kesehatan

5 Manfaat Pilates Mulai Dari Perbaiki Postur Tubuh Hingga Atasi Nyeri Punggung

18.16.00

  Manfaat Pilates untuk Tubuh


Olahraga pilates tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, apalagi banyak yang sekarang ini ikut program latihan pilates. Pada dasarnya pilates merupakan jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh orang-orang di bawah usia 45 tahun serta yang kondisi jantungnya sehat.

Bagi yang masih pemula dalam olahraga tersebut sebaiknya juga tidak dilakukan sendiri, melainkan didampingi oleh pelatih, sehingga mengurangi kemungkinan atau resiko terjadinya masalah. Manfaat pilates sendiri banyak, salah satu alasan yang membuat banyak orang tertarik mencoba olahraga tersebut.

Faktanya olahraga pilates ini memang diperuntukkan menjaga kelenturan otot inti tubuh, jika otot tubuh lentur dan kuat maka nantinya postur tubuh yang diinginkan juga dapat dicapai. Ada banyak gerakan yang dapat dilakukan dengan pilates ini, mulai dari yang fokusnya di bagian pinggang, ototperut sampai dengan paha dan pinggul. Ia tergolong dalam jenis olahraga low impact, sehinggamembantu dalam melatih ketahanan serta kelenturan otot.

Banyak orang yang menganggap bahwa olahraga pilates sama dengan yoga, padahal keduanya jauh berbeda, bahkan prinsip latihan pilates ini juga tidak sama dengan yoga, mulai diantaranya adalah dengan konsentrasi, harus melatih pernapasan sampai dengan latihan yang harus terpusat pada bagian otot inti tubuh, sehingga tidak boleh kaku.


tips memperbaiki postur tubuh

Manfaat pilates ini diantaranya adalah terkenal untuk memperbaiki postur tubuh. Namun demikian masih banyak lagi manfaat pilates yang harus diketahui:

Manfaat Pilates untuk tubuh :

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Anda yang suka sembarangan ketika duduk ataupun juga saat bekerja, maka rentan sekali mengalami masalah pada postur tubuh yang tidak bisa normal. Kondisi ini jangan dibiarkan, melainkan harus segera diperbaiki agar tidak tampak mengganggu penampilan.

Salah satu caranya adalah dengan pilates, karena melatih otot inti tubuh maka nantinya setiap bagian tubuh juga akan bekerja secara harmonis. Pilates akan berguna dalam menyeimbangkan koordinasi tubuh, sehingga nantinya postur juga terjaga dengan baik.

2. Membantu Agar Bentuk Tubuh Tetap Tegap

Banyak orang yang punya postur tubuh bungkuk, hal ini dikarenakan pekerjaan menuntut untuk banyak duduk, jadi terkadang jadi seenaknya ketika duduk. Jika dibiarkan lama-kelamaan tentu akan membuat penampilan terlihat aneh.

Melakukan pilates bisa membantu mengatasinya, karena nantinya otot-otot tubuh akan lebih lentur dibandingkan sebelumnya, hal ini efektif untuk membantu dalam membuat postur menjadi lebih tegap, penampilan tetap terjaga.

Baca juga : Perlukah memakai Sport Bra Saat Olah Raga?

3. Membuat Otot Jadi Lebih Kencang

Beberapa jenis otot tubuh seperti diantaranya adalah otot perut, punggung sampai dengan otot dasar tubuh pada dasarnya punya peran penting terhadap gerakan tubuh. Tentu dengan dilakukan pilates secara rutin hal tersebut berguna untuk membantu meningkatkan kekuatan otot tersebut. sehingga nantinya tubuh Anda juga akan menjadi lebih stabil serta kokoh.


4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Anda yang punya masalah dengan berat badan berlebih maka bisa mencoba jenis olahraga yang satu ini, pasti banyak yang sudah tahu bahwa dengan pilates mampu optimalkan pembakaran kalori, tentunya kalori yang banyak terbakar akan membuat penampilan juga lebih langsing. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk menurunkan berat badan, maka harus diimbangi dengan pola makan yang benar, konsumsi menu makanan dengan gizi seimbang.

Baca juga : Aneka Resep Menu Sarapan Sehat

5. Dapat Meringankan Nyeri Punggung Serta Otot

Olahraga pilates ternyata bagus untuk Anda yang punya masalah dengan sakit punggung atau nyeri otot, karena dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasinya. Karena pada dasarnya olahraga tersebut dapat memperkuat serta meningkatkan kelenturan otot, nantinya aliran darah menuju bagian belakang juga lebih dioptimalkan, sehingga rasa nyeri juga akan berkurang.

Namun sebaiknya untuk yang punya masalah dengan nyeri ini, maka olahraga pilates harus dilakukan dengan pengawasan tenaga ahli atau pelatih yang sudah berpengalaman.

Banyak bukan manfaat pilates yang sulit untuk ditolak, olahraga yang satu ini memang tampak sederhana, namun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, melainkan harus dengan pengawasan khusus jika ingin hasil yang optimal.


Fit Hub Gym Premium dan Terjangkau di Indonesia

Anda bisa mengikuti kelas pilates dari FIT HUB, karena akan dibimbing secara langsung oleh pelatih yang berpengalaman. Tidak perlu khawatir karena FIT HUB punya jaringan tempat fitness di seluruh Indonesia, pilih yang paling dekat dengan rumah Anda.

You Might Also Like

0 comments