5 Kiat Booking Hotel via Travel Online

by - 19.17.00

5 Kiat Booking Hotel via Travel Online. Sudah ada rencana untuk liburan lagi? Liburan akhir tahun kemarin masih kurang? Agar liburan selanjutnya lebih menyenangkan sebaiknya Anda membuat daftar rencana liburan mulai dari sekarang. Jadi, kesalahan yang pernah terjadi tidak akan terulang pada agenda berikutnya.

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan waktu dan tujuan, baru kemudian merencanakan akomodasinya. Pada era digital seperti sekarang ini, mencari tiket pesawat dan booking hotel bisa dilakukan via online. Hadirnya situs-situs agen travel seperti www.traveloka.com memberikan banyak kemudahan. Anda akan punya banyak pilihan dari rekomendasi hotel-hotel yang ditawarkan.

Namun, sebagian orang masih belum familiar dengan hal hal yang berbau online seperti ini. Kalau Anda termasuk buta dengan travel online, ada baiknya simak tips-tips berikut, sebelum memutuskan untuk booking kamar hotel via online.  

  1. Baca petunjuknya

5 kiat Booking hotel via Travel online
Source: Traveloka
Saat Anda membeli sebuah barang elektronik, tentu akan disertai dengan selembar kertas atau buku kecil. Kadang kala terkesan remeh, namun di dalamnya berisi segala informasi tentang perangkat yang Anda beli. Jadi, jangan sepelekan keberadaannya.

Begitu juga saat Anda mengunjungi situs agen travel, apalagi jika Anda belum familiar dengan situs travel daring.

Meluangkan waktu sejenak sedikit waktu, syarat dan ketentuan serta bantuan, akan membuat Anda memahami cara kerja situs agen travel. Halaman tersebut akan memberikan segala petunjuk yang Anda butuhkan.

Sebaiknya, Anda membaca satu per satu penjelasan dengan saksama agar benar-benar paham. Tapi, jika terburu-buru, Anda hanya perlu mencermati dua hal.  

Yang pertama, Anda perlu mencari tahu tentang ketentuan harga kamar yang tertera. Kebijakan situs agen travel berbeda satu sama lain. Ada yang mencantumkan harga berikut pajak yang dikenakan, serta beberapa fasilitas tambahan, ada pula yang tidak. Ada juga yang menginformasikan bahwa harga yang tertera akan berubah-ubah sesuai kebijakan hotel dan agen travel online tersebut.

Selain itu, perhatikan juga syarat pembatalan dan perubahan jadwal. Carilah ketentuan dari situs agen travel mengenai kondisi tersebut, perhatikan semua syaratnya, dan bagaimana prosedur pengajuannya.

  1. Bandingkan harga
5 kiat Booking hotel via Travel online
Source: Traveloka
Bujet adalah faktor penentu pilihan liburan Anda. Membutuhkan ketepatan dalam penggunaan dana liburan agar isi dompet tidak terkuras habis pada akhirnya.

Sangat disarankan membuka lebih dari dua situs travel untuk mencari referensi harga kamar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kisaran harga yang diperlukan.

Tidak ada salahnya membandingkan harga kamar hotel yang sama di semua situs travel. Pertimbangkan nominal harga penawaran dengan fasilitas yang diberikan.

Pada saat-saat tertentu, bisa jadi Anda akan menemukan perbedaan harga yang cukup signifikan. Misalnya, ketika sedang ada promo di Traveloka atau situs travel lainnya. Bayangkan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika rajin mengecek situs-situs tersebut.


  1. Teliti kondisi kamar

5 kiat Booking hotel via Travel online
Source: Traveloka
Semua situs travel online menampilkan gambar dari hotel, beserta foto-foto jenis kamar yang tersedia. Tapi, ada satu hal yang wajib dicatat, bahwa tidak semua hotel memberikan gambar kamar secara detail, sesuai kondisi aslinya.

Tidak semua penjual bisa menampilkan barang dagangan secara lengkap di balik kaca etalase. Demikian juga dengan tampilan hotel di situs travel.  

Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk membaca kolom keterangan kamar dengan saksama.
Pada kolom tersebut tersedia semua informasi mengenai fasilitas yang terdapat dalam kamar hotel. Seperti jumlah ranjang, fasilitas kamar mandi, pendingin ruangan, dan sebagainya.

Sebagian orang kurang teliti dalam membaca keterangan kamar.  Inilah yang pada akhirnya membuat mereka merasa tertipu ketika tiba di hotel tujuan. Akhirnya mereka kecewa, merasa sudah terlanjur booking hotel yang salah karena fasilitas tidak sesuai harapan. Padahal sudah jelas terpampang di kolom keterangan mengenai segala fasilitas yang disediakan. Jika pihak hotel gagal memberikan fasilitas sesuai janjinya, barulah keluhan bisa diutarakan.

  1. Perhatikan testimoni pengguna

5 kiat Booking hotel via Travel online
Source: Traveloka
Seperti pada situs-situs lain, travel online juga menyediakan kolom komentar bagi para tamu yang telah menginap di hotel pilihan mereka.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu seberapa baik servis hotel yang akan Anda pilih. Sebagian besar komentar tersebut berisi testimoni jujur, mengungkapkan kondisi hotel yang nyata, langsung dari orang-orang yang pernah merasakannya.

Selain testimoni, biasanya situs travel online juga menampilkan penilaian kualitas layanan hotel dari para pelanggan. Jadi Anda memiliki banyak bahan pertimbangan sebelum melakukan booking di hotel yang dikehendaki.  

Semakin tinggi penilaian dan jumlah komentar bagus, berarti hotel tersebut patut dicoba. Sebaliknya, jika banyak testimoni negatif, sebaiknya Anda mulai mencari hotel yang lain.

Di samping bisa menjadi bahan pertimbangan, testimoni para tamu tersebut diharapkan juga bisa membuat pengelola hotel semakin meningkatkan kualitas layanannya.


  1. Mendaftar sebagai anggota

5 kiat Booking hotel via Travel online
Source: Traveloka
Membuat akun di situs travel online akan memudahkan Anda dalam proses memesan kamar, memudahkan pencarian kamar hotel, serta berguna saat Anda membatalkan booking.

Menjadi anggota di situs travel daring tidak dipungut biaya, gratis. Anda bisa membuat akun di semua situs yang Anda inginkan.

Tapi, jangan lupa untuk memberikan data-data yang diminta dengan benar. Setidaknya data tentang alamat email, nama, alamat, dan nomor telepon (jika diminta) harus diisi sesuai fakta.

Selain itu, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan menjadi orang pertama yang menerima informasi layanan terbaru dari agen travel. Akan menyenangkan jika ada penawaran-penawaran menarik, misalnya diskon dan promo cashback, yang akan sayang jika dilewatkan.


Melakukan booking hotel via situs travel cukup mudah dan praktis. Apalagi saat ini hampir semua agen travel online telah menyediakan aplikasi mobile. Tentunya hal itu semakin memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

You May Also Like

0 komentar