Konsumsi 8 Makanan ini Agar Pencernaan Lebih Lancar

by - 15.05.00

8 makanan untuk memperlancar bab

Pencernaan yang tak lancar pasti akan jadi beban pikiran. Bagaimana tidak, sisa makanan yang tak lekas dikeluarkan, dikhawatirkan akan tertimbun dalam tubuh bisa menjadi racun serta memunculkan penyakit yang serius di masa yang akan datang. Salah satu gangguan yang sering terjadi karena pencernaan tidak berjalan lancar adalah sulit buang air besar (BAB).


Sebagai antisipasi, kita memerlukan makanan yang berserat untuk melancarkan bab. Dengan mengetahui beberapa jenis makanan untuk memperlancar BAB, tentunya akan sedikit membantu kita meringankan gejala susah buang air besar yang seringkali terjadi pada setiap orang.

So,  apa saja makanan untuk memperlancar bab?

Agar pencernaan menjadi lebih lancar, gantilah pola makan serta konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan seperti berikut ini: 

1. Apel

Rasa apel yang manis membuat beberapa orang tergoda untuk lekas mencicipinya. Dibalik rasa manis itu, apel juga mempunyai kandungan folat, vitamin A, C, kalium, serta mineral yang baik untuk memperlancar bab. Mineral yang terdapat dalam apel akan memperlancar proses pembuangan sisa makanan dalam tubuh, maka dari itu apel sangat bagus dikonsumsi oleh beberapa anak atau orang dewasa. 


Tidak hanya itu, buah apel juga mempunyai kandungan pektin yang dipercaya bisa meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga sisa-sisa makanan bisa lekas diubah jadi feses serta dikeluarkan berbentuk kotoran lewat saluran pencernaan.

Makanan untuk memperlancar bab


2. Alpukat

Buah alpukat mempunyai kandungan lemak tunggal yang bukan cuma baik buat proses diet, tetapi kandungan seratnya juga bagus untuk memperlancar sistem pencernaan. Jika anda mengalami sulit BAB, konsumsi lah sebuah alpukat serta tunggulah waktu satu atau dua jam. Kemudian, anda akan merasa ingin BAB.

3. Pisang

Pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi, baik untuk memperlancar pencernaan manusia. Kandungan serat ini nanti akan menstimulasi usus buat kontraksi, maka dari itu bakteri baik yang ada dalam pencernaan akan bekerja intensif buat mengolah sisa-sisa makanan. Karena itu, usus juga jadi bersih, pencernaan juga bertambah lancar bila Anda rajin konsumsi pisang tiap hari.

4. Lemon

Kandungan vitamin C yang ada pada buah lemon dapat memperlancarkan pencernaan manusia. Dikarenakan, vitamin C ini dapat melebur serta mengubah sisa-sisa makanan jadi feses yang nanti akan dikeluarkan lewat saluran pencernaan. Minumlah perasan buah lemon tiap pagi saat sebelum makan pagi agar sisa-sisa makanan kemarin bisa dikeluarkan, dengan begitu itu usus menjadi lebih bersih.

5. Asparagus

Asparagus mempunyai kandungan probiotik yang tinggi. Dalam probiotik, ada kandungan serat yang banyaknya dua kali lipatnya. Jadi, tidak aneh lagi jika asparagus kerap disantap buat memperlancar bab. Meskipun rasanya cemplang serta sedikit asam, tetapi asparagus dapat diproses menjadi menu makanan yang sedap. Caranya dengan memasukkan asparagus dengan sayur sawi putih, lalu disiram dengan santan kelapa.

6. Air Kelapa

Air kelapa sangatlah pas diminum untuk menurunkan dahaga. Tidak hanya rasa airnya yang fresh serta daging buahnya yang legit, rupanya air kelapa juga baik buat memperlancar pencernaan. Kandungan elektrolit di air kelapa jadi zat pelancar sembelit serta kesulitan bab. Bila keadaan pencernaan tak lagi bersahabat, minumlah segelas air kelapa muda agar sampai ke saluran pencernaan yang berikutnya memberikan stimulasi untuk keluarkan feses.

7. Teh Jahe

Rempah-rempah sekaligus bumbu dapur seperti jahe rupanya juga bermanfaat untuk memperlancar bab. Teh jahe akan menstimulasi usus buat bekerja lebih cepat saat memproses makanan, maka dari itu sakit pada perut atau sembelit dapat lekas tertanggulangi secara baik. Tak hanya baik buat pencernaan, teh jahe bagus buat menghangatkan badan serta meluaskan pembuluh darah, maka dari itu darah dapat mengalir lebih lancar ke semua bagian tubuh.

8. Bayam

Makanan pelancar bab paling akhir yaitu sayur bayam yang telah terkenal akan kandungan seratnya yang tinggi di tiap-tiap lembar daunnya. Tidak hanya serat, ada pula kandungan magnesium serta mineral yang baik buat menstimulasi gerak usus besar. Maka dari itu usus besar dapat bekerja lebih aktif serta produktif untuk memproses makanan yang telah dikonsumsi.
Lengkapi dengan Minum Air Putih Secukupnya.

Sayuran untuk memperlancar bab


Tidak hanya konsumsi makanan diatas, imbangi juga dengan konsumsi air putih yang cukup. Dikarenakan, air putih sebagai satu diantara solusi terpilih untuk memperlancar bab. Tidak hanya itu, air putih juga bagus buat mengusir toksin atau racun dalam tubuh dari makanan yang telah disantap. Karena itu, performa aliran pencernaan bertambah lancar, badan akan selalu sehat lantaran terlepas dari toxic.


Dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup, maka kesehatan setiap orang pun akan semakin terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat dan berikan info ini kepada keluarga dan teman terdekat anda. Selamat mencoba.

You May Also Like

54 komentar

  1. alhamdulillah saya pun mengonsumsi makanan berserat selalu, karena saya masih punya bibit wasir yang bisa kambuh kalau saya sampai telat BAB, heheheh, maaf mbak jadi curhat

    BalasHapus
  2. Betul sekali, Mbak Retno. Kalau pencernaan tak lancar, memang efeknya ke BAB. Dan itu memang tak enak sekali. Dan saya bersyukur suka dengan semua makanan di atas yang bisa melancarkan pencernaan. Biar tidak bosan, diatur saja porsi dan waktu konsumsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, sehat sehat selalu ya Pak Bambang...

      Hapus
  3. Wah apel juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ya ? Mungkin perut saya yang kurang cocok ..karena kalo makan buah apel malah jadi susah BAB, tapi kalo pisang , sayur bayam..hmm lancar memang 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah beda ternyata reaksinya mbak, mungkin jenis apelnya juga berbeda. Memang ada sih apel yang ada rasanya sepet sepet gitu,..,..

      Hapus
  4. In mah enak semua ya ya makanannya selain bagus buat pencernaah. Rugi banget kalau gak doyan makanan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rugi banget, udah enak sehat lagi... eh malah ga doyan hehehe

      Hapus
  5. Asparagus enak loh dibikin sup kental. Campur daging kepiting atau ikan. Jangan tanya resepnya. Aku tau makannya doang. Enaaaak.... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha... aku jarang banget maem asparagus mbak, soalnya ga bisa masaknya. Gagal deh tanya resep...

      Hapus
  6. Aku paling suka air kelapa sama jahe, memang sih kalau pencernaan sedang bermasalah rasanya ga enak banget. Pikiran bisa ga konsen karena perut begah banget. Enaknya kalau konsumsi bahan alami begini, Mbak Retno. Bisa antisipasi agar perut enggak bermasalah dan urusan pekerjaan lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau alami gini enggak terlalu kepikiran efek samping ya... apalagi maemnya sesuai kebutuhgan aja. enggak berlebi8han

      Hapus
  7. Aku suka banget sama air lemon di pagi hari, tapi porsinya harus pas krn kalau di aku kalau terlalu asam malah kurang baik. Pisang juga favorit bgt nih enak bisa lancarin pencernaan juga ya, alpukat juga ternyata bisa asal jgn ditambah kebanyakan manis2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama , aku juga suka minum air lemon tapi versi iritnya sih... air jeruk nipis hehehe

      Hapus
  8. Kedelapan makanan di atas aku suka semua, terutama apel. Apel itu selain enak, ternyata banyak manfaatnya juga bagi saluran cerna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan apel ga usah diapa apain langsung di makan aja enak...

      Hapus
  9. Wah, penting nih. Hehe.. makanan yg baik bisa membuat imun kita lebih kuat. Termasuk makanan yg bagus untuk pencernaan yo mbak. Apalagi musim pandemi gini wah kudu dijaga banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, konsumsi seperlunya untuk jaga kesehatan

      Hapus
  10. Gak nyaman rasanya kalau susah BAB itu. Maka dari itu memang lebih baik makan makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah. Dan saya baru tau kalau teh jahe bisa juga memperlancar BAB, patut dicobain hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mbak, kalau susah BAB bikin ga nyaman...beruntung orang orang yang bisa rutin...

      Hapus
  11. Penasaran dengan teh jahe, aku bekum pernah bikin teh jahe. Semua bahan alam memang lebih baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, asal konsumsi seperlunya jangan berlebihan juga

      Hapus
  12. Saya tiap pagi suka minum air lemon hangat, enak ke perut mba
    Tapi klo asparagus, lidah saya blm cocok😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya verrsi ekkonomisnya mbak, jeruk nipis heheher

      Hapus
  13. Lemon sama alpukat juaranya buat aku
    Karena kalau habis konsumsi ini, saya pasti sudah ga khawatir BAB sulit atau semisalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alpukat aku juga ga bisa nolak mbak, dimakan gitu aja sukanya aku tuh...

      Hapus
  14. Oh, Teh Jahe bisa juga ya? Baru tahu saya. Kirain kalau teh malah bikin seret. Mungkin tergantung bahan campuran dan cara menyajikannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, mungkin efek jahenya itu biar penyajiannya lebih nikmat...

      Hapus
  15. Teh Jahe ternyata oke untuk pencernaan yah? Selama ini saya tau nya untuk kalau lagi batuk dan daya tahan tubuh saja, thanks yah sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, aku pikir juga begitu. terrnyata setelah baca baca ada manfaat lainnya juga

      Hapus
  16. wah air kelapa ternyata bisa memperlancar pencernaan juga ya mbaaa.. baru tau nih akuuu.. pencernaan lancar emang salah satu kunci kesehatan juga ya, biar bisa beraktifitas normal sepanjang hariii.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, gak nyaman kan kalau BAB gak lancar...

      Hapus
  17. Pencernaan yang sehat salah satu hal yang paling utama bagi tubuh. Pengaruhnya memang cukup banyak. Beberapa makanan ini memang saya konsumsi setiap hari. Bahkan terkadang juga untuk makan siang, misalnya apel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya dianjurkan makan buah dan sayur yang teratur ya, Mas untuk kebaikan sistem pencernaan tubuh.

      Hapus
  18. Bayam bikin pencernaan lancar karena makanan berserat tinggi ya kak. Soalnya kan emang makanan berserat bagus untuk sistem pencernaan tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi kalau buah menurut saya mending buat sarapan atau dimakan saat perut kososng. agar lebih terserap sermpurna

      Hapus
  19. klo aku sih ya, tidak terlalu bermasalah pada masalah pencernaan dan sangat teratur BAB tiap pagi..cmn klo anak yg susah BAB biasanya sy beri air lemon

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak anak memang ada yang susah BAB, atau bisa dibantu lebih banyak konsumsi buah ya..

      Hapus
  20. Ke delapan bahan makanan baik sayur maupun buah hanya asparagus belum mengkonsumsinya lainnya sudah sering apalagi di kota Batu apel dan jeruk rasanya mudah ditemui dan tempatnya. Edukasi semacam ini bermanfaat sebagai kudapan pembuka. Alhamdulillah Alla Kulli Haal bisa mengkonsumsi. Sehat dan berkah selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah kalau di kota Batu urusan pencernaan auto lancar kalau saya Pak, soalnya hawanya dingin hehehe

      Hapus
  21. Akutu hobi memamah biak :D Apalagi sekarang lebih banyak #diRumahAja kan. Tapii, kadang yg aku makan tuh tipe penganan yg kurang serat. Hiks, gegara banyak promo serba/i fast food.

    Nah, gegara konsumsi pangan kurang serat, bisa ditebak, aku sering kesulitan BAB gaes *nangis*

    Ya udin, aku baca artikel ini, dan Alhamdulillaahh dapat pencerahan!
    tips makanan apa aja supaya pencernaan lancar, aman jaya siap daku praktikkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal memamah biak kita sama mbak hehehehe.. suka ga tahan kalau liat makanan. akhirnya apapun diembat...

      Hapus
  22. Kalau udah melengkapi kebutuhan serat apalagi bisa diimbangi juga dengan cukup minum air putih, maka sistem pencernaan tubuh bisa lancar terjaga

    BalasHapus
  23. Dari semua yang mbak sebutkan, kayaknya aku masih awam dengan asparagus deh hihihihi :) Teh jahe juga jarang. Paling sering sih bayam, alpukat dll karena mudah didapat setiap hari. Ga nyakga ternyata air kelapa juga bisa membantu pencernaan menjadi lebih baik ya. TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, serbagai sayur asparagus emang lebih susah didapetin. adanya baru di pasar modern. kalau di Malang sih...

      Hapus
  24. Asyik, bayam, teh jahe dan pisang termasuk
    Saya juga sering mengonsumsi buah naga supaya gak sembelit

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat sehat ya Bunda... iya Bun, bahan bahannya ermang ada di sekitar kita dan mudah di jumpai...

      Hapus
  25. Memang ya susah BAB itu rasanya nggak enak banget, perut terasa penuh dan begah. Efek jangka panjangnya juga nggak baik bagi kesehatan tubuh. Aku kalau lagi susah BAB biasanya memperbanyak makan pisang sama minum jus jambu merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja jadi enggak nyaman udah gitu tubuh rasanya jadi berat ya mbak..

      Hapus
  26. Memang kalau ada masalah dengan pencernaan bisa berakibat ke semua ya, Mbak
    Maka mesti dijaga asupan makanan agar cukup serat sehingga lancar masalah pencernaan ini
    Dari list di atas saya selalu punya stok lemon di rumah. Kebetulan tetangga beda 3 rumah distributor lemon dah partai besar tapi juga bisa eceran hihi..jadi gampang kalu beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asiknya kalau gitu, gampang belinya. kadang di pasar susah lo nyarinya...

      Hapus
  27. Saya pernah konstipasi parah dan akhirnya sembuh dengan air kelapa muda hijau. Karena lebih senang berobat herbal atau dengan bahan-bahan alam, saya lebih sering mendahulukan sumber-sumber alami sebagai materi pereda sakit. Yang pasti air kelapa muda hijau itu bisa melegakan lambung, mengeluarkan racun dan asam yang bersarang di lambung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. air kelapa hijau konon emang lebih banyak khasiatnya dari air kelapa merah. tapi mencari air kerlapa hijau yang benar benar kerlapa hijau itu yang agak susah...

      Hapus