena keluargaku doyan sambal ;) thanks for share mbak

    ReplyDelete
  3. Yang bikin beda ini sambalnya pakai jahe, jadi ada aroma jahenya juga. Ntar saya cobain bikin sambal jahe ini :D

    ReplyDelete