kesehatan

Untung Ada Internet, Jadi Lebih Mudah Memantau Kesehatan Keluarga

10.05.00

indiHome dari Telkom Indonesia


Apa kabar teman-teman semuanya. Bagaimana, masih lancar puasanya? Semoga tetap sehat dan selalu semangat ya. Akhir-akhir ini meskipun sudah memasuki akhir Maret hujan masih saja sering turun bahkan hampir setiap hari. Padahal beberapa waktu lalu saya sempat membaca berita yang menyebutkan prediksi musim hujan oleh BMKG akan berakhir pada bulan Februari. Namun sampai mendekati bulan April ternyata curah hujan masih tinggi.

Hal ini membuat emak-emak macam saya yang sering wira-wiri antar jemput anak kudu bener-bener bisa jaga kesehatan. Walaupun sudah berusaha sebaik mungkin tapi kemarin sempat kedodoran juga. Penyebabnya selama tiga hari berturut-turut saya harus antar jemput anak yang jaraknya lumayan jauh, tidak seperti biasanya. Dan selama tiga hari itu pula kehujanan sepanjang perjalanan. Meskipun sudah pakai jaket dan jas hujan, tetap saja tidak bisa menahan dinginnya udara, apalagi saya yang memang alergi dingin. Akhirnya saya pun tepar. Kepala pusing, bersin terus menerus dan badan rasanya sakit semua.


Manfaat internet untuk kesehatan

Saat itu rasanya pengen banget istirahat yang cukup sampai badan enakan. Tapi kok ya ternyata ada saja yang harus dilakukan, selain masalah kerjaan, antar jemput anak juga tetek bengek di rumah yang membuat saya kurang istirahat. Padahal biasanya kalau merasakan gejala sakit seperti ini obatnya cuma makan yang banyak, istirahat yang cukup dan pijit badan. Btw, tukang pijitnya Pak Suami sih. Tapi kemarin Pak Suami sedang berada di tempat kerjanya. Terpisah jarak 60-an KM dan ketemu lagi 3 hari mendatang.

Mungkin memang waktunya saya dikasih sakit, sudah makan yang banyak namun tanpa istirahat yang cukup dan pijit badan, gejala sakit ini tetap ada bahkan pusing di kepala makin parah, apalagi saya puasa. Jadi makin lemes di badan. Lapor pak Suami malah dimarahin, harusnya begitu sakit langsung minum obat. Tapi sayanya enggak terlalu suka minum obat dan lebih memilih menghindarinya.

Setelah tahu kalau saya sakit, setiap buka puasa dan sahur pak Suami selalu video call mengingatkan untuk minum obat. Mengingatkan saja sih enggak apa-apa tapi enggak enaknya itu sambil memarahi, soalnya Pak Suami tahu kalau enggak dimarahi saya bakalan ogah-ogahan minum obat. Kesal sih, tapi ada untungnya juga diingatkan Pak Suami, saya jadi rutin minum obat flu. Dan sekarang badan udah enakan, udah bisa keringetan dan tadi beraktivitas seperti biasa.

Setelah saya sudah enak badan giliran anak perempuan saya yang nomor dua nangis (hampir) guling-guling. Gara-garanya sakit gigi. Bukan karena gigi berlubang, tapi gusinya yang bengkak. Bingung deh mamaknya ini. Beberapa waktu yang lalu adiknya yang bungsu juga sakit yang sama, dibawa ke dokter dan diberi obat pereda nyeri, kemudian sembuh. Tapi sakit si kakak ini lebih bandel, sudah minum obat masih saja giginya nyut-nyutan.

Lagi-lagi saya lapor pak Suami. Setelah saya laporan, rupanya Pak Suami googling dan menyarankan untuk membeli obat anestesi semprot untuk sakit gigi dan gusi bengkak. Untunglah di apotik yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah obatnya tersedia. Setelah diobati, alhamdulillah nyeri akibat gusi bengkak berangsur-angsur reda. Mamak pun lega dan bisa menghadap laptop lagi.

Dua kejadian di atas hanya sebagian dari pengalaman saya beberapa hari terakhir. Dan keduanya tak lepas dari peran internet yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini kesehatan keluarga saya. Beruntung di rumah langganan IndiHome dari Telkom Indonesia. Kapanpun membutuhkan selalu tersedia Internet yang cepat dan stabil. Tidak perlu menghidupkan dan mematikan data seperti zaman baheula. 

Untungnya juga kantor pak Suami yang berada di tepian pulau Jawa, di dekat pantai sana juga menggunakan Provider Internet IndiHome. Sewaktu-waktu saya butuh untuk video call selalu mudah dihubungi. Memang IndiHome paling diandalkan untuk jaringan Internet yang cepat dan stabil sih.

Bulan puasa masih belum sepertiganya, oleh karena itu jaga kesehatan baik-baik ya teman-teman. Sayang sekali kalau sampai bolong puasanya gara-gara sakit. Baca-baca artikel tentang kesehatan, ternyata pencernaaan sangat berhubungan erat dengan kesehatan badan di saat bulan Ramadan seperti ini.

Saya kutip dari sebuah situs perbandingan harga yang juga menulis artikel tentang kesehatan, berikut ini tips menjaga pencernaan agar tetap sehat selama puasa.

Tips menjaga pencernaan selama puasa di bulan Ramadan :

1. Pilih makanan yang sehat saat sahur dan berbuka, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Asup juga makanan yang mengandung protein, karbohidrat komplek dan lemak sehat. Hindari makanan yang  mengandung gula, garam dan lemak dalam dosis tinggi.

Cara memantau kesehatan menggunaoan internet


2. Cukupi kebutuhan air putih. Mencukupi kebutuhan air putih untuk berpuasa di keesokan hari dimulai sehari sebelumnya. Hindari minum-minuman manis dan berkafein karena akan membuat rasa haus semakin mendera.

3. Kurangi aktivitas fisik yang berat. Lakukan olah raga ringan dan tidak menguras tenaga. 

4. Sahur itu penting. Usahakan untuk selalu sahur setiap hari karena itulah modal energi kita untuk seharian penuh.

5. Istirahat dan tidur yang cukup. Hindari kegiatan yang kurang bermanfaat seperti menonton TV dan scroll sosmed agar tidak mengganggu waktu istirahat anda.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kita terapkan untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Masih banyak tips lainnya yang bisa kita dapatkan dari internet. Sebelum berselancar di dunia maya mencari tips yang tepat, pastikan untuk memiliki jaringan internet yang stabil ya. Selain itu pilihlah situs yang kredibel. Untung sudah ada internet ya, memantau kesehatan saat berpuasa pun jadi lebih mudah.

Teman-teman punya pengalaman apa seputar menjaga kesehatan di bulan Ramadan ini? Boleh kok berbagi di kolom komentar.

You Might Also Like

45 comments

  1. Betul banget ini Mba, sahur itu penting, karenanya sengantuk apapun saya selalu maksa buat bangun nyiapin sahur dan mastikan si Kakak harus makan sahur.
    Demikian juga dengan kebutuhan air minumnya.

    BalasHapus
  2. Lagi puasa seperti ini asupan sehatnya perlu dijaga, dan bisa ceki-ceki juga infonya lewat internet ya Teh

    BalasHapus
  3. Internet banyak emmebrikan manfaat ya, termasuk dalam hal mencari informasi mengenai kesehatan. Saya biasa mencari informasi kegunaan obat di internet, untuk memastikan efek sampingnya

    BalasHapus
  4. Keberadaan internet memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari ya Mba
    Terutama terkait kesehatan keluarga, untung banget pokoknya langganan IndiHome dari Telkom Indonesia. Di antaranya bisa pantau kesehatan keluarga

    BalasHapus
  5. Internet cepat dari IndiHome memang gak ada duanya ya?
    Saya ingat waktu pandemi dan harus jauh dari anak anak, berkat internet IndiHome semua lancar
    Termasuk saat Ramadhan seperti sekarang, semua data tersaji dengan lancar dan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ambu, entahlah bagaimana kalau pas Pandemi kemarin ga ada I ternet pasti banyak yang stress

      Hapus
  6. Untuk memantau kesehatan keluarga, internet saja gak cukup menurutku, tapi internetnya harus cepat dan stabil biar asyik. Kalau aku sih pilih indihome sejak pasang internet di rumah waktu awal pandemi dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dokter tapi untuk cari tips tentang jesehatan ngebantu banget

      Hapus
  7. Memang sekarang internet udah banyak membantu ya, mbak. Konsultasi juga udah gampang banget online. Apalagi pengguna BPJS, nih. Sebelum ke dokter better konsultasi online dulu sebagai pembanding hasil.
    Palagi kalo BPJS suka sebentar bisa ketemu dokter jadi ngga puas konsultasinya.

    BalasHapus
  8. Merk apa itu obat dan bisa dibeli toko obat ? Ada ya obat anestesi semprot .mpo kalau lagi bengkak gusinya cuma pakai minyak tawon aja

    BalasHapus
  9. untung banget deh hidup di jaman now dmn internet lancar dan bs jd sumber informasi juga, plus byk layanan digital jg yg jadi memudahkan kita thanks to internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untung banget kita hidup di zaman internet ya

      Hapus
  10. saat merasakan ada yang gak beres dengan tubuh, saya biasanya langsung googling di internet dan emang itu membantu banget untuk mendapatkan pertolongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau tahu oenyebabnya lebih cepat lebih baik ya

      Hapus
  11. Iya nih cuaca masih galau ajaaa. Bikin org gampang jatuh sakit kalau gini terus. Bener2 menantang deh pas puasaan gini.
    Aku juga kalau nyari2 info kesehatan biasanya browsing dulu, nyari web kesehatan yang terpercaya supaya gak kena hoax :D

    BalasHapus
  12. Sekarang ya Mbak, internet tuh sudah jadi kebutuhan primer. Apa-apa kita butuh jaringan internet. Mulai dari cari informasi, urusan kerja, urusan sekolah, dan masih banyak lagi. Semua terbantukan karena koneksi internet yang cepat dan stabil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sehari hari terbanti banget sama internet

      Hapus
  13. Saya suka baca berbagai tips kesehatan di internet. Meskipun harus hati-hati juga memilahnya. Tapi, sejauh ini banyak membantu tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, asalkan kita dapat memilih web yang terpercaya, internet banyak untungnya

      Hapus
  14. Saya beberapa kali mencari tips kesehatan melalui internet. Meskipun harus berhati-hati juga karena banyak hoax. Tetapi, sejauh ini banyak tip yang membantu

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ya, internet lancar jaya jaya di pelosok maupun di kota. Bikin hati jadi lebih nyaman juga. Ga riweuh mikirin sinyal lup lep. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya nih kalau lancar komunikasi juga lancar

      Hapus
  16. Era digital ini memang penting banget adanya keberadaan internet ya,kak. Sekarang mau cek apapun bisa aja nih kalau koneksinya lancar ya.

    BalasHapus
  17. Internet membantu banget kegabutan saat puasa ramadan, ehh tiap hari juga sih,. Apalagi kalau butuh informasi tentang cara membuat makanan untuk berbuka atau sahur

    Btw tips jaga pencernaan selama ramadan di atas berguna banget mbak

    BalasHapus
  18. saya juga termasuk yang gak bisa banget nih kalau gak ada internet, soalnya kalau mau masak menu buka puasa selalu nonton resep di YouTube dulu biar makin mantap masakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos mbak, sama aku juga suka lupa sama resep kudu buka internet dulu

      Hapus
  19. Tips seputar mendapatkan informasi ttg kesehatan bisa kita dapatkan kalau internet lancar yakk,, akupun pakai indihome sejak lama kak dan lancar2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulilllah IndiHome ngebantu banget yaa

      Hapus
  20. Naluri membuat komparasi harga itu ibu-ibu banget ya mba. Kita udah terbiasa melakukan perbandingan. Semua gak bisa dilakukan sebelum terkoneksi internet.

    BalasHapus
  21. Ada fasilitas internet cepat memudahkan kinerja kita ya, walau jauh namun tetap terkontrol dari jarak jauh, semoga di bulan puasa ini kita selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT

    BalasHapus
  22. Semua serba ada di internet ya mbak. Jaga kesehatan juga bisa cari referensi di internet, konsultasi online dengan dokter dan bisa beli obat langsung order. Untung ada internet ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak beruntung banget kita hidup di zaman internet

      Hapus
    2. Iya mbak beruntung banget kita hidup di zaman internet

      Hapus
  23. Internet membantu banget untuk menjaga kesehatan. beberapa hari lalu juga aku sempet sakit dan gak ada orang di rumah, beberapa kali pesan obat online. terbantu banget dengan adanya internet ini.

    BalasHapus
  24. Iya sahur itu oenting walau hanya sekesar minum air saja. Kalau aku sahur karbonya sedikit saja jadi gak bikin ngantuk kl siang. Apalagi istirahat yg cukup itu penting bngt

    BalasHapus