fashion

Kenali Macam-macam Tas dan Kegunaannya

08:00

Konten [Tampil]
Inilah jenis-jenis tas dan kegunaannya


Tas adalah salah satu barang yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, yaitu tas sebagai alat untuk membawa barang dan tas sebagai aksesoris. Menurut beberapa sumber, sejarah tas dimulai dari zaman prasejarah. Pada saat itu tas terbuat dari bahan kulit kayu dan binatang. Dan pada perkembangannya, tas semakin banyak digunakan setelah masa perang dunia ke 2, dimana tas tak hanya sebagai pembawa barang namun juga sebagai pelengkap fashion.

Saat ini sudah banyak sekali model tas yang ada di masyarakat. Selain itu bahan pembuat tas juga semakin beragam. Bagi pecinta fashion setiap model tas memiliki kegunaan dan jenis acara yang tidak bisa di campur adukkan. Namun bagi orang yang hanya memanfaatkan fungsi dari tas maka satu tas bisa digunakan untuk berbagai acara dan waktu yang berbeda.

Saya juga memiliki beberapa tas dimana beberapa di antaranya adalah hadiah. Saya merasa kalau saya agak konservatif kalau untuk urusan tas. Setiap kali membutuhkan tas dan memilih tas, saya selalu terpaku dengan model yang hampir sama. Ada untungnya juga mendapatkan hadiah, sehingga bisa keluar dari zona nyaman dan bisa menggunakan tas model yang berbeda dengan bahagia.

Meskipun hanya memiliki beberapa model tas, tak ada salahnya kita mengenal jenis-jenis tas dan fungsinya untuk menambah pengetahuan. Di akhir artikel nanti juga akan saya sampaikan pendapat saya mengenai tas yang cocok digunakan wanita bertubuh pendek. Cekidot ya...

Jenis-jenis Tas dan Kegunaannya

1. Tas Ransel

Tas ransel disebut juga tas punggung adalah wadah yang digunakan di punggung, dilengkapi dengan dua tali untuk menautkannya di pundak. Tas ransel dengan resleting pertama kali digunakan oleh Gerry Outdoors pada tahun 1938. Bahan pembuat tas ransel bermacam-macam ada yang terbuat dari nylon, kanvas, kulit dan lain-lain. Tas Ransel dengan bahan nylon banyak digunakan sebagai tas untuk mendaki gunung, dan tas sekolah karena sifatnya yang ringan, kuat dan tahan air.

Sedangkan tas ransel dari kulit, ada yang digunakan untuk ke kantpr dan ada yang sebagai perlengkap fashion tergantung ukuran dan modelnya. Begitu juga dengan tas ransel dari kanvas.

Ada lagi tas ransel model Ruck Sack yaitu tas ransel yang menggunakan tali serut di bagian atas untuk membuka dan menutup tas. Seperti halnya tas ransel model lain, rucksack  ini juga memiliki berbagai macam model dan ukuran.

2. Koper

Koper adalah tas besar yang lazim digunakan untuk bepergian. Karena kapasitasnya yang besar, koper tidak hanya berisi pakaian namun juga perlengkapan lainnya yang dibutuhkan selama perjalanan. Ada jenis koper softcase yang terbuat dari nylon atau polyester dan ada juga koper hardcase  yang terbuat dari bahan polycarbonate, polypropene, ABS atau Alumunium.

Kelebihan koper hardcase adalah kemampuannya lebih melindungi isi di dalam koper tersebut. Oleh karena itu bagi Anda yang membawa barang yang butuh perlindungan ekstra disarankan untuk memakai koper hardcase.

3. Shopper Bag 

Shopper bag, sesuai dengan namanya tas ini digunakan untuk membawa barang belanjaan. Ukuran shopper bag  ini memang besar, sehingga memuat barang dalam jumlah yang banyak. Strap atau tali tas ini biasanya pendek untuk di jinjing, namun ada juga yang dilengkap tali yang lebih panjang sehingga bisa digantungkan di pundak. Rata-rata shopper bag dilengkapi dengan resleting atau magnet sebagai penutup tas. 

4. Tote Bag

Banyak orang yang kesulitan membaedakan antara shopper bag  dan tote bag. Ukuran tote bag berada diu kisaran 38 cm x 41 cm sedangkan shopper bag   memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Tote bag memiliki tali yang agak panjang sehingga bisa digantungkan di pundak. 

5. Duffel /Traveling Bag

Duffel/Traveling Bag adalah tas besar yang dilengkapi dengan resleting, dua tali di sisi kanan dan kiri untuk digantungkan di bahu dan satu buah tali panjang. Karena banyak juga yang menggunakan tas ini untuk dibawa ke gym, banyak juga yang menyebut tas ini sebagai gym bag atau kit bag.

Umumnya tas ini terbuat dari nilon dan memiliki beberapa kompartemen untuk mempermudah penyimpanan. Tali panjangnya sangat membantu untuk membawa tas ini sehingga lebih praktis dibawa kemana-mana.

6. Barrel Bag

Barrel bag ukurannya hampir sama dengan duffel bag, yaitu termasuk dalam tas berukuran besar yang biasa digunakan untuk bepergian. Yang membedakan antara keduanya adalah bentuknya. Dimana Barrel Bag an Duffel Bag  berbentuk kotak.

7. Mini BackPack

Sesuai dengan namanya, tas ini adalah bentuk kecil dari tas ransel. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, mini backpack  hanya berisi ponsel, hape dan benda penting lain yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Mini Backpack  ini sangat cocok digunakan untuk acara santai seperti berjalan-jalan karena tangan anda bebas beraktivitas tanpa gangguan tas.

8. Tas Troli

Seperti namanya tas ini memiliki roda di bagian bawah untuk memudahkan kita membawanya kemana-mana. Bentuknya menyerupai ransel namun dilengkapi pendorong. Tas ini biasanya digunakan untuk sekolah atau bepergian tergantung modelnya.

9. Messenger Bag

Jika anda pernah menonton Film Janji Joni yang dibintangi Nicholas Saputra, maka anda tidak akan asing lagi dengan Messenger Bag. Karena di film tersebut NickSap demikian dia biasa disebut, menggunakan tas ini untuk mengantarkan film ke bioskop.

Messenger Bag sendiri awalnya digunakan oleh tukang pos sebagai wadah surat-surat yang akan diantarakan, itulah mengapa tas ini disebut sebagai messenger bag. Ukurannya yang lebih besar dari tas selempang membuat tas ini memuat lebih banyak barang.

10. Crossbody

Crossbody adalah salah satu jenis tas yang diselempangkan di punfak, namun letak tas berada di tengah-tengah tubuh. Tas ini memberi kesan sporty pada pemakainya. Modelnya hampir menyerupai tas ransel hanya saja ukurannya lebih kecil dan hanya memiliki satu tali panjang. Crossbody  juga banyak digunakan oleh para pria. Sedangkan wanita juga menggunakan Crossbody  namun dengan sedikit sentuhan feminin seperti corak, atau warna.

11. SlingBag

Tas selempang, begitu kita menyebutnya. Tas ini memilki tali panjang sehingga panjangnya hingga mencapai paha. Ada yang menggunakan tas ini secara menyilang, namun ada juga yang menggantungkannya di pundak begitu saja.

Sling bag dari bahan nilon dan kanvas umumnya digunakan untuk acara santai, sedangkan Sling Bag dari bahan kulit atau sintetisnya lebih cocok digunakan untuk acara semi formal maupun formal.

12. Drawstring Bag

Drawstring Bag  adalah tas berbentuk kantong dengan tali serut yang juga berfungsi untuk membawa tas di bahu kanan dan kiri. Strap drawstring bag ini biasanya berbentuk tali. Sedngkan bahannya sendiri biasanya terbuat dari nilon, kanvas, poliester hingga polipropelene.

Tas serbaguna ini sangat sederhana, hanya terdiri dari satu kompartemen saja. Anak saya biasanya menggunakan tas ini jika berlatih sepak bola.

13. Waist Bag

Tas pinggang, begitu kita menyebutnya. Ukurannya cukup mini dan sederhana sehingga hanya berisi beberapa barang penting saja seperti dompet dan ponsel. Sesuai dengan namanya, tas ini dipakai dengan cara melingkarkannya ke pinggul. Penggunaan tas ini tegantung bahan dan modelnya, ada yang untuk olah raga, namun ada juga yang digunakan untuk acara yang lebih formal.

14.  Envelope Bag

Termasuk dalam golongan tas kecil. Envelope Bag ini memang bentuknya mennyerupai amplop. Krena ukurannya mini, tas ini pun hanya berisi beberapa barang saja. Tas ini bisa digunakan untuk acara santai maupun resmi.

15. Bucket Bag

Tas ini ukurannya kecil. Penutupnya berupa tali serut. Talinya tak cukup panjang, sehingga hanya cukup di tautkan di pergelangan tangan saja. Biasanya tas ini dipakai saat pesta atau menghadiri undangan resmi.

16. Tas Jinjing

Sesuai namnya, cara membawa tas ini adalah dengan menjinjingnya melalui tali pendek yang berada di bagian atas tas. Penggunaan tas ini bermacam-macam tergantung bahannya. Ada yang terbuat dari kulit dan sintetisnya, yang biasa digunakan untuk acara resmi. Ada juga yang menggunakan tas ini untuk membawa barang saat pergi ke kantor.

17. Minaudere Bag

Kita biasa menyebutnya dengan tas pesta. Karena tas ini memang dsering digunakan untuk menghadiri pesta dan acara semacam itu.  Teksturnya kokoh dan dilengkapi hiasan berupa payet maupun manik-,amik untuk memberi kesan mewah.

18. Saddle Bag

Bentuk tas ini mengingatkan kita akan bentuk sadel sepeda dengan bentuk sedikit melingkar. Dilengkapi dengan tali panjang untuk melingkarkannya di bahu. Ukurannya cukup kecil dan hanya memuat beberapa barang seperti ponsel dan dompet. Model tas ini sempat hits beberapa waktu terakhir karena digunakan oleh para artis yang berasal dari sebuah brand terkenal luar negri.

19. Quilted Bag

Tas ini bagian luarnya biasanya terbuat dari kulit sintetis yang dijahit dengan pola geometri. Karena bahannya dari kulit sintetis yang terkesan resmi, tas ini pun seringnya hanya digunakan pada acara resmi atau formal. Walupun belakangan ini banyak juga yang menggunaknnya untuk acara santai.

20. Clutch

Ukuran Clutch hanya sedikit lebih besar daripada dompet. Karenanya tas kecil ini tidak bisa diii banyak barang karena bisa membuat tampilannya jadi tidak menarik. Clutch biasanya digunakan pada acara-acara resmi.

21. Wristlest

Tas ini hampir sama dengan clutch. Bedanya jika Clutch tidak dilengkapi tali, maka wristlest ini dilengkapi tali pendek ataupun panjang sehingga bisa digantungkan di pergelangan tangan atau digantungkan di pundak.

22. Bagguette Bag

Tas ini memiliki ciri khas, yaitu memiliki tali yang pendek sehingga jika digantungkan di pundak seolah-olah tas ini terjepit di ketiak. Walaupun begitu banyak juga yang membawa tas ini dengan cara di jinjing. Untuk penggunaan tas ini tergantung bahan dan modelnya, ada yang untuk acar resmi dan ada juga untuk acara santai.

23. Halfmoon Bag

Bentuk tas ini setengah lingkaran dengan bagian atas lebih cekung, sehingga nampak seperti bulan separuh. Tas ini ada yang berupa tas jinjing maupun tas selempang. Banyak yang menggunakan tas ini untuk acara santai.

24. Flap Bag

Flap Bag  ini hampir sama dengan Quilted Bag hanya saja tidak dilengkapi resleting bagian atasnya melainkan ditutup dengan bagian tas lainnya begitu saja. Termasuk dalam golongan tas kecil dan biasanya digunakan pada acara resmi maupun santai.

25. Shoulder Bag

Agak sulit memang membadakan antara shoulder bag dan sling bag karena keduanya serupa. Namun yang jelas, panjang tali shoulder bag lebih pendek dari sling bag dan lebih panjang dari tote bag. Cara menggunakan tas ini dengan menggantungkannya di bahu. Karena bentuknya sederhana dan ukurannya tidak besar maka isinya pun tidak banyak.

26. Micro Bag

Micro Bag  adalah tas berukuran sangat kecil,dimana ponsel pun tidak bisa dimasukkan ke dalam tas ini. Biasanya tas ini hanya sebagai pelengkap fashion saja. Kalupun ada isinya hanya sebatas make up untuk touch up seperti lipstik dan bedak. Kalau penasaran dengan micro basg ini, coba deh tengok mbak-mbak yang live di e-commerce, banyak diantara mereka yang menggunakan tas kecil ini.


Macam-macam tas dan kegunaannya

Nah itulah berbagai macam tas dan kegunaannya. Dari berbagai jenis tas tersebut saya hanya memiliki beberapa diantaranya. Walupun begitu sya berusaha untuk memakai tas sesuai dengan acara yang saya ikuti agar tidak terkesan salah kostum.

Bagi wanita pendek seperti saya, hendaknya memilih ukuran tas yang proporsional sehingga lebih nyaman dilihat. Untuk motif sesuaikan dengan pakaian yang kita kenakan. Jika memakai pakaian polos Anda bisa memakai tas bermotif begitu juga sebaliknya jika pakaian Anda polos, Anda bisa memakai tas bermotif.

Jika memang butuh untuk membawa tas besar seperti ransel yang berat, seimbangkan penampilan anda dengan memakai tas selempang kecil di depan. Selain memudahkan kita untuk membawa barang-barang kecil yang setiap saat dibutuhkan seperti ponsel, tas ini juga menyeimbangkan penampilan kita sehingga tidak nampak seperti kura-kura berjalan.

Itulah jenis-jenis tas dan kegunaannya. Mungkin teman-teman ada yang ingin menambahkan, mari berdiskusi di kolom komentar. Dan jika ingin membaca tips fashion untuk orang pendek lainnya seperti baju hangat yang cocok untuk wanita pendek, anda bisa membaca artikel sebelumnya. Terima kasih dan selamat membaca.





facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

21 comments

  1. Artikelnya lengkap! Sekarang jadi paham mana tas yang sebaiknya dipakai untuk kuliah, kerja, jalan-jalan santai, atau pergi ke acara formal. Jadi ngga bakalan salahlagi bawa tas dan bagaimana penggunaannya yah

    BalasHapus
  2. Daku paling seneng pakai ransel, karena praktis dan bisa muat banyak bawa apa aja hehe

    BalasHapus
  3. Tas memang banyak macamnya ya. Memang kalo asal pakai tas, bisa bikin jadi salah kostum. Makanya kalo cewek, pasti punya tas banyak. Beda model beda acara.

    BalasHapus
  4. Untuk keseharian misalnya jalan-jalan gitu saya lebih suka pakai all in one. Bisa dijadikan backpack, tote bag, juga sling bag. Kalau untuk kerja, saya biasa pakai 2 tas yaitu backpack dan tas laptop.

    BalasHapus
  5. Banyak sekali ya jenisnya.. aku nih kalau udah ligat2 tas di marketplace rasanya nggak mau berhenti hihihi

    BalasHapus
  6. Ternyata banyak juga jenis-jenis tas ya, Mbak. Terus memang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dan saya hanya tahu beberapa saja. Termasuk ransel, koper dan tote bag yang sekarang ini sering saya gunakan.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak sekali ya ragam tas. Aku sendiri lebih suka yang model ransel karena praktis dan posisinya di badan jadi mantap. Sling bag hanya kupakai sesekali, biasanya diselempangkan. Bahuku sempit, jadi kalau pakai sling bag yang disampirkan begitu saja di bahu, pasti selalu melorot.

    BalasHapus
  8. Bagiku kegunaan tas ya untuk membawa barang. Entah itu barangnya banyak atau sedikit. Atau barangnya sekecil lipstick atau baju. Hehehe

    BalasHapus
  9. Familiernya sama tas gendong sama selempang doang. Eh, ternyata segitu banyaknya, ya, jenis dan macam-macam tas ini

    BalasHapus
  10. Astaga ada 26 jenis tas. Baru aja aku semalem scroll-scrol di Lazada, nyari ransel. Akhirnya dapetnya Drawstring Bag dong. Ya memang buat bawa sepatu OR sih.
    Dulu aku suka tuh bawa Tote Bag. Sekarang diminimalkan aja deh. Bahu udah mulai sakit dengan beban hidup...hehe...

    BalasHapus
  11. Film Janji Joni emang bikin Messenger Bag jadi ikonik banget, ya. Aku suka banget liat gimana NickSap bawa-bawa tas itu sambil nganterin film. Ternyata, dari tas yang tadinya buat tukang pos, sekarang jadi jadi keren banget buat gaya sehari-hari. Bener juga sih, ukurannya yang lega bisa nyimpen banyak barang, jadi praktis buat dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
  12. Wah banyak juga ya. Saya belum separuhnya memiiliki jenis-jenis tas itu. Paling cukup sering dibeli itu slingbag, shoulder bag, ransel bag, dan travel bag.

    BalasHapus
  13. Aku sih kalo traveling lebih enak pake ransel sih. Praktis dan pasti ga akan bs bawa banyak2 brg. Males gw kl jalan2 bawa brg bnyk.

    Kalo belanja sih enaknya bawa totebag sendiri biar menjaga kelestarian lingkungan. Hehe

    Kalo ke kafe sambil nyelesain tugas ya enaknya bawa gawai plus slingback aja sih.

    BalasHapus
  14. Ternyata waist bag dan crosing bag berbeda ya. Dulu aku kira Crosing bag ya waist bag itu karena saat beli di e-commerce kata kuncinya pake waist bag itu

    BalasHapus
  15. Ya ampun, ternyata nama tas banyak juga ya. Kebanyakan sudah lihat bentukannya, cuma gak tahu namanya. Semua disebut tas aja. Paling banter ya taunya tas selempang, tas ransel, backpack, dan koper.

    BalasHapus
  16. Eh, buset! Kenapa ada banyak bener macam² tas ini, selama ini cuma tau yg umum² aja, atau pernah liat, tapi gak tau namanya, hahaa..

    BalasHapus
  17. Dari sekian banyak tas, hanya tas ransel yang saya punya. Eh ada lagi tas Tote bag yang saya yakin dia bakalan cepat masuk angin secara gak memiliki resleting tasnya

    BalasHapus
  18. omo omo omo! banyak banget ternyata jenis tas ya, hihihi. sampai bingung saya mana aja yang pernah saya pakai, yang pasti sih saya selalu suka totebag dan slingbag juga tipe tipe Messenger Bag gitu, vintage dan klasik soalnya

    BalasHapus
  19. Lah banyak banget yak jenis tas itu, tapi aku kalo bawaan banyak tetep tas ransel jadi andalan . Hehehe

    BalasHapus
  20. Wah, ternyata banyak juga ya jenis tas itu Aku cuma punya beberapa aja, tapi paling sering dipakai ya sling bag yang punya sampai 4 tas. Hehe

    BalasHapus
  21. Wow, ternyata seabrek banget jenis-jenis tas dalam keseharian kita. Barungeh aja, selama ini tahunya koper, ransel, totte bag, dan beberapa lainnya. Khususnya buat cewek snagat beragam juga ya untuk fashion

    BalasHapus