Resep

Resep Banana Buttermilk Pancake untuk Cemilan si Kecil

09:14

Konten [Tampil]
Resep Banana Buttermilk Pancake


Pancake bisa dijadikan cemilan di rumah maupun bekal untuk sekolah. Selain resep pancake yang sudah sayai tuliskan sebelumnya, saya juga akan menyimpan resep Banana Buttermilk Pancake di blog ini agar lebih mudah mencarinya saat tiba-tiba butuh.


Banana Buttermilk Pancake, dari namanya saja kita bisa mengetahui sebagian dari bahan yang digunakan, yaitu pisang dan buttermilk. Secara umum, penambahan pisang dalam adonan memiliki dua tujuan, yang pertama pisang sebagai pengganti telur dan yang kedua yaitu pisang sebagai penambah rasa.


Pada resep kali ini bisa dikatakan pisang yang ditambahkan adalah untuk melengkapi fungsi telur karena resep juga menggunakan dua butir telur. Seperti yang kita tahu manfaat telur pada adonan cake maupun roti adalah untuk mengempukkan dan melembutkan. Biasanya untuk menggantikan satu buah telur kita bisa menggunakan setengah buah pisang. Namun pada resep kali ini saya menggunakan satu buah pisang utuh. Untuk ukuran terigu yang digunakan pada resep Banana Buttermilk Pancake versi saya ini, penambahan satu buah pisang tidak membuat Pancake beraroma pisang yang kuat, namun hanya samar-samar saja bahkan hampir tidak terasa.


Aroma pisang yang samar ini bisa juga disebabkan oleh jenis pisang yang digunakan. Pada resep, saya menggunakan pisang raja. Mungkin bila pisang diganti dengan pisang raja nangka, aroma pisangnya akan lebih kuat. Karena pisang raja nangka adalah salah satu pisang yang beraroma wangi. Dalam keadaan matang, pisang ini mengeluarkan aroma yang mirip dengan buah nangka. Itulah sebabnya di daerah kami menyebut pisang ini dengan nama pisang raja nangka.


Buttermilk adalah produk dari susu berupa susu fermentasi. Buttermilk banyak digunakan untuk resep kue. Dengan menggunakan buttermilk kue akan lebih lembut. Namun sayangnya penggunaan buttermilk di Indonesia belum populer, itulah sebabnya produk ini hanya bisa ditemukan di toko khusus bahan-bahan kue.


Namun jangan khawatir karena kita bisa membuat sendiri pengganti buttermilk yang nyatanya di sini umum disebut sebagai buttermilk juga. Kita bisa membuat sendiri pengganti buttermilk ini menggunakan bahan yang terjangkau. Saya sendiri menemukan beberapa macam pengganti buttermilk, namun saya paling sering menggunakan salah satunya yaitu campuran susu dengan air jeruk nipis.


Untuk membuat buttermilk ini sediakan kurang lebih 200 ml susu kemudian tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk dan biarkan kurang lebih 15 menit hingga terbentuk gumpalan-gumpalan pada susu. Setelah itu baru bisa digunakan.


Nama Banana Buttermilk Pancake yang saya tuliskan disini adalah nama rekaan saya sendiri, berharap melalui namanya kita sudah langsung bisa membayangkan rasanya. Baiklah kita sudah melewati tahap disklaimer, saatnya kita menuju resep.

Cara membuat Banana Buttermilk Pancake


Resep Banana Buttermilk Pancake

Bahan :

300 gr tepung terigu protein sedang
2 butir telur
2 sdm margarin dilelehkan
4 sdm gula pasir
1 sdt baking powder
1 buah pisang yang sudah matang
200 ml buttermilk
200 ml susu cair (saya pakai susu murni)
1/2 sdt vanili (optional)


Cara membuat Banana Buttermilk Pancake

1. Tempatkan tepung terigu, garam, baking powder dan vanili dalam satu wadah kemudian aduk hingga merata.
2. Campurkan susu, telur, dan gula aduk hingga gula larut. Agar lebih cepat, saya blender jadi satu bersama pisang.
3. Tuang hasil blenderan ke dalam campuran tepung, aduk hingga merata
4. Tambahkan buttermilk dan mentega cair.
5. Usahakan adonan tercampur dengan cepat menggunakan metode aduk balik. Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 15 menit agar homogen.
6. Setelah 15 menit, adonan siap dicetak dan diberi topping sesuai selera.
7. Cara mencetak pancake ini cukup mudah, siapkan wajan datar tahan panas, bisa dioles margarin dahulu atau tidak tergantung wajannya. Tuang satu sendok sayur adonan ke wajan yang sudah panas, tunggu hingga bagian bawah berwarna kecoklatan. Jika ingin lebih cepat matang, tutup wajan datar agar uap panasnya lebih cepat mematangkan bagian atas adonan. Anda bisa juga membalik pancake yang bagian bawahnya sudah berwarna coklat agar bagian atasnya lebih cepat matang. Walaupun sebenarnya tanpa ditutup atau dibalik, pancake ini juga akan matang.
8. Untuk toppingnya, anda bisa menggunakan kental manis, sirup, madu, pasta coklat fdan lain-lain. Kebetulan saja di rumah ada coklat yang lemudian saya cincang kasar dan ditaburkan di atas pancake yang sudah matang.


Banana Buttermilk Pancake ini selain untuk cemilan si kecil bisa juga dijadikan bekal praktis untiuk sekolah. Cara membuatnya cukup mudah dan cepat, anak-anak pun pasti suka


Gampang banget kan buatnya, resep Banana Buttermilk Pancake ini dapat dibuat oleh siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang belajar memasak di rumah. Cobain yuuk..

You Might Also Like

1 comments

  1. Bener, dari pertama mengenal pancake udah kepincut sama rasanya bahkan jadi camilan favorit. Sempat belajar buat sendiri karena jarang ada sih, paling adanya di beberapa kafe dan restoran, sayangnya kurang memuaskan. Buat sendiri pernah gagal dulu, bisa coba lagi dengan resep ini kayaknya, terima kasih informasinya!

    BalasHapus