Konsumsi 8 Makanan ini Agar Pencernaan Lebih Lancar

by - 3:05:00 PM

8 makanan untuk memperlancar bab

Pencernaan yang tak lancar pasti akan jadi beban pikiran. Bagaimana tidak, sisa makanan yang tak lekas dikeluarkan, dikhawatirkan akan tertimbun dalam tubuh bisa menjadi racun serta memunculkan penyakit yang serius di masa yang akan datang. Salah satu gangguan yang sering terjadi karena pencernaan tidak berjalan lancar adalah sulit buang air besar (BAB).


Sebagai antisipasi, kita memerlukan makanan yang berserat untuk melancarkan bab. Dengan mengetahui beberapa jenis makanan untuk memperlancar BAB, tentunya akan sedikit membantu kita meringankan gejala susah buang air besar yang seringkali terjadi pada setiap orang.

So,  apa saja makanan untuk memperlancar bab?

Agar pencernaan menjadi lebih lancar, gantilah pola makan serta konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan seperti berikut ini: 

1. Apel

Rasa apel yang manis membuat beberapa orang tergoda untuk lekas mencicipinya. Dibalik rasa manis itu, apel juga mempunyai kandungan folat, vitamin A, C, kalium, serta mineral yang baik untuk memperlancar bab. Mineral yang terdapat dalam apel akan memperlancar proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh, maka dari itu apel sangat bagus dikonsumsi oleh beberapa anak atau orang dewasa. 


Tidak hanya itu, buah apel juga mempunyai kandungan pektin yang dipercaya bisa meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga sisa-sisa makanan bisa lekas diubah jadi feses serta dikeluarkan berbentuk kotoran lewat saluran pencernaan.

Makanan untuk memperlancar bab


2. Alpukat

Buah alpukat mempunyai kandungan lemak tunggal yang bukan cuma baik buat proses diet, tetapi kandungan seratnya juga bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Jika anda mengalami sulit BAB, konsumsi lah sebuah alpukat serta tunggulah waktu satu atau dua jam. Kemudian, anda akan merasa ingin BAB.

3. Pisang

Pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, baik untuk memperlancar pencernaan manusia. Kandungan serat ini nanti akan menstimulasi usus buat kontraksi, maka dari itu bakteri baik yang ada dalam pencernaan akan bekerja intensif buat mengolah sisa-sisa makanan. Karena itu, usus juga jadi bersih, pencernaan juga bertambah lancar bila Anda rajin konsumsi pisang tiap hari.

4. Lemon

Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon dapat memperlancarkan pencernaan manusia. Dikarenakan, vitamin C ini dapat melebur serta mengubah sisa-sisa makanan jadi feses yang nanti akan dikeluarkan lewat saluran pencernaan. Minumlah perasan buah lemon tiap pagi saat sebelum makan pagi agar sisa-sisa makanan kemarin bisa dikeluarkan, dengan begitu itu usus menjadi lebih bersih.

5. Asparagus

Asparagus mempunyai kandungan probiotik yang tinggi. Dalam probiotik, ada kandungan serat yang banyaknya dua kali lipatnya. Jadi, tidak aneh lagi jika asparagus kerap disantap buat memperlancar bab. Meskipun rasanya cemplang serta sedikit asam, tetapi asparagus dapat diproses menjadi menu makanan yang sedap. Caranya dengan memasukkan asparagus dengan sayur sawi putih, lalu disiram dengan santan kelapa.

6. Air Kelapa

Air kelapa sangatlah pas diminum untuk menurunkan dahaga. Tidak hanya rasa airnya yang fresh serta daging buahnya yang legit, rupanya air kelapa juga baik buat memperlancar pencernaan. Kandungan elektrolit di air kelapa jadi zat pelancar sembelit serta kesulitan bab. Bila keadaan pencernaan tak lagi bersahabat, minumlah segelas air kelapa muda agar sampai ke saluran pencernaan yang berikutnya memberikan stimulasi untuk keluarkan feses.

7. Teh Jahe

Rempah-rempah sekaligus bumbu dapur seperti jahe rupanya juga bermanfaat untuk memperlancar bab. Teh jahe akan menstimulasi usus buat bekerja lebih cepat saat memproses makanan, maka dari itu sakit pada perut atau sembelit dapat lekas tertanggulangi secara baik. Tak hanya baik buat pencernaan, teh jahe bagus buat menghangatkan badan serta meluaskan pembuluh darah, maka dari itu darah dapat mengalir lebih lancar ke semua bagian tubuh.

8. Bayam

Makanan pelancar bab paling akhir yaitu sayur bayam yang telah terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi di tiap-tiap lembar daunnya. Tidak hanya serat, ada pula kandungan magnesium serta mineral yang baik buat menstimulasi gerak usus besar. Maka dari itu usus besar dapat bekerja lebih aktif serta produktif untuk memproses makanan yang telah dikonsumsi.
Lengkapi dengan Minum Air Putih Secukupnya.

Sayuran untuk memperlancar bab


Tidak hanya konsumsi makanan diatas, imbangi juga dengan konsumsi air putih yang cukup. Dikarenakan, air putih sebagai satu diantara solusi terpilih untuk memperlancar bab. Tidak hanya itu, air putih juga bagus buat mengusir toksin atau racun dalam tubuh dari makanan yang telah disantap. Karena itu, performa aliran pencernaan bertambah lancar, badan akan selalu sehat lantaran terlepas dari toxic.


Dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup, maka kesehatan setiap orang pun akan semakin terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat dan berikan info ini kepada keluarga dan teman terdekat anda. Selamat mencoba.

You May Also Like

0 comments